Bisnis

Apa Itu Dropship dan Dropshipper?

Apa Itu dropship dan dropshipper seringkali menjadi sebuah perdebatan. Berbisnis sendiri merupakan sebagian besar mimpi yang bisa diwujudkan dengan mudah. Tidak perlu modal besar ternyata Anda bisa memulai bisnis sebagai dropshipper.

Peluang bisnis dropship ini ternyata masih terbuka lebar.

Bahkan di berbagai marketplace online di Indonesia dan dunia terdapat beragam platform jual beli online sudah terhubung dengan pasar internasional.

Masih awam dengan pengertian dropship dan dropshipper?

Apa Itu Dropship

Dropship adalah sistem atau metode berbisnis yang dilakukan oleh kalangan pebisnis melalui berbagai jenis platform jual beli. Hampir sama seperti proses reseller namun penjual tidak perlu takut stok jualannya akan habis.

Metode dropship ini bisa dilakukan tanpa harus memegang barang yang akan dijual nantinya. Bahkan sebagai dropshipper Anda bisa memilih dan meninggalkan pemasok begitu saja.

Cara Kerja Dropship

Berikut ini saya bagikan bagaimana cara kerja sistem dropship.

Pembeli Membeli Barang

Pembeli akan melakukan pemilihan hingga pembelian barang. Pembelian ini dilakukan layaknya pembelian biasanya pada marketplace atau platform jual beli online biasanya.

Langkah pembelian pun dilakukan seperti pembelian biasa.

Hal menarik yang terjadi di sini yakni pembeli tidak akan tahu bahwa barang yang dibelinya merupakan barang dropship. Jadi, bisnis Anda bisa berjalan tanpa takut ketahuan identitas penjual dropship sebenarnya.

Pembeli Melakukan Transfer pada Anda

Tidak berhenti di pemilihan dan pembelian biasa, pembeli juga akan melakukan transfer atau proses pembayaran. Tentu saja nominal yang dibayarkan merupakan nominal yang sesuai dengan barang yang dipesan.

Uang digital nantinya akan langsung masuk ke rekening virtual Anda. Selanjutnya dengan nominal ini Anda bisa melakukan langkah lanjutan sebagai dropshipper.

Perlu jadi perhatian, Anda harus pandai memisahkan uang belanja dengan uang laba.

Anda Melakukan Pemesanan Barang Pembeli

Setelah uang mampir ke rekening bisnis pribadi Anda bisa langsung melakukan pemesanan barang sesuai dengan pesanan pembeli awal. Ini juga yang jadi perbedaan reseller dan dropship secara sederhana.

Pada kasus reseller maka barang bisa langsung diambil dan dikirimkan tanpa melakukan pemesanan. Sementara sistem dropship mengharuskan pemegang bisnisnya melakukan pemesanan ke pihak lain.

Pengiriman pun akan dilakukan oleh pihak lain pula.

Pesanan Disiapkan Pihak Marketplace

Pihak lain yang dimaksud sebelumnya adalah pihak marketplace. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa pesanan yang diajukan disiapkan oleh produsen satu yang memegang kendali atas penjualan asli.

Penyiapan pesanan tentu saja dilakukan sesaat setelah Anda mengakhiri proses pesan dan pembayaran.

Pada sesi ini Anda akan diarahkan untuk mencentang kolom “kirim sebagai dropship” dan harus memasukan data pengiriman pembeli.

Barang Dikirim Langsung ke Pembeli

Tentu saja barang yang telah selesai disiapkan dan dibayar nantinya akan langsung dikirim. Tidak dikirim ke tempat Anda melainkan langsung dikirim ke tempat pembeli asli.

Anda cukup memantau apakah barang sudah sampai atau belum.

Pemantauan bisa dilakukan dengan melihat bagan perjalanan yang tersedia di aplikasi. Bila ada kendala pengiriman, Anda bisa langsung menghubungi pihak terkait. Ini dilakukan demi kelancaran bisnis dropship.

Pengertian Dropship

Apa itu dropship dan dropshipper? Mungkin sebagian orang masih bingung dengan pengertian keduanya.

Nah, yang jelas saat Anda mengetahui dan memahami pengertian salah satu di antaranya maka dijamin akan langsung mengerti keduanya.

Bisnis ini ternyata masih banyak berkembang di dunia jual beli online. Banyak pelaku bisnisnya yang kini mendulang keuntungan berlipat akibat menggunakan strategi bisnis dropship.

Pasalnya, bisnis ini bisa dilakukan dengan santai.

Dropship adalah sistem jual atau model jual yang dilakukan tanpa harus menyentuh dan mencari pemasok permanen.

Uniknya bisnis ini bisa dilakukan oleh berbagai kalangan umur. Hanya dengan memantau akun keuntungan bisa datang begitu cepat.

Dalam metode bisnis ini Anda tidak dituntut untuk mencari stok secepat kilat. Pasalnya, banyak produsen yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan pesanan setiap harinya.

Terlebih ada banyak penawaran diskon yang bisa digunakan.

Semakin banyak diskon yang digunakan, maka semakin besar keuntungan yang akan didapatkan. Nantinya uang akan singgah langsung ke akun bank virtual dan sebagiannya harus disalurkan untuk memesan barang pembeli.

Apa Itu Dropshipper

Masih bingung apa itu dropship dan dropshipper? Setelah tadi menyimak pengertian dan cakupan kerja metode dropship, ada baiknya Anda mengerti apa itu dropshipper.

Bila dilakukan pendekatan maka secara singkat keduanya saling berkaitan.

Dropship merupakan sistem atau model bisnis sedangkan dropshipper adalah orang yang melakukan model bisnis tersebut. Bila Anda melakukan bisnis dropship, maka Anda bisa disebut sebagai seorang dropshipper.

Dropshipper cara bekerja sendiri dan bisnis ini berjalan dengan sistem yang cukup mudah. Terlepas dari sistemnya yang cukup mudah, ternyata cakupan bisnis bisa sampai ke luar negeri.

Namun jangan salah, Anda tetap bisa memegangnya sendiri asal lihai mengolah akun dropship yang dimiliki. Jangan abaikan juga proses pemantauan yang jadi langkah penentu berhasil atau tidaknya bisnis dropship.

Bisnis ini bisa dikatakan berhasil bila mana barang berhasil sampai ketempat tujuan dengan keadaan yang mulus.

Tentu saja Anda tidak bisa memastikan barang sampai dengan kondisi yang baik, karena proses pengiriman akan langsung mengarah ke pembeli utama.

Anda juga tidak bisa memastikan apakah pesanan sesuai karena alasan yang sama. Hal yang penting agar pelanggan puas yakni memastikan produsen barang merupakan produsen terpercaya dengan barang berkualitas.

Sebagai opsinya Anda bisa membel dulu satu barang sebagai tester. Bila barang dikatakan baik maka toko tersebut bisa jadi langganan Anda untuk menjalankan bisnis dropship.

Opsi yang sama bisa dilakukan pada toko lain untuk memastikan barang merupakan barang bagus.

Pengertian Dropshipper

Dropshipper adalah orang yang memegang kendali atas berjalannya model bisnis dropship. Ia yang menjalankan bisnis secara utuh karena pada umumnya seorang dropshipper bisa bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain.

Dropshipper yang melakukan pemesanan ke pihak produsen secara langsung tanpa harus diketahui oleh penesan tunggalnya.

Identitas Anda sebagai seorang dropshipper juga tidak akan terbongkar karena tidak ada proses yang menjabarkan proses dropship.

Namun, uniknya platform jual beli online menyediakan opsi dropship langsung bagi Anda para pelaku bisnis dropship. Tentu saja opsi ini memberikan banyak keuntungan bagi Anda.

Tidak perlu pusing melakukan pembelian pribadi, pembungkusan, dan pengiriman ulang.

Semua proses bisa diserahkan langsung ke pihak platform jual beli online. Mulai dari pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman secara kasar akan menjadi tanggung jawab pihak platform jual beli online.

Anda bisa bekerja dengan cara pemantauan lewat aplikasi. Sama halnya dengan pemantauan pengiriman paket, Anda bisa melakukan pemantauan lewat informasi pengiriman yang tersedia di dalam aplikasi.

Tugas Anda sebagai pelaku bisnis dropship dan sebagai dropshipper hanya menjadi perantara. Anda berperan sebagai perantara pemesanan hingga pembayaran.

Bisa jadi ini yang dilakukan para pelaku jastip luar negeri yang langsung mengirimkan barang dari pabriknya.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button