Bisnis

13 Faktor Penyebab Keberhasilan Wirausaha

Banyaknya pebisnis yang sukses membuat banyak orang tertarik dengan dunia wirausaha. Padahal, ada sejumlah faktor penyebab keberhasilan wirausaha yang ikut bermain di dalamnya.

Jadi, jelas bahwa para pebisnis yang berhasil meraih omzet hingga jutaan rupiah itu juga memperhatikan faktor tersebut.

Semua pebisnis pasti memiliki cerita tersendiri di balik kesuksesan mereka. Tidak semua pebisnis bisa langsung sukses, karena ada banyak diantaranya yang harus mengalami masa-masa pahit terlebih dahulu.

Intinya, ada banyak hal yang mesti dipelajari oleh siapa saja yang ingin berwirausaha, salah satunya adalah faktor-faktor penyebab keberhasilan dalam berwirausaha tersebut.

Beberapa faktor penyebab keberhasilan berwirausaha yang dimaksud diantaranya sebagai berikut:

Faktor Sumber Daya Manusia

Walaupun zaman ini sangat canggih dengan terobosan teknologi terbaru, tetap tidak bisa dipungkiri bahwa sumber daya manusia turut memberikan dampak signifikan bagi kemajuan suatu bisnis. Maka dari itu, seorang yang berwirausaha harus ekstra hati-hati dalam merekrut tenaga kerja baru.

Pastikan hanya merekrut tenaga kerja yang kompeten dan sesuai dengan job description masing-masing. Terutama untuk posisi yang memerlukan keahlian tertentu, wajib bagi pebisnis untuk memilih orang yang profesional untuk berada di dalamnya demi kelancaran usaha.

Faktor Kepemimpinan

Bukan hanya sumber daya saja yang harus diperhatikan dengan serius, namun gaya kepemimpinan juga. Bagaimanapun, pengusaha atau pemilik bisnis mempunyai tanggung jawab terhadap bisnis yang dikelolanya sekaligus dengan karyawan yang dimilikinya.

Faktanya mengatur bisnis dan juga karyawan secara bersamaan itu bukan sesuatu yang mudah. Akan tetapi, bisnis dapat berjalan dengan lancar hanya apabila pengusaha memperhatikan faktor yang berpengaruh terhadap suksesnya wirausaha yang satu ini.

Kepemimpinan tentu akan sangat berpengaruh terhadap suksesnya sebuah usaha. Apabila cara memimpin Anda kurang baik, bukan tidak mungkin bisnis akan bangkrut.

Faktor Koneksi

Koneksi juga merupakan salah satu penentu keberhasilan usaha. Bagaimana tidak, koneksi baik dengan sesama pebisnis, klien serta orang lain akan sangat bermanfaat. Karena dengan koneksi inilah Anda berkesempatan untuk membangun bisnis supaya terus berkembang.

Faktor Pengalaman

Ada yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik. Dalam dunia wirausaha, kalimat tersebut sangatlah benar. Ada banyak pengusaha sukses masa kini yang berangkat dari pengalaman sebelum kemudian memulai usahanya sendiri.

Faktor Kegigihan

Pengusaha sekalipun tentu akan menghadapi banyak masalah. Beberapa di antaranya yang sering muncul ialah produk yang tidak laku, klien yang protes, modal yang tidak kembali, pendapatan yang menurun dan sederet masalah lainnya.

Apabila seorang pengusaha merasa tidak sanggup menghadapi berbagai masalah tersebut, bisa-bisa usaha akan langsung collapse. Masalah yang seperti itu tentu akan dihadapi apapun usahanya, dan setiap pengusaha harus gigih menghadapinya.

Jangan langsung menyerah, karena sekali lagi banyak pengusaha yang menghadapi masalah-masalah seperti itu bahkan ada yang lebih parah lagi. Jika Anda ingin berwirausaha, maka gigihlah dan bekerjalah lebih keras.

Faktor Kesabaran

Jika berkaca pada kisah-kisah para pengusaha sukses, Anda akan menemukan fakta bahwa beberapa diantara mereka ada yang harus jatuh bangun dulu dalam membangun usahanya. Ada pula di antaranya yang banting setir dan mengganti bisnisnya ke bidang yang lain.

Intinya, dari cerita-cerita tersebut para calon pengusaha sebaiknya bersabar, terutama dalam menghadapi masalah-masalah yang ditemui. Kesabaran ini perlu diterapkan dalam berbagai hal, termasuk ketika menghadapi klien serta menghadapi fakta bahwa pendapatan terus menurun.

Faktor Kemampuan Kerjasama Tim

Faktor yang lainnya ialah kemampuan kerjasama tim. Jadi, bukan hanya pemilik usaha saja yang menentukan sukses tidaknya usaha, namun semua pihak yang terlibat termasuk karyawannya. Intinya, sebagai pemimpin usaha, Anda tidak boleh egois dan sebaiknya pentingkan kerja sama tim.

Entah bisnis Anda besar ataupun kecil, kerjasama tim ini sangat penting. Karena siapa tahu saja pendapat tim justru memberikan dampak yang positif pada usaha. Sebagai pemimpin, bersikap tegas tentu diperlukan. Namun untuk kondisi tertentu, pemimpin juga harus lebih fleksibel.

Faktor Kecerdasan

Sekali lagi, menjalankan usaha itu bukan sesuatu yang mudah dan belum tentu juga membuahkan hasil yang memuaskan. Selagi menempuh jalan menuju kesuksesan, di tengah-tengahnya pasti akan ada masalah atau hambatan yang bahkan akan membuat Anda berpikir untuk menghentikan usaha.

Jika tidak kuat menghadapinya, bukan tidak mungkin Anda benar-benar menutup usaha yang sebenarnya menjanjikan. Oleh karena itu, kecerdasan dalam berwirausaha sangat diperlukan dan menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab berhasilnya wirausaha.

Dengan kecerdasan ini, Anda akan lebih mudah dalam mengatasi masalah sekaligus menentukan keputusan terbaik untuk bisnis.

Faktor Kreativitas

Bukan hanya persaingan di dunia kerja saja yang ketat, persaingan di dunia usaha juga sangat ketat dan juga berat. Untuk satu bidang usaha yang sama saja ada banyak sekali pengusaha dan sering juga produk yang mereka tawarkan kualitasnya setara.

Jika hanya mengandalkan produk dengan kualitas yang serupa seperti itu, besar kemungkinan Anda akan sulit bersaing terlebih jika merk produk Anda masih baru. Untuk memperbesar peluang sukses, maka Anda harus bisa menjadi berbeda dengan produk-produk serupa yang sudah ada.

Untuk menciptakan produk yang lebih unggul seperti ini, diperlukan kreativitas. Terapkan kreativitas tersebut pada produk Anda karena menjadi berbeda dan unik lebih berpotensi membuat bisnis tetap hidup bahkan berkembang.

Faktor Rasa Percaya Diri

Memang tampak sepele, namun rasa percaya diri juga termasuk faktor penyebab keberhasilan usaha. Apabila pemilik usaha merasa rendah diri, ini justru akan menghambat dalam pengambilan keputusan yang terbaik untuk usaha.

Faktor Berani Mengambil Risiko

Berani mengambil risiko adalah hal yang bagus. Bukan hanya harus bertindak, Anda juga harus berani dalam menghadapi berbagai kemungkinan terburuk jika ingin menjadi pengusaha yang sukses.

Ada banyak usaha yang semakin berkembang dengan keberaniannya dalam mengambil risiko. Ambil contoh saja Gojek. Khususnya di Indonesia, mungkin ada banyak orang yang awam dengan teknologi terutama untuk memesan alat transportasi.

Jika hanya memikirkan kemungkinan terburuk, Gojek tentu bisa bangkrut dalam waktu yang singkat. Akan tetapi kenyataan berkata sebaliknya karena masyarakat justru menerimanya. Masyarakat malah merasa terbantu karena lebih mudah untuk bepergian kemana saja.

Faktor Pengetahuan Mengenai Kewirausahaan

Pengusaha juga harus memiliki wawasan atau pengetahuan mengenai kewirausahaan. Walaupun tampak sepele juga, namun ini adalah faktor penyebab keberhasilan wirausaha yang tidak kalah penting.

Intinya, kewirausahaan itu merupakan aktivitas mendirikan usaha, merincikan kebutuhan finansial guna memperoleh keuntungan. Dengan kata lain, Anda harus memiliki pengetahuan mengenai aktivitas bisnis seperti strategi pemasaran, alokasi modal, penghitungan kas, dan lain sebagainya.

Jika ingin dikerucutkan, pengetahuan ini bisa dikhususkan pada bidang bisnis yang tengah dijalani. Kalaupun tidak memiliki pengetahuan mengenai hal ini, bisa disiasati dengan merekrut tenaga kerja yang andal dan profesional untuk membantu Anda.

Faktor Keterampilan dan Berani Bertindak

Mungkin bisa dikatakan bahwa keterampilan berwirausaha adalah menerapkan pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki mengenai kewirausahaan. Tanpa adanya keterampilan ini, besar kemungkinan usaha Anda tidak berkembang bahkan bisa saja bangkrut.

Selain itu, Anda juga harus berani bertindak. Jadi, jangan hanya fokus memikirkan konsep, namun juga harus ada tindakan supaya bisnis lekas terwujud dan berjalan.

Demikian beberapa faktor

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button