Bisnis

Contoh Sistem Informasi Manajemen

Contoh sistem informasi manajemen yang bisa Anda dapatkan saat ini semakin mudah dan banyak. Seperti yang sudah diketahui, sistem informasi manajemen atau SIM sudah banyak dipakai untuk mempermudah pekerjaan.

Secara teknis, pengolahan dan pemanfaatan akan jauh lebih maksimal hasilnya.

Manajemen dalam segala urusan perusahaan dapat dilakukan dengan cepat. Bahkan, pada tingkat tertentu bisa memberikan alternatif berupa pilihan keputusan.

Pada akhirnya, manajemen sangat diperlukan untuk mengatur, mengelola, hingga pengontrolan pada suatu kebutuhan. Itulah mengapa pekerjaan akan sulit dilakukan jika manajemen tidak dilakukan dengan baik.

Oleh sebab itulah Anda perlu mengetahui semua informasi mulai dari pengertian hingga contohnya. Sistem informasi manajemen akan memberikan dukungan dan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan secara maksimal dan professional.

Perangkat ini akan lebih mudah dipahami dengan melihat beberapa contoh sistem informasi manajemen.

Dalam perkembangannya, ada banyak sekali contoh Sistem Informasi Manajemen yang bisa Anda pahami.

Berikut beberapa contoh sistem informasi manajemen.

Executive Support System

Contoh sistem informasi manajemen yang pertama adalah Executive Support System (ESS). Secara teknis, sistem ini lebih sering dipakai oleh operator tingkat managerial. Tujuannya adalah untuk mengenali lingkungan kerja kantor.

Group Decision Support System dan Computer Support Collaborative Work System

Contoh kedua adalah sistem dukungan untuk keputusan berbasis grup dengan dukungan computer-support. Umumnya, sistem ini berbentuk kuisioner, scenario, ataupun berbentuk konsultasi.

Contohnya sendiri adalah e-gevornment.

Expert System dan Artificial Intelligent

Selanjutnya adalah sistem yang lebih tinggi dengan adanya dukungan dari kecerdasan buatan. AI atau kecerdasan buatan akan membuat analisa pemecahan masalah berdasarkan indicator tertentu untuk menentukan keputusan terbaik.

Decision Support System

Sistem dukungan ini biasanya juga dipakai oleh operator di tingkat managerial. Operator akan mengambil keputusan berdasarkan pengamatan lingkungan perusahaan. Salah satu contoh dari DSS adalah link bersifat elektronik.

Office Automation System

Ada juga OAS yang sering digunakan untuk mengintegrasikan komunikasi antar departemen. OAS inilah yang membuat transfer informasi berjalan lebih cepat. Salah satu contoh sederhananya adalah email

Supply Chain Management

SCM mungkin lebih banyak dipakai untuk aplikasi akuntansi. Tujuannya adalah mengintegrasikan data penting dari pihak pertama dengan pihak selanjutnya. Misalnya ada antara pemasok, produsen, pengecer, hingga konsumen.

Pada akhirnya, sistem informasi manajemen memiliki banyak contoh sistem yang dipakai pada perusahaan skala besar dan kecil. Oleh sebab itulah tidak menutup kemungkinan akan muncul contoh sistem informasi manajemen lainnya.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button