Gojek vs Grab : Sering Gunakan Aplikasi Yang Mana?

Gojek vs Grab

Gojek vs Grab : Sering gunakan aplikasi yang mana? Hal tersebut sering menjadi pertanyaan yang kadang masing-masing kita memiliki pilihan yang berbeda.

Karena, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, bermunculan ojek online dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Mulai dari Gojek hingga Grab juga menawarkan harga serta pelayanan cukup menarik sekali bagi konsumennya.

Gojek adalah salah satu perusahaan teknologi karya anak bangsa yang didirikan secara khusus untuk melayani angkutan lewat jasa ojek.

Berdiri sejak tahun 2010, Gojek dipimpin oleh Nadiem Makarim.

Baca Juga : (Strategi Marketing Gojek)

Sementara itu untuk Grab sendiri adalah salah satu platform O2O yang menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari, termasuk perjalanan, pengiriman barang, pembayaran dengan dompet digital, pesan-antar makanan, dan lain-lain.

Konten :

Tarif

Jika membahas mengenai perbandingan Gojek vs Grab, maka yang paling menarik adalah dari segi harga atau tarif yang diberikan.

Meskipun antara keduanya terlihat hampir sama, tetapi baik itu Gojek atau apun Grab tentu memiliki tarif yang berbeda-beda. Gojek memiliki tarif dasar sekitar Rp 12.000,00 untuk perjalanan dengan jarak 1-10 km.

Sementara itu untuk Grab sendiri ternyata mematok tarif berdasarkan jarak yang ditempuh. Dimana untuk 1 km Grab memberikan tarif sebesar Rp 1.500,00.

Namun demikian, Grab juga menentukan tarif minimum yang harus dibayarkan, yakni Rp 10.000,00.

Integrasi Layanan

Untuk bisa memanfaatkan layanan yang ditawarkan, Anda tentunya diharuskan untuk mendownload dan menginstall aplikasi mobile-nya, baik Gojek atau pun Grab.

Tenang saja, sebab semua aplikasi layanan transportasi ini ditawarkan secara gratis di Play Store dan App Store.

Uniknya, aplikasi Gojek ternyata memungkinkan pelanggannya untuk melakukan pemesanan via LINE. Tapi pada aplikasi Grab ternyata mengharuskan Anda untuk melakukan hal tersebut secara mandiri menggunakan aplikasi Grab itu sendiri.

Cara Pembayaran

Cara pembayaran transportasi online pada dasarnya berkaitan erat dengan keamanan dan kenyamanan konsumen.

Mengetahui hal tersebut, baik Gojek maupun Grab ternyata menyediakan opsi pembayaran dengan cara cashless.

Nilai plus bagi Grab sebab saat ini Anda juga bisa melakukan pembayaran pula lewat kartu debit atau kartu kredit.

Sementara itu untuk Gojek sendiri menyediakan opsi pembayaran cash dan kredit.

Namun demikian, tentu saja ada syarat yang wajib dipenuhi apabila Anda ingin menggunakan metode pembayaran via kredit atau cicilan. Dimana Anda harus terlebih dulu top up.

Aplikasi

Nah, kalau berbicara lebih jauh lagi mengenai aplikasi Gojek atau Grab, maka tampilan aplikasi Gojek ternyata jauh terlihat lebih intuitif.

Dimana Anda diharuskan untuk terlebih dulu menentukan layanan yang dibutuhkan, baru kemudian Anda bisa melakukan order jasa ojek atau layanan lainnya yang tersedia.

Apabila Anda merupakan pelanggan atau konsumen baru, maka Anda akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dulu. Jika sudah, Anda bisa menggunakan aplikasi Gojek tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun demikian, juga perlu untuk diketahui bahwa masing-masing layanan yang ditawarkan aplikasi Gojek memiliki cara input yang berbeda, tergantung dari layanan yang dipilih.

Lalu pada aplikasi Grab ini Anda ternyata bisa lebih mudah menentukan lokasi penjemputan dan tujuan terlebih dulu.

Baru kemudian Anda menentukan mau menggunakan layanan Grab apa? Melalui fitur inilah maka Anda bisa memilih tarif mana yang jauh lebih ramah di kantong dari semua layanan yang ditawarkan.

Tarif Taxi Online

Tidak hanya memiliki perbedaan mengenai tarif ojek online-nya, baik itu Gojek dan Grab ternyata juga memiliki perbedaan pada tarif taxi online-nya.

Ya pada saat membahas mengenai perbandingan Gojek vs Grab, maka bisa dilihat dari sisi tarif taxi online-nya, diantaranya sebagai berikut.

Tarif Go-Car yang ditawarkan Gojek ini Rp 10.000,00 untuk perjalanan dengan jarak 1-2.85 km. Lalu untuk tarif Grab-Car sendiri ternyata dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif sekali.

Dimana dalam layanannya, Grab-Car mematok tarif yang sama dengan Go-Car, yakni Rp 10.000,00, namun demikian untuk tarif per-km Grab-Car ternyata memiliki tarif sebesar Rp 4.000,00.

Jenis Layanan

Seiring dengan berjalannya waktu, kini Gojek tidak hanya menyediakan layanan transportasi online murah saja. Sebab, Gojek diketahui sudah memiliki sekitar 17 jenis layanan yang ditawarkan khusus untuk para pelanggannya antara lain sebagai berikut.

  • Go-Car
  • Gojek
  • Go-Bluebird
  • Go-Food
  • Go-Pulsam
  • Go-Send
  • Go-Bills
  • Go-Tix
  • Go-Mart
  • Go-Shop
  • Go-Box
  • Go-Clean
  • Go-Massage
  • Go-Busway
  • Go-Med
  • Go-Auto
  • Go-Glam

Jenis layanan yang ditawarkan Grab ternyata belum selengkap Gojek. Meskipun demikian Grab juga memiliki beberapa layanan yang tidak jauh menariknya, diantaranya sebagai berikut.

  • Grab-Bike
  • Grab-Taxi
  • Grab-Hitch (Nebeng) Car
  • Grab-Hitch (Nebeng) Bike

Namun ternyata layanan Nebeng yang ditawarkan Grab ini hanya bisa dinikmati di beberapa perkotaan besar saja. Begitu pun dengan layanan Food dan Delivery yang hanya tersedia di beberapa perkotaan besar.

Untungnya, secara keseluruhan Grab merupakan sebuah aplikasi transportasi online yang mudah digunakan.

Fitur

Jika berbicara mengenai fitur yang ada pada aplikasi Gojek, pada saat pertama kalinya Anda memasuki aplikasi Gojek tersebut, maka Anda akan langsung disuguhkan dengan empat menu utama, yakni menu Home, Help, My Account, dan History.

Dimana pada menu Home inilah Anda bisa melakukan pemilihan jenis layanan yang ditawarkan Gojek, tidak hanya itu saja, di menu itu pula juga akan ditunjukkan berapa saldo Go-Pay dan Go-Points yang Anda miliki.

Lalu pada menu History pada aplikasi Gojek ini sendiri ternyata menjadi salah satu fitur terbaik dan unggulan yang akan memudahkan pengguna untuk dapat melihat progress perjalanan, atau pemesanan layanan Gojek.

Dalam menu tersebut juga ada dua fitur, yakni In-Progress yang berarti bahwa layanan Gojek Anda belum selesai, lalu untuk menu kedua adalah Completed yang artinya bahwa semua layanan Gojek-mu sudah selesai.

Menu yang selanjutnya di aplikasi Gojek ini Anda akan menemukan semua layanan yang ditawarkan Gojek. Sementara itu pada menu terakhir, yakni My Account dijelaskan tentang akun Gojek yang Anda miliki.

Lebih lanjut lagi mengenai fitur yang ditawarkan Grab yang ternyata tidak jauh berbeda dengan fitur yang ada pada aplikasi Gojek di atas.

Dimana pada aplikasi Grab ini Anda akan menemukan fitur untuk melakukan pembayaran layanan Grab dengan menggunakan sistem cash atau Grab-Pay.

Selain itu, Grab juga menawarkan fitur History agar pengguna bisa melihat layanan yang telah dipesannya.

Menariknya, Grab ternyata memiliki fitur Booking. Fitur tersebut tentu saja bisa digunakan untuk melakukan booking, baik untuk Grab-Car atau pun Grab-Bike.

Jadi, fitur Booking pada aplikasi Grab tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memesan transportasi online untuk digunakan di lain waktu.

Fitur terakhir adalah Points, dimana dengan fitur tersebut Anda bisa menggunakan untuk voucher atau diskon lainnya.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133