Ide Usaha yang Kreatif Inovatif, Solusi Sukses Lebih Cepat!

Ide Usaha Yang Kreatif

Ide usaha yang kreatif, pada dasarnya untuk menemukan ide berwirausaha ini tidaklah sulit. Tapi pada kenyataannya banyak pengusaha pemula yang cukup kesulitan untuk mendapatkan sebuah ide berwirausaha.

Padahal apabila dicermati lebih lanjut, Anda bisa kok menemukan banyak metode yang bisa dilakukan untuk menangkap gagasan-gagasan yang kreatif dan inovatif tersebut.

Lantas, bagaimana cara menemukan ide hebat yang kreatif dan inovatif untuk berwirausaha yang berbeda? Apalagi seperti yang kita ketahui bersama bahwa di sekitar kita ada banyak sekali model usaha, mulai dari usaha kuliner, fashion, dan lain-lain. Namun yang anehnya di sini adalah tidak sedikit orang yang kebingungan saat ingin terjun ke dunia usaha.

Apabila Anda masih kebingungan dan butuh petunjuk untuk memulai usaha, di bawah ini ada beberapa ide usaha yang kreatif inovatif pas dijadikan sebagai solusi sukses lebih cepat. Penasaran? Simak selengkapnya di sini.

 

Ide Startup

 

Ide Startup

 

Membuat Perencanaan Yang Matang

Ide usaha yang kreatif inovatif untuk startup yang pertama adalah membuat perencanaan yang matang. Kerap kali seseorang yang memulai usaha hanya berfokus pada penjualan, keuntungan, dan kerugian saja.

Agar usaha Anda tersebut tetap bertahan tentu saja ada pemikiran yang lebih panjang dari hanya berfokus pada hal-hal tersebut.

 

Mengikuti Perubahan Konsumen

Perencanaan yang matang juga akan mempengaruhi produk atau jasa yang diberikan kepada konsumen. Apabila produk atau jasa yang Anda tawarkan ternyata dianggap kurang penting lagi, atau bahkan tidak sesuai trend saat ini, pastinya akan sangat sulit untuk membuat usaha startup-mu bertahan.

Oleh karenanya perlu mengikuti perubahan konsumen apabila Anda menginginkan perkembangan yang berarti pada usaha startup-mu tersebut.

 

Mengedepankan Pelayaan Konsumen

Produk atau jasa yang baik memang akan menjadi incaran para konsumen, tapi ternyata hal tersebut tidaklah cukup untuk menjadikan usahamu bisa bersaing.

Dikarenakan konsumen adalah raja, itu artinya Anda juga harus memberikan pelayanan yang terbaik agar mereka tetap tinggal.

 

Inovasi Teknologi

Usaha strartup pada dasarnya memiliki artian sebagai perusahaan rintisan, tetapi umumnya seseorang lebih mengenal jenis usaha satu ini sebagai usaha di bidang teknologi.

Sebab adanya keterbatasan biaya, usaha startup sering dimulai dari dunia maya. Itu kenapa inovasi di bidang teknologi bisa membantu meringankan banyak kegiatan operasional sehingga tidak bisa dijauhkan dari usaha startup tersebut.

 

Ide Bisnis Kreatif Mahasiswa

Ide Bisnis Kreatif Mahasiswa

Tutor Online

Ide bisnis kreatif mahasiswa yang pertama adalah menjadi tutor online, yang pastinya tidak akan menyita waktu sebab tidak dilakukan dibeberapa tempat dan waktu yang berbeda.

Ide usaha yang kreatif inovatif tersebut bisa menyesuaikan dengan kondisi Anda saat ini, dimana semua orang memang sangat familiar sekali dengan keberadaan gadget dan internet.

 

Pengajar Bahasa Lokal Bagi Turis

Namun demikian untuk mencoba ide usaha yang berikut ini pastikan Anda sudah menguasai bahasa asing. Apabila dulu pekerjaan sampingan untuk mahasiswa tersebut dipandang sebelah mata, tetapi kini sudah menjadi salah satu jenis usaha paling diminati, sebab gaji yang didapatkan jauh lebih menarik.

Untuk menjadi pengajar bahasa tentunya Anda harus bergabung dengan lembaga bimbangan bahasa yang menyediakan fasilitas tersebut.

 

Menjadi Penulis Online

Pilihan lain adalah dengan menjadi penulis online. Apabila Anda tertarik dengan dunia tulis menulis maka tidak ada salahnya untuk menjadi penulis online disela-sela waktu kuliah Anda.

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi penulis online hanya laptop, internet, dan bakat menulis yang Anda miliki.

 

Membuka Jasa Printing

Di zaman yang serba internet dan teknologi seperti sekarang banyak mahasiswa yang memiliki laptop, namun sedikit dari mereka yang memiliki printer pribadi.

Apabila dicermati lebih jauh lagi, ide usaha yang kreatif inovatif satu ini sangat menjanjikan di kalangan mahasiswa.

Bisa dibayangkan sendiri berapa banyaknya mahasiswa yang harus print tugas kuliahnya dalam satu hari, tentunya yang demikian menjadi peluang besar buat Anda untuk membuka jasa printing guna mendapatkan pundi-pundi rupiah.

 

Ide Jualan Online yang Laris

 

Gadget

Contoh ide jualan online yang laris saat ini adalah gadget. Ya, produk satu ini menempati posisi teratas dalam pencarian produk online paling laris di toko online.

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa gadget pada dasarnya menjadi barang penting yang akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang, tidak heran jika gadget menjadi barang incaran banyak orang.

 

Fashion

Sadar nggak sih kalau saat ini perubahan trend fashion berjalan begitu cepat, hingga akhirnya hal tersebut membuat semakin banyak jenis fashion yang bisa dipilih.

Tentu saja yanga demikian ini juga membuat produk fashion selalu dinamis dan terus-terusan dibutuhkan banyak orang. Fashion pastinya layak banget untuk Anda jadikan sebagai ide usaha yang kreatif inovatif di 2019.

 

Perlengkapan Rumah Tangga

Lalu untuk produk berikut ini biasanya lebih sering menjadi sasaran kalangan wanita dan pasangan muda untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Perlengkapan rumah tidak hanya memiliki banyak varian, juga memiliki harga yang variatif sehingga bisa disesuaikan dengan kualitas dan budget yang dimiliki konsumennya.

Namun meskipun demikian pastikan Anda sudah menentukan jenis dan level harga yang ingin dipasarkan.

 

Produk Kecantikan

Jika berbicara mengenai produk kecantikan pastinya ada banyak sekali, mulai dari krim pemutih, lotion, vitamin, dan lain-lain.

Produk kecantikan ternyata juga menjadi salah satu ide usaha online yang paling laris untuk saat ini. Namun demikian, pastikan Anda menawarkan produk kecantikan dari merk atau brand yang sudah dikenal luas.

 

Ide Bisnis Makanan Ringan

 

Ide Bisnis Makanan Ringan

 

Roti Bakar

Ide bisnis makanan ringan pertama adalah dengan berjualan roti bakar. Bisnis atau usaha satu ini bisa dijalankan dengan modal kecil, sementara itu untuk lokasinya pastikan Anda memilih di tempat ramai, seperti di pinggiran jalan, taman, atau lainnya. Jenis roti bakar yang bisa dijual dengan berbagai rasa atau topping.

 

Tahu Kremes

Ini adalah tahu yang bagian luarannya diberi lapisan tepung yang garing.

Peluang usaha kreatif inovatif tersebut pada dasarnya memiliki banyak sebutan, mulai dari tahu kress, goyang lidah, jeletot, dan masih ada banyak lagi. Tidak hanya disukai anak-anak, tetapi banyak sekali orang dewasa yang menyukai makanan ringan tersebut.

 

Singkong Keju

Meskipun jarang yang menjalankannya, tetapi tak berarti tidak ada peminat makanan ringan tersebut, sehingga tepat sekali jika dijadikan sebagai ide usaha yang kreatif inovatif.

Apalagi bahan yang dibutuhkan simpel, mudah didapatkan, dan proses pembuatannya pun sangat sederhana sekali. Agar lebih menarik Anda bisa membuat berbagai varian, seperti singkong keju coklat, singkong keju manis, dan lain-lain.

 

Aneka Keripik

Lalu untuk jenis usaha makanan ringan yang terakhir ini juga tidak kalah menjanjikannya, melihat banyak peminat keripik tetapi tidak banyak penyedia jenis makanan tersebut.

Anda pun bisa menjual berbagai macam keripik, mulai dari keripik singkong, keripik kentang, keripik pisang, dan lain-lain.

 

Ide Souvenir Pernikahan Bermanfaat

Ide Souvenir Pernikahan Bermanfaat

 

Pouch Yang Cantik

Ide souvenir pernikahan yang bermanfaat satu ini pastinya sudah sangat sering kan Anda mendapatkannya. Ya, pouch yang cantik tersebut juga bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik bagi Anda sebab dianggap memiliki nilai guna bagi yang menerimanya, jadi tidak akan sia-sia.

 

Gantungan Kunci Yang Lucu

Meskipun sangat standar sekali untuk dijadikan sebagai souvenir pernikahan, tetapi pada kenyataannya banyak sekali orang yang menggunakannya sebagai souvenir di hari pernikahan mereka.

Oleh karenanya tidak ada salahnya juga untuk mencoba ide usaha yang kreatif inovatif satu ini sebagai awal Anda terjun ke dunia bisnis.

 

Kaktus Mini

Bisa dibilang ini merupakan peluang usaha souvenir pernikahan yang saat ini lagi hits. Tidak heran jika Anda akan menemukan banyak sekali souvenir pernikahan berupa tanaman kecil dalam sebuah pot mini yang tampak begitu menggemaskan.

Kaktus mini tidak hanya bagus sebagai pajangan, tetapi juga bisa banget dijadikan sebagai souvenir pernikahan yang bermanfaat.

 

Sapu Tangan

Sapu tangan juga menjadi dijadikan sebagai pilihan ide usaha kreatif yang menjanjikan di 2019. Tidak jauh berbeda dengan pouch sapu tangan juga sangat bermanfaat sekali bagi siapa saja yang menerimanya.

Anda bahkan bisa mendesain souvenir satu ini menjadi lebih unik dan cantik, kabar baiknya, budget untuk membuat souvenir pernikahan tersebut juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan souvenir lainnya.

 

Ide Bisnis Usaha Rumahan

Ide Bisnis Usaha Rumahan

Catering

Ide bisnis usaha rumah yang menjanjikan pertama adalah catering. Namun demikian, untuk memulai usaha atau bisnis tersebut pastinya Anda harus memiliki keahlian di bidang masak memasak.

Agar usaha catering Anda bisa dijual oleh banyak orang, maka Anda bisa melakukan promosi saat ada acara keluarga, arisan, atau pun yang lainnya.

 

Laundry

Ide bisnis yang berikut ini juga termasuk salah satu peluang bisnis rumahan yang menarik sekali untuk dijalankan, apalagi buat Anda yang tinggal di daerah perkotaan dan dekat kos-kosan. Mereka pastinya tidak sempat untuk sekadar mencuci pakaian karena kesibukan kuliah, bekerja, dan lain-lain.

Namun untuk memulai usaha tersebut ternyata butuh modal yang agak besar, sebab Anda harus membeli mesin cuci dan setrikaan.

 

Jahit Pakaian

Ini merupakan jenis usaha yang tak akan hilang dimakan zaman. Apalagi sekarang semakin banyak orang yang membutuhkannya, terutama saat hari raya tiba atau pun saat tahu ajaran baru. Tapi untuk menjahit Anda tentu harus memiliki skill terlebih dulu.

 

Toko Kelontong

Untuk menjalankan usaha toko kelontong ini sebenarnya tidak sulit, asalkan Anda memiliki rumah yang menghadap langsung ke jalan. Dengan begitu toko kelontong Anda lebih mudah terlihat oleh orang-orang yang lewat.

Sementara itu untuk produknya sendiri usahakan produk kebutuhan rumah tangga, seperti kebutuhan cuci, bahan sembako, dan jajanan anak.

 

Ide Aplikasi Android yang Belum Ada

Ide Aplikasi Android yang Belum Ada

Pertama

Sebab ini merupakan ide aplikasi Android yang belum ada itu artinya aplikasi tersebut belum memiliki nama, yang ada baru sebuah ide.

Anda bisa mencoba membuat aplikasi yang memungkinkan seseorang bisa mendapatkan resep masakan yang unik dan kreatif. Aplikasi tersebut pastinya akan mampu menarik orang-orang yang suka dan tertarik akan masakan.

Selain resep, tidak ada salahnya dalam aplikasi tersebut Anda juga merekomendasikan beberapa tempat makan atau restoran yang baik di beberapa area.

Tentunya yang demikian akan memberikan kesempatan yang bagus bagi pengusaha makanan untuk mempromosikan makanan mereka lewat aplikasi yang Anda buat.

 

Kedua

Ide aplikasi Android yang berikutnya adalah dengan membuat aplikasi terbaik yang membantu perusahaan asing untuk menerjemahkan email, video, dan kontrak ke bahasa Indonesia dengan bantuan masyarakat lokal.

Penerjemah akan mendapat bayaran sesuai dengan pekerjaan. Adanya aplikasi tersebut tentu akan membuat perusahaan dapat bekerja dengan lebih cepat.

 

Ketiga

Anda pastinya juga sering sekali kan menyimpan struk belanjaan, bukti transfer, atau kertas kecil penting lainnya, tapi Anda juga sering kehilangan benda tersebut.

Nah, aplikasi yang bisa Anda buat kali ini adalah aplikasi yang ditujukan khusus untuk memudahkan pengguna mengumpulkan struk belanjaan, slip, dan lain-lain dalam bentuk soft copy di aplikasi ini. Tentunya yang demikian tersebut bisa menghemat banyak waktu dalam proses transaksi maupun penggunaan kertas.

 

Ide Usaha Sampingan

Ide Usaha Sampingan

Desain Grafis

Apabila Anda memiliki keahlian di bidang desain grafis, maka tidak ada salahnya untuk mencoba usaha sampingan satu ini. Memang keahlian desain grafis tidak dimiliki semua orang, hanya mereka yang memiliki jiwa seni tinggi yang bisa dengan mudahnya melakukannya.

Anda bisa mempromosikan usahamu tersebut lewa social media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

 

Membuka Toko Online

Toko online ini bukanlah hal yang asing lagi di dengar. Sejak smartphone berkembang dengan begitu pesatnya dan koneksi internet yang bisa didapatkan dengan mudah hingga akhirnya membuat toko online menjadi peluang bisnis yang menarik untuk dijalankan di Indonesia.

Bahkan saat ini semakin banyak saja pelaku toko online mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pekerja, hingga ibu rumah tangga.

 

Membuat Blog Atau Website

Ide usaha yang kreatif inovatif yang bisa dikerjakan disela-sela pekerjaan utama Anda adalah membuat blog atau website.

Dengan berbekal pengetahuan mengenai dunia internet marketing dan penulisan artikel Anda sudah bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari internet. Untuk membuat blog atau website Anda bisa menggunakan platform WordPress atau Blogspot.

 

Jual Pulsa Dan Paket Data

Kabar baiknya, ternyata untuk menjalankan usaha satu ini Anda tidak perlu harus memiliki counter terlebih dulu, sebab modal yang Anda butuhkan hanya smartphone. Lalu untuk target pembelinya Anda bisa menyasar keluarga, kerabat, tetangga, dan rekan kerja.

 

Ide Kreatif Barang Bekas

Ide Kreatif Barang Bekas

Koran Atau Majalah Bekas

Kalau biasanya koran atau majalah bekas hanya berakhir di tempat sampah, tapi untuk kali ini Anda bisa mengubahnya menjadi barang yang memiliki nilai lebih.

Misalnya saja dengan mengubahnya menjadi tempat tissu, tas, vas bunga, tempat buah, guci, atau yang lainnya.

 

Palet Kayu Bekas

Palet kayu yang tidak terpakai lagi ini juga bisa diolah kembali menjadi barang yang layak pakai, dan pastinya juga memiliki harga tinggi.

Apalagi sekarang sudah ada banyak sekali rumah, kafe, atau perkantoran yang menggunakan barang industri bekas sebagai furniture. Mulai dari bangku, meja, rak, tempar tidur, dan lain-lain.

 

Kain Perca

Berikutnya adalah kain perca yang bisa disulap menjadi bedcover, tas, boneka lucu, alas kaki, sarung bantal guling, bross, tirai, dan masih ada banyak lagi. Ini pastinya memberikan tampilan yang beda daripada biasanya.

Potongan kain dengan berbagai motif dan warna tersebut dijahit kembali sehingga jadi satu kain baru.

Ok sekian informasi mengenai ide usaha yang kreatif, semoga bermanfaat ya.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133