Digitalpreneur Itu Profesi Yang Menjanjikan

Digitalpreneur Itu Profesi Yang Menjanjikan

Berbisnis online di era digital saat ini merupakan salah satu alternatif promosi produk, yang dilakukan secara modern. Dimana, para pelaku usaha tak perlu keahlian dalam bidang informatika khusus, cukup dengan gadget, laptop ataupun peralatan informasi modern yang memadai. Dikatakan mudah karena saat ini modal awal untuk membeli handphone yang sudah dapat mengakses internet dengan harga satu jutaan rupiah saja, mahal atau tidaknya itu tergantung dengan kecanggihan handphone itu sendiri.

Pada abad milenium ini negara Indonesia menjadi negara pengakses social media terbanyak keempat yakni 130juta pengguna aktif berdasarkan data Hootsuite 2018. Beberapa aplikasi promosi yang dapat anda gunakan adalah Facebook, Instagram, BBM, Line, Whatsapp dan lain sebagainya. Bermodalkan kuota yang masih dapat dikatakan hemat di kantong.

Peluang Bisnis Digital

 

Adapun bisnis online yang menjanjikan bagi sebagian kalangan masyarakat seperti membuka toko online, ini dapat dilakukan tanpa harus menyewa tempat atau ruko untuk berjualan. Jelas akan lebih menghemat pengeluaran modal pribadi. Hal awal mungkin bisa dengan menjadi reseller dari produk lain yang sudah memiliki merk atau nama dagang sudah terkenal.

Reseller dan dropshiper adalah suatu cara pemasaran yang sangat mudah dilakukan sebagian orang terutama seseorang yang memiliki kemampuan dibidang komunikasi. Hanya bermodalkan foto yang diunggah dari produsen asli sehingga kita seakan hanya menjual gambar-gambar yang menarik kepada konsumen.

Jadi, bisnis online yang menjanjikan ini tidak memerlukan stok di rumah dan tidak perlu khawatir untuk rugi jika barang tidak laku. Kecanggihan teknologi ini menjadi faktor pendukung yang signifikan, karena dari tahun ketahun teknologi di dunia berkembang dengan pesat.

Ada lagi, seperti menjadi freelance writer. Bisnis sederhana hanya bermodal ide kreatif dan bermodalkan PC untuk mengetik sebuah laman, artikel atau sebuah tulisan yang dibutuhkan oleh orang lain. Keunggulan dari bisnis freelance yaitu tanpa adanya modal langsung dari pelaku bisnis ini, semakin banyak mendapat tugas tulisan maka pendapatan juga akan semakin banyak. Modal kemampuan, keahlian menulis dan dapat mengaplikasikan PC sudah menjadi awal yang baik.

Ini peluang yang sangat berpotensi untuk anak-anak kuliahan yang sudah memiliki PC/Laptop dan bisa menerima orderan jasa pembuatan artikel yang dibutuhkan.

Keuntungan bagi mereka yang terjun langsung sebagai jasa penulis lepas tersebut yaitu dapat menambah pengetahuan dalam bidang bidang tertentu sesuai dengan apa yang pernah dituliskan. Pada era globalisasi ini semua orang dituntut utnuk menjadi individu yang peka teknologi. Dari bisnis freelance writer ini jika ditekuni dengan maksimal akan menikmati pendapatan yang setara dengan peegawai kantoran yang harus setiap pagi berangkat berkerja.

 

Digitalpreneur

 

Dari peluang-peluang yang dijabarkan tersebut, mereka yang menjalankan bisnisnya secara digital boleh disebut sebagai Digitalpreneur. Peran seorang digitalpreneur di era modern seperti saat ini, tentu sangat dibutuhkan. Dunia internet menjadi salah satu bagian paling penting di dalam kehidupan manusia sekarang ini. Internet memiliki peran yang sangat luar biasa untuk berbagai hal, termasuk dalam dunia bisnis.

Nah, sekarang ini dunia bisnis sangat bergantung pada internet, lalu kemudian berkembang dunia internet marketing. Pengenalan internet marketing ini menjadi hal yang penting, terlebih lagi dalam menjalankan sistem marketing bisnis modern.

Oleh karena itu, menurut saya digitalpreneur berperan dalam perkembangan dunia teknologi, karena menjadi bagian paling penting dalam dunia internet marketing. Mudahnya akses internet dan didukung dengan teknologi yang baik, maka internet marketing yang dijalankan akan lebih maksimal. Internet marketing sendiri sebenarnya bukan hanya untuk berjualan, juga bisa menggunakan teknik internet marketing untuk mempromosikan instansi dan lain sebagainya.

Saya juga memanfaatkan keberadaan teknologi sebagai sumber pendapatan, dan dengan kehadiran teknologi yang semakin canggih, tentunya ini yang membuat cara berpikir kita juga harus terus berkembang.

 

Ingin Menjadi DIgitalpreneur?

 

Jangan takut untuk memulai, karena yang sukses di era digital sekarang ini dalam menjalankan bisnisnya tidak serta merta mereka yang berlatarbelakang IT. Hanya saja cobalah dengan memanfaatkan teknologi di era digital sekarang ini, semoga kita dapat melihat peluang-peluang untuk sukses yang saya jabarkan dalam tulisan ini. Dan akan lebih baik jika kita menggunakan teknologi untuk menjalankan strategi pemasaran produk atau jasa agar lebih canggih lagi. Itu bisa kita lakukan bersama, tentunya dengan belajar. Belajarnya juga bisa di gerakan pelatihan usaha rakyat berbasis digital, yaitu Gapura Digital.

Yang merupakan program mendukung Usaha Kecil Menengah Indonesia untuk memajukan bisnis melalui digital. Ada serangkaian topik yang lengkap mulai dari tren digital, membangun portal usaha hingga SEO/SEM, dan membangun merk brand lewat video. Di program tersebut, kita dapat memilih topik yang diinginkan atau ikuti semua kelasnya untuk mendapatkan sertifikat dari Google.

Di Gapura Digital ada kelas-kelas gratis yang bisa diikuti dengan berbagai topik untuk mengenal lebih dalam bagaimana membangun usaha melalui digital. Kelas-kelas ini terbagi menjadi tiga kategori dari Siap Digital, Handal Digital dan Kelas Berbagi. Ingin menjadi Digitalpreneur? Pendaftarannya bisa di link : g.co/gapuradigital

Wahyu Blahe Fasilitator Gapura Digital Medan
Wahyu Blahe Fasilitator Gapura Digital Medan

23 thoughts on “Digitalpreneur Itu Profesi Yang Menjanjikan

  1. Digital preneur membuka peluang usaha tanpa perlu lapak usaha, sehingga kita bisa berbisnis ya kan bg. Seru sih, saya pun punya pengalaman mengulas produk kopi eh ada yg nanya, alhasil pernah jual produk kopi sama pembaca blog.

    1. Kalau tidak disampaikan, baik itu melalui tulisan, maka tidak ada yang bakal bertanya..

  2. sejak tahu (bukan kenal) di fb saya terus memantau tulisan-tulisan pak wahyu blahe, nampaknya latar belakang sebagai jurnalis menunjang juga dalam proses tulis menulis, jadi paparannya enak dibaca dan saya belajar banyak. Minat juga jadi digitalpreneur. bagus dimulai dari mana pak?
    untuk promo jual produk sudah biasa, namun saya rasa sekarang ini apa karena kurang fokus, sepertinya belum berkembang kemampuan digitalprenuer saya. mohon petunjuk lebih lanjut… terima kasih

    1. Salam kenal bang Budiman, kapan kita jumpa ngobrol-ngobrol, semoga sukses ya digital bisnisnya. Eh, ini bukan testimoni kan? Hihihihi

  3. Profesi yang sepertinya asik dan seru di Masa sekarang dan masa depan. Aku juga pengen nih seperti bang WAhyu Blahe, menjadi seorang Digitalpreneur Profesional yang ramah dan murah berbagi ilmunya. Sukses terus bang..

    1. Begitulah Rud. Pelan-pelan ini dijalani, semoga jadi manfaat untuk banyak pihak, bahwa peluang itu ada..

  4. Mungkin lama-lama nanti arahku bakal ke sana, ya. Sekarang masih nyaman ngeblog dan sesekali berbagi pengalaman. Semoga bisa ikut jejak sukses kayak dirimu, Bang Wahyu😀.

    1. Ini sukses menurut awak Kak. Terimakasih atas apresiasinya. Kakak udah sukses dengan nge-blog. Bangga dan salut, saluuuuttt beneren, kalau liat progres yang kakak jalanin..

  5. Hhmm berarti blogger bisa dibilang digitalpreneur juga ya bang ?

    Awak pengen punya produk sendiri, tapi bingung mau produk kayak mana, kasih ide donk bang.. hhheehe

    1. Pelan-pelan jadi reseller lah coba, merasakan nikmatnya jualan, meski tanpa banyak duit keluar..

  6. Setuju Bang Wahyu, selain menjanjikan Digitalpreneur juga merupakan profesi masa depan terutama di era Revolusi Industri ke-4.

    1. Agak enak sebenarnya anak muda sekarang, cukup banyak tersebar informasi mengenai peluang-peluang yang bisa didapat di dunia digital sekarang ini. Menjadi wirausahawan, kenapa nggak, ya kan bang..

  7. bener-bener menjanjikan ya mas.
    gak perlu keluar budget buat lapak, kita bisa punya usaha 🙂
    duh, kapan ya ada kelas gratis di Bogor? hihi

    1. Undang aja lah ke Bogor. Siapkan aja akomodasi transportasi. Kita siap mainkan 😀

  8. Pengen banget bisa berguru dengan pak wahyu blahe,saya berdoa semoga secepatnya saya bisa bertemu dan belajar dengan pak wahyu blahe

  9. Semoga aku bisa mengikuti jejak kakak sebagai digitalpreneur

    1. Omak, Kak Winny. Semoga kita jadi digitalpreneur yang baik. Apakah itu baik dari sumber hasil dan menjalankan profesi itu. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *