Marketing

Contoh Teks Iklan Promosi Produk

Contoh teks iklan yang cocok dijadikan sebagai sebuah referensi tentu sangat dicari saat ini. Membuat iklan memang bukan merupakan hal mudah.

Karena berbeda dengan teks biasa, teks iklan harus mampu memikat calon pembeli. Iklan adalah metode paling umum dalam melakukan marketing.

Bahkan iklan disebut sebagai salah satu metode paling efektif untuk bisa mendapatkan pelanggan. Hanya saja, membuat iklan yang bagus cukup sulit.

Apalagi jika media iklan berupa teks. Hal ini akan lebih menantang bagi seorang pembuat iklan karena keterbatasan dari teks itu sendiri. Karena teks berbeda dengan media visual ataupun audio.

Oleh karena itu terkadang diperlukan sebuah referensi untuk menulis sebuah iklan. Namun perlu Anda ketahui bahwa iklan berbentuk teks sendiri ada beberapa macam.

Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Memahami Lebih dalam Mengenai Teks Iklan

Sebelum kami memberikan beberapa contoh teks iklan yang bisa dijadikan referensi, sebelumnya kami akan menjelaskan mengenai teks iklan itu sendiri. Karena masih banyak orang yang belum memahami hal ini.

Memiliki pemahaman mendalam mengenai teks iklan juga akan membantu Anda dalam membuatnya.

Berikut ini adalah penjelasan mendalam mengenai teks iklan. Pastikan Anda menyimak dan memahami penjelasan berikut ya.

Pengertian Teks Iklan

Secara umum teks iklan dapat diartikan sebagai suatu sarana untuk mengenalkan sebuah produk dan menarik calon pembeli dalam format teks. Teks iklan dapat ditemui di berbagai media.

Fungsi Tek Iklan

Ketika Anda sedang mencari contoh teks iklan yang baik, maka harus perhatikan fungsinya terlebih dahulu. Pada dasarnya teks iklan memiliki fungsi untuk mengenalkan, membujuk dan juga mengingatkan.

Sebuah teks iklan yang baik harus bisa mengenalkan produk dengan jelas. Selain itu iklan juga harus mampu membujuk seseorang untuk melakukan pembelian.

Terakhir, iklan berfungsi sebagai pengingat terhadap suatu produk.

Kaidah Teks Iklan

Ada beberapa kaidah yang biasanya dipakai dalam membuat teks iklan. Kaidah pertama yang serin dipakai adalah bentuk slogan. Slogan harus dibuat se-menarik mungkin dan mudah diingat oleh pembeli.

Kaidah selanjutnya dari sebuah teks iklan adalah bersifat persuasif. Sebuah teks iklan juga biasanya menggunakan sudut pandang tertentu yang membuat iklan tersebut terasa lebih dekat dengan pelanggan.

Memahami Beragam Jenis Teks Iklan

Perlu Anda pahami bahwa ternyata teks iklan ada beragam jenis. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui akan mencari teks iklan seperti apa. Sehingga Anda bisa menemukan contoh yang tepat.

Sebab setiap jenis teks iklan memiliki karakteristiknya tersendiri. Mulai dari contoh teks iklan makanan, layanan masyarakat, lowongan kerja dan lainnya memiliki ciri khas masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis teks iklan.

Jenis Teks Iklan Produk

Teks iklan jenis pertama ditujukan untuk melakukan pemasaran terhadap produk tertentu. Produk tersebut dapat berupa barang ataupun jasa. Iklan seperti ini juga sering disebut sebagai iklan niaga.

Tujuan utama dari teks iklan jenis ini adalah mempengaruhi masyarakat untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu keberhasilan teks iklan jenis ini dinilai dari seberapa banyak penjualan yang berhasil dilakukan.

Jenis Teks Iklan Layanan Masyarakat

Jenis teks iklan kedua adalah teks iklan layanan masyarakat. Contoh teks iklan layanan masyarakat biasanya dibuat oleh pemerintah sebagai bagian dari program tertentu. Misalnya adalah pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Berbeda dengan iklan niaga, teks iklan jenis ini tidak berusaha mengajak masyarakat untuk membeli produk tertentu. Namun teks iklan ini berusaha mengajak masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

Jenis Iklan Lowongan Kerja

Sesuai dengan namanya, teks iklan jenis ini berisi informasi mengenai lowongan pekerjaan. Oleh karena itu, tujuan dari jenis teks iklan ini adalah memberikan informasi mengenai lowongan serta persyaratan yang dibutuhkan.

Contoh Teks Iklan yang Perlu Diketahui

Setelah memahami lebih dalam mengenai teks iklan, kini kami akan memberikan beberapa contohnya. Anda bisa menggunakan contoh yang kami berikan di bawah ini sebagai referensi untuk membuat iklan sendiri.

Teks Iklan Niaga

Ini dia yang paling pas untuk dimakan rame-rame. Big Box Pizza yang dilengkapi dengan beragam snacks pas banget untuk momen berkumpul bersama teman atau keluarga. Segera dapatkan hanya di PHD.

Teks Iklan Layanan Masyarakat

Keselamatan planet bumi telah terancam oleh adanya Global Warming! Jika Anda mencinta planet ini, jika Anda mencintai anak cucu, mari segera bergerak. AYO MULAI MENANAM POHON.

Teks Iklan Lowongan Kerja

Dibutuhkan seorang akuntan dengan ketentuan minimal S1 Akuntansi dengan pengalaman setidaknya 1 tahun di bidang sejenis. Silahkan kirimkan CV dan berkas terkait ke perusahaan kami.

Membuat sebuah teks iklan yang baik memang bukanlah hal mudah. Sebab tidak semua orang bisa menyusun kata-kata yang mampu menggerakan orang lain untuk melakukan sesuatu.

Namun dengan menggunakan referensi seperti yang kami berikan di atas, Anda bisa membuat teks iklan dengan mudah. Karena Anda bisa menjadikan contoh teks iklan sebagai inspirasi untuk iklan Anda.

Baca Juga : Contoh Iklan Baris

Semoga artikel ini dapat dijadikan contoh teks iklan yang bisa digunakan sebagai referensi membuat iklan Anda sendiri.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button