Contoh Email Marketing Yang Menarik

Email Marketing

Dalam dunia marketing, istilah email marketing tentu terdengar sangat tidak asing. Pemasaran email merupakan salah satu strategi marketing bisnis online.

Strategi pemasaran online berbentuk email marketing dirasa sangat efektif diterapkan sekarang ini.

Di era digital seperti sekarang ini, tentu sudah banyak orang yang memiliki alamat email guna menunjang beragam keperluan.

Misalnya, untuk bekerja, urusan bisnis, sosial media hingga transaksi online lainnya. Adapun email adalah cara ampuh guna memasarkan bisnis.

Strategi pemasaran menggunakan email ini nantinya akan menyasar pada calon konsumen yang sama sekali belum pernah membeli produk bisnis Anda.

Tidak jarang email pemasaran juga menargetkan para pelanggan untuk kembali membeli produk bisnis Anda.

Pengertian Email Marketing Menurut Para Ahli

Secara singkat, yang dinamakan dengan email marketing didefinisikan sebagai penargetan konsumen menggunakan email oleh pelaku bisnis online.

Melalui email tersebut, maka pelaku bisnis akan terhubung dengan calon pelanggan dan konsumen secara berkelanjutan.

Armstrong dan Kottler

Armstrong dan Kottler menguraikan pengertian e-marketing sebagai sisi pemasaran yang berasal dari e-commerce.

Sisi pemasaran tersebut terdiri atas kerja perusahaan guna mengkomunikasikan sesuatu, ikut serta dalam mempromosikan hingga menjual produk barang dan jasa di internet.

Strauss dan Frost

Strauss dan Frost ikut serta memberikan opini terkait e-marketing sebagai penggunaan data maupun aplikasi elektronik guna merencanakan serta melaksanakan konsep pemasaran.

E-marketing juga dipergunakan untuk mendistribusikan serta menetapkan harga guna penciptaan tujuan tertentu.

Boone dan Kurtz

Boone dan Kurtz menjelaskan bahwa e-marketing merupakan suatu komponen dalam e-commerce demi pencapaian tujuan tertentu dari marketer.

Tujuan tersebut erat kaitannya dengan proses pembuatan, pendistribusian, pemasaran hingga penetapan harga produk barang atau jasa bagi pangsa pasar.

American Marketing Association

Sementara itu, American Marketing Association juga ikut serta menjelaskan tentang e-marketing.

Menurutnya, e-marketing merupakan suatu proses perencanaan serta pelaksanaan terkait ide, konsep, harga, promosi hingga pendistribusian yang melibatkan teknologi serta internet di dalamnya.

Berdasarkan uraian pendapat dari para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa e-marketing adalah suatu cara untuk promosi online yang memanfaatkan layanan email sebagai media.

Biasanya, e-marketing digunakan dalam memasarkan produk barang dan jasa online.

Cara Membuat Email Marketing

Setahun terakhir, jumlah pengguna email di Indonesia begitu meroket pesat hingga mencapai miliaran.

Bahkan Google memberikan pernyataan bahwa pemilik aktif layanan Gmail begitu mendominasi pangsa email sebesar 1,5 miliar pengguna.

Capaian jumlah pengguna email yang fantastis tersebut tentu dapat menjadi ladang bisnis tersendiri bagi Anda. Terutama bagi yang ingin melakukan promosi menggunakan e-marketing.

E-marketing terbilang cukup efektif dan efisien dibanding cara promosi produk bermedia lainnya.

Namun, tidak semua pebisnis memahami bagaimana cara membuat email marketing yang baik dan benar.

Maka dari itu, di bawah ini adalah langkah-langkah pembuatan e-marketing yang dapat Anda simak dan terapkan.

Tentukan e-marketing tools yang pas

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam membuat e-marketing adalah memilih e-marketing tools yang tepat.

Dengan melakukan hal ini, maka Anda tidak lagi perlu mengirimkan email secara satu per satu. Anda dapat segera mengirim email dalam jumlah banyak.

Di samping dapat digunakan untuk mengirim email berjumlah banyak, e-marketing tools juga menyediakan beragam fitur lain.

Misal, manajemen kontak, template hingga layanan tracking email. Dengan ragam layanan tersebut, tentu dapat memaksimalkan cara promosi Anda.

Segera kumpulkan daftar kontak email

Usai menentukan e-marketing tools, berikutnya Anda mesti mengumpulkan daftar kontak yang hendak dikirimi email.

Jangan khawatir, terdapat begitu banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengumpulkan daftar kontak. Salah satunya adalah dengan mengadakan program giveaway.

Bagaimana dengan membeli daftar email? Cara ini juga bisa Anda lakukan. Akan tetapi, cara satu ini sangat tidak disarankan.

Hal ini mengingat bahwa penerima email yang merasa tidak pernah memberikan alamat emailnya justru akan menandai email sebagai spam.

Buatlah desain email semenarik mungkin

Setelah menyiapkan daftar kontak yang akan dikirimi email, berikutnya Anda perlu membuat desain email semenarik mungkin.

Manfaatkanlah sejumlah template email yang telah disiapkan oleh e-marketing tools pada awal langkah pembuatan ini.

Pastikan template yang akan Anda gunakan dalam mendesain email senantiasa berhubungan dengan isi email Anda.

Misalnya, ketika Anda ingin memasarkan tumbler maka Anda gunakan template yang berhubungan dengan produk tersebut.

Tulislah konten email

Jika menelaah kembali pada tujuan pembuatan e-marketing, maka pada bagian ini Anda harus benar-benar cermat untuk menuliskan konten pada email tersebut.

Konten email yang Anda buat harus bisa dipahami oleh target marketing.

Setelah memahami maksud email Anda, tentu akan timbul rasa tertarik dan ingin membeli pada produk yang Anda tawarkan.

Akan tetapi, dalam membuat suatu konten yang persuasif tidak bisa dilakukan hanya dengan satu kali coba saja. Anda memerlukan sejumlah latihan guna membuat konten persuasif.

Dalam membuat konten email, Anda mesti memperhatikan tips berikut. Tips ini terbilang cukup efektif bagi Anda yang hendak mengirimi email promosi kepada target konsumen.

Sejatinya email terdiri atas 3 bagian utama yaitu headline, isi dan call to action.

Pada bagian headline Anda mesti menulis tentang hal apa yang hendak ditawarkan kepada target konsumen.

Kemudian, pada bagian isi email Anda bisa menulis keterangan yang berkaitan dengan headline. Terakhir, call to action yang perlu Anda tulisi dengan ajakan persuasif untuk membeli produk.

Tes kirim email

Apabila e-marketing telah siap dikirim, maka selanjutnya Anda bisa coba untuk melakukan tes atau uji coba pengiriman email.

Tes ini penting dilakukan sebelum Anda mengirimkan email yang sama kepada target marketing.

Tujuan dari tes kirim email tidak lain adalah untuk mengecek apakah masih terdapat kesalahan maupun kekeliruan informasi pada email yang telah Anda buat.

Hal ini sekaligus akan mengetahui apakah email yang telah Anda kirimkan akan masuk ke dalam folder spam atau tidak.

Kirim email

Langkah terkait dalam membuat e-marketing adalah melakukan pengiriman email tersebut. Dalam hal pengiriman email, Anda mesti mengetahui timing yang pas.

Untuk mengetahui timing yang tepat guna mengirimkan e-marketing, maka Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Usai Anda berhasil melakukan riset guna menemukan waktu yang tepat, berikutnya Anda tinggal mengirimkan email. Lakukan pengiriman email pemasaran secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Contoh Email Marketing

Email marketing adalah salah satu cara efektif yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan perkembangan bisnis. E-marketing telah terbukti ampuh dalam mendulang capaian prospek target konsumen.

Dalam berbagai kajian penelitian, e-marketing diketahui mampu memberikan dampak signifikan dalam memberikan pengaruh pada orang lain.

Email promosi yang mendapatkan dukungan dari sosial media dirasa sangat cepat dan mudah dalam menstimulus target konsumen.

Guna memberikan gambaran yang jelas, berikut ini adalah daftar sejumlah contoh e-marketing. Kiranya Anda bisa lebih memahami tentang email pemasaran ini.

Turnstyle Cycle

Turnstyle Cycle

Turnstyle Cycle mengutamakan desain e-marketing yang sederhana dan mudah dipahami. Nantinya pengguna email yang dikirimi e-marketing oleh Turnstyle Cylce akan merasa bahwa mereka sedang dikirimi oleh rekan sejawat.

Biasanya e-marketing ini akan menuliskan isi pesan yang menjurus pada ajakan dengan bahasa sangat halus. Misalnya, jangan sungkan untuk segera menghubungi Kami – Kami senantiasa siap membantu Anda.

Selain itu, Turnstyle Cycle juga memberikan sejumlah rincian yang mesti diketahui atau diingat oleh si penerima email. Contohnya, waktu, nomor telepon hingga alamat surel guna menjangkau target konsumen.

Poppin

Poppin

Poppin senantiasa menawarkan diskon dan aneka kupon melalui e-marketing sebagai sarana efektif guna mempertahankan customer. Hal ini mengingat bahwa hingga sekarang banyak masyarakat yang ingin meghemat uang melalui diskon dan kupon gratis.

Di samping itu, tampilan warna yang cerah tentu sangat menarik bagi pembaca. Adanya desain yang sederhana juga sangat memudahkan pembaca untuk memahami isi email yang diterima.

Drybar

Drybar

Email yang baik adalah email yang memiliki tampilan sederhana. Seperti halnya yang disajikan oleh Drybar. Tampilan Drybar memungkinkan pembaca guna mencerna segala apa yang disampaikan melalui email tersebut.

Selain sederhana, tampilan e-marketing Drybar senantiasa mengutamakan kecerdasan serta keserasian dengan brand yang diusung.

Dengan demikian, promosi email Drybar dirasa cukup efektif dan efisien guna menyasar target konsumen.

Stitcher

Stitcher

Stitcher merupakan salah satu contoh e-marketing yang memuat tampilan khusus bagi penerimanya. Dengan demikian, penerima email akan merasa bahwa dirinya sangat istimewa ketika mendapatkan email tersebut.

Tools yang diberikan oleh Stitcher memungkinkan Anda untuk mendapatkan desain email yang menarik sekaligus unik.

Hal ini semakin membuat e-marketing Stitcher dirasa sangat efektif untuk menggaet target konsumen.

Paperless Post

Paperless Post

Jika Anda ingin tampilan header email marketing yang sangat menarik, maka bisa langsung coba Paperless Post. Tentunya mengutamakan ajakan-ajakan yang riil dan urgent kepada si penerima email.

Misalnya, yang pertama adalah kirim kartu ucapan selamat hari ibu!

Pada bagian sub header, Paperless Post senantiasa memaksa penerima guna berpikir lebih lanjut tentang isi header sebelumnya. Adanya desain grid yang simpel membuat tampilan e-marketing ini mudah sekaligus menarik untuk dilihat.

Dropbox

Dropbox

Dropbox senantiasa menemukan cara untuk membuat Anda tertarik dengan email darinya. E-marketing ini selalu mempertahankan emailnya dalam bentuk singkat sekaligus cantik sekaligus menekankan bahwa email tersebut tidak bersifat menganggu.

Pada e-marketing ini, Anda juga bisa memberikan kupon sebagai hadiah bagi pengguna email. Hal ini guna mendatangkan penerima untuk menggunakan layanan Anda.

Cook Smarts

Cook Smarts

Cook Smarts senantiasa mengirimkan aneka resep makanan enak ke dalam inbox setiap subscriber pada tiap minggunya.

Biasanya e-marketing Cook Smarts memiliki tampilan layout yang sangat bagus. Tiap-tiap email mengandung 3 sisi berbeda yaitu sisi menu, tuotorial dapur dan tips.

Email ini memungkinkan bagi penerimanya untuk meneruskan email kepada teman. Anda hanya perlu mengklik ajakan forward to a friend guna mengirimkan email tersebut kepada orang terdekat Anda.

BuzzFeed

BuzzFeed

BuzzFeed memiliki tampilan email yang menarik dan mudah dipahami oleh tiap penerimanya. Khususnya pada bagian subject email, BuzzFeed senantiasa memberikan tulisan yang keren dengan teks pra-tampil berwarna abu-abu di sisi subject email.

Adapun subject email yang digunakan terbilang cukup singkat, memikat sekaligus sempurna untuk semua konten BuzzFeed. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik dengan email semacam ini.

Referensi lainnya :

Ok, demikian informasi mengenai email marketing! Semoga bermanfaat bacaan di atas ya.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133