TeknologiMarketing

Apa Itu Digital Branding?

Apa itu digital branding? Mungkin, masih banyak orang tidak mengerti pengertian dari istilah tersebut. Namun, mungkin Anda sudah sering mendengarnya, baik melalui media social atau platform lain.

Saat ini, dunia telah bergeser menuju era baru yang disebut dengan era digital. Semua hal akan berubah menjadi digital secara bertahap. Anda juga pastinya sudah menyadari hal tersebut, bukan?

Digital branding menjadi sangat penting jika melihat trend yang sedang popular. Istilah ini umumnya dipakai dalam dunia bisnis online hingga personality. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan digital branding?

Dalam artikel ini Anda akan belajar secara cepat mengenai digital branding mulai dari pengertian, penerapan hingga manfaatnya. Dengan begitu, Anda bisa memiliki pemahaman untuk menggunakan istilah tersebut.

Apa Itu Digital Branding?

Istilah ini bisa diartikan sebagai proses membangun atau membingkai sebuah brand secara digital. Proses membingkai ini bisa dilakukan menggunakan beberapa platform seperti social media, website, aplikasi hingga platform lain.

Lalu, apa itu brand? Brand bisa terdiri dari beberapa bentuk seperti produk, personality, hingga yang lainnya. Dengan adanya cara seperti ini, setiap orang bisa meyakinkan kepada orang lain mengenai kelebihannya.

Saat ini, digital branding adalah cara paling realistis untuk menunjukkan nilai lebih dari brand itu sendiri. Apalagi, platform yang digunakan adalah media digital di mana ada jutaan orang terhubung.

Salah satu hal menarik adalah cara ini bisa meningkatkan kehadiran sebuah produk di dunia digital. Bahkan, jika seseorang bisa melakukan branding maka akan mempermudah strategi marketing.

Perbedaan Digital Branding dengan Digital Marketing

Jika digital branding memberikan penekanan pada hubungan baik terhadap audiens, maka digital marketing adalah memberikan penekanan terhadap jumlah penjualan. Keduanya memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan.

Keduanya memang memiliki cara yang hampir sama dan sama-sama menggunakan platform digital. Namun, keduanya memiliki fungsi sedikit berbeda. Meskipun begitu, keduanya akan terus berdampingan dan tidak bisa dipisahkan.

Umumnya, branding dilakukan untuk meningkatkan strategi marketing dan meningkatkan penjualan. Selain itu, tidak jarang hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan brand awareness sehingga audiens bisa memahami dari apa yang ditampilkan.

Maka, penting sekali untuk memahami apa itu digital branding untuk meningkatkan strategi marketing. Semakin kuat branding yang dibangun, maka audiens akan lebih percaya terhadap produk yang Anda tawarkan.

Pentingnya Membangun Sebuah Branding

Bagi orang awam mungkin akan bertanya-tanya apa gunanya. Namun, jika Anda mengikuti dunia digital maka akan memahami betapa penting dari membangun branding. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah fungsinya.

Menciptakan Interaksi

Salah satu fungsi pentingnya adalah menjalin interaksi dengan orang lain. Caranya cukup beragam, misalnya bisa melalui storytelling. Dengan begitu, audiens bisa menilai sendiri mana produk yang paling menarik baginya.

Lebih Mudah Diingat

Semakin sering Anda atau produk Anda muncul di platform media social atau website, maka akan lebih mudah diingat orang lain. Hal seperti ini akan sangat penting bagi Anda.

Menonjolkan Brand

Menonjolkan brand sendiri mungkin tidak terlalu sulit. Namun, apa yang membedakan dengan brand lainnya? Inilah kesempatan di mana Anda bisa menunjukkan sisi kelebihan yang Anda miliki.

Memperluas Koneksi

Jika memahami apa itu digital branding, maka pasti mengerti bahwa ini bisa memperluas koneksi. Jika setiap tahapan berhasil, maka akan dikenal orang. Selanjutnya, tidak sulit untuk memperluas jaringan atau koneksi.

Semakin banyak koneksi yang Anda bangun, maka akan memberikan dampak positif. Jika Anda seorang trainer misalnya, maka akan mudah mendapatkan panggilan untuk memberikan pelatihan sesuai bidang yang Anda geluti.

Mem-viralkan Bisnis Anda

Tidak jarang bahwa brand yang sudah besar memiliki strategi marketing seperti ini. Langkah awal adalah membuat viral brand tersebut. Kemudian, orang lain akan terus membicarakannya, bukan?

Strategi Digital Branding

Sebelumnya, Anda sudah memahami apa itu digital branding. Sekarang saatnya Anda memahami bagaimana cara atau strategi yang digunakan. Ada beberapa cara yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang.

Website

Website bisa diartikan sebagai etalase untuk produk yang Anda miliki. Apapun jenis bisnis Anda, website sangat penting untuk dikembangkan. Apalagi, sekarang audiens akan lebih percaya dengan produk yang memiliki website.

Content marketing

Buatlah audiens tetap setia dengan produk atau jasa Anda. Caranya adalah dengan membuat beragam contoh content marketing seperti foto hingga video. Dengan begitu, audiens bisa mendapatkan informasi setiap saat.

Social media

Jaman sekarang akan sangat aneh jika tidak memiliki social media. Dengan adanya social media, Anda bisa membagikan informasi seputar jasa atau produk Anda. Social media juga berguna untuk memperluas jaringan.

Email marketing

Mungkin Anda sering mendapatkan pesan email secara berkala. Inilah yang dinamakan dengan email marketing. Promosi atau informasi diberikan dengan mengirimkan pesan email menggunakan strategi tertentu.

Baca : Pakar Digital Branding

Digital marketing memang sangat penting, terutama untuk beberapa alasan. Oleh sebab itu, setiap orang perlu memahami apa itu digital branding dan cara untuk memaksimalkan setiap peluang yang ada.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button