Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode

Instagram Dark Mode sedang mendapat sorotan, karena menjadi solusi cara terbaru memanjakan penggunanya. Karena dapa membuat mata lebih nyaman dan menghemat baterai saat scroll feed di Instagram.

Instagram memang selalu menawarkan banyak sekali kelebihan kepada para penggunanya. Oleh karenanya, Anda perlu tahu cara mengaktifkan Instagram Dark Mode

Apa Itu Instagram Dark Mode

Merupakan fitur terbaru Instagram yang hadir dengan tampilan dominan warna hitam dan putih. Melalui perpaduan kedua warna tersebut sehingga membuat mata tidak cepat lelah pada saat Anda mengoperasikan aplikasi tersebut dalam waktu yang lama sekalipun.

Download Aplikasi Instagram

Berbeda dengan aplikasi sosial media pada umumnya, melalui aplikasi Instagram inilah Anda bisa mengatur foto maupun video menggunakan satu dari beberapa filter terbaik.

Instagram memang dibuat secara khusus untuk memudahkan pengguna saat mengubah momen sehari-hari menjadi seri yang memiliki nilai plus. Pastinya Anda juga bisa membagikannya kepada orang-orang yang Anda kenal dan sayangi.

Selain itu, melalui aplikasi Instagram tersebut Anda bisa follow teman-teman Anda agar bisa terus saling berinteraksi kapan pun dan di mana pun.

Sebagai tambahan informasi, sejak dikembangkan oleh Facebook kini Instagram telah meriliskan fitur terbarunya yang bernama Dark Mode. Melalui fitur inilah diharapkan agar pengguna bisa lebih betah mengoperasikan aplikasi Instagram lebih lama lagi.

Tidak hanya fitur Dark Mode saja, berikut juga ada beberapa fitur yang tidak kalah menariknya di Instagram yang perlu Anda ketahui dan gunakan.

1. Upload tanpa batas

2. Kirim foto dan video secara langsung

3. Efek Blur Linear dan Radial Tilt Shift untuk Depth of Field

4. Berinteraksi seperti Like dan Komen bersama orang-orang yang Anda sayangi

5. Berbagi langsung melalui Facebook, Twitter, Tumblr, Foursquare, dan Flickr

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode  di Android

Pada dasarnya fitur Instagram Dark Mode ini hanya dihadirkan secara khusus untuk pengguna smartphone dengan OS Android 10. Tapi tak perlu khawatir, sebab pada kenyataannya fitur tersebut bisa dinikmati di semua versi Android.

Berikut adalah langkah mudahnya mengaktifkan Dark Mode Instagram untuk smartphone Android yang bisa Anda coba.

1. Sebagai langkah pertamanya, pastikan terlebih dulu Anda sudah memiliki akun Instagram. Jika belum, maka Anda bisa mulai mendownload dan menginstall aplikasi Instagram di Google Play. Kemudian lakukan pendaftaran akun seperti biasa.

2. Selanjutnya pastikan aplikasi Instagram Anda masih memiliki tampilan latar belakang dominan warna putih. Itu artinya Instagram Anda memang masih belum di upgrade atau di update dan mendapatkan fitur Dark Mode.

3. Silakan menuju ke aplikasi Google Play yang ada di smartphone Anda, lalu cari aplikasi Instagram. Pastikan Anda sudah mendaftar Beta Tester Instagram. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu mengetuk atau memilih opsi Join Beta Tester. Jika sudah, Anda tinggal update ke versi Instagram terbaru.

Gabung Program Beda Instagram

4. Namun demikian, apabila ternyata Anda sudah menggunakan versi Instagram (Beta) 114.0.0.38.120. Itu artinya Anda tidak perlu lagi harus menggabungkan versi Beta untuk mendapatkan fitur Dark Mode tersebut.

Program Beda Instagram

5. Pada langkah berikut ini Anda hanya perlu mengaktifkan fitur Dark Mode atau Nigh Mode bawaan smartphone Anda. Misalnya, pada smartphone Samsung Anda hanya perlu menuju ke menu Setting atau Pengaturan – Display – Nigh Mode. Kalau saya, menggunakan Realme 3pro, pada menu pengaturan – realme Lab – Mode Gelap.

Dark Mode Instagram

6. Selesai, kini Anda sudah berhasil mengaktifkan fitur Instagram Dark Mode di Android. Silakan kembali buka aplikasi Instagram Anda.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram di iOS

Apabila Anda menggunakan iOS atau iPadOS, maka cara aktivasi Instagram Dark Mode tentu saja berbeda dengan cara di atas.

Namun tak perlu khawatir, sebab biasanya sistem operasi mobile besutan Apple ini akan mendapat pembaharuan lebih cepat dibandingkan Android. Tak terkecuali untuk fitur Dark Mode.

Untuk langkah mudah aktivasi fitur Instagram Dark Mode di iOS setidaknya Anda harus melakukan upgrade iOS 13. Itu artinya perangkat yang tidak mendapat dukungan iOS 13, seperti iPhone 6 ke bawah kemungkinan besar tidak akan bisa mendapat pembaharuan ini.

1. Cara aktivasi Dark Mode di iOS yang pertama tidak jauh berbeda seperti pada Android.

2. Seperti yang sudah kami singgung di awal, untuk melakukan aktivasi Dark Mode Anda harus terlebih dulu menggunakan sistem operasi iOS 13. Tinggal Anda upgrade saja aplikasi Instagram yang ada di smartphone Anda lewat App Store.

3. Kemudian lanjutkan pergi ke opsi Setting atau Pengaturan – Display & Brightness.

4. Lalu pada bagian Appearance inilah Anda hanya perlu mengubah opsi menjadi Dark. Dengan begitu tampilan layar Instagram Anda akan dominan warna hitam.

5. Terakhir, kembali ke aplikasi Instagram Anda maka secara otomatis fitur Dark Mode sudah diaktifkan pada perangkat iOS Anda.

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode di Android yang Gak Support

Mau aktivasi Instagram Dark Mode, tapi masalahnya smartphone Android yang Anda gunakan ternyata belum mendukung fitur bawaan tersebut?

Tak perlu khawatir, sebab kami akan membagikan langkah mudahnya aktivasi Instagram Dark Mode pada smartphone Android yang tidak supoort. Melalui cara inilah Anda pastinya akan tetap bisa merasakan pengalaman Dark Mode di Instagram.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak cara mengaktifkan Dark Mode di Instagramnya berikut ini.

1. Pertama-tama, silakan Anda download dan install terlebih dulu aplikasi pihak ketiga yang dibutuhkan untuk aktivasi Instagram Dark Mode, yakni GBInsta+.

2. Tapi sebelum Anda mulai mendownload aplikasi BGInsta+, pastikan terlebih dulu Anda sudah uninstall aplikasi Facebook dan Instagram resmi yang ada di smartphone Anda.

3. Buka aplikasi GBInsta+ seperti biasa saat Anda membuka aplikasi pada perangkat Anda, kemudian Log-In menggunakan akun Instagram yang sudah Anda miliki. Setelah itu Anda akan mendapati tampilan aplikasi GBInsta+ yang mirip seperti aplikasi Instagram seperti biasa.

4. Sebelum mulai aktivasi, Anda harus terlebih dulu mendownload tema Instagram yang berformat .XML yakni, Black Blue Pink Theme for GBInstagram << klik.

5. Pindahkan file tema yang berhasil Anda download tersebut ke folder Internal Storage/GBInstagram/Themes/Saved.

6. Lalu untuk mulai mengganti tema di aplikasi Instagram Anda hanya perlu pergi menuju halaman Profile. Kemudian lanjutkan dengan mengetuk ikon Gear yang ada di bagian atas.

7. Kemudian pada bagian Themes Anda bisa memilih opsi More.

8. Pilih opsi Load.

9. Pilih tema Instagram yang sudah Anda download tersebut.

10. Jika sudah, maka BGInstagram akan secara otomatis melakukan Restart.

11. Pada saat Anda kembali ke halaman Feed, Anda akan mendapati kalau fitur Instagram Dark Mode sudah diaktifkan.

12. Tapi sangat disayangkan sekali, ternyata tidak semua bagia GBInstagram bisa mengaktifkan tema ini. Untuk mengubahnya Anda perlu kembali ke opsi Settings GBInsta+ – Appearance. Baru kemudian Anda bisa mengatur di masing-masing bagian.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode 

Demikian informasi yang disajikan di blog wahyublahe.id ini mengenai cara mengaktifkan dark mode Instagram, semoga bermanfaat.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133