Marketing

Contoh Proposal Digital Marketing

Anda perlu memahami contoh proposal digital marketing, agar mengerti bagaimana struktur yang benar dalam membuatnya. Tujuan membuat dokumen ini agar rencana penulis bisa disetujui oleh pihak yang ingin dituju.

Maka dari itu isi dokumen tersebut harus jelas dan detail.

Selain itu, perlu dibuat semenarik mungkin agar penerimanya bisa merasa tertarik.

Berikut ini beberapa contohnya : Contoh Proposal Usaha

Adapun tujuan lain dalam membuat proposal adalah, agar mendapat dana sponsor persetujuan dari pihak yang ingin Anda ajak untuk bekerja sama.

Bagi Anda yang masih menjadi mahasiswa, pastinya sudah tidak asing lagi bukan dalam membuat proposal.

Proposal penawaran produk digital marketing merupakan salah satu jenis proposal, cukup sering dibuat dengan tujuan untuk menawarkan produk atau jasa kepada perusahaan lain.

Tidak sulit untuk membuat proposal yang bisa menarik penerimanya, namun Anda harus mengetahui beberapa hal dasar dalam membuatnya.

Penawaran Anda dalam dokumen tersebut harus bisa dijelaskan secara singkat, namun bisa dipahami oleh pembaca nantinya.

Struktur Contoh Proposal Digital Marketing

Struktur dalam menyusun proposal, merupakan hal utama dan wajib untuk Anda ketahui.

Dalam menyusun sebuah dokumen berisikan sebuah rancangan, penulis harus bisa membuatnya dengan sebaik mungkin, hindari kata typo atau kesalahan penulisan.

Pendahuluan

Di dalam pendahuluan, Anda akan menjelaskan secara singkat visi dan misi bisnis yang akan Anda jalankan.

Pendahuluan juga berisi tentang pengenalan diri maupun perusahaan, juga menjelaskan mengenai keadaan pasar, dengan tujuan agar pihak investor bisa mengetahuinya.

Isi dari pendahuluan pada umumnya tidak terlalu panjang, hanya berisikan satu halaman saja. Selain itu hindari kata-kata terlalu panjang, atau bersifat bertele-tele.

Tujuan Mengajukan Proposal

Struktur contoh proposal digital marketing lainnya adalah tujuan penawaran, di sini Anda akan menjelaskan secara singkat apa tujuan Anda mengajukan penawaran kepada perusahan tersebut.

Anda bisa membuatnya secara singkat, dengan memberi poin-poin atau nomor.

Buatlah secara rinci namun spesifik, agar pihak penerima merasa tertarik untuk mendukung atau mengikuti penawaran yang ditawarkan.

Tujuan kegiatan harus dibuat senyata-nyatanya, dan tanpa dibuat-buat oleh pihak pembuat proposal.

Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Pihak perusahaan Anda akan menjelaskan apa saja penawaran yang ditawarkan oleh perusahaan, buatlah semenarik mungkin.

Jelaskan secara jelas apa manfaat dari produk atau jasa penulis tawarkan, gunakanlah bahasa mudah untuk dipahami.

Alasan dari Penawaran Layanan Tersebut

Struktur contoh proposal social media marketing biasanya juga akan menjelaskan kepada perusahaan yang dituju, mengenai alasan Anda menawarkan produk atau jasa digital marketing tersebut.

Anda bisa memasukkan hasil penelitian atau riset yang telah penulis lakukan.

Selain itu jelaskan juga apa saja dampaknya kepada masyarakat secara luas, untuk bisa meyakinkan pihak penerima proposal, Anda harus percaya diri dalam menjelaskannya.

Sebab jika Anda merasa percaya diri, maka perusahaan tersebut juga akan memberikan kepercayaannya.

Rencana Anggaran Biaya

Bagian ini yang akan menentukan, apakah anggaran dari penulis ajukan dapat diterima atau tidak. Rencana anggaran biaya berisi tentang dana yang Anda ajukan.

Bisa dimulai dari sumber daya manusia, material dan lainnya. Di sini penulis harus memasukkan biaya real, agar pihak perusahaan bisa tidak curiga. Urutkan daftar kebutuhan, sesuai dengan yang penulis butuhkan.

Penutup

Dalam struktur terakhir contoh proposal digital marketing pastinya akan terdapat penutup, di sini Anda akan mengisinya dengan kesimpulan dari proposal tersebut.

Juga mengucapkan harapan apa yang ingin dicapai, setelah pembuatan dokumen ini selesai dibuat.

Hindari Hal Berikut ini dalam Membuat Proposal

Karena dokumen ini bersifat formal, dan ditujukan kepada perusahaan yang ingin Anda ajukan.

Maka penulis harus memperhatikan kata-kata di dalamnya, kalau bisa jangan ada kesalahan kata serta penggunaan kata-kata yang berlebihan.

Kesalahan Penulisan

Terkadang penulis kurang teliti, dalam memeriksa penulisan kata.

Karena ada saja penulisan kata kurang tepat, maka dari itu dalam membuat proposal, Anda juga harus cermat dalam setiap pengetikan kata, dan kalau bisa dibaca kembali paragraf yang telah penulis ketik.

Terlalu Optimis

Satu hal harus dihindari dalam contoh proposal digital marketing adalah, penulisan kalimat-kalimat terlalu optimis.

Terkadang saat kita menuliskan harapan yang ingin dicapai dalam proposal, kalimat terlalu optimis secara tidak sengaja penulis ketik di dalamnya.

Optimis memang suatu sifat positif, namun Anda juga harus menyiapkan diri untuk menghadapi hal-hal tidak sesuai dengan ekspektasi.

Sehingga menuliskan kalimat terlalu optimis dalam dokumen tersebut, dirasa kurang baik.

Rancangan Anggaran tidak Realistis

Rencana anggaran merupakan hal penting, dan wajib untuk diperiksa kembali oleh penulis proposal.

Terkadang kita lupa untuk merencanakan apa saja anggaran yang akan ditulis di dalam contoh proposal digital marketing, sehingga anggaran tersebut tidak realistis.

Harapan terlalu tinggi dalam penghitungan keuntungan, bisa membuat Anda kecewa jika tidak mendapat dana sesuai dengan yang direncanakan.

Sesuaikan rancangan anggaran, dengan perusahaan tujuan penulis, dengan anggaran tidak terlalu rendah atau tidak terlalu tinggi.

Untuk membuat proposal, Anda memang harus memahami apa saja hal yang bisa dicantumkan dan mana yang tidak perlu.

Penggunaan kata dan kalimat juga harus terhindar dari kesalahan, agar contoh proposal digital marketing penulis buat bisa sempurna di mata perusahaan.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button