BisnisMarketing

Contoh Jurnal Skripsi Manajemen Pemasaran

Contoh jurnal skripsi manajemen pemasaran dibutuhkan untuk Anda yang ingin mengambil tema manajemen pemasaran. Contoh tersebut bukan untuk diduplikasi, melainkan sebagai referensi dalam menemukan judul jurnal skripsi terbaik.

Tidak jarang judul yang ditolak oleh dosen pembimbing. Sebab, persoalan judul juga sangat penting.

Skripsi kerap menjadi momok menakutkan bagi para mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar sarjana. Selain membuat skripsi, ternyata juga perlu membuat jurnal skripsi.

Contoh Judul Jurnal Skripsi Manajemen Pemasaran

Seringkali mahasiswa merasa bingung dalam menentukan apa judul jurnal skripsi yang bagus. Belum lagi judul jurnal tersebut perlu dikonsultasikan kepada dosen pembimbing.

Jika masih bingung menemukan judul yang tepat, maka cobalah untuk melihat rekomendasi judul jurnal skripsi manajemen pemasaran ini.

1. Strategi Pemasaran Rumah Makan Mbah Joglo, Studi Rumah Makan Mbah Joglo Cabang Kalasan.

2. Sikap dan Minat Pelanggan Mall Terhadap Produk Teh Botol di Surakarta.

3. Analisis Terhadap Faktor Marketing Mix dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Jeruk dan Lemon di Pasar Tradisional Surakarta.

4. Analisis Terhadap Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan pada Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Mutiara, Jogja.

5. Optimalisasi Saluran Distribusi Pemasaran Gula Pasir di Gunung Sugih, Lampung.

6. Analisis Strategi Pemasaran yang Dilakukan PT. Kakao Muda Berjaya, Lampung.

7. Kaitan Personal Selling dengan Adanya Keputusan Pembelian Produk Kacamata di Optik Cahaya, Jakarta.

8. Respon Konsumen pada Bauran Pemasaran Jasa Hotel Merapi Sejahtera, Yogyakarta.

9. Strategi Pemasaran Mini Market Nurul Fauzi dalam Peningkatan Volume Penjualan.

10. Analisis Strategi Pemasaran Online Hotel Mutiara Abadi dalam Peningkatan Jumlah Pengunjung.

11. Pengaruh Kualitas Jasa pada Loyalitas Konsumen Hotel Jayatri, Yogyakarta.

12. Strategi Pemasaran Usaha Roti Jaya Bakery Lewat Media Sosial.

13. Pengaruh Penggunaan Promosi Melalui Sosial Media dan Korelasinya dengan Keinginan Beli Konsumen Secara Kontinyu.

14. Motivasi Nasabah BMT Syariah dalam Menentukan Pilihan Jenis Pinjaman.

15. Analisis Terhadap Perilaku Konsumen Tak Terencana Setelah Melihat Promosi Produk di Mini Market Family.

16. Pengaruh Persepsi Terhadap Daya Beli Konsumen untuk Produk Skincare di Klinik Kecantikan Larissa Berkah Maju Bersama, Yogyakarta.

17. Karakteristik yang Memberikan Pengaruh Terhadap Strategi Pemasaran PT. Sumber Berkat Abadi.

18. Pengaruh Komitmen Terhadap Loyalitas Konsumen Klinik Gigi Kawasan Kota Wisata Cibubur.

19. Strategi Pemasaran yang Diterapkan PT. Adi Luhur Melalui Sosial Media.

20. Analisis Motivasi Pengunjung untuk Penentuan Pilihan Hotel Bintang 5 di Kawasan Kota Wisata, Cibubur.

Contoh Jurnal Skripsi Manajemen Pemasaran

Agar membantu pemahaman Anda tentang bagaimana jurnal skripsi manajemen pemasaran, maka cobalah simak contoh jurnal skripsi manajemen pemasaran terlebih dahulu.

Dengan demikian, maka bisa mempermudah pembuatan jurnal skripsi Anda.

Analisis Terhadap Pengaruh Privasi, Keamanan hingga Kepercayaan untuk Melakukan Transaksi Pembelian Barang dan Jasa Online di OLX

Oleh:

Nopitasari

Dosen Pembimbing:

Diana Batubara, SE.MM.

Ringkasan

Penelitian ini dibuat karena adanya perubahan struktur perilaku konsumen diakibatkan perkembangan TI atau teknologi informasi. Hal ini menjadikan mereka bertingkah laku praktis, khususnya dalam mencukupi semua kebutuhan hidupnya.

Misalnya, ketika ingin berbelanja barang kebutuhan di OLX. Situs e-commerce ini menjadi jawaban atas pemenuhan kebutuhan setiap orang di masa kini. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui privasi dan kepercayaan mereka untuk melakukan transaksi pembelian online di OLX.

Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research menggunakan metode survei serta jumlah sampel sebanyak 110 responden. Adapun pengambilan sampel dilakukan memakai metode accidental sampling dan sumber data diperoleh berdasarkan data primer maupun sekunder.

Analisis data menggunakan bantuan program SPSS yaitu analisis regresi linear. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan langkah-langkah uji F dapat disimpulkan bahwa variabel keamanan, privasi serta kepercayaan mempunyai pengaruh secara simultan maupun serentak terhadap variabel transaksi.

Hasil uji T dapat disimpulkan bahwa variabel privasi, keamanan serta kepercayaan berpengaruh secara signifikan kepada variabel niat bertransaksi dan hasil koefisien regresi masing-masing, ditemukan fakta bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap niat transaksi online di OLX.

Pendahuluan

Semenjak internet dikembangkan untuk keperluan komersial, tidak sedikit perusahaan yang mengadopsinya untuk kegiatan operasional usahanya. Misalnya, pemasaran. Internet dianggap mampu untuk menjual berbagai macam produk yang siap dipasarkan secara optimal.

Online store adalah jenis aplikasi atau situs B2C yang menyediakan berbagai macam produk maupun jasa melalui internet bagi para konsumen. Online store sangat memungkinkan perusahaan dalam menjual maupun melakukan komunikasi secara langsung dengan konsumen.

Berbelanja secara online atau menggunakan internet seringkali disebut sebagai olshop lewat situs e-commerce. Pada mulanya berbelanja di internet kurang diminati karena takut tidak bisa memuaskan, pengiriman barang yang jauh lebih lama dan sistem pemesanan cenderung membingungkan.

Akan tetapi, belakangan ini berbagai macam webstore banyak memberikan jaminan keamanan transaksi pembelian barang online. Hal tersebut kemudian membuat konsumen berani untuk berbelanja di toko online. Salah satunya lewat OLX.

Model yang tengah dikembangkan dalam penelitian ini tentu saja berkaitan dengan variabel privasi, keamanan maupun kepercayaan terhadap adanya niat bertransaksi online di web store OLX. Privasi adalah bagian penting yang perlu dijaga ketika melakukan transaksi pembelian online.

1. Rumusan Masalah

• Benarkah privasi, keamanan hingga terkait kepercayaan mampu mempengaruhi niat konsumen untuk melakukan transaksi di OLX?

• Benarkah privasi, keamanan maupun kepercayaan secara parsial bisa memberikan pengaruh terhadap niat transaksi online di OLX?

• Manakah variabel yang dominan terhadap niat konsumen untuk bertransaksi di OLX?

2. Tujuan Penelitian

• Untuk mengetahui pengaruh privasi, keamanan maupun kepercayaan terhadap transaksi online di OLX.

• Mengetahui pengaruh privasi, keamanan maupun kepercayaan secara parsial untuk bertransaksi online di OLX.

• Mengetahui dominasi variabel terhadap niat konsumen untuk bertransaksi di OLX.

3. Manfaat Penelitian

• Penulis: Memperluas ilmu pengetahuan dan wawasan sebagai dasar guna perbandingan teori yang sudah diperoleh selama kuliah.

• Perusahaan: Wacana untuk melihat prospek dari berbagai macam kegiatan pemasaran secara online.

• Institusi Pendidikan: Menambah referensi atau sumbangan ilmu untuk mahasiswa lainnya.

Tinjauan Pustaka

1. Jenis Penelitian

Penelitian ini memakai penelitian survei. Jadi, penelitian ini mengambil sampel dari populasi secara langsung. Hal ini diperoleh berdasarkan pengamatan terhadap permasalahan yang diteliti sehingga termasuk ke dalam kategori penelitian kualitatif.

2. Lokasi Penelitian

Pada penelitian kualitatif ini, lokasinya berada di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Albertus Kenzie di Jalan Manggis No. 28, Surakarta, Jawa Tengah.

3. Sampel dan Populasi

Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Kristen Albertus Kenzie program S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sementara itu, sampelnya adalah 4 variabel yaitu privasi, keamanan, kepercayaan dan transaksi.

4. Metode Pengambilan Data

Metode pengambilan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode sampel non probabilitas karena populasinya termasuk jenis infinite.

5. Jenis Sumber Data

Jika ditinjau berdasarkan jenis datanya, maka penelitian ini dibedakan menjadi dua diantaranya data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data merupakan segala hal yang dapat memberikan keterangan terkait data. Sumber data dalam penelitian ini ialah data primer dan sekunder.

6. Teknik Pengumpulan Data

Dalam penelitian ilmiah ini maka diperoleh teknik dan instrumen penelitian yaitu teknik dokumentasi, observasi lapangan, wawancara hingga kuesioner.

7. Operasional Variabel

Operasional variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel dependen privasi, keamanan, kepercayaan dan dependen.

8. Skala Pengukuran

Setiap jawaban yang diberikan oleh para responden bisa diukur dengan skala Likert yakni untuk mengukur sikap, pendapat hingga persepsi seseorang terkait adanya fenomena sosial.

9. Metode Uji Instrumen Penelitian

Metode yang digunakan dalam uji instrumen penelitian ini terbagi menjadi dua. Kedua metode tersebut, di antaranya:

• Uji Validitas

Uji validitas digunakan untuk mengukur kevalidan suatu kuesioner. Tingkatannya diperoleh dengan membandingkan probabilitas nilai hitung dengan alpha-nya.

• Uji Reliabilitas

Sementara itu uji reliabilitas adalah alat untuk melakukan pengukuran kuesioner yang juga sekaligus merupakan indikator variabel. Adapun nilai koefisiennya berkisar dari 0 sampai 1.

10. Metode Analisis Data

Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif merupakan analisis yang memakai alat analisis yang bersifat kuantitatif/model statistik.

• Analisis Data Regresi Linear Berganda

Analisis ini menekankan kepada studi mengenai ketergantungan variabel dependen dengan satu maupun lebih dari satu variabel independen. Hal ini bertujuan untuk mengintimidasi maupun memprediksi rata-rata populasi variabel dependen.

• Analisis Koefisien Determinasi

Koefisien ini dapat dipakai untuk mengetahui besaran sumbangan dari keseluruhan variabel bebas dan pengaruhnya terhadap variabel terikat. Sementara itu, sisanya akan dipengaruhi oleh variabel bebas yang tidak dimasukkan ke dalam model.

• Analisis Uji Asumsi Klasik

Uji asumsi klasik dipakai yang dipakai dalam penelitian ini merupakan uji normalitas, multikolinearitas dan uji heteroskodatisitas.

11. Uji Hipotesis

Uji hipotesis yang diterapkan dalam penelitian ilmiah ini terbagi menjadi dua yaitu uji F, uji T dan uji dominan yang dijelaskan seperti berikut:

• Uji F

Uji F dipakai untuk menguji pengaruh variabel independen/bebas terhadap variabel terikat secara bersamaan. Pengujian akan dilakukan dengan membandingkan nilai F hitung terhadap nilai F tabel.

• Uji T

Uji T dipakai untuk melakukan pengujian signifikan terkait pengaruh parsial dan independen variabel dependen.

• Uji Dominan

Uji dominan diambil berdasarkan nilai koefisien regresi standar tertinggi. Uji dominan bisa diuji dengan melihat besaran nilai tiap-tiap variabel, dimana bagian variabelnya mempunyai nilai koefisien regresi standar paling tinggi.

Hasil Penelitian dan Pembahasan

Setelah dilakukan serangkaian penelitian, maka diperoleh hasil penelitian dan pembahasan. Serangkaian hasil penelitian dan pembahasan tersebut di antaranya:

1. Pengaruh Signifikansi Simulutan

Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh simulutan antara privasi, keamanan maupun kepercayaan terhadap niat transaksi di OLX secara online. Hal tersebut membuat pihak OLX berniat untuk terus melebarkan sayap bisnisnya secara optimal.

2. Pengaruh Signifikansi Parsial

Hasil penelitian pengujian signifikansi parsial diperoleh bahwa variabel privasi, keamanan dan kepercayaan mempunyai nilai signifikansi T yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Sig.a sehingga bisa dikatakan bahwa variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat transaksi online di OLX.

3. Pengaruh Hasil Uji Dominan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh dominan variabel keamanan. Variabel ini mempunyai koefisien regresi paling besar. Jadi, variabel niat transaksi jauh lebih banyak dipengaruhi oleh adanya faktor keamanan dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya.

4. Implikasi Variabel Dominan

Jika ditinjau berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka variabel keamanan adalah yang paling dominan diantara variabel lainnya. Hal ini juga didasari karena adanya faktor penting bahwa dalam proses transaksi keamanan adalah yang paling penting.

5. Hasil Koefisien Determinasi

Untuk hasil koefisien determinasi diperoleh data bahwa ada kemampuan model yang baik dalam menjelaskan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yang cukup besar. Dengan demikian, maka regresi yang dipakai mampu menjelaskan pengaruh variabel lainnya secara baik.

6. Implikasi Hasil Penelitian

Penelitian ini akan memberikan pengaruh kepada transaksi online di OLX bagi masyarakat. Tentunya hal tersebut berkaitan dengan privasi, keamanan dan kepercayaan pada online store terkait. Variabel-variabel tersebut perlu diperhatikan dengan baik.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka diharapkan mampu memberikan masukan bagi para pelaku bisnis online di online store OLX. Khususnya pada pengoptimalan privasi, keamanan, hingga kepercayaan yang tinggi.

Hal tersebut tentunya bertujuan agar transaksi yang terjadi bisa berkembang secara maksimal di online store Indonesia seperti OLX. Tentunya seiring perkembangan zaman, maka segala hal juga akan ikut terpengaruh secara otomatis.

Guna bisa merealisasikan hal tersebut, maka perusahaan perlu mengetahui dengan baik tentang kebutuhan, keinginan maupun harapan para konsumen. Secara mendetail, beberapa implikasi penelitian ini di antaranya:

• Variabel Privasi

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh beberapa variabel privasi yang berpengaruh terhadap transaksi online OLX. Beberapa indikator yang berpengaruh tersebut di antaranya menunjukkan kepedulian terhadap informasi pribadi para pengguna dan menjaga informasi konsumen.

Selain itu, juga terdapat perlindungan hukum terkait informasi pribadi. Hal ini membuat tidak sedikit masyarakat yang yakin untuk melakukan transaksi online di OLX. Mulai dari untuk membeli peralatan elektronik, gadget, properti, makanan, dan sebagainya.

• Variabel Keamanan

Jika ditinjau berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka terdapat sejumlah variabel keamanan yang berpengaruh terhadap transaksi online di OLX. Beberapa indikator yang berpengaruh tersebut ialah rasa aman ketika melakukan pengiriman informasi pribadi di OLX.

Di samping itu, masih ada variabel keamanan lainnya yang memberikan pengaruh kepada transaksi online di OLX yaitu rasa aman terhadap pengelolaan informasi pribadi oleh pihak OLX dan rasa aman bahwa OLX mempunyai kapasitas teknik yang bagus untuk menjamin keamanan transaksi.

• Variabel Kepercayaan

Terakhir adalah variabel kepercayaan. Variabel ini juga memiliki pengaruh signifikan terkait transaksi online di OLX. Tentunya hal ini sangat berimbas positif pada penjualan barang atau jasa di OLX. Salah satu indikator yang menjadi tolak ukur adalah karena OLX dianggap bisa memenuhi janji.

Di samping itu, informasi yang ditawarkan di OLX dianggap sudah cukup jujur dan sehat. OLX juga dianggap sudah mampu mencukupi tanggung jawab serta memberikan jaminan terhadap konsumen secara maksimal.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang sudah dilakukan, maka bisa disimpulkan bahwa model hipotesis yang dibangun dalam penelitian ini terbukti. Dapat diketahui hubungan baik yang terjadi antara ketiga variabel tersebut yaitu privasi, keamanan dan kepercayaan. Beberapa poin kesimpulannya ialah:

1. OLX sebelumnya bernama Tokobagus.com yang merupakan situs jual beli dan iklan baris dengan fokus aktivitas di Indonesia.

2. Variabel privasi, keamanan dan kepercayaan terbukti pada niat transaksi konsumen di OLX.

3. Variabel paling dominan terhadap transaksi jual beli di OLX adalah variabel keamanan.

Nah, demikian informasi mengenai contoh jurnal skripsi manajemen pemasaran, semoga dapat dijadikan referensi ya.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button