Bisnis

Contoh Profil Usaha Kecil Menengah

Contoh profil usaha yang bisa jadi referensi sangat banyak bisa didapat di internet, sehingga Anda tidak perlu bingung untuk membuatnya sendiri.

Sebelum membuat profil usaha sendiri ada baiknya Anda mengetahui apa saja cakupan profil dari perusahaan yang dimiliki sekarang ini.

Ini dilakukan agar profil perusahaan yang dibuat bisa memuaskan dan akhirnya bisa meyakinkan pihak luar.

Pengertian Profil Usaha

Profil usaha sendiri adalah bentuk tulisan yang memuat informasi umum terkait perusahaan. Isi profil ini kemudian digunakan untuk beragam keperluan internal maupun eksternal.

Kebanyakan profil usaha digunakan untuk menarik pihak luar.

Semakin menarik profil usaha yang disajikan, maka kemungkinan besar investor akan mudah tertarik dengan suatu perusahaan. Investasi skala besar dari pihak lain juga bisa saja terjadi dengan mudahnya.

Selain berfungsi untuk mengikat investor berikut fungsi lain profil usaha:

• Membentuk brand perusahaan di mata umum.

• Dibuat sebagai salah satu strategi pemasaran.

• Jadi wadah presentasi untuk suatu perusahaan secara keseluruhan.

• Media promosi dengan harga 0 rupiah.

Fungsi profil selanjutnya juga bisa dikembangkan sendiri sesuai dengan tujuan pembuatan bisnis. Sekalipun profil usaha dibuat pendek isi dan kata-kata yang digunakan akan berpengaruh banyak pada audiens yang membacanya.

Isi Profil Usaha

Berbentuk teks, maka profil usaha idealnya memiliki strukturnya sendiri. Sedikitnya terdapat dua bagian di dalamnya. Pertama fokus terhadap cakupan perusahaan secara umum (corporate value) dan produk yang ditawarkan (product value).

• Corporate Value

Dalam contoh profil usaha sekalipun bagian ini menjadi bagian utama yang ditulis di bagian atas. Bagian ini mencakup sejarah pendirian perusahaan, misi dan visi perusahaan, struktur kepegawaian di dalam perusahaan.

Tidak hanya tiga bagian tersebut, Anda juga bisa menambahkan rekam jejak perusahaan (bisa berisi pencapaian dan kerja sama) dan regulasi perusahaan.

Pada bagian regulasi dituliskan untuk meyakinkan seberapa seriusnya suatu perusahaan bergelut pada bidangnya.

• Product Value

Bagian ini diisi dengan pemaparan produk apa yang ditawarkan pada pasar. Tentu saja produk bisa berupa barang maupun jasa. Produk bisa dipaparkan sedetail mungkin sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Anda bisa menuliskan hal terkait produk mulai dari kebijakan mutu dan kualitas produksi. Jangan lupa untuk menuliskan kelebihan produk yang ditawarkan.

Dilanjutkan dengan harga, produksi produk, pendistribusian, arah pemasaran, hingga menampilkan fisik produk.

Profil usaha tidak harus dibuat panjang hingga berlembar lembar. Anda bisa membuatnya hanya dalam bentuk paragraf pendek. Terlebih bila profil perusahaan nantinya akan dimuat di depan web atau laman tertentu lainnya.

Tidak masalah untuk membuat profil versi pendek untuk dipajang di laman awal. Untuk versi yang lebih lengkap pembacanya bisa diarahkan ke laman lanjutan.

Strategi ini ampuh untuk menarik perhatian pelanggan maupun investor.

Referensi Profil Usaha

Hendak membuat profil perusahaan sendiri?

Berikut referensi profil perusahaan berdasarkan jenisnya. Anda bisa menyesuaikan contoh profil di bawah ini dengan jenis usaha yang sedang dikembangkan.

Profil Usaha Makanan

“Rendang Rondo adalah merek makanan rendang terbaik dari perusahaan kami FoodIn.Co yang bekerja langsung dengan pembuat rendang asli dari Padang. Kami bergelut di bidang makanan instan sejak tahun 2008.

Produksi rendang dari bahan utama pilihan terbaik juga halal membuat produk kami mendapat predikat unggul dari BPOM. Anda bisa memilih produk rendang instan kami dengan beragam pilihan topping, ukuran dan harga.”

Profil di atas bisa digunakan untuk memasukkan bagian latar belakang perusahaan sekaligus product value. Profil singkat di atas bisa dikembangkan kembali sesuai dengan jenis usaha makanan yang sedang Anda kembangkan.

Profil Usaha Alat Olah Raga

“Our Mission: Bring inspiration and innovation to every athlete in the world. If you have a body, you are an athlete”
Profil di atas merupakan profil perusahaan alat olah raga kenamaan dari Amerika.

Langsung menuliskan Our Mission sebagai pembukaan profilnya membuat pengunjung laman langsung tahu apa yang hendak dilakukan perusahaan secara keseluruhan.

Profil pendek macam ini cocok juga digunakan bagi Anda yang memegang perusahaan berlabel sederhana dengan invasi luar biasa.

Citra sederhana namun mengena lebih baik diterapkan ketimbang citra luar biasa namun sulit dicerna oleh pasar.

Profil Usaha Penyimpanan Data

“Kami paham akan kebutuhan Anda akan penyimpanan data online setiap harinya. Keeps hadir sebagai perusahaan penyimpanan data terbaik yang hadir di Indonesia.

Telah hadir 10 tahun lamanya perusahaan kami terus dipercaya sebagai bank data dari banyak perusahaan Indonesia bahkan di dunia.

Dengan menyimpan data di server terpercaya dan teraman kami Anda bisa dengan leluasa mengaksesnya secara searah. Bahkan pihak kami menjamin akurasi penempatan dan penyimpanan data setiap detiknya.

Bergabung dengan server kami berarti Anda telah bertransformasi jadi bagian besar evolusi teknologi masa depan.

Jadi bagian dari perusahaan kami untuk menunjang jalannya perusahaan berbasis teknologi terintegrasi milik Anda.”

Bila Anda berencana untuk memasang profil pada laman depan, maka sebaiknya gunakan profil yang singkat namun meyakinkan. Berfokus pada apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan apa keuntungan yang akan didapatkan.

Cara tulis ini lebih bisa menarik perhatian pengunjung untuk sekedar membaca profil perusahaan. Dari ketertarikan inilah nantinya para konsumen bahkan investor bisa banyak menjalin interaksi dasar dengan perusahaan Anda.

Profil Usaha Pertanian Swasta

“Usaha pertanian kian tergerus oleh tren kerja di perkantoran. Namun, apa jadinya bila usaha pertanian dibuat lebih modern dengan struktur milenial di dalamnya? Anda bisa menemukannya dalam perusahaan kami.

Usaha pertanian bisa menopang hingga 70% kebutuhan pangan domestik dalam satu tahun penuh. Perusahaan kami ikut andil dalam menyokong ketersediaan pangan domestik dengan cara yang lebih kekinian.

Menyentuh usaha tani secara manual juga terintegrasi dengan teknologi kekinian membuat proses lebih efisien dengan hasil yang lebih memuaskan.

Tingkat kegagalan perusahaan kami pun cukup rendah yakni hanya 2% per bulannya. Anda tertarik ikut jadi petani kekinian?.”

Profil persuasif seperti di atas juga ampuh membangun citra perusahaan yang lebih lekat dan kekinian. Tidak masalah untuk menggunakan kalimat tanya di depan paragraf untuk menarik perhatian pembaca.

Alhasil profil lebih menarik untuk dibaca bahkan bisa diselipi promosi.

Profil Usaha Pariwisata

“Pengembangan unit usaha daerah sudah sejak lama jadi fokus usaha kami. Dari pulau Sumatera hingga Papua sudah banyak unit usaha yang bergabung dan jadi unit usaha yang maju.

Kami bekerja menyelaraskan tren pariwisata global dengan unit tradisional di masing-masing daerah.

Kami juga bekerja dengan misi ecofriendly corporation dimana tidak hanya bekerja untuk menyejahterakan unit daerah, namun juga ikut menjaga keaslian cagar alam yang terhimpun dalam perusahaan. ”

Bangun citra perusahaan yang baik lewat paragraf singkat seperti contoh profil usaha di atas.

Fokus pada apa yang jadi keunggulan perusahaan bisa jadi pembukaan andalan bagi perusahaan dengan cakupan yang cukup luas, seperti halnya perusahaan berbasis pariwisata dan lingkungan.

Baca : Contoh Proposal Usaha

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button