Teknologi

Contoh Metaverse

Contoh Metaverse dapat berupa berbagai kegiatan yang pertama kali diinisiasi oleh platform media sosial Facebook. Facebook berupaya melaksanakan rebranding guna merangkul ide futuristik dengan mengambil istilah Metaverse.

Konsep ini mungkin masih sulit dipahami karena belum tercipta secara penuh.

Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook telah mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platform Inc. Nama perusahaan mengukuhkan istilah Metaverse yang digunakan.

Istilah ini sendiri bukan hal baru. Namun konsep ini terdapat kemungkinan akan benar-benar tercipta di masa depan. Karena menyikapi masa pandemi covid-19 sekarang di mana hampir semua kegiatan sudah mampu beralih ke bentuk digital.

Mengenal Istilah Sebelum Beralih ke Contoh Metaverse

Istilah ini sebenarnya pertama kali dicetuskan oleh Neal Stephenson dalam novelnya yang berjudul Snow Crash di tahun 1992. Istilah merujuk pada dunia virtual 3D, dihuni oleh avatar manusia sungguhan.

Sehingga sebenarnya konsep ini bukan hal yang benar-benar baru. Akan tetapi, penerapannya masih terasa mustahil bagi sebagian orang. Namun sama sekali tidak menutup kemungkinan teknologi akan benar-benar mewujudkannya.

Secara sederhana Anda dapat menganggap konsep ini sebagai internet dalam bentuk 3D. Sehingga, dalam contoh Metaverse Anda tidak hanya melihat layar ketika menjelajah internet. Namun bisa memasukinya sebagai lingkungan virtual.

Metaverse dapat menjadi dunia komunitas virtual tanpa mempunyai batas. Dalam dunia tersebut, manusia bisa saling bertemu, bekerja hingga bermain menggunakan perantara headset realitas virtual, kacamata augmented reality hingga aplikasi smartphone.

Jadi, metaverse dapat diartikan sebagai ruang virtual. Di mana manusia bisa membuat dan menjelajah bersama pengguna internet lainnya. Tanpa harus berada di ruang fisik yang sama.

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah contoh Metaverse akan menjadi pengganti internet yang sudah ada sekarang. Namun, Mark Zuckerberg menyatakan bahwa konsep ini merupakan versi internet yang ditingkatkan.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, pengguna akan merasakan pengalaman berbeda yang saat ini belum bisa didapatkan melalui aplikasi atau halaman web 2D. konsep ini akan menjadi langkah awal dalam mewujudkan dunia digital lebih komprehensif dan inklusif.

Contoh Metaverse Tidak Hanya Facebook

Sejumlah perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan pembuat chip Nvidia sudah membicarakan Metaverse.

Sehingga, konsep ini tidak akan dijalankan oleh Facebook saja. Berbeda dengan fitur Facebook yang sebelumnya hanya dibangun oleh Facebook sendiri.

Terdapat banyak perusahaan ikut membangun lingkungan virtual dalam dunia contoh Metaverse. Hampir mirip dengan banyak perusahaan yang melaksanakan sesuatu dalam World Wide Web.

Tidak hanya itu, perusahaan video game di balik video game Fortnite populer, yakni Epic Games telah mengambil peran dalam mengumpulkan USD 1 miliar dari investor untuk membantu rencana jangka panjang membangun Metaverse.

Pemain besar contoh Metaverse lainnya ialah platform game Roblox. Di mana platform mereka telah menguraikan visinya mengenai Metaverse sebagai tempat di mana manusia dapat berkumpul bersama dalam pengalaman 3D untuk bekerja, bermain, belajar dan rekreasi.

Merek-merek pakaian misalnya rumah mode Italia Gucci juga melakukan kolaborasi bersama Roblox untuk menjual koleksi aksesoris khusus digital. Tidak hanya itu, Coca-Cola dan Clinique juga ikut menjual token digital sebagai batu loncatan menuju konsep baru.

Contoh Metaverse yang Akan diwujudkan

Microsoft sebagai raksasa perangkat lunak telah menerapkan hologram dan tengah mengembangkan aplikasi mixed dan extended reality (XR).

Melalui platform Microsoft Mesh, perusahaan ini menggabungkan dunia yang nyata dengan augmented reality dan juga virtual reality.

Pada awal bulan Desember, Microsoft menyampaikan rencananya untuk menyajikan realitas campuran termasuk hologram dan avatar virtual ke Microsoft Teams pada 2022. Termasuk dalam pengerjaan ruang terhubung 3D yang bisa dijelajahi untuk ritel dan tempat bekerja.

Angkatan Darat AS sekarang bekerja dengan Microsoft pada headset augmented reality Hololens 2, bagi tentara untuk berlatih dan bertarung. Tidak hanya itu, Xbox Live juga sudah menghubungkan banyak pemain video game di seluruh dunia.

Terdapat berbagai kegiatan yang akan bisa Anda lakukan dalam contoh Metaverse. Yakni pergi ke konser virtual, melakukan perjalanan online, membuat atau melihat karya seni bahkan mencoba pakaian digital untuk kemudian dibeli.

Metaverse dapat menjelma game changer untuk sistem shift kerja dari rumah atau work from home. Terutama ketika masih dalam kondisi pandemi covid-19. Sehingga karyawan tidak hanya bisa melihat rekan kerja melalui aplikasi video conference.

Karyawan dapat saling bertemu dalam kantor virtual. Facebook sendiri sudah meluncurkan software meeting untuk perusahaannya. Software ini dinamakan Horizon Workrooms yang menggunakan alat headset Oculus VR.

Contoh Metaverse alat Headset Oculus VR yang mempunyai harga USD 300 ini mampu memasuki pengalaman Metaverse. Di mana konsep yang sudah ada saat ini masih jauh dari jangkauan masyarakat.

Di masa mendatang, akan ada banyak pengalaman Metaverse yang mampu dijangkau oleh masyarakat. Hal ini akan berupa kemampuan berpindah dari satu pengalaman ke pengalaman lainnya.

Metaverse akan membuat pengguna dapat berpindah ke dunia yang berbeda. Termasuk membuat pengguna internet bisa berpindah dari satu halaman web ke halaman web lainnya. Contoh Metaverse akan bisa dinikmati melalui peran berbagai perusahaan.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button