Cara Membuat Ebook

Cara Membuat Ebook

Cara membuat Ebook, sudah banyak yang mengulas. Namun, saya coba menuliskan di blog ini untuk sekadar sharing informasi.

Apa Itu Ebook

Ebook adalah buku digital versi elektronik yang tersusun dari beberapa lembar tulisan atau gambar. Merupakan media pembelajaran paling sering digunakan saat ini.

Buku elektronik ini dirasa lebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Melalui ebook Anda senantiasa dimudahkan ketika membaca materi belajar.

Tahukah Anda dalam membuat sebuah buku elektronik tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Di era digital seperti ini, Anda dapat dengan mudah membuat ebook. Buku versi digital ini dapat dibuat menggunakan beragam aplikasi yang bisa diperoleh secara free.

Beragam aplikasi pembuatan ebook bahkan menyediakan banyak fitur menarik bagi penggunanya. Misal, tambahan ikon, meta description, daftar isi dan sebagainya.

Di bawah ini adalah sejumlah cara untuk membuat buku digital paling mudah diterapkan oleh Anda.

Aplikasi Membuat Ebook

Sangat memudahkan kita tentunya dengan hadirnya aplikasi untuk membuat Ebook.

Untuk itu, kita kasih nih beberapa aplikasi yang bisa dijadikan rujukan dalam membuat Ebook agar lebih mudah. Ok.

Calibre

Alternatif membuat buku digital pertama bagi Anda ialah Calibre. Calibre merupakan pembuat buku elektronik gratis yang termasuk ke dalam kategori multi-platform. Jadi, aplikasi ini dapat diinstall pada perangkat windows, iOS hingga Linux.

Aplikasi pembuat buku elektronik ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur lanjutan yang mampu menunjang kebutuhan Anda. Menariknya lagi, software pembuat buku digital ini mendukung konversi dari banyak format masukkan.

Contohnya, AZW, DJVU, DOCX, EPUB, FB2, ODT, PRC, PDF, TCR, TXT, RTF, TXTZ, MOBI, LRF, LIT, HTMLZ, HTML, CHM, CBR, CBZ, CBC, AZW4 hingga AZW3. Kemudian, Anda dapat mengkonversikannya menjadi beragam format buku digital populer.

Misalnya, HTMLZ, PDF, RB, SNB, TCR, TXTZ, TXT, ZIP, FB2, AZW3, EPUB, DOCX, FB2, OEB, LIT, LRF, MOBI, PMLZ dan MOBI. Selanjutnya, Anda juga dapat menambahkan metadata seperti nama penulis, judul maupun deskripsi lainnya pada ebook buatan tersebut.

Tambahkan juga beberapa gambar custom yang bisa dijadikan bagian cover ebook. Ini tentu akan membuat tampilan buku digital buatan Anda semakin menarik dilihat. Buatlah buku digital semenarik mungkin dengan beragam fitur tambahan dari aplikasi Calibre.

Di bawah ini adalah cara membuat buku elektronik menggunakan software Calibre. Terutama yang menggunakan program windows.

  • Install software Calibre dengan melakukan double klik pada file tersebut.
  • Pilih jenis bahasa yang akan digunakan. Klik pilihan next.
  • Tentukan perangkat buku elektronik yang digunakan. Klik pilihan next. Klik finish.
  • Jalankan software Calibre dengan melakukan double klik ikon.
  • Ketuk add books.
  • Ketuk add books from a single directory.
  • Ketuk pilihan file HTML.
  • Lengkapi metadata terkait judul ebook, nama penulis, penerbit maupun deskripsi lainnya.
  • Ketuk pilihan ok. Tunggu sampai Calibre selesai mengkonversikan ke format EPUB.
  • Ebook Anda sudah bisa digunakan.

Setelah buku tersebut selesai dibuat, Anda bisa langsung menyimpannya pada perangkat komputer. Jika berkenan, Anda juga dapat mengirimkannya pada perangkat tertentu. Sebagai layanan tambahan, Anda bisa mengubah preferensi buku tersebut menggunakan software ini.

Mobi Pocket Creator

Mobi Pocket Creator merupakan sebuah aplikasi pembuat buku elektronik gratis lainnya yang bisa Anda coba. Menariknya, di samping gratis software pembuat buku versi digital ini juga memiliki banyak fungsi lain. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda mencoba aplikasi satu ini.

Dalam membuat buku elektronik menggunakan aplikasi Mobi Pocket Creator, Anda hanya perlu mengunggah file ebook tersebut dalam bentuk DOCX maupun PDF. Kemudian, Anda tinggal mengconvertnya ke dalam format lain dengan aplikasi ini.

Mobi Pocket Creator memungkinkan Anda guna mencetak ebook dalam format PRCX maupun PRC. Meski tidak selengkap Calibre, namun aplikasi ini cukup menguntungkan bagi Anda. Berikut ini adalah tahapan pembuatan buku elektronik yang dapat Anda lalui menggunakan aplikasi ini.

  • Install dan buka aplikasi Mobi Pocket Creator.
  • Ketuk menu add file pada tampilan beranda aplikasi Mobi Pocket Creator.
  • Tentukan file draft buku elektronik yang hendak diunggah.
  • Ketuk cover image yang dapat digunanakan untuk menambahkan gambar.
  • Klik menu table of contents guna menambahkan daftar isi.
  • Ketuk pilihan menu book setting guna melakukan pengaturan kecil.
  • Ketuk menu metadata guna menambahkan keterangan lain pada ebook. Misalnya, nama penulis, judul buku maupun deskripsi buku.

MS Word to EPUB Converter

Membuat buku elektronik juga dapat mudah Anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi microsoft word to EPUB converter. Ini adalah salah satu cara gratis yang patut Anda coba. Software pembuat buku elektronik ini dapat digunakan untuk mengkonversikan ebook tersebut ke dalam berbagai format.

Terutama DOCX atau DOC ke dalam bentuk format EPUB. Ukuran software ini terbilang cukup ringan sehingga mampu menghemat penyimpanan memori Anda. Dengan demikian, tidak ada salahnya bagi Anda untuk segera menginstal software ini pada perangkat komputer.

Cara mudah untuk membuat ebook menggunakan software ini ialah seperti berikut. Langkah sederhana ini senantiasa dapat menghemat waktu Anda.

  • Ketuk menu add word file.
  • Pilih microsoft word.
  • Pilih file mana yag ingin Anda ubah ke dalam buku elektronik EPUB.
  • Ketuk pilihan start converting.
  • Buku elektronik EPUB telah selesai dibuat.

EPUBee Maker

EPUBee Maker merupakan software pembuat buku elektronik gratis berikutnya yang patut Anda coba. Selain gratis, membuat buku elektronik menggunakan software ini dirasa cukup mudah dan sederhana. Siapapun bisa membuat buku versi digital dengan menggunakan software ini.

EPUBee Maker hanya dapat digunakan untuk membuat buku digital pada perangkat komputer. Jadi, software ini tidak dapat Anda install pada perangkat android. Menariknya lagi, EPUBee Maker juga terhubung langsung dengan software microsoft award.

Di bawah ini adalah cara-cara yang dapat ditempuh guna membuat buku elektronik gratis menggunakan EPUBee Maker. Kiranya bisa Anda cermati.

Quick publish

Pada bagian ini Anda dapat dengan mudah mengkonversikan file microsoft word ke dalam format EPUB tanpa perlu menambahkan info tambahan lain. Misalnya, nama penulis, judul hingga deskripsi lainnya.

Publish

Sebelum masuk ke bagian publish, Anda mesti terlebih dahulu menambahkan cover pada buku elektronik tersebut. Tambahkan juga meta description dengan berbagai atribut lain seperti nama penulis, judul, bahasa yang digunakan hingga perannya.

Save as PDF

Save as PDF digunakan ketika Anda ingin menyimpan buku elektronik tersebut ke dalam format PDF. Hanya dengan mengklik menu save as PDF, maka Anda dapat segera memilik ebook dalam format tersebut.

Google Slide

Google Slide adalah solusi berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk membuat ebook secara gratis. Jadi, aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan membuat slide saja, melainkan juga dapat digunakan dalam membuat desain layout suatu buku elektronik.

Software ini memuat beragam tools yang memungkinkan Anda dalam membuat presentasi offline maupun online. Aplikasi ini juga mendukung pengeditan maupun kolaborasi real-time mengingat basis Google Slides adalaah cloud.

Software Google Slide adalah cara jitu bagi Anda yang malas menginstall aplikasi pembuat ebook. Berikut ini adalah sejumlah tahapan yang harus Anda lewati untuk membuat buku elektronik.

1. Buatlah slide baru

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat buku elektronik menggunakan Google Slide adalah dengan membuat slide baru. Anda hanya perlu masuk ke Google Drive dan ketuk opsi new. Kemudian pilih Google Slide. Terakhir, Anda dapat memilih blank presentation.

2. Atur page setup

Setelah membuat slide baru, berikutnya Anda tinggal mengatur page setup. Caranya, klik menu file pada tampilan slide baru. Ketuk opsi page setup. Pada bagian ini, Anda perlu membuat ukuran yang menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika malas menentukan ukuran, maka Anda bisa langsung pilih custom. Secara otomatis slide akan mengatur halaman yang Anda inginkan.

3. Buat layout

Setelah selesai melakukan pengaturan setup, berikutnya Anda mesti menghapus seluruh item yang terdapat pada halaman slide tersebut. Caranya adalah dengan mengklik bagian pojok kiri atas halaman dan drag pada bagian pojok kanan bawah. Selanjutnya, klik tombol delete.

Guna membuat layout, Anda mesti memanfaatkan tool box demi mengisi tulisan. Usahakan jangan sampai memenuhi halaman slide. Pada bagian atas halaman slide, Anda bisa menambahkan judul maupun nama buku elektronik.

4. Lakukan duplikat slide

Setelah layout slide selesai dibuat, berikutnya Anda dapat membuat duplikat slide. Caranya adalah dengan mengetuk layar sebelah kiri dan pilih duplicate slide. Nantinya, slide yang Anda duplikat akan muncul pada bagian bawah slide pertama.

5. Isi tulisan

Setelah menduplikat beberapa halaman, Anda bisa mulai membuat isi tulisan. Sesuaikan jenis, ukuran maupun warna huruf teks pada slide tersebut. Buatlah tulisan yang mudah dibaca. Biasanya format huruf tulisan ebook adalah 12 pt dengan jenis font times new roman.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tipe font arial dengan ukuran huruf 10 sebagai alternatif lainnya. Jangan lupa untuk menyesuaikan tampilan tulisan dengan isi buku yang Anda tulis.

6. Download as PDF

Setelah mengedit tulisan, Anda bisa langsung membuat cover buku. Terakhir, barulah Anda dapat menyimpan file ke dalam format PDF. Caranya adalah dengan mengetuk opsi download as PDF. Anda dapat segera menyimpan ebook buatan Anda ke dalam perangkat komputer.

Microsoft Word 2010

Cara mudah membuat ebook anti ribet adalah dengan memanfaatkan software microsoft office 2010. Microsoft word 2010 merupakan salah satu program olah kata guna menciptakan suatu dokumen kerja yang professional sekaligus berkualitas. Misalnya, ebook.

Dengan dekungan sejumlah tools terbaik, microsoft word 2010 dapat membantu Anda untuk mengatur, menulis, mengedit hingga merevisi dokumen secara efisien. Tidak heran jika software ini terbilang cukup bagus untuk membuat sebuah buku versi digital.

Jika dibandingkan dengan software sebelumnya, microsoft word 2010 memiliki sejumlah kelebihan lain. Misal, adanya opsi background removal, pilihan screenshot pada menu insert, pilihan paste preview yang berlimpah dan sebagainya.

Jika ingin membuat ebook menggunakan microsoft word 2010, maka Anda mesti memeprhatikan secara detail bagaimana caranya. Adapun cara pembuatan buku versi digital tersebut ialah sebagai berikut.

  • Buat lembar kerja baru pada microsoft word 2010.
  • Tulislah buku sesuai dengan keinginan Anda pada lembar kerja tersebut.
  • Periksa kembali buku elektronik tersebut sebelum dibentuk menjadi format PDF. Bila perlu sisipkan gambar pada halaman kerja Anda.
  • Setelah buku tersebut selesai ditulis, klik menu file. Pilih save as dan beri nama file. Pastikan pada kolom form save as type, Anda memilih format PDF. Klik save.

Sebenarnya, membuat ebook juga bisa dilakukan menggunakan microsoft 2007 dan 2003.

Hanya saja saat ini pemakai microsoft 2007 maupun 2003 sudah tidak sebanyak dulu lagi. Pengguna komputer lebih banyak menggunakan microsoft word 2010.

Baca juga : Cara Membuat Blog Dengan Mudah

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133