Marketing

Belajar Strategi Promosi Dari 9 Gambar Iklan Layanan Masyarakat Ini

Iklan secara singkat adalah segala bentuk promosi baik itu barang, ide, atau jasa yang disampaikan kepada masyarakat dengan mengandung maksud tertentu.

Hal ini tentu sedikit berbeda dengan iklan layanan masyarakat, tidak hanya untuk memasarkan produk tapi juga memberikan edukasi.

Terkait pengertian dan contohnya, mari simak pembahasan ini, ya!

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

Iklan memang identik dengan segala sesuatu yang bersifat komersial, seperti membeli sebuah produk atau menggunakan jasa. Ternyata ada juga iklan yang tidak hanya bertujuan demikian, bahkan bebas dari biaya pemasangan, yaitu layanan masyarakat.

Pengertian iklan layanan masyarakat sendiri adalah sebuah informasi atau pesan sosial yang ditujukan untuk masyarakat, agar terjadi peningkatan kepedulian terhadap suatu masalah baik secara umum atau sebagai ancaman.

Para ahli juga turut andil dalam memberikan sumbangsih pemikiran terkait pengertian iklan layanan ini, di antaranya adalah:

Kasali

Pada tahun 1992, Kasali memberikan definisi tentang public service announcement yaitu sebuah permintaan penyiaran yang biasanya diminta oleh lembaga swadaya masyarakat secara langsung, sebagai bentuk solidaritas terhadap sebuah masalah yang ada di masyarakat.

Liliweri

Liliweri memberikan definisi bahwa public service announcement merupakan sebuah media informasi yang terkait pada setiap layanan yang ada di masyarakat. Penyebarannya tidak berdasarkan pembelian waktu atau ruang, tetapi berdasarkan kegiatan non-profit (tidak berkeuntungan).

Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

Nah, iklan layanan masyarakat memiliki beberapa fungsi.

Pertama adalah informing, yaitu memberikan informasi kepada masyarakat terkait sebuah layanan, program atau aktivitas pemerintah yang berkaitan dengan bidang sosial.

Kedua, persuading yang bisa membujuk masyarakat agar turut serta dalam program yang sedang dikampanyekan. Contohnya yaitu KTP, KB, BPJS dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ketiga adalah reminding yang terus menerus membuat masyarakat ingat akan program yang sedang digencarkan.

Terakhir adalah adding value yang mana periklanan bisa menambah persepsi masyarakat tentang suatu hal. Apakah sampai sini sudah bisa dipahami?

Contoh Naskah Iklan Layanan Masyarakat

Setelah memahami pengertian dari public service announcement, selanjutnya adalah contoh naskahnya. Berikut ini adalah yang paling sering ditemui di lingkungan sekitar:

Naskah Iklan tentang Bahaya Narkoba

Biasanya iklan tentang bahaya narkoba lebih ke menjelaskan dan memberikan peringatan tentang efek dan dampak yang akan terjadi apabila mengkonsumsinya, ini dia contohnya:

“Beban kerja kian menekan, membuat hidup terasa lebih berat dipikul, jiwa dan langkah mulai sempoyongan, kehilangan arah. Di sisi yang sama narkoba mengulurkan tangan, merenggut semua yang dipunya, karir, anak, istri, keluarga, dan semua yang dicintai.

Tak akan pernah ada tempat untuk lari, kecuali pelukan hangat keluarga. Maka dari itu, sayangi keluargamu dan jauhi narkoba”.

Naskah Iklan tentang Bahaya Merokok

ILM tentang bahaya merokok, memiliki pola hampir sama dengan ajakan untuk menjauhi narkoba. Biasanya di bagian akhir diiringi slogan yang khas seperti matikan rokok, jauhi, stop dan lain sebagainya.

“Mungkin bagi kalian wahai anak remaja, merokok adalah suatu hal yang terlihat gaul. Bagi kalian, wanita mungkin juga terlihat keren. Tapi apakah kalian tahu bahaya apa yang terkandung di dalamnya.

Tercatat lebih dari 4000 zat kimia berbeda, dan 43 di antaranya adalah penyebab kanker.  Kalian pasti sudah tahu akan hal ini, tapi mau sampai kapan pura-pura membisu dan tak tahu menahu? Berhenti sekarang juga atau nyawamu terenggut sia-sia”.

Iklan Layanan Masyarakat tentang Global Warming

ILM non niaga tentang global warming biasanya membahas tentang segala hal yang berkaitan dengan alam. Dibuat dengan kalimat yang lebih simpel, terkadang slogan pendek ditambah dengan gambar bumi sebagai simbol utama. Penasaran kan bagaimana? Ini dia:

“Tahukah kalian apa itu pemanasan global? Yaitu sebuah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer bumi, laut dan daratan. Dampaknya bisa sangat berbahaya, diperkirakan akan ada fenomena cuaca ekstrem, meningkatnya air laut, hilangnya gletser dan punahnya beberapa hewan.

Jika kalian ingin lebih lama memeluk bumi, beraktivitas di dalamnya, maka hentikan penggunaan listrik dan pemanasan tidak penting. Bertindaklah sekarang atau tidak sama sekali, mari bersama-sama selamatkan bumi”.

Iklan tentang Go Green

Go green adalah gerakan yang menjaga lingkungan agar tetap lestari. Oleh karena itu kalimat persuasif yang diberikan biasanya berisikan tentang ajakan, begini contohnya:

“Tindakan bijaksana tidak hanya tumbuh begitu saja. Perlu adanya latihan khusus mulai dari sekarang. Mari ganti membuang sampah sembarangan dengan daur ulang. Botol bekas bisa dijadikan vas bunga.

Kita juga bisa menyulapnya menjadi tempat pensil, celengan dan lainnya yang lebih bermanfaat. Mulai dari sekarang kita harus lebih peduli terhadap bumi kita. Jangan sampai ikan makan plastik, manusia makan sampah.

Jangan, terapkan Reuse, Reduce dan Recycle dalam setiap kesempatan yang ada. Sayangi bumi kita dengan baik dan benar”.

Layanan Masyarakat tentang Pendidikan

“Sekolah adalah rumah kedua bagi kita yang haus akan ilmu. Guru adalah sahabat dan orang tua yang senantiasa membimbing kita ke arah yang benar. Di sanalah tempat kita dididik untuk berbudi pekerti, senantiasa cinta damai, tolong menolong dan belas kasihan.

Kita akan terus tersenyum, sebagai pelajar Indonesia yang sehat akal dan jiwanya. Hidup pelajar berbudi pekerti!”.

Jadi, itu dia beberapa naskah iklan layanan masyarakat. Sebenarnya tergantung dari pembuatnya, apakah ingin dibuat simpel atau lebih memberikan penjelasan.

Contoh Storyboard Iklan Layanan Masyarakat

Sesuai dengan namanya bahwa storyboard merupakan cerita atau ajakan yang disimbolkan dengan sebuah gambar. Ada yang memiliki makna secara terang-terangan dengan menuliskan kalimat ajakan di bagian atas atau bawah.

Ada juga yang secara tersirat dengan menampilkan jalan cerita dari gambar tersebut saja. Berikut ini beberapa contohnya:

Iklan Bijak Memilih Makanan

Iklan Bijak Memilih Makanan

Makanan menjadi komponen penting yang akan masuk ke dalam tubuh manusia. Sayangnya, masyarakat masih sering mengabaikannya dengan tetap mengkonsumsi gula, garam, dan lemak berlebihan.

Padahal menurut storyboard di atas yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan, takaran gula, garam dan lemak hanya 4, 1, dan 5. Artinya hanya 4 sdm gula, 1 sdt garam, dan 5 sdm lemak yang boleh masuk ke dalam tubuh manusia tiap harinya.

Di luar itu, tidak dianjurkan dan bisa menyebabkan segala penyakit seperti diabetes, obesitas, jantung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Iklan Bahaya Demam Berdarah

Iklan Bahaya Demam Berdarah

Demam berdarah masih menjadi penyakit yang banyak merenggut nyawa masyarakat Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk yang bersarang di tempat yang kotor. Oleh karena itu, muncul storyboard di atas yang bertujuan untuk mengubah gaya hidup masyarakat.

Pertama dimulai dari menguras tempat penampungan air yang kotor, karena jika dibiarkan terus menerus maka akan menimbulkan tumbuhnya jentik-jentik nyamuk. Kedua dengan mengubur barang bekas agar tidak menjadi sampah dan tempat nyamuk bersarang.

Ketiga menutup tempat penampungan air dan yang terakhir menghindarkan diri dari gigitan nyamuk dengan memakai obat atau tidur dengan kelambu.

Iklan Lalu Lintas

Iklan Lalu Lintas

Kecelakaan lalu lintas di Indonesia mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Tentunya ini bukanlah hal yang baik karena membuktikan betapa masyarakat abai terhadap standar keselamatan.

Nah, storyboard di atas bertujuan untuk memberikan edukasi masyarakat tentang pentingnya memastikan keadaan tetap baik-baik saja selama berkendara. Pertama berkendara ketika tubuh dalam kondisi fit.

Kedua senantiasa merawat kesehatan motor dengan memberikan servis rutin. Ketiga menggunakan jaket, sarung tangan, helm dan sepatu untuk melindungi diri.

Iklan Layanan Masyarakat Hemat Listrik

Iklan Layanan Masyarakat Hemat Listrik

Inilah yang tak kalah sering diabaikannya oleh masyarakat, yaitu hemat listrik. Banyak yang masih belum mematikan lampu dan boros dalam menggunakan peralatan elektronik.

Storyboard di atas dibuat oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Mereka menyampaikan bahwasanya mematikan lampu satu jam sehari sudah sama dengan memberikan akses listrik kepada siapapun yang membutuhkan.

Khususnya rumah tangga yang ada di daerah terpencil. Oleh karena itu, masyarakat harus memiliki sikap tenggang rasa kepada yang lainnya dengan tetap menghemat listrik.

Beberapa storyboard di atas adalah yang sering beredar di masyarakat. Kira-kira pernahkan menemukannya? Jika iya, di mana tempatnya dan dari pihak mana yang mengkampanyekan?

Iklan Layanan Masyarakat Kesehatan

Kesehatan adalah aspek penting, terlebih saat ini masyarakat seperti abai terhadap berbagai masalah kedepan. Masih banyak yang belum memperhatikan pola makan, tidur dan kegiatan sehingga memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Berikut ini contoh iklan layanan masyarakat terkait kesehatan:

Iklan Obesitas di Usia Muda

Iklan Obesitas di Usia Muda

Gambar yang memperlihatkan perut bergelambir berbentuk ice cream di atas merupakan karya Kementerian Kesehatan Perancis. Berawal dari tingginya angka obesitas pada anak-anak dan remaja.

Gambar di atas memiliki bahwa obesitas tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Lebih jauh, mulai dari usia muda jenis penyakit ini sudah dimulai. Penyebabnya bisa bermacam-macam, ada yang berlebihan makan manis, pola tidur yang tidak terjaga dan masih banyak lagi yang lainnya.

Iklan Melawan Kanker Payudara

Iklan Melawan Kanker Payudara

Pemilihan karakter wonder woman yang memegang bagian payudaranya menunjukkan bahwa sebenarnya tidak ada yang kebal terhadap penyakit ini. Masyarakat harus lebih peka terkait tanda-tanda munculnya kanker payudara.

Pesan akan lebih tersampaikan lagi jika di bawah gambar terdapat himbauan “tidak ada yang kebal terhadap kanker payudara, bahkan pahlawan sekalipun. Jagalah diri mulai dari sekarang dan periksakan jika ada keluhan”.

Mencuci Tangan Sebelum Makan dan Setelah Beraktivitas dari Luar

Iklan Mencuci Tangan Sebelum Makan

Indonesia masih belum terbebas dari virus covid-19 yang menyebabkan pemerintah dan institusi kesehatan tak henti-hentinya berkampanye dan mengajak masyarakat untuk tetap mencuci tangan agar tidak terpapar.

Gambar di atas bermakna mencuci tangan harus dilakukan dengan benar hingga dirasa tidak ada virus yang menempel. Di atasnya terdapat kalimat yang intinya “jalan terbaik untuk mencegah flu adalah cuci tanganmu”. Tentunya tidak hanya flu saja, tapi juga semua penyakit.

Iklan Layanan Masyarakat tentang Merokok pada Ibu Hamil

 

Iklan Layanan Masyarakat tentang Merokok pada Ibu Hamil

Ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk merokok karena bisa membahayakan janin yang ada di dalamnya. Hal ini sejalan dengan gambar di atas dengan kalimat persuasif berupa:

“Merokok selama masa kehamilan bisa menyebabkan cacat lahir, kerusakan otak dan penyesalan”. Ini merupakan slogan yang cukup simpel, namun mengandung makna yang cukup dalam. Oleh karena itu, harus disebarluaskan kepada masyarakat agar memahami.

Iklan Bahaya Radiasi Ponsel

Iklan Bahaya Radiasi Ponsel

Banyak orang yang masih belum mengetahui bahwasanya radiasi dari handphone mengakibatkan masalah serius pada otak, di antaranya adalah munculnya penyakit kanker, sakit kepala dan masih banyak lagi yang lainnya.

Oleh karena itu, iklan di atas memperingati semua masyarakat dan harus diambil langkah khusus, seperti menonaktifkan handphone saat tidur, menjauhkannya minimal satu meter dari kepala dan tidak sering bermain game hingga larut malam.

Dari beberapa pemaparan iklan layanan masyarakat tentang kesehatan di atas, kira-kira mana yang paling disukai dan relevan dengan kehidupan sekarang?

Contoh Naskah Iklan Radio Layanan Masyarakat

ILM yang ada di radio dan sering didengarkan oleh masyarakat luas, biasanya dikemas menjadi sebuah percakapan para pembawanya, atau tidak biasanya disampaikan oleh utusan dari institusi yang mengiklankan.

1.     Iklan Layanan Masyarakat Menjaga Kebersihan Lingkungan

Iklan yang pertama diperankan oleh sebuah keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan Anaknya bernama Rika. Berikut naskahnya:

Ayah     : “Nyamuk ini suaranya sangat nyaring, sangat menggangguku, darimana mereka berasal?

Ibu        : “Rasakan, ini mungkin karena Ayah tidak pernah ikut bersih-bersih. Coba jika Ayah selalu rajin bersih-bersih dan ikut kerja bakti, pasti suara nyamuk tidak akan senyaring ini”.

Ayah     : “ Jangan ayah doang dong yang disalahin, ibu juga salah karena menjaga kebersihan menjadi tanggung jawab semua orang”.

Rika      : “Kali ini aku setuju sama ayah ibu, karena sudah kewajiban kita untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih, jangan cuma bapak saja yang disalahin bu”.

Ibu        : “iya deh iya, ibu sekarang mau membersihkan tempat penampungan air dulu”

Kesimpulan       : “Mari lindungi keluarga dari serangan nyamuk. Caranya dengan rajin membersihkan lingkungan, tidak membiarkan bak penampungan air terbuka dan senantiasa memakai pelindung kulit.

2.     Iklan Layanan Masyarakat tentang Hemat Energi

Mika     : “Kenapa sih harus bayar listrik yang segini banyaknya, tadinya pengen beli baju eh gajadi deh”

Rina      : “Mungkin kamu tidak hemat energi kali Mika, jadinya tagihan listrik membengkak deh”

Mika     : “Halo, semua peralatan listrik sangat penting kali Rina, kita butuh lampu, handphone, alat pemanggang, kulkas dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rina      : “Iya memang semuanya penting, tapi alangkah baiknya kalau kita berhemat. Kita harus ingat bahwa tidak semua energi akan terus ada. Tunjukkan bukti kasih sayang terhadap anak cucu dengan berusaha untuk menghemat di masa kini”.

Mika     : “Oh gitu ya, oke deh sekarang pikiranku sudah berubah, mari ajak semuanya untuk berhemat”.

Kesimpulan       : “Mari jaga kelangsungan anak cucu kita dengan hemat energi, matikan peralatan listrik yang tidak perlu dan tunjukkan inovasi terbarukan”.

3.     Iklan Layanan Masyarakat tentang Rajin Berolahraga

Lala      : “Aduh badanku sakit semua nih, kenapa ya?”

Mina     : “Mungkin kamu kurang olahraga kali”

Lala      : “Iya sih, aku tidak pernah melakukan olahraga selama sebulan terakhir ini”

Mina     : “Nah itu, mulai dari sekarang kita harus rajin berolahraga agar otot yang ada di dalam tubuh terawat dengan baik”.

Lala      : “Oh gitu ya, baiklah yuk teman-teman kita jaga kesehatan otot kita dengan tetap rajin berolahraga minimal satu minggu sekali”.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button