Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri atau resign kerja ini biasanya dijadikan referensi untuk beberapa alasan.

Ya, apakah Anda seringkali merasa tertekan ketika hendak pergi bekerja? Rasanya bangun di pagi hari untuk bersiap-siap ke kantor Anda saat ini begitu berat. Mungkin Anda tengah mencari referensi atau contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Seperti yang telah diketahui, bekerja menjadi kebutuhan dasar manusia untuk bertahan hidup. Namun, untuk beberapa alasan mungkin Anda ingin memutuskan untuk resign. Jika Anda telah mempertimbangkannya dengan matang, pilihan tersebut memang bukanlah hal yang buruk.

Perlu diingat pula bahwa surat pengunduran diri tidak hanya dibuat ketika Anda hendak mengundurkan diri di suatu perusahaan. Keperluan terhadap surat ini juga seringkali dialami oleh mahasiswa yang hendak mengundurkan diri di sebuah instansi pendidikan.

Surat pengunduran diri termasuk ke dalam kategori surat formal/resmi. Hal ini bisa dilihat dari beberapa unsur yang ada di dalamnya, antara lain: awalan Kepada/Yth, identitas penulis, alasan logis pengunduran diri, dan akhiran terima kasih.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi atau contoh surat pengunduran diri, berikut beberapa contoh yang bisa dijadikan referensi:

 

Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Jakarta, 14 September 2019

Kepada

Bapak/Ibu HRD

PT Federal Matic Oil

Jalan Pasar Rebo No 34, Jakarta Timur

Dengan hormat,

Berdasarkan surat keputusan departemen direksi, Saya sebagai Staff Logistik Umum di PT Federal Matic Oil yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Khairul Ahmad Wijayanto

Departemen : Logistik

Jabatan : Staff Logistik Umum

ID Karyawan : 345234LH

Hendak menyampaikan maksud dan tujuan Saya untuk mengundurkan diri dari jabatan Staff Logistik Umum yang terhitung sejak tanggal 14 September 2019.

Sebelumnya Saya ingin berterima kasih atas kesempatan yang diberikan karena ditempatkan di Departemen Logistik. Segala pengalaman yang didapatkan akan membantu saya untuk menjadi pribadi yang lebih profesional lagi di bidangnya.

Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran departemen di PT Federal Matic Oil dan rekan-rekan di Departemen Logistik jika selama menjalani tugas banyak melakukan kesalahan.

Demi kelancaran proses produksi di bagian Departemen Logistik, Saya bersedia menjalankan tugas seperti biasanya sampai akhir masa transisi jabatan. Semoga PT Federal Oil Matic senantiasa dapat berkembang lebih baik lagi.

Hormat Saya,

 

Khairul Ahmad Wijayanto

 

Kepada : Kepala HRD (Nama Perusahaan)

Dari : (Nama Pemohon)

Posisi/Jabatan  : (Jabatan Terakhir)

Departemen : (Nama Bagian/Departemen)

Perihal : Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Bersama ini Saya hendak menyampaikan maksud dan tujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri di PT (Nama Perusahaan) sebagai (Jabatan Terakhir) karena alasan kondisi kesehatan yang belum stabil.

Banyak sekali manfaat dan keuntungan yang bisa Saya dapatkan ketika bekerja di PT (Nama Perusahaan). Saya diberikan banyak bimbingan, pembelajaran, dan dukungan untuk bidang keahlian yang dimiliki.

Hal tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan dan menjadikan Saya sebagai pribadi yang lebih profesional. Adapun untuk seluruh rekan di (Nama Perusahaan) Saya memohon maaf apabila selama bekerja telah melakukan kesalahan , baik yang disengaja maupun tidak sengaja.

Mohon kiranya agar HRD PT (Nama Perusahaan) mengabulkan permohonan Saya untuk mengundurkan diri.

Hormat Saya

 

(Nama Anda)

 

Surat Pengunduran Diri Karyawan

Jakarta, 15 April 2018

Kepada

Kepala Personalia

PT HUA XIANG LING

Jalan Ahmad Yani No 65, Jakarta Barat

 

Saya yang telah bertanda tangan melalui surat pernyataan berikut.

Nama                : Anisa Intan Melati

NIK                   : 15004534555

Jabatan            : Helper Produksi

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa terhitung di tanggal 15 April 2018 Saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai salah satu karyawan di PT HUA XIANG LING bagian Helper Produksi.

Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas kesempatan dan peluang yang selama ini diberikan untuk bekerja di PT HUA XIANG LING.

Bersama surat ini pula Saya memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen dan rekan-rekan PT HUA XIANG LING jika terdapat kesalahan yang Saya perbuat selama bekerja. Semoga PT HA XIANG LING menjadi perusahaan garment yang semakin berkembang di masa mendatang.

Hormat Saya,

 

Anisa Intan Melati

NIK. 15004534555

 

Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

 

Lampung, 25 Desember 2019

 

Yth.

Human Resource Department

PT Farious Cup Plastics

Jalan Merbabu Raya No 43

Lampung Barat

Indonesia

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, Saya Lutfi Ramadhani Suryo  hendak menyampaikan maksud untuk mengundurkan diri dari PT Farious Cup Plastics sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 23 Desember 2019.

Saya mengucapkan terima kasih banyak atas segala kesempatan dan pengalaman yang diberikan selama bekerja di PT Farious Cup Plastics. Saya mohon maaf sebesar-besarnya pula kepada seluruh jajaran manajemen dan rekan-rekan di PT Farious Cup Plastics jika terdapat kesalahan yang Saya perbuat.

Harapan Saya semoga PT Farious Cup Plastics senantiasa bekembang ke arah yang lebih baik di masa mendatang.

Hormat Saya,

 

Lutfi Ramadhani Suryo

 

Surat Pengunduran Diri Kerja di Toko

Bogor, 30 Januari 2018

Kepada

Kepala Cabang

Toko Okta Sejahtera

Di-

Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, Saya Muhamad Dani Ramdiani bermaksud mengundurkan diri dari Toko Okta Mart sebagai Staff Finance, hal ini terhitung sejak tanggal 30 Januari 2018.

Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan dan peluang yang diberikan selama bekerja di Toko Okta Sejahtera. Bersama surat ini pula Saya memohon maaf kepada seluruh rekan-rekan karyawan di Toko Okta Sejahtera apabila selama bekerja berbuat kesalahan.

Saya berharap Toko Okta Sejahtera senantiasa berkembang ke arah kemajuan dan selalu mendapatkan yang terbaik.

 

Hormat Saya,

Muhamad Dani Ramdiani

 

Surat Pengunduran Diri Admin

Kepada

Bpk/Ibu Personalia

CV Andalah Biru Utama

Jalan Cibubur Raya No. 44, Jakarta Timur

 

Yang bertanda tangan di surat ini, Saya:

Nama : Anggi Kusuma Negara

Jabatan/ID Karyawan : Administrasi Umum/343334

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa Saya mengajukan permohonan pengunduran diri dari CV Andalan Biru Utama di bagian Administrasi Umum. Banyak pengalaman dan pelajaran yang Saya dapatkan dari pekerjaan tersebut, oleh karena itu Saya mengucapkan terima kasih.

Saya memohon maaf atas kesalahan yang mungkin diperbuat selama bekerja. Harapan Saya semoga CV Andalan Biru Utama selalu berkembang maju ke arah yang lebih baik.

Hormat Saya,

 

Anggi Kusuma Negara

 

Surat Pengunduran Diri Ke HRD

Depok, 12 Februari 2016

Kepada

HRD Manager

PT Insan Star Lion

Jalan Jendral Arifin No 123

Depok

Indonesia

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, Saya Lifiana Alya Susanti bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Insan Star Lion sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 14 Maret 2016.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas peluang yang diberikan untuk bekerja di PT Insan Star Lion. Pengalaman tersebut sangat berarti untuk menjadikan Saya pribadi yang lebih profesional.

Saya juga memohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh rekan-rekan PT Insan Star Lion apabila terdapat kesalahan yang diperbuat, baik sengaja maupun tidak sengaja. Semoga PT Insan Star Lion senantiasa berkembang maju dan mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

 

Lifiana Alya Susanti

 

Bogor, 15 November 2016

 

Kepada

Human Resource Management

PT……………………………………….

Alamat perusahaan

Jl………………………………………..

INDONESIA

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, Saya………..(Nama Pemohon) hendak mengajukan pengunduran diri dari PT………………………………………..(Nama Perusahaan/Tempat Anda Bekerja) sebagai……………………..(Jabatan/Pangkat Terakhir di Perusahaan), hal ini terhitung sejak tanggal ……………….(Tanggal Ketika Mengundurkan Diri).

Saya juga mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas kesempatan dan peluang yang diberikan untuk bekerja di………………..(Nama Perusahaan/Tempat Bekerja). Saya juga memohon maaf untuk seluruh jajaran direksi dan rekan-rekan………………(Nama Perusahaan/Tempat Anda Bekerja).  Apabila selama bekerja, Saya melakukan kesalahan-kesalahan.

Harapan Saya semoga……………………………..(Nama Perusahaan/Tempat Anda Bekerja) dapat lebih maju di masa mendatang.

 

Harapan Saya,

 

(Nama Lengkap Pemohon)

Surat Pengunduran Diri Mahasiswa Dari Kampus

Bandung, 6 Maret 2017

Yth.

Ketua Jurusan Teknik Informatika

Politeknik Negeri Bandung

Jalan Pahlawan No 76, Bandung Barat

Perihal: Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dalam surat ini:

Nama                            : Ananda Syarifudin Ulum

NIM                              : 201745463777

Jurusan                        : Teknik Informatika

Prodi                            : Ilmu Komputer

 

Bersama surat ini, Saya menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai mahasiswa di Politeknik Negeri Bandung terhitung sejak semester ini (Semester 3/2017).

Adapun alasan Saya mengundurkan diri adalah sebagai berikut:

Alasan Saya adalah karena telah diterima di Institut Teknologi Bandung, sehingga dengan pertimbangan matang Saya mengundurkan diri dari seluruh kegiatan sebagai Mahasiswa di Politeknik Negeri Bandung.

Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan dan pembelajaran yang telah diberikan kepada saya selama mengenyam pendidikan di Politeknik Negeri Bandung.

Saya memohon maaf kepada seluruh Dosen Prodi Ilmu Komputer, apabila selama proses belajar terdapat hal-hal kurang pantas yang pernah Saya lakukan. Baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja selama kuliah di Politeknik Negeri Bandung.

Besar harapan Saya agar Politeknik Negeri Bandung senantiasa berkembang ke arah kemajuan dan semakin sukses.

Demikian surat ini Saya sampaikan dan tandatangani untuk dapat digunakan sesuai tujuannya. Atas perhatiannya, Saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Ananda Syarifudin Ulum

 

Surat Pengunduran Diri Dari Beasiswa

Palembang, 18 Februari 2015

Yth.

Ketua Yayasan Harapan Baru

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                            : Siti Halimah Asadiyah

Tempat, tanggal lahir     : Purwokerto, 28 Agustus 1999

Fakultas                        : Manajemen/Ilmu Ekonomi

Universitas                    : Universitas Palembang

 

Menyatakan dengan sebenarnya untuk mengajukan pengunduran diri sebagai penerima beasiswa Karya Bangsa untuk 1 semester yang tersisa.

Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan berupa bantuan dana pendidikan yang selama ini Saya peroleh melalui Yayasan Harapan Baru.

Demikian hal yang dapat Saya sampaikan, semoga Yayasan Harapan Baru senantiasa berkembang ke arah yang lebih baik. Atas perhatian yang diberikan, Saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Siti Halimah Asadiyah

 

Surat Pengunduran Diri Pindah Sekolah

Yth.

Kepala SMK Negeri 1 Babakan

Jalan Pegangsaan No 68, Jakarta Selatan

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                : Muhamad Syarif Ishaq

Pekerjaan          : Karyawan Swasta

Alamat              : Jalan Raya Melati No 77, Jakarta Timur

Selaku orang tua murid dari:

Nama siswa      : Apriadi Syarif Ahmad

Kelas                : IX IPS 4

No.induk           : 322434333

Mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri anak Saya Apriadi Syarif Ahmad dari SMK Negeri 1 Babakan. Adapun alasan pengunduran diri tersebut adalah karena anak saya akan pindah sekolah di tempat yang baru.

Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan dan dukungan yang diterima anak Saya selama bersekolah di SMK Negeri 1 Babakan. Demikian surat pengunduran ini dibuat agar bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 12 Mei 2019

Hormat Saya,

 

Muhamad Syarif Ishaq

Tembusan:

Bapak/Ibu  Wali Kelas IX IPS 4

 

Surat Pengunduran Diri Staff

Kepada

Manager Umum

PT Sinar Utama Pelangi

Di

Cibinong

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dalam surat ini, Saya:

Nama               : Humaira Aninda Thomas

Jabatan            : Staff Accounting

Divisi                : Accounting

 

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Sinar Utama Pelangi, terhitung sejak tanggal 16 Juni 2018.

Terima kasih banyak atas kesempatan yang diberikan sehingga saya dapat belajar dan menjadi pribadi yang lebih profesional di PT Sinar Utama Pelangi. Terima kasih pula kepada rekan-rekan Divisi Accounting yang telah memberikan banyak bimbingan.

Saya memohon maaf apabila selama bekerja melakukan kesalahan ataupun kekeliruan, baik yang disengaja maupun tidak sengaja. Saya berharap semoga PT Sinar Utama Pelangi senantiasa maju dan berkembang lebih baik lagi.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini dibuat agar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya, Saya mengucapkan terima kasih.

Cibinong, 17 Juni 2018

 

Humaira Aninda Thomas

 

Surat Pengunduran Diri Dari Guru

Tangerang Selatan, 16 Desember 2016

Perihal: Pengunduran Diri

 

Yth.

Kepala SMA Negeri 1 Sultan Sahrir

Jalan Industri Maju Km 12, Tangerang Selatan

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : Anastasya Alia, S.Pd

Tempat, tanggal lahir     : Depok, 15 Maret 1990

Jabatan                        : Guru Biologi

NIP                               : 34354365745454

Alamat                          : Jalan Haji Burhanuddin No 23, Depok

 

Bersama surat ini, terhitung semenjak hari Sabtu tanggal 12 bulan Desember tahun  2016 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Biologi di SMA Negeri 1 Sultan Sahrir.

Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan yang diberikan sehingga dapat mengajar siswa dan siswi SMA Negeri 1 Sultan Sahrir. Tidak lupa pula permohonan maaf Saya sampaikan kepada seluruh staff dan komite SMA Negeri Sultan Sahrir, apabila terdapat kesalahan Saya yang disengaja maupun tidak disengaja.

Harapan besar Saya semoga SMA Negeri 1 Sultan Sahrir dapat lebih maju dan berkembang di masa mendatang. Atas perhatiannya, Saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anastasya Alia, S,pd

NIP 34354365745454

 

Surat Pengunduran Diri Organisasi

Yth.

Ketua Himpunan Kemahasiswaan

Universitas Gunakarya

 

Saya Asraf Mahendra selaku sekretaris umum Himpunan Kemahasiswaan Universitas Gunakarya, dengan ini menyatakan pengunduran diri Saya dari organisasi tersebut. Berikut beberapa hal yang menjadi alasan Saya mengundurkan diri:

  1. Menimbang banyaknya kesibukan Saya akhir-akhir ini sebagai mahasiswa tingkat akhir (semester 8).
  2. Tidak bisa mengikuti jadwal kegiatan Himpunan Kemahasiswaan karena kesibukan yang padat di bidang akademik.

Terima kasih banyak atas pengalaman, dukungan, dan pembelajaran yang diberikan untuk Saya selama berada di Himpunan Kemahasiswaan. Hal ini sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari Saya dan di masa mendatang.

Saya juga memohon maaf atas segala kesalahan yang telah diperbuat selama berada di Himpunan Kemahasiswaan.  Atas perhatiannya, Saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Asraf Mahendra

 

Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah Dasar (SD)

Kepada

Bapak Kepala Sekolah SD 04 Wangunsari

Di

Tempat

 

Assalamualaikum wr.wb.,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Rika Anandya Sari, S.Kom

Jabatan            : Bendahara Umum

 

Menyatakan untuk mengajukan pengunduran diri dari SD 04 Wangunsari sebagai Bendahara Umum. Adapun alasan untuk mengundurkan diri adalah karena adanya tawaran pekerjaan lain yang sekiranya sesuai dengan bidang akademik Saya.

Terima kasih atas segala bimbingan dan pengalaman yang diberikan. Tak lupa Saya memohon maaf kepada seluruh rekan dan komite sekolah di SD 04 Wangunsari jika terdapat kesalahan yang dilakukan. Atas perhatiannya, Saya mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb.

Hormat Saya,

 

Rika Anandya Sari, S.Kom

 

Nah, demikian beberapa contoh surat pengunduran diri yang coba disajikan, semoga bermanfaat ya.

Dan untuk Anda yang ingin melamar kerja, bisa baca ini : Contoh surat lamaran kerja

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133