Marketing

Apa Itu Digital Marketing?

Adanya internet membuat kegiatan digital marketing semakin ramai digunakan dan menyimpan banyak potensi. Para pengusaha muda sekarang cenderung memanfaatkan karena relate dengan perkembangan zaman.

Namun tidak jarang juga hanya sebatas mengetahui apa itu digital marketing tanpa memahami fundamentalnya.

Oleh karena itu banyak juga yang gagal dalam penerapannya. Semua itu tentu terjadi karena kurangnya pemahaman mengenai konsep digital sendiri.

Bagaimana memanfaatkannya tentu harus dilaksanakan sesuai dengan apa saja yang membuat prinsip ini bekerja.

Sebelum masuk lebih dalam ada baiknya untuk melihat kembali kebelakang. Pada tahun 2010 dimana sistem perdagangan digital mulai digunakan tidak hanya pada korporasi saja namun juga bisnis rumahan.

Kesan eksklusif menjadi salah satu nilai jual pada tahun tersebut sehingga mayoritas penjualan terkait dengan produk mewah. Misalnya saja bisnis berlian atau perhiasan dengan harga fantastis.

Namun sekarang sudah berbeda karena model transaksi seperti ini sudah lebih memasyarakat. Akhirnya produk yang menjadi target penjualan juga menjadi bervariasi tergantung permintaan konsumen.

Ini menjadi salah satu titik balik dan perkembangan secara signifikan dari sebuah perdagangan menggunakan platform internet. Tentu saja potensi dari penggunaan jaringan internet semakin terlihat.

Di Indonesia sendiri model seperti ini sudah menjadi sebuah kewajiban baik pada bisnis korporasi maupun rumahan. Oleh karena itu Anda para calon pengusaha sebaiknya menguasai sistem seperti ini.

Tujuannya selain membuat proses marketing semakin mudah namun juga melebarkan pangsa pasar. Karena dengan adanya platform digital maka konsumen tidak akan terbatas dari mana saja.

Mengenal Apa Itu Digital Marketing

Secara umum dapat diartikan sebagai transaksi atau penjualan yang dilakukan menggunakan media elektronik. Jadi sebenarnya penjualan menggunakan platform televisi juga sudah termasuk di dalamnya.

Hanya saja ketika menggunakan televisi maka pangsa pasar akan terbatas pada frekuensi dimana media tersebut digunakan. Radio juga dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam perdagangan.

Namun sayangnya dua platform tersebut sekarang kurang ideal digunakan. Dengan adanya internet dan semakin mudahnya jaringan komunikasi membuat semua orang lebih memilih platform yang sederhana.

Dengan menggunakan internet siapa saja dapat memperoleh input informasi dari segala penjuru secara sederhana. Ponsel pintar juga berperan penting dalam percepatan penyebaran metode ini.

Di Indonesia sendiri jumlah ponsel pintar yang aktif hampir sama dengan banyaknya penduduk. Artinya hampir semua orang sudah memiliki setidaknya satu ponsel pintar untuk digunakan setiap hari.

Selain dukungan teknologi berupa telepon pintar, media sosial juga menjadi faktor penting dalam percepatan proses digital marketing. Promosi menggunakan media sosial sekarang menjadi pilihan paling murah.

Kami tidak mengatakan mudah karena persaingan ketika menggunakan metode ini juga semakin tinggi. Jadi ketika digunakan hanya secara asal saja maka efektivitasnya tentu akan buruk.

Oleh karena itu perlu dilakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memanfaatkan media sosial. Tidak hanya bergantung pada penggunaan karena nantinya tentu akan tergeser dengan buzz point tertinggi.

Ketika pengguna tidak mampu beradaptasi pada persaingan ini maka sebuah produk barang atau jasa juga tetap tidak laku. Oleh karena itu strategi yang diterapkan juga harus tepat agar efektif.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Banyak pakar yang sudah mengemukakan teorinya terkait dengan proses marketing menggunakan media digital. Oleh karena itu berikut ini akan kami bedah bersama pendapat para ahli tersebut.

Coviello, Milley, dan Marcolin

Menurut mereka perdagangan digital adalah proses transaksi menggunakan platform internet. Baik dari segi promosi maupun aktivitas jual beli harus menggunakan platform ini.

Pengertian spesifik tersebut tentu saja memberikan batasan jelas terhadap apa aktivitas yang perlu dilakukan. Jadi disini hanya internet saja yang dapat dijadikan platform.

American Marketing Association

Menurut AMA proses perdagangan dapat dianggap digital ketika menggunakan teknologi elektronik. Baik itu dilakukan oleh perorangan maupun instansi dalam menjalin komunikasi terhadap konsumen.

Disini ditegaskan bahwa penggunaan teknologi menjadi kunci utama sebuah perdagangan dapat dikatakan digital marketing. Jadi kembali lagi televisi dan radio tetap masuk dalam kategorinya.

Urban

Menurut urban kegiatan marketing yang menggunakan platform internet dan teknologi terbaru masuk dalam perdagangan digital. Tujuannya untuk memperluas fungsi dari sistem marketing tradisional.

Disini peran teknologi menjadi sebuah batu loncatan untuk memajukan sistem pemasaran tradisional. Jadi akan terdapat interaksi dua arah antara penjual dan pembeli.

Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan

Sebuah sistem perdagangan dilakukan menggunakan media digital baik dalam aspek pemasaran maupun branding. Media yang digunakan bisa media sosial, website, dan blog.

Definisi dari Ridwan dan Josua disini paling mewakili secara keseluruhan terhadap praktik penggunaannya. Jadi adanya teknologi dapat memfasilitasi sebuah aktivitas pasar.

Chaffey

Kegiatan marketing yang menggunakan media digital sebagai platformnya. Definisi singkat tersebut tentu saja mudah dipahami karena mencakup konsep umum dari perdagangan menggunakan internet.

Penggunaan platform internet juga dapat digunakan sebagai media promosi dan branding. Karena dengan menggunakan teknologi tersebut pangsa pasar akan menjadi lebih luas.

Kleindle dan Burrow

Pemeliharaan relasi yang dilakukan oleh penjual dan konsumen dengan menggunakan media teknologi. Baik segi pemasaran maupun branding menggunakan teknologi terbaru.

Keduanya lebih menekankan pada penggunaan teknologi sebagai salah satu penerapan marketing. Jadi adanya perkembangan ini dapat mempermudah interaksi penjual dan pembeli.

Heidrick dan Struggles

Penggunaan media komputasi baik internet, games, iklan internet untuk sebuah pengembangan interaksi antara korporasi dan konsumen. Penggunaan media analog dapat dikecualikan untuk aktivitas perdagangan.

Jadi disini mereka berdua lebih menekankan penggunaan teknologi digital. Jadi interaksi dua arah menggunakan televisi atau radio dapat dikeluarkan dari aktivitas perdagangan.

Masih banyak pakar lain dengan definisinya masing-masing, namun secara keseluruhan penggunaan internet adalah syarat terpenting. Ini digunakan untuk memelihara relasi antara produsen dan konsumen.

Konsep Digital Marketing yang Perlu Dipahami

Dalam penerapannya untuk meningkatkan efisiensi pemasaran digunakan teknologi digital untuk mencapai target. Secara umum terdapat beberapa konsep dalam menerapkan proses ini.

SEO

Search engine optimization sekarang sudah menjadi salah satu ilmu yang cukup komplek ketika hendak dipelajari. Hal ini terjadi karena selalu bergeraknya algoritma dalam mesin pencari.

Dengan menerapkan sistem optimasi ini maka sebuah produk baik itu barang , jasa, artikel dapat memperoleh crawling lebih baik. Tentu saja ada berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Penggunaan kata kunci dalam sebuah post juga dapat berpengaruh besar terhadap bagus atau tidaknya skor SEO. Jadi misalnya membuat sebuah artikel promosi harus menggunakan niche dan buzzword yang tepat.

Penggunaan header utama juga sangat penting agar para pembaca dapat tertarik dan menangkap pokok pikiran. Hal ini harus disederhanakan agar baik mesin maupun manusia tertarik melihatnya.

Alternatif deskripsi juga dibutuhkan sebagai teknik persuasi agar para pembaca tertarik untuk membuka post tersebut. Default deskripsi sangat tidak disarankan karena kurang efektif.

Panjang karakter dalam deskripsi dan heder juga harus diperhitungkan agar tidak terpotong saat dibuka mesin pencari. Apabila karakter terlalu panjang maka skor SEO akan menurun.

Konsep Segitiga

Dalam pembuatan konten ada tiga aspek yang perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil maksimal. Konversi, interaksi, dan persuasi merupakan tiga hal yang wajib ada dalam sebuah konten digital marketing.

Konsep persuasi memiliki tujuan untuk menarik minat para pembaca baik manusia maupun robot. Terutama robot karena dengan niche tertentu ini akan memberikan boosting pada popularitas konten.

Namun kembali lagi karena konten nantinya akan dinikmati manusia, maka penggunaan niche harus diimbangi dengan kualitas konten. Tujuannya agar orang tersebut tetap betah membaca.

Konsep interaksi disini dibutuhkan agar pembaca dapat bertahan lama dalam berkomunikasi. Penerapannya cukup mudah sebenarnya bisa menggunakan kolom komentar.

Hal seperti ini paling mudah dicapai ketika menggunakan media sosial dalam melakukan aktivitas marketing. Karena dengan media sosial maka interaksi dua arah menjadi lebih mudah.

Konsep konversi disini menekan Anda agar tidak hanya mampu menarik dan mempertahankan pembaca saja. Namun para pembaca tadi akhirnya juga bisa melakukan penawaran.

Karena kembali lagi tujuan digunakannya teknologi internet ini adalah sebagai platform perdagangan. Jadi akan percuma jika hanya mendapatkan banyak clout namun konversinya buruk.

Sosial Media

Dari adanya konsep segitiga tadi maka platform sosial media dikhususkan lagi. Ini karena sosial media dapat menjangkau ketiga konsep tersebut secara maksimal dan efisien.

Artinya dengan menggunakan platform tersebut Anda sebagai penjual sudah bisa mempersuasi para netizen. Baik itu melalui post yang unik dan relate terhadap trending sekarang.

Ini perlu dilakukan karena ketika Anda tetap menerapkan konsep marketing konvensional hasilnya cukup mengecewakan. Jadi memang harus terkesan lebih santai.

Pada saat seseorang sudah terpersuasi dalam sebuah percakapan sosial media maka interaksi akan menjadi panjang. Ini adalah keunggulan utama ketika menggunakan platform ini.

Untuk konsep konversi sendiri kembali lagi tergantung pada interaksi antara penjual dan pembeli. Apabila Anda mampu mempertahankan interaksi tetap positif maka konversi juga akan menjadi maksimal.

Ketiga konsep tersebut memang harus diperhatikan oleh para calon pengusaha muda. Karena sekarang menggunakan konsep orthodox saja tidak cukup untuk mendapatkan konversi yang bagus.

Tujuan Utama dari Digital Marketing

Terdapat lima tujuan utama dilakukannya aktivitas marketing digital. Jadi tidak hanya mengharapkan konversi saja namun terdapat aspek penting lain yang perlu diperhatikan dalam pengaplikasiannya.

Awareness

Perhatian adalah hal pertama yang ingin didapatkan oleh sebuah korporasi maupun badan usaha. Tanpa adanya perhatian dari calon konsumen maka sebuah produk akan minim konversinya.

Disini awareness dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah membuat konten yang relatable. Ketika calon konsumen memiliki rasa keterkaitan dalam produk tentu potensinya akan meningkat.

Engagement

Setelah calon konsumen merasa memiliki keterkaitan pada sebuah brand maka hasil berikutnya adalah keterikatan. Nantinya disini barang akan mulai menjadi prioritas utama dari konsumen.

Ketika sebuah produk baik itu barang atau jasa sudah memiliki keterikatan pada konsumen maka prospek jangka panjangnya bagus. Oleh karena itu memang interaksi digital marketing ini penting dilakukan.

Publik Edukasi

Apabila sebuah barang atau jasa sudah banyak digunakan oleh pengguna maka menjaga image penting dilakukan. Melakukan publik edukasi dapat berupa penjelasan tentang penggunaan produk.

Bisa juga menjual manfaat yang akan diperoleh oleh konsumen ketika menggunakannya. Ini memang perlu dilakukan selain menjaga interaksi juga memelihara image.

Relasi

Apabila ketiga aspek tadi sudah dipenuhi maka pemeliharaan relasi penting dilakukan oleh sebuah produsen. Memelihara relasi sebenarnya tidak terlalu sulit dilakukan dengan adanya media sosial.

Menjaga komunikasi menggunakan platform tersebut akan lebih mudah dan cepat. Karena interaksi antara penjual dan pembeli bisa bertemu dalam satu platform yang besar.

Konversi

Sekali lagi ketika sebuah barang sudah dipercaya oleh calon konsumen maka hasil akhir berupa konversi akan diperoleh. Tentunya dengan perlakuan baik maka konversi juga akan tinggi.

Jadi selalu kedepankan pelayanan terhadap konsumen agar tetap optimal. Dalam jangka panjang ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa orang tetap bertahan menggunakan produk Anda.

Kelima aspek tersebut tentu saja paling mudah diperoleh ketika menggunakan media sosial. Platform digital yang banyak digunakan ini dapat memberikan interaksi maksimal antara penjual dan pembeli.

Kelebihan Digital Marketing Bagi Pengguna

Sistem pemasaran memanfaatkan media internet memang dapat memberikan banyak keuntungan bagi penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan pokok ketika mampu memanfaatkannya.

Fleksibilitas Pangsa Pasar

Dengan menggunakan internet artinya Anda bisa bebas menentukan target konsumen Anda. Bagi yang membutuhkan pangsa pasar lokal maupun internasional tetap bisa menggunakannya.

Ini adalah salah satu kelebihan yang tidak dapat diperoleh menggunakan platform lain. Karena kebebasan akses internet semua orang dapat Anda tentukan masuk atau tidak dalam target pasar.

Murah

Melakukan promosi menggunakan teknologi ini tentu saja membutuhkan biaya yang bervariasi. Namun secara umum jika melihat potensi luasnya pangsa pasar dan biaya tentu perbandingannya cukup bagus.

Dengan menyesuaikan budget Anda dapat menentukan sendiri siapa saja yang menjadi pemirsa dari iklan. Semakin besar alokasi dana tentu cakupan promosinya akan meningkat.

Cepat

Apabila menerapkan sistem tradisional marketing maka melihat hasil respon dari calon konsumen bisa sangat lama. Namun ini tidak terjadi ketika korporasi memanfaatkan teknologi.

Interaksi yang dapat terjalin setiap saat membuat kecepatan respon antara penjual dan pembeli bisa maksimal. Jadi hasil dari proses pemasaran dapat dilihat secara instan.

Prediksi Hasil Lebih Mudah

Ketika pangsa pasar sudah ditentukan secara tepat maka melakukan prediksinya tentu mudah dilakukan. Ini tidak dapat tercapai ketika Anda menggunakan metode tradisional marketing.

Kuncinya kembali lagi pada interaksi digital marketing yang cepat sehingga prediksi siapa saja konsumen potensial dapat diketahui. Tentu keunikan ini adalah nilai jual lebih terhadap penggunaan teknologi.

Persaingan yang Terorganisir

Apakah bentuk usaha Anda memiliki banyak kompetitor, tenang saja teknologi saat ini memungkinkan hal tersebut dapat sehat dilakukan.

Adanya pengelompokan calon konsumen bisa membuat persaingan lebih terorganisir.

Karena potensial konsumen dari satu korporasi dan lainnya tentu berbeda tergantung bagaimana interaksinya. Bahkan bisa saja satu orang menjadi konsumen potensial dua produk sekaligus.

Adanya keuntungan tersebut tentu bisa mempermudah proses pengembangan keuntungan sebuah korporasi. Tidak hanya menguntungkan korporasi namun industri kecil juga dapat ikut berkompetisi secara sehat disini.

Tugas Secara Umum Digital Marketing

Apabila berbicara secara spesifik maka tugasnya akan sangat banyak dan terlalu panjang untuk dibahas. Oleh karena itu berikut ini akan kami jelaskan tugas secara umum saja agar lebih mudah dipahami.

Pembuatan Konten

Dalam strategi pemasaran menggunakan platform digital pembuatan konten sangat krusial sifatnya. Apabila Anda tidak bisa menghasilkan konten yang menarik maka engagement dan awareness tidak akan maksimal.

Konten sifatnya tidak harus selalu persuasif, karena sekarang ilmu informatif juga dapat memikat calon konsumen. Dengan konten yang bagus maka prospek pemasaran tentu saja akan naik.

Perencanaan Pemasaran

Perencanaan penting dilakukan agar ketika eksekusi nanti dapat memberikan hasil maksimal. Ketika perencanaan dilakukan secara sembarangan maka penentuan target pasar kurang optimal.

Anda bisa melakukan berbagai macam strategi dan juga mencoba hal baru agar engagement lebih bagus. Eksperimen memang perlu dilakukan agar marketing tidak terlalu monoton.

Promosi

Proses promosi dapat dilakukan menggunakan berbagai media. Tidak hanya website saja namun juga menggunakan sosial media. Justru penggunaannya akan lebih optimal karena interaksinya tinggi.

Ketiga tugas umum tersebut tentu saja harus diketahui agar nantinya prospek jangka panjang dapat menguntungkan. Karena ketika job desk tidak dipahami maka memajukan sebuah brand juga sulit dilakukan.

Cara Kerja dari Digital Marketing

Secara sederhana sebenarnya cara kerjanya cukup sederhana apalagi jika industri sifatnya masih kecil menengah. Ada tiga pokok penting dalam melakukan sistem ini yang perlu Anda ketahui.

Pembuatan Platform

Anda dapat menggunakan media sosial, website, atau blog dengan tujuan untuk memperkenalkan barang atau jasa. Pembuatan ini wajib dilakukan agar nantinya tidak sulit ketika melakukan promosi.

Sebaiknya mengedepankan tampilan yang elegan dan UI sederhana agar calon konsumen mudah melakukan navigasi. Jika ini sudah didapatkan maka pemeliharaan juga mudah dilakukan.

Analisis Pasar

Ini perlu dilakukan agar Anda bisa mengetahui siapa saja calon konsumen potensial Anda. Dengan melakukan analisis juga dapat diketahui seperti apa bentuk platform apa yang digunakan.

Jadi penerapan strategi pendekatan terhadap konsumen juga dapat difokuskan agar interaksi bisa maksimal. Ketika ini berhasil dilakukan maka eksekusi nantinya akan lebih lancar.

Eksekusi

Disini Anda bisa memulai promosi dan melakukan interaksi terhadap konsumen untuk meningkatkan brand awareness dan engagement. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan nilai konversi.

Apabila pelayanan sudah maksimal maka target konversi dapat tercapai secara lebih mudah. Ketiganya tentu harus dilakukan secara berkesinambungan agar memberikan hasil optimal.

Setelah memahami berbagai aspek penting tadi tentu saja Anda siap melakukan promosi menggunakan media internet. Penggunaan digital marketing bisa sangat menguntungkan ketika penerapannya tepat.

Demikian informasi mengenai digital marketing serta metode dalam perdagangan, transaksi menggunakan platform internet, meningkatkan efisiensi pemasaran.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button