BisnisMarketing

Contoh Proposal Business Plan

Contoh proposal business plan bisa membantu Anda dalam menyusun kerangka acuan ketika ingin membuka usaha. Harapannya adalah mampu memiliki proposal yang meyakinkan dan menawan bagi para calon mitra.

Ada banyak sekali keuntungan apabila Anda mampu menyusun proposalnya secara baik.

Salah satunya adalah mendapatkan pendanaan dari investor maupun pemberi dana. Ini menjadi salah satu langkah terbaik untuk mengembangkan bisnis tanpa harus mengeluarkan modal besar.

Namun permasalahannya adalah tidak semua orang mempersiapkan proposalnya secara baik, seperti kontennya kurang menunjukkan fokus bisnis atau tampilannya kurang meyakinkan. Selain itu juga harus dipertimbangkan juga unsur atraktifnya, terutama apabila ingin menggalang dana.

Memahami Struktur dari Contoh Proposal Business Plan

Langkah pertama apabila ingin menyusun proposalnya adalah memahami berbagai unsur – unsur dan strukturnya terlebih dahulu. Struktur ini penting, mengingat melaluinya seorang mitra mampu menilai dan memprediksi potensi keuntungan maksimal yang akan didapatkannya.

Pendahuluan

Unsur pertama dan harus ada yaitu pendahuluan, menjelaskan mengenai latar belakang pengadaan rencana bisnis tersebut. Setiap solusi atau pembentukan usaha pasti memiliki alasan atau permasalahan tertentu yang menjadi penguat munculnya solusi tersebut.

Latar belakang harus digambarkan secara kongkrit, selain menunjukkan mengapa melakukan usaha demikian, harus juga dibarengi dengan potensi keuntungan di masa depan. Bisa saja masalah tersebut hanya ada ketika saat itu saja, tidak ketika di masa depan.

Tujuan

Setiap pengajuan proposalnya memiliki tujuan dan harapan berbeda – beda, seperti dari mendapatkan perizinan untuk merealisasikan proyeknya. Biasanya ini menyasar pada para pemegang jabatan struktural atau penguasa yang memiliki andil terhadap jenis usaha tersebut.

Bisa juga untuk menggalang sponsorship atau menggalang dana demi menunjang berbagai kegiatan – kegiatan bisnisnya. Perbedaan intensi tersebut mengharuskan tujuannya tertulis secara jelas, sehingga mitra dapat mempelajari dan memahami maksudnya dengan cepat.

Rencana Bisnis

Misal ketika ingin mengajukan proposal bisnis plan makanan, harus mencantumkan rincian rencana bisnisnya. Tidak hanya terkait makanan dan inovasinya apa saja, tetapi juga harus menunjukkan analisis pasarnya serta potensi – potensi hambatan di masa depan.

Minimal harus menyertakan analisis SWOT, hal ini mampu membantu mitra untuk lebih dalam lagi mengenai ide bisnisnya, apakah sudah sesuai dengan kondisi masyarakat atau belum. Selain itu juga bisa menjadi pedoman mitra dalam menentukan prospektusnya.

Penutup

Bagian ini paling sering diabaikan karena menganggap bahwa inti dari proposalnya sudah tercantum serta mudah dipahami oleh para mitra. Padahal penutup memberikan kesempatan bagi Anda untuk menjelaskan secara ringkas gambaran produknya.

Mengingat pentingnya peranan informasi, maka seharusnya penutup juga dioptimalkan, seperti menuliskan poin penting secara lengkap. Selain itu pemilihan diksinya juga harus tepat serta menarik bagi para mitra, dengan demikian potensi dukungan bisa lebih besar.

Manfaat Mempelajari dan Mengembangkan Contoh Proposal Business Plan

Salah satu langkah terbaik ketika ingin mengembangkan proposalnya adalah mempelajari contoh terlebih dahulu. Banyak orang mengabaikan langkah ini karena menganggap membuang waktu, padahal sebaliknya justru sebaliknya, berikut beberapa manfaatnya.

Mendapatkan Dukungan Mitra dan Sponsor

Salah satu tujuan dari mengembangkan atau membuat proposal adalah mendapatkan dukungan dari mitra, namun proposal seperti apa yang diterima? Ada baiknya melihat berbagai contoh – contoh terlebih dahulu.

Mempelajari serta melihat faktor yang membuatnya diterima atau mendapatkan dukungan mitra bisa menjadi kunci bagaimana Anda menyusun proposalnya. Apakah produknya menarik, apakah perencanaan bisnisnya matang, dan berbagai faktor lainnya dapat Anda pelajari.

Mengembangkan Ide Kreatif dalam Menyusunnya

Ide muncul apabila mendapatkan stimulus serta data yang berlimpah, bagaimana bisa menyusun secara kreatif apabila tidak memiliki data lengkap? Karenanya mempelajari beberapa contoh proposal bisnis serta teknik penulisannya mampu menstimulasi ide tersebut.

Selain itu juga bisa menjadi sarana belajar atau latihan Anda, apabila masih bingung cobalah teknik amati-tiru-modifikasi. Tujuannya adalah memiliki pengalaman serta memahami bagaimana setiap unsur – unsurnya bekerja.

Memahami Format dan Diksi yang Digunakan Pada Proposal

Besar kemungkinan apabila Anda tidak menuliskan sesuai dengan format, potensi mendapatkan aproval sangat kecil. Mengingat mitra dan investor akan kesulitan membaca proposal Anda, dianggap kurang menarik serta memakan banyak waktu mempelajarinya.

Manfaat mempelajari contoh proposalnya adalah menghindari hal tersebut serta menjadi prioritas bagi klien, mitra, atau investor untuk dipelajari terlebih dahulu. Format yang tepat, desain memukau, serta isi yang jelas, memungkinkan potensi kerja sama jauh lebih besar.

Tips Mengembangkan Contoh Proposal Business Plan

Apabila sebelumnya tidak pernah menyusun proposal bisnis sendiri, tentu pertanyaan pertama yang muncul adalah bagaimana cara menyusunnya? Jawabannya adalah tidak sulit, tinggal ikuti petunjuk atau tips berikut ini :

Siapkan Hasil Risetnya

Salah satu hal penting untuk dilakukan sebelum membuat proposalnya adalah menyiapkan hasil risetnya terlebih dahulu. Mulai dari riset pasar, audiens, segmentasi pasar, dan masih banyak riset lainnya. Siapkan dalam berbagai bentuk yang mudah dibaca, seperti bagan atau grafik.

Masukkan Seluruh Informasi Terkait Pada Unsur – Unsurnya

Setelah seluruh bahannya siap, tinggal memasukkan pada template atau unsur – unsurnya saja, seperti tadi memasukkan informasinya pada latar belakang, tujuan, rencana bisnis, hingga penutup.

Pada tahap ini mungkin memerlukan sedikit waktu lebih lama, karena harus menyusun diksi seefektif mungkin, sehingga mitra menjadi lebih mudah mempelajari proposalnya.

Desain yang Unik dan Menawan

Jangan lupakan desain, seperti pemilihan kombinasi warna, jenis kertas, dan cara penyajiannya. Memang terkesan sederhana, tetapi dengan desain unik dan menawan bisa memberikan kesan pertama yang positif. Sehingga potensi mendapatkan dukungan juga lebih besar.

Kesalahan Dalam Menyusun Contoh Proposal Business Plan

Meskipun sudah banyak contoh berkembang, tetapi masih ada banyak kesalahan umum. Seperti tidak mencantumkan hasil riset secara menyeluruh. Memang sedikit rumit memasukkan hasil riset, tetapi informasi tersebut diperlukan mitra dalam melihat prospektus bisnisnya.

Contoh lainnya adalah ide pembuatan proposalnya tergolong kreatif serta unik, tetapi tidak mempertimbangkan unsur realisasinya. Bahkan ketika harus dihitung kembali, cenderung kurang realistis, baik secara kapasitas dana maupun sumber daya lainnya.

Tidak mencantumkan manfaat proposal usaha juga menjadi masalah berikutnya. Seorang investor atau mitra, biasanya tidak hanya melihat dari estimasi atau prospektus saja, tetapi mempertimbangkan apa yang akan didapatkannya.

Pastikan sudah memasukkan analisis keuangan atau perencanaan keuangan, ini adalah salah satu komponen penting karena modal capital adalah jantung dari berjalannya proyek tersebut. Melalui itu juga investor dapat menghitung seberapa banyak investasi yang akan disalurkannya.

Kesalahan umum terkait analisis keuangan adalah tidak realistis, contohnya mengabaikan potensi adanya kenaikan harga atau inflasi. Sehingga dalam proposalnya keuntungannya sepertinya besar, tetapi setelah realisasi hanya sedikit karena ada faktor kelalaian dalam menganalisis.

Pada saat mengajukan proposalnya, usahakan sudah memiliki branding terlebih dahulu, seperti logo, tagline, visi, dan sebagainya. Branding nantinya digunakan sebagai ukuran atau strategi melakukan pemasarannya.

Salah satu langkah terbaik untuk mengembangkan bisnis adalah dengan mengajukan proposal. Namun Anda harus memahami contoh proposal business plan terlebih dahulu, agar potensi dilirik mitra lebih tinggi.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button