SEO

Guru SEO Medan

Medan merupakan salah satu kota industri di Sumatera, salah satu langkah agar bisa bersaing adalah memiliki seorang guru SEO Medan.

Mengingat industri saat ini sudah mulai membanjiri dunia digital, sehingga persaingan juga beralih ke dunia digital.

Hal ini juga diperkuat dengan perilaku konsumen, pelanggan lebih suka order barang atau mencari informasi secara online.

Tingkat kepraktisan serta kecepatan membandingkan berbagai jenis produk membuat pelanggan merasa lebih nyaman melalui daring.

Pertanyaannya adalah bagaimana agar konten atau produk Anda bisa diketahui oleh berbagai orang – orang yang mengakses internet?

Padahal ada banyak sekali produk sejenis, bukankah itu mustahil? Jawabannya adalah dengan melakukan optimasi konten produknya.

Guru SEO Medan

Peran Guru SEO Medan yang Perlu Diketahui

Salah satu langkah agar produk bisa bersaing di mesin pencarian adalah melakukan optimasi konten produknya.

Melakukan optimasi memerlukan berbagai teknik khusus, apabila kurang memahami, di sinilah diperlukan guru SEO, berikut beberapa perannya :

Pengelola Website dan Sosial Media

Peranan pertama adalah mengelola website, mengingat saat ini ujung tanduk persaingan di media digital adalah harus memiliki website.

Namun memiliki saja tidak cukup karena tidak akan direkomendasikan oleh mesin pencari, harus ada pengelolaan juga.

Pengelolaan meliputi bagaimana maintenance websitenya, seperti meningkatkan desain, memastikan loading page rendah, serta menambahkan konten secara rutin. Tidak lupa juga harus membalas dan mengenalkan websitenya ke berbagai pihak atau calon pelanggan.

Melakukan Riset Bahan Konten

Guru SEO di Medan tidak berbeda dengan seorang blogger medan, yaitu harus membuat konten secara rutin. Bedanya adalah kontennya lebih terstruktur, contohnya fokus pada edukasi calon pelanggan atau mengoptimalkan promo-promo yang ada.

Namun langkah pertamanya adalah harus melakukan riset konten terlebih dahulu, bisa dengan mempelajari trending atau melihat arah tren ke depan apa.

Bisa juga dengan menguatkan diferensiasi produknya, misal produk pakaian dioptimalkan tentang pengenalan desainnya.

Meningkatkan Kreativitas Penulisan

Peran berikutnya adalah harus mampu meningkatkan kreativitas penulisan, contohnya apabila terdapat 10 promo dan masing – masing harus dijadikan konten, harus berbeda. Karena apabila sama tentu seorang pengunjung akan bosan dan cepat meninggalkan tokonya.

Kreativitas juga harus diwujudkan dalam berbagai bentuk, tidak hanya pada konten sejenis, tetapi juga berinovasi mengembangkan konten lainnya. Seperti mengembangkan story telling pada saat melakukan pemasaran, sehingga lebih menarik emosi pelanggan.

Membuat Konten Berkualitas

Tugas dan peran berikutnya adalah membuat konten berkualitas, mulai dari berbentuk tulisan, gambar, video, fotografi, dan sebagainya. Tingkat kualitas kontennya beragam, tetapi pastikan mampu menggait interest dari pelanggan, terlebih apabila konten image atau video.

Cara Kerja SEO Menurut Guru SEO Medan

Search engine optimization atau lebih dikenal dengan SEO tidak langsung optimal apabila Anda langsung menerapkannya pada berbagai sosial media. Hal ini karena setiap mesin pencari punya logika dan algoritmanya sendiri – sendiri, namun apabila dirangkum begini langkahnya.

Setiap Mesin Pencari Memiliki Crawler

Setiap Anda menemui mesin pencari, seperti google, Bing, Instagram, Youtube, dan sebagainya, mereka memiliki sebuah robot pencarian atau crawler. Ia bertugas untuk mengumpulkan berbagai informasi dan menghubungkan Anda pada informasi yang dicari.

Cara kerjanya adalah mereka akan berusaha membaca kata kunci yang diketikkan pada kolom pencarian. Melalui serangkaian rumus-rumus dan kewenangannya, ia akan mengumpulkan berbagai informasi tersebut kemudian menampilkannya pada Anda.

Crawler Mengumpulkan Berbagai Informasi

Informasi dari crawler akan dikumpulkan terlebih dahulu, bergantung pada jenis mesinnya jenis informasinya bisa beragam. Contohnya hanya dari judul saja, tagar, penulis, genre, atau bahkan bisa melihat isi kontennya seperti google.

Informasi tersebut sesuai dengan kata kunci yang Anda ketikan pada kolom pencarian, robot akan berusaha mencari informasi paling sesuai menurutnya. Namun tidak menutup kemungkinan muncul informasi tidak relevan, pasti Anda sering menemukannya.

Crawler akan Mengurutkan Berdasarkan Ranking Tertentu

Langkah berikutnya adalah melakukan ranking terhadap informasi tersebut. Rangking inilah yang menjadi kunci SEO bisnis Medan bisa berkembang secara pesat, karena apabila rangkingnya tinggi, maka potensi diklik serta dikunjungi pelanggan lebih besar.

Rangking diurutkan berdasarkan kategori tertentu, seperti berdasarkan pada kesesuaian pada umumnya, namun beberapa mesin juga mengurutkan berdasarkan hal lain, seperti produk direkomendasikan. Ini biasanya pada mesin pencari berbasis ecommerce.

Manfaat SEO Untuk Bisnis Lokal

Saat ini masih belum banyak orang menyadari pentingnya memahami SEO, bahkan masih banyak orang membuat konten tanpa mempertimbangkannya. Hal ini dapat dilihat bahwa banyak sekali akun bisnis tetapi tingkat engagement-nya sangat rendah.

Guru SEO Medan juga menyarankan melakukan optimasi mesin pencarian agar bisa lebih bersaing dan mendapatkan keuntungan maksimal. Salah satunya melalui peran peringkat pertama pada mesin pencarian, potensi dikunjunginya lebih besar.

Berdasarkan informasi dan riset, menunjukkan bahwa halaman pertama memiliki peluang sekitar 80% dikunjungi oleh pelanggan, sedangkan pada halaman kedua hanya 40% saja.

Penurunannya sangat jauh, bayangkan berapa sedikitnya pengunjung apabila tidak masuk peringkat bawah.

Kesalahan utama bisnis lokal adalah belum memasukkan faktor SEO pada pengembangan media sosial atau websitenya. Tidak hanya terkait kontennya saja, misalkan artikelnya, captionnya, hastag, dan lainnya, tetapi juga harus mempertimbangkan offpage-nya.

Salah satu contohnya adalah memilih hosting dan nama domainnya, terkadang ini diabaikan karena memilih harga yang paling murah. Padahal hosting dan nama domain memiliki peranan besar dalam meningkatkan peluang masuk ke kolom pencarian pertama.

Manfaatnya adalah tentu saja penjualan meningkat, kepercayaan publik meningkat, serta keuntungan meningkat.

Hal ini sudah terbukti, apabila ingin melakukan simulasi, cobalah menghitung berapa banyak Anda melakukan klik pada halaman pencarian pertama google.

Belajar SEO untuk Para Pemula

Ingin menjadi seorang guru SEO Medan? Tidak perlu khawatir karena untuk menjadi seorang pakar SEO Anda hanya perlu belajar saja. Namun belajar juga ada tips dan triknya, tidak bisa sembarangan karena kurang efektif dalam mencapai tujuan.

Guru SEO Medan

Belajar Otodidak

Langkah pertama dan hemat adalah dengan belajar secara otodidak, saat ini banyak sekali media yang menyediakan bahan ajar secara gratis maupun berbayar. Keuntungannya adalah tidak harus mengikuti prosedur dan aturan – aturan kelas tertentu.

Mengikuti Kursus SEO Medan

Apabila ingin belajar lebih cepat, tersistematis, serta dibimbing oleh mentor ahli ada baiknya mengikuti berbagai program kursus. Usahakan memiliki peluang untuk bisa diskusi dalam kursusnya, sehingga bisa bertanya maupun diskusi studi kasus.

Ini bisa menutup kelemahan belajar otodidak, karena dengan kurikulum terstruktur seseorang bisa menyelesaikan studi lebih cepat dari pada otodidak. Selain itu juga bisa menjalin relasi, networking, serta mendapatkan sertifikat.

Praktik Langsung

Tips terakhir apabila ingin menguasai SEO adalah harus banyak – banyak praktik langsung, caranya adalah membuka blog sendiri dan mulai menulis. Pelajari faktor – faktor penyebab konten optimal dan faktor – faktor penyebab konten menjadi tenggelam.

Semakin sering berlatih, kepekaan juga akan semakin baik, karenanya usahakan berlatih semaksimal serta sebanyak mungkin. Selain itu juga mempercepat proses pengerjaan kontennya.

Bersaing di dunia digital gampang-gampang susah, karena terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah peringkat pertama mesin pencarian. Apabila sulit mencapainya, bisa berkonsultasi ke Guru SEO Medan.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button