Copywriting

Belajar Copywriting Wahyu Blahe

Belajar copywriting yang menghipnotis? Wow, judulnya seru ya kan.

Ok, kita ulas ya.

Branding dan marketing adalah hal paling penting dalam dunia bisnis, baik secara online ataupun offline.

Dalam penerapannya ada beberapa teknik branding dan marketing yang bisa dilakukan. Salah satu yang paling efektif menurut saya adalah teknik copywriting. Karena, copywriting sendiri adalah teknik promosi dengan menggunakan gaya pengolahan kalimat.

Memahami teknik copywriting sebenarnya tidak terlalu sulit, namun juga tidak mudah. Kreativitas pengolahan kata dan teknik dasar perlu dipahami terlebih dahulu.

Copywriting sering dijadikan sebagai trik berjualan.

Secara umum ada dua jenis cara berjualan yang sering dilakukan.

Pertama adalah hard selling yaitu berjualan secara terang-terangan. Dimana kita memaparkan produk, dan menarik orang untuk membeli produk tersebut. Saat ini hard selling saya anggap kurang efektif untuk diterapkan.

Kedua adalah soft selling, ini adalah teknik berjualan dengan halus. Yakni jualan tanpa terkesan berjualan.

Biasanya dalam teknik ini dimasukkan juga teknik copywriting. Karena pada dasarnya soft selling adalah salah satu bagian dari teknik copywriting itu sendiri.

Dalam soft selling, mengolah kata dilakukan sebaik mungkin agar tidak terkesan sedang berjualan dan memaksa orang untuk membeli. Cara tersebut cukup efektif untuk digunakan saat ini, terlebih lagi untuk internet marketer seperti saya.

Selain itu copywriting juga sering digunakan dalam media promosi lainnya, misalnya adalah banner, spanduk atau brosur.

Dalam hal ini, bukan hanya internet marketer saja yang membutuhkan pengetahuan mengenai copywriting, namun juga graphic designer. Karena sebuah desain bukan hanya dilihat dari nilai estetikanya saja, namun juga nilai fungsi dan juga efektivitasnya, terutama untuk kebutuhan promosi.

Beberapa poin ulasan yang ditulis ini merupakan bagian dari cara saya belajar copywriting, dan melatih gaya penulisan untuk penguasaan teknik storytelling. Karena saya sadar, mengembangkan disiplin ilmu yang dipelajari selama ini diharapkan mendongkrak branding diri.

Salah satu pengembangan disiplin ilmu itu adalah trik bercerita kepada kawan-kawan bahwasanya saya mau narsis, dengan menunjukkan foto di atas ini tanpa terkesan berlebihan.

Untuk memahami teknik copywriting sebenarnya tidak terlalu sulit, namun juga tidak mudah. Kreativitas pengolahan kata dan teknik dasar perlu Anda pahami terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa hal tentang pengenalan copywriting yang perlu Anda pahami.

Manfaat Copywriting

Beberapa tahun terakhir, banyak sekali orang yang membicarakan tentang copywriting. Terlebih lagi para pelaku internet marketer, lalu sebenarnya apa istimewanya teknik copywriting?

Pada dasarnya copywriting memang dibutuhkan untuk kepentingan marketing, baik secara online ataupun jenis marketing lainnya. Manfaat copywriting sendiri secara umum adalah untuk meningkatkan efektifitas marketing.

Memang ada banyak sekali teknik dan trik yang perlu dipahami di dalam dunia marketing. Copywriting adalah salah satu bagian dari teknik marketing yang sangat efektif. Dimana dengan penerapan copywriting, Anda bisa meningkatkan efektivitas proses marketing Anda.

Dalam dunia periklanan, copywriting akan meningkatkan daya tarik orang terhadap iklan Anda. Dengan begitu, tingkat efektivitas iklan Anda akan lebih baik.

Pentingnya Copywriting Untuk Internet Marketing

Internet marketing memang salah satu jenis marketing yang gampang-gampang susah. Memang lebih mudah dilakukan, namun internet marketing membutuhkan trik dan teknik untuk memaksimalkan internet marketing.

Karena Anda harus menawarkan sesuatu tanpa melihatkan barang dan tanpa bertatap muka. Hal ini bisa disiasati dengan menerapkan copywriting dalam internet marketing.

Contoh Penerapan Copywriting

Copywriting biasanya digunakan untuk kebutuhan internet marketing dan jenis marketing lainnya yang menggunakan tulisan.

Salah satu contoh penerapan copywriting dalam dunia internet marketing adalah ketika berjualan secara online di social media. Banyak yang sudah paham betapa efektifnya copywriting dan soft selling di media sosial.

Tidak heran jika pengenalan copywriting sangat dibutuhkan oleh pelaku internet marketer. Seperti, contoh :

Copywriting Personal Branding

Baca : Copywriting Marketing Update!

Beberapa poin ulasan pengenalan di atas merupakan bagian dari belajar copywriting gratis yang disajikan, dan mungkin hanya gambaran secara umum saja, masih ada banyak hal yang bisa dipahami dari teknik copywriting.