Marketing

9 Contoh Kalimat Fakta dan Opini Dalam Iklan

Contoh kalimat fakta dan opini dalam iklan merupakan materi yang diajarkan berulang-ulang karena sangat penting dalam kehidupan nyata. Iklan baris maupun jenis lainnya pasti mengandung beberapa kalimat fakta serta opini.

Hal tersebut membuat kalimat tersebut tidak memandang jenis iklan yang ada.

Ada beberapa iklan yang hanya memuat kalimat fakta, tapi ada juga iklan dengan hanya kalimat opini. Bahkan, beberapa menggunakan kedua jenis kalimat tersebut. Berikut beberapa contoh kalimat fakta serta opini.

Pengertian Kalimat Fakta yang Perlu Diketahui

Sebelum ke contoh kalimat fakta dan opini dalam iklan, Anda perlu memahami apa itu fakta. Hal ini sangat penting supaya Anda dapat membedakan setiap tujuan pada sebuah iklan.

Fakta merupakan sesuatu yang benar adanya dan sesuai dengan situasi, kondisi, hingga peristiwa. Dalam contoh iklan fakta tidak ada penambahan atau pengurangan yang membuat maknanya berubah.

Fakta dapat dibuktikan dengan beberapa hal. Bukti dari sebuah penelitian, kehidupan sehari-hari, hingga yang lainnya dapat dijadikan sebuah bukti. Namun, mungkin saja orang lain akan memiliki pandangan berbeda.

Pengertian Opini untuk Menawarkan Pemikiran Baru

Jika sebelumnya membahas mengenai fakta, maka sekarang adalah opini. Secara sederhana, opini merupakan sebuah pernyataan atau pendapat dari analisa orang lain yang kebenarannya dapat disanggah oleh analisa lain.

Artinya, analisa tersebut belum tentu benar di hadapan orang lain. Bisa jadi, analisa ini memiliki kekurangan di beberapa titik yang membuatnya masih diragukan. Di satu sisi orang lain menyampaikan analisanya.

Iklan berbentuk opini biasanya diberikan untuk menawarkan sebuah pemikiran baru. Meskipun terkadang ditolak, tapi banyak juga yang menerimanya. Hal tersebut untuk mengisi kekosongan jawaban pada suatu masalah.

Perbedaan Fakta dan Juga Opini

Iklan fakta dan opini memang saling bertolak belakang, tapi tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling melengkapi untuk menarik perhatian calon konsumen. Dengan begitu, apa yang diiklankan dapat sampai ke konsumen.

Bentuk fakta pada sebuah iklan umumnya dipakai untuk memperkenalkan sebuah produk. Kalimat ini dipakai supaya konsumen mengerti bahwa produsen memiliki produk tersebut dan berharap konsumen mampu memahaminya.

Selain itu, ini juga dipakai untuk menjelaskan detail spesifikasi produk, kondisi produk, hingga kelebihan produk tersebut. Semua hal yang berhubungan dengan fakta umum ada dalam kalimat iklan ini.

Sedangkan kalimat opini lebih banyak dipakai untuk menarik perhatian calon konsumen. Kalimat ini sifatnya adalah pendukung dari kalimat fakta. Inilah yang dimaksud dengan saling bertolak belakang, tapi saling berkaitan.

Umumnya, dalam contoh kalimat fakta dan opini dalam iklan akan mengandalkan teknik tertentu. Meskipun hanya sebuah opini, tapi pemilihan kata perlu diperhatikan supaya mampu menarik perhatian.

Contoh Kalimat Fakta dan Opini dalam Iklan

Setelah mengetahui pengertian dan perbedaan antara kalimat fakta dan opini, maka Anda juga perlu mengetahui beberapa contohnya.

Berikut beberapa contoh kalimat fakta opini dalam iklan.

Kalimat Fakta Pada Iklan

“Susu Kambing Etawa terbuat dari bubuk susu kambing etawa full cream dengan tambahan krimer dan gula. Mengandung energi total 880 kkal yang terdiri dari lemak total, protein, karbohidrat, dan natrium”.

“Blueband serbaguna memiliki komposisi dari kandungan Vit A, Vit B1, Vit B2, Vit D, dan Vit E. Selain itu, Blueband juga dibuat dengan campuran lemak total sebesar 11 gr.”

“Jahe Merah Super merupakan suplemen penambah semangat yang terbuat dari campuran jahe merah berkualitas, habbatussauda, secang dan bahan berkualitas lainnya. ditambah dengan pewarna alami karamel III dan IV”.

“Kaldu Sapi InstanSpesial terbuat dari komposisi garam, penguat rasa, perisa sintetik daging sapi, lada hitam dan bahan pilihan lain. Dibuat dengan proses panjang untuk menciptakan citarasa spesial”

“Kecap Pedas Manis terbuat dari kedelai, gandum, pewarna alami karamel IV, cabai, gula, air, bawang merah, garam, pewarna alami karamel III, pengawet natrium benzoat, dan bahan pilihan lainnya.
Memiliki nilai gizi karbohidrat total 8 gr (3% AKG) gula 6 gr, garam (natrium) 340 mg (23% AKG), lemak total 0 gr, lemak jenuh 0 gr, dan protein 0 gr”.

Kalimat Opini Pada Iklan

“Shampo Urang Aring dapat membuat Anda tampil lebih mempesona. Membuat rambut tampak lebih berkilau seperti mutiara di bawah sinar matahari dan mampu menyegarkan kulit kepala”.

“Dengan Kecap Pedas Manis, Anda bisa menikmati masakan dengan lebih nikmat. Tidak ada makanan yang tidak cocok dengan Kecap Pedas Manis. Ayo, tunggu apa lagi, rasakan kenikmatannya”.

“Susu Asli Kambing Etawa memberikan berbagai manfaat seperti meningkatkan kesehatan Anda. Terbuat dari susu pilihan dan proses higienis. Dijamin Anda akan merasakan manfaatnya setelah mencobanya sekali”.

“Bueband Serbaguna terbuat dari lemak nabati alami. Dapat Anda gunakan untuk segala kebutuhan. Tidak menyebabkan efek samping seperti alergi karena telah melewati proses panjang dan higienis”.

Beberapa kalimat tersebut hanyalah sebuah contoh. Anda bisa membuat kalimat lain yang lebih kreatif dengan produk tertentu. Semoga beberapa contoh kalimat fakta dan opini dalam iklan ini dapat membantu.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button