Ragam

Contoh Surat Undangan Pembicara

Contoh surat undangan pembicara mungkin akan Anda perlukan ketika membuat sebuah acara dan membutuhkan pembicara di dalamnya. Dalam membuat surat undangan tentunya tidak boleh sembarangan.

Karena memberikan kesan baik sangat dibutuhkan saat surat yang ditujukan memiliki format yang tidak asal-asalan.

Ini juga mungkin akan mempengaruhi kesediaan pembicara untuk mendatangi acara yang Anda akan laksanakan. Jika melihat surat yang dikirimkan memiliki format baik dan benar Mungkin pembicara akan lebih tertarik untuk datang.

Salah Satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika mengundang pembicara adalah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Mungkin setiap pembicara memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan jumlah permintaan yang berbeda-beda.

Misalnya saja ketika Anda mengundang pembicara untuk Digital marketing. Tentunya Anda harus mempersiapkan beberapa hal untuk mendukung pembicara tersebut menyampaikan materi dengan baik dan benar seperti misalnya proyektor dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu adalah untuk memberikan kenang-kenangan baik berupa barang ataupun uang bagi pembicara. Ini memang bukan merupakan hal wajib akan tetapi salah satu bentuk mengapresiasi ilmu yang disampaikan oleh pembicara.

Pengertian dan Fungsi Surat Undangan Pembicara

Surat undangan pembicara secara sederhana dapat diartikan sebagai surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan, instansi, atau organisasi untuk seseorang yang biasanya memiliki keahlian tertentu.

Surat resmi memiliki beberapa bagian yang berbeda dengan surat tidak resmi. Oleh karena itu beberapa orang yang membutuhkan contoh surat undangan pembicara agar bisa menulis surat undangan resmi dengan baik dan benar.

Fungsi utama dari surat undangan pembicara yaitu adalah memberikan undangan secara resmi untuk menghadiri acara tertentu. Pembicara tentunya memiliki hak untuk menolak atau menyetujui datang.

Salah Satu hal yang harus dipahami dengan baik yaitu adalah dalam menulis surat undangan harus menyampaikan dengan detail dan jelas maksud dan tujuan. Hal yang tidak kalah penting yaitu adalah menyampaikan detail acara yang akan dilaksanakan.

Ini akan sangat berguna untuk pembicara mempertimbangkan menghadiri acara atau tidak. Dengan mengetahui tema dan juga detail acara yang akan dilakukan seorang pembicara bisa menentukan dengan jelas apa yang perlu dipersiapkan ketika datang yang ke acara tersebut.

Ketika mengirimkan surat undangan pembicara sangat disarankan langsung ditunjukkan kepada orang yang dituju. Waktu pengirimannya juga harus sangat diperhatikan, yaitu sekitar dua minggu sebelum acara dilakukan atau mempertimbangkan hal-hal lain yang mungkin perlu diperhatikan.

Pastikan untuk menambahkan kop surat agar pihak pembicara bisa mengetahui dengan jelas Siapa yang mengirim surat tersebut. Selain itu tambahkan data tangan resmi agar surat tersebut terjamin legalitasnya.

Gaya Bahasa Surat Undangan Pembicara

Salah Satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika membuat surat undangan yaitu adalah gaya bahasa. Pastikan untuk menyampaikan segala sesuatunya dengan kalimat baku dan tidak bertele-tele.

Gunakan kata-kata yang sesuai dengan KBBI dan tidak menggunakan istilah-istilah yang nyeleneh. Cara sangat penting untuk membuat kata-kata yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele.

Gaya bahasa yang Anda gunakan bisa menjadi salah satu tolak ukur, bagaimana kredibilitas dari pihak pengirim surat undangan. Jika Anda membuat surat dengan gaya bahasa yang asal-asalan bisa memberikan penilaian negatif terhadap perusahaan atau organisasi yang Anda wakili.

Contoh Surat Undangan Pembicara

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya untuk membuat surat undangan pembicara ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut beberapa bagian-bagian dalam membuat surat undangan pembicara.

Kepala Surat

Salah Satu bagian yang penting untuk memberikan identifikasi pengirim surat yaitu adalah kepala surat. Di dalam kepala surat Anda bisa menambahkan logo, nomor telepon dan email, dan beberapa hal yang bisa mengidentifikasi perusahaan atau organisasi anda.

Tempat dan tanggal surat

Bagian yang tidak kalah penting ketika menulis surat undangan pembicara yaitu adalah tempat dan tanggal surat. Ini akan memberikan identifikasi mengenai Kapan surat dan dimana lokasi dibuatnya. Berikut contoh menulis tanggal surat yang benar:

Jakarta, 21 Oktober 2021

Alamat tujuan

Bagian ini berfungsi untuk menunjukkan kepada siapa surat ditujukan. Berikan contoh surat undangan pembicara pada bagian alamat tujuan.

Yth. Sdr. Juni Hartono
Jalan Cemara Dalam X/153 B
Jakarta 40133

Salam pembuka

Ini merupakan salah satu bagian surat undangan yang cukup penting. Anda tidak perlu menulis terlalu panjang salam pembuka. Berikut contoh penulisan salam pembuka yang singkat dan jelas.
Dengan hormat, …

Isi surat

Dalam menulis isi surat tidak boleh sembarangan. Pastikan jika Anda menuliskan dengan jelas maksud dan tujuan mengirimkan surat tersebut. Selain itu berikan juga informasi mengenai waktu pelaksanaan dan juga detail acara yang akan dilaksanakan. berikut contoh isi surat.

Sehubungan dengan diadakannya kegiatan pelatihan dengan tema “ Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Digital Marketing Untuk Indonesia Yang Lebih Baik” kami berkeinginan untuk mengundang saudara menjadi pembicara pada kegiatan tersebut. Berikut waktu dan tempat pelaksanaannya.

Tanggal: 12 November 2021

Jam: 08.00 WIB
Tempat: Hotel Mawar Lantai 3

Salam penutup dan tanda tangan

Bagian terakhir yaitu adalah salam penutup dan tanda tangan. Tanda tangan dibutuhkan untuk memberikan legalitas terhadap surat tersebut.

Sangat penting untuk menulis surat undangan pembicara dengan baik dan benar. Contoh surat undangan pembicara di atas mungkin bisa menjadi referensi jika belum mengerti bagian-bagian undangan resmi untuk pembicara.

Baca : Pembicara Internet Marketing

Demikian informasi mengenai contoh surat undangan pembicara ini dibuat, semoga bermanfaat ya.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button