Travel

Contoh Naskah Pemandu Wisata

Contoh naskah pemandu wisata sangat dibutuhkan sebagai salah satu persiapan yang dilakukan sebelum memandu perjalanan para wisatawan.

Pemandu wisata harus mengumpulkan berbagai informasi dan data yang dibutuhkan selama perjalanan, misalnya asal-usul dan sejarah tempat wisata.

Keterampilan pemandu wisata yang memukau mampu memberikan pengalaman perjalanan yang tidak akan terlupakan, dan membuat para wisatawan bisa lebih memahami dan mengenal daerah yang dikunjunginya.

Contoh Naskah Pemandu Wisata Bagi Pemula

Seorang pemandu wisata bertanggung jawab untuk memberikan panduan serta menjelaskan asal usul dari suatu daerah, objek wisata, maupun tempat-tempat lain yang akan dikunjungi.

Seluruh informasi yang disampaikan harus akurat dan benar adanya. Jangan sampai wisatawan salah mengartikan informasi yang diberikan. Simak contoh naskah pemandu wisata yang menjadi tour guide pemula :

Selamat pagi Bapak/Ibu Sekalian,

Selamat datang di Kota Yogyakarta

Bagaimana kabar Anda pagi ini? Semoga dalam kondisi sehat dan prima untuk dapat menikmati perjalanan bersama kami menyusuri Kota Yogyakarta yang indah ini. Perkenalkan, saya Asri yang akan memandu perjalanan Anda hari ini.

Sebelum meninggalkan hotel, saya persilahkan Bapak/Ibu untuk mengecek kembali perlengkapan yang akan dibawa selama pelaksanaan tour hari ini. Jika dirasa semua telah siap, bisa langsung menuju bis yang telah disiapkan.

Tempat pertama yang akan dikunjungi adalah Taman Sari. Saya ceritakan sedikit tentang asal-usul tempat ini.

Taman Sari sebenarnya merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta, meskipun berada di lokasi yang berbeda.

Taman Sari menjadi tempat yang sangat populer dan umumnya dikunjungi oleh wisatawan yang ingin napak tilas tentang kehidupan Sri Sultan pada zaman dahulu.

Tempat ini memiliki area pemandian yang dahulu digunakan oleh para selir raja. Namun, pemandian tersebut kini sudah tidak digunakan lagi dan dialihfungsikan menjadi tempat wisata.

Sekarang Anda diberikan waktu bebas untuk menikmati keindahan tempat ini. Diharapkan untuk berkumpul kembali di bus jam 11.00 untuk melanjutkan perjalanan berikutnya.

Tempat bersejarah yang akan kita kunjungi berikutnya adalah Keraton Yogyakarta. Selama di sana diharapkan semua menggunakan pakaian sopan dan berperilaku sopan.

Keraton Yogyakarta merupakan istana Sri Sultan Hamengkubuwono yang merupakan raja di wilayah Jogja.

Komplek keraton ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang mampu menjadi bukti perjuangan yang dilakukan oleh kesultanan Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono sendiri. Semua desain hingga arsitektur bangunan dirancang secara khusus dengan khas bangunan Jawa.

Wilayah ini dilengkapi dengan lapangan, pavilion hingga balairung yang digunakan untuk berbagai acara.

Selanjutnya kita akan mengakhiri hari dengan mencicipi berbagai sajian kuliner khas Yogyakarta di House of Raminten.

Sekarang kita sudah sampai di hotel. Saya berharap perjalanan pagi ini bisa berkesan dan memberikan pengalaman baru bagi Anda.

Saya atas nama Surya Tour mengucapkan terima kasih telah memilih kami untuk memandu perjalanan Anda. Kami nantikan kedatangan Anda berikutnya.

Contoh Naskah Pemandu Wisata dalam Bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa merupakan hal yang wajib dimiliki oleh pemandu wisata. Hal tersebut diperlukan agar Anda bisa memberikan informasi yang jelas dan mendetail kepada para wisatawan asing.

Hal ini bisa juga menjadi sarana promosi yang digunakan untuk memperkenalkan tempat tertentu kepada orang asing. Simak contoh menjadi tour guide dalam bahasa Inggris berikut :

Welcome to Singapore!

Thank you for choosing Astro Travel as your travel guide. Before that I will introduce myself first, my name is Stella who will act as your tour guide while here.

Our itinerary, will start tomorrow by visiting Jurong Bird Park, The Science Center and enjoying the beauty of walking at night at the Chinese Garden location.

Then for the second day, we will visit Haw Par Villa, Sentosa Island and the Trade Center. On the last day we will visit Chinatown, Orchard Road, Changi Alley and Little India. There you can shop and buy various souvenirs typical of Singapore.

That’s the itinerary that I can convey. It is hoped that all will gather again tomorrow morning at 07.00. Hopefully everything can be on time and not too late. Now please rest and enjoy the comfort of the hotel that has been provided.

See you tomorrow.

Terjemahannya sebagai berikut :

Selamat datang di Singapura!

Terima kasih telah memilih Astro Travel sebagai pemandu perjalanan Anda. Sebelumnya saya akan perkenalkan diri terlebih dahulu, nama saya Stella yang akan berperan sebagai pemandu wisata Anda selama di sini.

Jadwal perjalanan kita, akan dimulai besok dengan mengunjungi Jurong Bird Park, The Science Center, dan menikmati keindahan berjalan kaki di malam hari di lokasi Chinese Garden.

Kemudian untuk hari kedua, kita akan berkunjung ke Haw Par Villa, Sentosa Island dan Trade Center.

Pada hari terakhir kita akan berkunjung ke Chinatown, Orchard Road, Changi Alley, dan Little India. Di sana Anda bisa berbelanja dan membeli berbagai oleh-oleh khas Singapore.

Demikian jadwal perjalanan yang bisa saya sampaikan. Diharapkan semua berkumpul kembali besok pagi jam 07.00. Diharapkan semuanya bisa tepat waktu dan tidak terlambat.

Sekarang silahkan beristirahat dan menikmati kenyamanan hotel yang telah disediakan.

Sampai jumpa besok.

Contoh Naskah Pemandu Wisata Sederhana

Naskah pemandu wisata berbentuk sederhana biasanya digunakan untuk perjalanan private, dimana peserta yang ikut dalam perjalanan berjumlah sedikit.

Dalam kegiatan ini, umumnya para wisatawan dan pemandu akan lebih sering melakukan percakapan tanya jawab.

Pemandu wisata akan menjelaskan asal usul dari tempat wisata tersebut dan wisatawan bebas menanyakan berbagai informasi yang ingin diketahuinya. Berikut contoh teks tour guide bahasa Indonesia :

Selamat datang di Lombok. Perkenalkan nama saya Angel. Saya akan menjadi pemandu wisata Anda selama di Lombok. Tujuan pertama perjalanan kita hari ini adalah Pantai Kuta.

Pantai Kuta Lombok memiliki panorama keindahan yang berbeda dengan di Bali. Ombak di pantai ini cukup bagus sehingga menjadi spot terbaik untuk melakukan olahraga air.

Di sana kita bisa melakukan berbagai aktivitas seperti naik perahu, berenang dan berselancar. Terdapat juga tempat penyewaan papan selancar, alat snorkling hingga penjual makanan.

Untuk kegiatan hari ini kita akan snorkeling, berkeliling dengan perahu dan makan siang di resto terdekat.

Setelah itu Anda akan diberikan waktu bebas selama 30 menit untuk menikmati pemandangan sekitar. Diharapkan berkumpul kembali di lokasi ini pada pukul 13.00 untuk melanjutkan perjalanan berikutnya.

(Beberapa saat kemudian)

Untuk tujuan perjalanan selanjutnya kita akan mengunjungi Taman Narmada. Silahkan semuanya langsung menaiki bus. Diharapkan semuanya berpakaian dengan rapi dan menjadi sikap selama di sana, karena Taman Narmada merupakan tempat suci yang bermakna.

Kita telah sampai di Taman Narmada. Dahulu taman ini adalah rumah dari anak Agung Ngurah Karang Asem yang merupakan Raja Mataram Lombok yang menjabat pada abad ke 18. Dahulu tempat ini digunakan sebagai tempat ritual dan juga peristirahatan.

Ada kolam Balai Petirtaan yang airnya bersumber dari taman Peresak dan Gunung Rinjani yang sekarang sudah berubah menjadi sebuah kebun buah. Pada bulan November hingga Desember, Taman Narmada menjadi salah satu tempat ritual bagi umat Hindu.

Setelah menikmati keindahan budaya Taman Narmada, selanjutnya kita akan menikmati sajian khas kota Lombok sebelum kembali ke Hotel.

(Sesampai di hotel)

Demikian jadwal tour kita hari ini, saya berharap Anda bisa menikmati banyak waktu yang menyenangkan dan mendapatkan pengalaman liburan yang berharga. Terima kasih telah memilih Asoka Tour sebagai partner perjalanan Anda.

Sampai jumpa di lain kesempatan.

Nah, demikian deskripsi pulau bali dalam bahasa Inggris ataupun deskripsi tempat wisata di Bali dalam bahasa Inggris.

Tulisan ini telah publish di kategori Travel, semoga dari beberapa contoh naskah pemandu wisata di atas bisa dijadikan referensi bacaan ya.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button