Marketing

Contoh Konsep Digital Branding

Banyak orang sampai saat ini masih belum bisa memahami contoh konsep digital branding. Namun, percaya atau tidak bahwa ini adalah cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan.

Saat ini, era digital sudah tidak bisa lagi dianggap sebelah mata.

Setiap detik ada jutaan orang saling terhubung untuk mengakses informasi. Kesempatan inilah yang harus dimanfaatkan oleh setiap orang, bukan?

Membangun sebuah bisnis di era digital pada dasarnya tidak terlalu sulit. Sebuah bisnis bisa langsung booming hanya dalam waktu singkat. Namun, bisa juga langsung hilang hanya dalam hitungan bulan.

Alasannya adalah karena bisnis tersebut tidak memiliki branding. Bisnis tersebut tidak mampu mengikuti perkembangan era digital. Jadi, bukan tidak mungkin bahwa audiens akan pindah ke produk lainnya.

Perbedaan Antara Branding, Digital Branding, dan Digital Marketing

Mungkin masih banyak orang yang tidak bisa membedakan antara branding, digital branding, dan digital marketing. Ketiganya adalah hal yang sangat sering terdengar. Namun, seperti apa saja perbedaannya?

Branding

Branding bisa diartikan sebagai upaya untuk menciptakan sebuah brand. Oleh sebab itu, ini akan fokus terhadap pengembangan jangka panjang. Hal tersebut sangat penting untuk menjaga konsistensi dan ikatan emosional pelanggan.

Ada banyak contoh yang bisa Anda lihat. Contoh konsep branding yang bisa Anda coba adalah membuat sebuah jargon atau tagline. Ini akan membuat orang lain akan lebih mengenal produk Anda.

Digital branding

Sedangkan digital branding adalah upaya untuk membuat sebuah frame melalui media digital. Fokusnya adalah untuk menciptakan dan membangun ikatan dengan pelanggan menggunakan berbagai platform digital.

Ada banyak platform yang bisa digunakan mulai dari website, social media, hingga mengembangkan aplikasi. Contoh konsep digital branding ini adalah seperti membuat sebuah website yang user-friendly.

Digital marketing

Untuk digital marketing, maka bisa diartikan sebagai cara untuk mempromosikan produk melalui berbagai platform digital. Penekanan pada digital marketing adalah untuk meningkatkan angka penjualan produk.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan layanan iklan online yang disediakan oleh berbagai platform. Beberapa contoh di antaranya adalah FB Ads, IG Ads, Google Ads, hingga Youtube Ads.

Contoh Konsep Digital Branding Menggunakan Beberapa Strategi Ini

Strategi yang digunakan untuk digital branding pada dasarnya sangat beragam. Anda bisa membangunnya sendiri dari awal. Selain itu, Anda juga bisa memilih salah satu atau menggunakan semuanya.

Logo

Logo adalah salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Logo merupakan identitas visual dari produk Anda. Maka, buat sebuat logo yang mudah diingat dan merepresentasikan produk jasa Anda.

Salah satu contoh logo branding yang cukup menarik adalah dengan memperhatikan gaya desain dan tulisannya. Buatlah sebuah logo yang sederhana dengan menggunakan skema warna khusus sehingga mampu menarik perhatian audiens.

Jika diperhatikan, ada banyak sekali logo yang terlihat sederhana. Namun, jika dipelajari lebih jauh justru memberikan makna khusus. Inilah yang dimaksud dengan memanfaatkan symbol visual untuk branding.

Website

Jika logo adalah symbol bisnis, maka website adalah tempat di mana berfungsi sebagai sebuah etalase. Seperti yang sudah diketahui, website jadi salah satu contoh konsep digital branding paling popular.

Semua detail informasi perlu ditulis dalam website. Sebagian orang tidak langsung menggunakan jasa atau produk tertentu. Terkadang, mereka akan melihat review terlebih dahulu sebelum memberikan keputusan.

Oleh sebab itu, Anda harus memaksimalkan sebuah website untuk mendukung produk tersebut. Usahakan untuk membuat website mudah ditemukan oleh orang lain. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan konsumen baru.

Brand Messaging

Brand messaging adalah pesan yang ingin disampaikan lewat produk tersebut. Biasanya, brand messaging berisi nilai lebih dari produk tersebut. Misalnya menggunakan bahan local berkualitas yang tidak kalah dengan bahan luar negeri.

Tidak sulit membuat brand messaging jika Anda memahami mengenai produk tersebut. Selama ada nilai lebih, maka tidak akan sulit membuatnya. Namun, Anda juga harus melakukan riset terlebih dahulu.

SEO

SEO adalah salah satu contoh konsep digital branding yang saat ini sangat penting untuk diperhatikan. SEO berkaitan dengan website di mana fungsinya adalah membuat website muncul pada halaman pertama pencarian.

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi SEO seperti struktur URL, penggunaan SSL/TSL, topic konten, hingga search intent. Jadi, pelajari hal ini untuk meningkatkan branding produk.

Sosial Media

Social media menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki. Membangun social media juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memberikan konten edukasi dan informasi mengenai produk.

Selain itu, ada banyak social media yang bisa dimanfaatkan seperti Meta, Instagram, Twitter, dan social media lain. Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan beragam impresi pengunjung.

Online Advertising

Ini adalah cara yang saat ini sangat popular. Membuat iklan secara online menggunakan layanan Ads adalah pilihan paling bijak. Jangkauannya juga lebih luas dari marketing secara konvensional.

Belum lagi, munculnya kehadiran Metaverse. Tentu ini strategi baru dalam menjalankan yang namanya digital branding.

Memang, digital branding adalah hal yang sangat penting untuk jangka panjang bisnis. Namun, hal paling penting adalah mempelajari contoh konsep digital branding dan kemudian mengimplementasikannya.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button