Iklan Baris : Pengertian dan Contoh Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar

Iklan Baris

Iklan baris atau classified advertising adalah salah satu bentuk promosi barang atau jasa yang biasanya ditemukan di koran-koran.

Cara berpromosi lewat strategi satu ini disebut sebagai pengembangan dari promosi iklan yang biasanya lebih mengutamakan mengenai daya tarik dengan gambar, juga dengan memberikan informasi yang lebih lengkap serta terperinci dalam bentuk teks.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dicoba untuk melakukan promosi sebuah produk atau jasa yang sedang Anda bangun.

Namun demikian, salah satu media promosi yang bisa dibilang paling efektif untuk berpromosi adalah dengan memasang iklan baris online.

Pemasangannya ada di beberapa situs yang menyediakan jasa pasang iklan baris gratis tanpa daftar langsung tampil selamanya tayang di google urutan teratas.

Apabila Anda ingin tahu informasi lebih jelas dan terperinci mengenai pemasangan iklan beserta contohya, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

 

Pengertian Iklan Baris

Sebelum saya akan membahas lebih lengkapnya, sudahkah Anda tahu apa itu iklan?

Iklan adalah suatu bentuk komunikasi lewat berbagai media masa yang dibayarkan oleh perusahaan-perusahaan, organisasi non profit, atau pun individu yang teridentifikasi dalam pemesanan periklanan.

Iklan nanti akan memberikan informasi juga mempengaruhi konsumen, baik berupa tulisan, gambar, film, atau pun gabungan dari seluruhan unsur tersebut.

Secara umum, pengertiannya adalah informasi yang ditujukkan secara khusus untuk membujuk atau pun mendorong konsumen agar tertarik denga barang dan jasa yang ditawarkan.

Biasanya hal tersebut hadir dalam bentuk beberapa baris di sebuah kolom yang sangat terbatas, sehingga penulisannya menggunakan singkatan untuk menghmeat tempat dan biaya.

Meskipun demikian, iklan tersebut ternyata juga bisa dimuat di media cetak, terutama surat kabar. Iklan jenis ini bahkan cenderung lebih murah dibandingkan iklan lainnya.

Karena di sini hanya berupa baris dan kolom yang sangat terbatas sekali.

Bahkan penempatannya pun ada di lembar khusus dan dikelompokkan berdasarkan jenis barang maupun jasa yang ditawarkan untuk memudahkan konsumen.

 

Apa yang Dimaksud dengan Iklan Baris

Iklan baris adalah media promosi yang lebih mengutamakan kepada informasi paling inti, yang diperlukan untuk diketahui oleh peminatnya.

Oleh sebab itu biasanya pemasangan iklan tersebut ini hanya memuat sebuah informasi singkat dan seperlunya dan bahkan hanya butuh beberapa baris saja.

Biasanya koran-koran yang mensyaratkan iklan jenis tersebut minimal 2 sampai 3 baris saja yang di dalamnya dilengkapi dengan laman, nomor telepon dan lain sebagainya.

Sebab biasanya tidak menggunakan gambar yang menarik sebagai daya tariknya, sehingga iklan dengan jenis ini dimuat secara berkelompok sesuai isinya.

Contohnya, untuk kelompok barang yang dijual biasanya akan dipasangkan dalam baris yang berbeda dengan kelompok barang yang sedang dicari.

Lalu barang-barang yang dijual pun kemudian diklasifikasikan lebih jauh lagi, seperti motor, rumah, mobil, tanah, dan lain-lain.

Baik penjual atau pun pembeli biasanya akan memberikan nomor telepon maupun alamat rumah dimana barang tersebut bisa dibeli, dilihat, dan diambil.

Dikarenakan ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan iklan biasa, sehingga iklan baris ini biasanya lebih terjangkau.

Pemuatannya pun jauh lebih sederhana sebab tidak butuh art work maupun ilustrasi grafis, dengan begitu koran-koran biasanya bisa menerima iklan tersebut untuk segera dimuat dalam penerbitan esok hari.

 

Singkatan Dalam Iklan Baris

 

Iklan Baris Jual Rumah

  1. J/K : dijual atau dikontrakkan
  2. J/S : dijual atau disewakan
  3. BU : butuh uang
  4. Rmh : rumah
  5. RmhMwh : rumah mewah
  6. RmhTkt : rumah tingkat
  7. Kmr : kamar
  8. Kt : kamar tidur
  9. Int : lantai
  10. R : ruang
  11. LT : luas tanah
  12. LB : luas bangunan
  13. TU : tempat usaha
  14. O/H : open house
  15. SHM : sertifikat hak milik
  16. AJB : akte jual beli
  17. Strgs : strategis
  18. Kav : kavling
  19. Komp : komplek
  20. Grs : garasi
  21. Ng : nego

 

Iklan Baris Lowongan Kerja

  1. Dcr : dicari
  2. Bth : butuh
  3. BTH SGR : butuh segera
  4. BTH CPT : butuh cepat
  5. P/W : pria/wanita
  6. U/ : untuk
  7. Gj : gaji
  8. Gp : gaji pokok
  9. Bns : bonus
  10. Pndk : pendidikan
  11. Pglm : pengalaman
  12. Bpglm : berpengalaman
  13. Ilsn : lulusan
  14. Fslts : fasilitas
  15. Min : minimal
  16. Maks : maksimal

 

Iklan Baris Jual Tanah

  1. BU : butuh uang
  2. BU Cpt : butuh uang cepat
  3. Tnh : tanah
  4. Kav : kavling
  5. SHM : sertifikat hak milik
  6. LS : luas
  7. Dkt : dekat pintu tol, mall, dan lain-lain
  8. JU : jalan umum
  9. M2 : meter persegi
  10. Ha : hektar
  11. Cck : cocok
  12. Hrg : harga
  13. Ng : nego
  14. IMB : izin mendirikan bangunan
  15. -/+ : kurang lebih

 

Iklan Baris Penjualan Mobil Atau Motor

  1. W : warna
  2. Th : tahun
  3. Hrg : harga
  4. Kond : kondisi
  5. Pjk : pajak
  6. Trwt : terawat

 

Contoh Iklan Baris Penawaran

Disewakan sebuah Rmh Br Jl Tajem Br Full Furnished AC Grs 2Mbl 2KT H26jt/th Hub Iwan 081227289745.

 

Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja

  1. Dbut Penjaga tk fFamboyan Florist min 18th brpnampiln mnrik niat kerja, jujur. Hub: Indah 085712357132
  2. BTHCEPAT ADM SPG/KASIR.GDG CS utuk Carrefour Jabotabek. krm data diri: nama-alamat- Pend-Usia-Posisi yg dilamar WA : 085293004142 Ibu Siti
  3. BTHCEPAT PRT Wanita, Gaji 2,5jt s/d 5juta/bln , Utk Bersih bersih rmh. Dtg Lsg kerja, bkn yayasan, Hub: 0812-12260003/0857-85037043 Ibu Halimah
  4. BUTUHCEPAT Untuk Salon,Wnt Muslimah max 28 thn,Min SMA Diutmkn Single, WAJIB Training Di Bgor.hub: 082113005255 (Nurjannah)

Contoh Iklan Baris Pencarian Orang Hilang

Cari org hilang Llsn SMU/D3/S1 cri;kult hitm, pkai bju ptih nm:Nasimudin-5723564 Gatot Subroto 57

 

Pasang Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar

 

Membuat Hitungan Judul

Sangat disarankan sekali agar Anda menghindari ruang yang kosong untuk beberapa karakter yang tidak memiliki tujuan pasti. Selain itu Anda disarankan untuk membuat judul semenarik mungkin.

 

Menguji Beberapa Iklan Yang Ada

Dalam membuat iklan tersebut, Anda disarankan untuk membuat lebih dari satu jenis iklan. Hal tersebut bertujuan agar Anda bisa menemukan cara iklan paling efektif.

 

Ditulis Secara Singkat

Tidak sama seperti iklan-iklan pada umumnya, iklan baris ini ditulis secara singkat dengan singkatan yang digunakan seperti biasa. Meskipun ditulis singkat pastikan tulisan tersebut mudah dan bisa dipahami pembaca.

Demikian informasi ini dituliskan, semoga bermanfaat untuk pembaca setia wahyublahe.id

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133