Internet Marketing Solusi Promosi Bisnis Paling Ampuh

Jasa Internet Marketing

Begitu banyak dijumpai penyedia jasa internet marketing sekarang ini. Memang tak dapat dipungkiri lagi bahwa hadirnya internet tentu akan memberikan pengaruh bagi dunia pemasaran (era gelombang marketing).

Penting bari para pebisnis untuk menggunakan jasa pemasaran internet demi keberlangsungan bisnis tersebut. Hal ini mengingat bahwa seiring berjalannya waktu semakin banyak pula produk pesaing yang berkembang.

Untuk itu, sebagai pebisnis Anda perlu memberikan inovasi agar dapat terus bersaing. Sebagai pelaku bisnis Anda juga bisa memenangkan persaingan tersebut sekaligus mendapatkan hati para konsumen dengan baik.

Internet Marketing sebagai Metode Promosi Mutakhir

Di era serba digital seperti sekarang ini tentu tidak asing dengan yang namanya internet marketing, khususnya bagi para pebisnis. Istilah yang juga dikenal dengan online marketing ini merupakan suatu bentuk usaha dari pelaku bisnis demi melancarkan bisnis via media internet.

Internet marketing merupakan bagian dari elektronik marketing dan elektronik bisnis. Jadi, internet marketing tidak hanya sekadar mengarah kepada penggunaan digital media saja melainkan juga terkait bagaimana melakukan manajemen serta menjaga relasi baik dengan para konsumen.

Walaupun menggunakan mode pemasaran digital, akan tetapi tetap masih menerapkan prinsip pemasaran secara konvensional. Misalnya, penerapan tujuan pemasaran, pusat target hingga penawaran jasa atau produk bisnis.

Keuntungan Internet Marketing

Kegiatan digital marketing yang dilakukan oleh Anda dengan bantuan penyedia jasa internet marketing, tentu saja dapat memberikan berbagai macam keuntungan. Jika dilihat dari garis besarnya terdapat lima jenis keuntungan dari digital marketing yakni sebagai berikut.

Biaya Relatif Terjangkau

Apabila ditinjau dari sisi biaya, pemasaran via online tentu relatif lebih terjangkau. Biaya pemasaran ini dapat dihitung berdasarkan rasio biaya kepada jangkauan target calon konsumen. Pebisnis tentu bisa sangat mudah menjangkau target secara luas.

Apalagi jika Anda coba membandingkannya dengan sarana iklan konvensional. Biaya periklanan via internet tentu jauh lebih murah. Sifat media online semacam ini tentu memungkinkan kenyamanan konsumen guna melakukan pemeriksaan serta membandingkan produk.

Muatan Info Konten Yang Amat Besar

Tidak hanya sekadar menawarkan biaya harga yang relatif terjangkau saja, internet marketing juga dapat memberikan muatan info konten sangat besar. Telrbih lagi jika dibandingkan dengan promosi secara konvensional layaknya iklan TV, radio dan media cetak lainnya.

Pebisnis yang menggunakan mode internet marketing tentu bisa melakukan penyimpanan data dengan akurat. Bahkan terkait penyimpanan segala transaksi keuangannya. Jika dilihat secara keseluruhan, internet marketing tentu sanggup membantu perluasan bisnis secara maksimal.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai menggunakan jasa internet marketing saat ini juga. Internet marketing tentu bisa memperluas bisnis Anda dari pasar lokal hingga pasar internasional dengan begitu cepat.
Secara singkat, keuntungan yang dapat Anda peroleh dari internet marketing tentu saja berkaitan erat dengan sisi keterukuran, keterjangkauan hingga fleksibelitas. Internet bagi keberlangsungan bisnis tentu mampu membangun persepsi merek produk serta mendukung fungsi penjualan.

Dengan demikian, internet marketing bisa menjadi sebuah jembatan bagi bisnis Anda dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Misalnya, segala hal yang erat kaitannya dengan urusan finansial.

Peningkat Keuntungan

Banyak pebisnis memanfaatkan jasa internet marketing tidak lain untuk meningkatkan keuntungan atau profit bisnis yang digelutinya. Hal ini tentu saja beracuan dari fakta bahwa saat ini ada begitu banyak pengguna internet yang tersebar luas di dunia.

Dapat dikatakan bahwa sebagai pelaku bisnis, nantinya Anda dapat menjangkau para target konsumen dengan begitu luas. Perluasan pasar tentu akan sejalan dengan peningkatan keuntungan secara maksimal. Maka dari itu, cobalah untuk memanfaatkan internet sebagai media promosi.

Kemudahan Terkait Pengelolaan

Terutama bagi Anda yang tengah menjalankan bisnis online, pemasaran internet juga amat penting untuk memudahkan Anda dalam pemasaran. Apabila menggunakan web tertentu, maka Anda dapat langsung menampilkan produk secara daring.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengecek stok produk serta menjualnya berdasarkan jumlah pemesanan dengan sangat praktis. Anda juga tidak akan membutuhkan jumlah karyawan yang begitu banyak. Anda pun dapat mengelola bisnis sendiri.

Penglihat Hasil Real Time

Manfaat lain yang dapat Anda tuai saat menggunakan media promosi internet tidak lain adalah untuk melihat hasil secara real time. Anda bisa memantau iklan kapan dan dimana saja guna menyusuri tiap kinerjanya.
Anda juga bisa menyaksikan hasilnya secara real time atau saat itu juga. Dengan demikian, Anda bisa membuat kesimpulan apakah kampanye internet marketing Anda sudah berhasil atau belum. Berikutnya, Anda bisa segera mengambil langkah lebih lanjut.

Tujuan Internet Marketing

Teknologi internet senantiasa mengalami perkembangan yang begitu pesat. Hal ini tidak lain karena capaian jangkau internet amat begitu luas serta tanpa batasan. Hal ini juga dapat sangat berpengaruh khususnya bagi pemasaran online.

Saat ini sudah begitu banyak pebisnis yang menggunakan jasa internet marketing sebagai salah satu strategi pemasaran produk bisnis mereka. Anda pun harus menjadi salah satunya. Terlebih lagi sudah banyak yang membuktikan betapa menguntungkannya promosi via media online.

Rata-rata para pebisnis menggunakan internet marketing sebagai mode promosi mereka dikarenakan beberapa tujuan. Tujuan-tujuan tersebut tentu berkaitan erat dengan komunikasi seperti berikut.

Penyebaran Info Produk

Penggunaan media internet sebagai strategi pemasaran memiliki tujuan utama guna penyedia informasi yang amat lengkap sekaligus mendalam terkait produk tersebut. Penggunaan media ini sudah terbukti tingkat keefektifannya.
Bagi pebisnis atau pemilik brand yang menggunakan media internet tentu mempunyai peluang lebih besar dalam mendapatkan simpati calon pembeli. Singkatnya, penggunaan internet untuk pemasaran bisnis merupakan strategi pas bagi kesuksesan bisnis Anda.

Pencipta Kesadaran

Tidak heran rasanya jika saat ini banyak pebisnis yang memakai jasa internet marketing. Tujuan berikutnya yang kerap dipikirkan oleh pebisnis saat menggunakan media ini tidak lain adalah sebagai pencipta kesadaran.
Anda bisa coba bandingkan antara promosi menggunakan media tradisional dengan internet. Tentu akan banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh jika melakukan promosi via online. Penciptaan kesadaran bagi calon konsumen pun cenderung lebih efektif dibanding media konvensional.

Sebagai Tujuan Riset

Tujuan berikutnya dari strategi pemasaran online berkaitan dengan riset. Pebisnis melakukan pemasaran via online tidak melulu untuk mengembangkan sayap bisnisnya saja melainkan juga guna mempertahankan hubungan baik dengan para pelanggannya.

Hal tersebut semata-mata tidak lain adalah untuk melakukan riset pasar. Di samping itu, pebisnis menggunakan media online ini sebagai mode pemasaran tidak lain guna mengumpulkan informasi dari sejumlah kompetitor secara efektif dan praktis.

Pembangun Persepsi

Tahukah Anda bahwa rata-rata para pebisnis menggunakan jasa internet marketing tidak lain untuk membangun persepsi bagi calon konsumen. Persepsi yang dimaksud sangat penting untuk menciptakan image baik bagi perusahaan terhadap masyarakat luas.

Uji coba Produk

Tujuan lainnya dari pemasaran via internet berkaitan erat dengan uji coba produk. Adakalanya perusahaan tersebut memanfaatkan media internet dalam pemasaran guna memberikan penawaran produk yang lebig efektif kepada khalayak luas.

Secara tidak langsung penggunaan media internet bisa mengarahkan pengunjung situs jual beli online perusahaan tersebut agar bersedia menjajal produk yang ditawarkan. Selain efektif, hal ini tentu bisa lebih hemat biaya.

Peningkat Distribusi

Tak dapat dipungkiri bahwa internet mempunyai begitu banyak tools yang sangat bermanfaat bagi strategi pemasaran suatu bisnis tertentu. Tools tersebut senantiasa membuat pebisnis mampu bekerjasama guna saling menampilkan masing-masing produk.

Nantinya salah satu tools yakni website bisa berperan sebagai media afiliasi. Website tersebut dapat menjadi media kerjasama di antara sejumlah situs lainnya.

Peningkat Pelayanan

Tujuan terakhir yang biasa dipikirkan oleh para pebisnis saat melakukan promosi via media internet ialah untuk meningkatkan pelayanan. Hal ini tidak lain karena internet dirasa cukup efektif menjawab serta memberikan beragam informasi bahkan keluhan para pelanggan terkait produk.

Secara bersamaan peran tersebut tentu mampu membangun hubungan yang cukup baik antara pebisnis dengan para konsumennya. Terlebih lagi ketika Anda memberikan kemudahan bagi para konsumen dalam berkomunikasi dengan para admin yang telah tersedia dalam web bisnis tersebut.

Komponen Penting dalam Internet Marketing

Pemasaran via internet tidak akan terlepas dari empat komponen berikut. Untuk itu, Anda perlu mencermatinya dengan segera.

Proses

Komponen pertama yang perlu Anda cermati dari internet marketing ialah proses. Sejatinya ada tujuh tahapan proses yang pasti dialami oleh pebisnis ketika melakukan pemasaran dengan menggunakan media internet.
Rangkaian proses tersebut dimulai dari besaran peluang, perancangan pengalaman pelanggan, penyusunan strategi pemasaran, pembangunan jalinan antar muka pelanggan, perencanaan program marketing, pembaharuan info pribadi konsumen serta evaluasi terhadap hasil program pemasaran.

Bangun Dan Jalin Hubungan Baik Dengan Konsumen

Penting bagi para pebisnis untuk membangun serta menjalin hubungan baik dengan pihak konsumen ketika melakukan pemasaran online. Ada tiga tahapan untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen yaitu awareness, exploration serta commitment.

Pemasaran dapat dikatakan berhasil apabila mampu memberikan pengarahan terhadap konsumen hingga memasuki tahapan komitmen. Meskipun melakukan pemasaran secara online, Anda tetap perlu menjalin hubungan baik juga dalam dunia offline.

Online Dan Bertukar

Pastikan Anda tetap berhubungan baik dengan para konsumen dengan cara online. Akan tetapi, tidak memungkiri bagi Anda untuk menjalin hubungan yang sama baiknya dengan para konsumen via offline.

Jadi, Anda tidak melulu melakukan pertukaran via online saja. Namun, Anda juga perlu melakukan pertukaran dalam kehidupan nyata.

Pemenuhan Kepuasan Serta Kebutuhan Pebisnis Dan Konsumen

Pemberlakukan internet marketing yang memanfaatkan jasa internet marketing tentu harus bisa memenuhi kepuasan maupun segala kebutuhan bagi kedua belah pihak. Bagi pebisnis perlu tercukupi keuntungan (laba) hingga memperluas pangsa pasar.

Sementara itu, untuk para konsumen perlu terpenuhi kepuasannya terkait perolehan informasi dengan begitu cepat. Di samping itu, pemenuhan kualitas maupun mutu produk juga sangat penting didapatkan.

Macam-Macam Internet Marketing

Anda perlu tahu bahwa internet marketing telah dibagi menjadi beberapa bagian. Macam-macam internet marketing di antaranya iklan, SEM, SEO, social media, email, blog marketing, refferal, inbound dan viral marketing.

Iklan

Iklan atau advertising tentu bertujuan untuk mengarahkan pengunjung kepada situs web perusahaan. Jika menjalankan iklan secara langsung maka hal tersebut bisa membuat produksi bisnis Anda kian meningkat.

SEM

Mesin pencarian marketing atau yang populer dengan istilah SEM senantiasa berupaya untuk mempromosikan web untuk peningkatan visibilitas halaman mesin pencarian. Seperti halnya Bing, Google, Yahoo dan lainnya.

SEO

Hampir mirip dengan SEM, SEO atau search engine optimization merupakan proses peningkatan visibilitas halaman web pada mesin pencarian. Hal ini juga akan berpengaruh bagi peningkatan jumlah konsumen nantinya.

Social Media Marketing

Pemasaran menggunakan social media saat ini terbilang sangat ampuh untuk menggaet lebih banyak calon konsumen. Sering diberi nama : social media marketing strategy

Terlebih lagi saat ini penggunaan social media di Indonesia sangat begitu padat, mulai dari Twitter, Facebook, Instagram hingga Youtube.

Email Marketing

Jasa internet marketing biasanya juga akan menawarkan sistem pemasaran via email. Email marketing tentu akan menjalan pemasaran via email dengan melibatkan perpesanan atau surat elektronik langsung kepada target yang dituju.

Blog Marketing

Tidak sedikit pula pebisnis yang menggunakan mode blog sebagai sarana marketing. Blog marketing merupakan situs blog perusahaan yang khusus digunakan untuk promosi produk maupun jasa.

Referral Marketing

Barangkali ini adalah mode promosi daring yang masih cukup terdengar asing di telinga masyarakat luas. Referral marketing sejatinya merupakan suatu cara guna mempromosikan layanan maupun produk pada konsumen baru yakni via relasi.

Biasanya referral marketing dilakukan lewat mulut ke mulut. Misalnya, si A pernah membeli produk dari perusahaan Anda maka ia akan memberikan testimonial kepada rekannya agar membeli produk yang sama.

Inbound marketing

Jenis inbound marketing memungkinkan pelanggan guna menciptakan serta membagikan produk yang telah dibeli di perusahaan Anda. Pemasaran dengan metode ini juga terbilang cukup aktif karena pelanggan telah merasakan langsung mutu produk atau layanan dari perusahaan Anda.

Viral marketing

Sekilas viral marketing nampak begitu mirip dengan referral marketing. Keduanya masih sama-sama menjunjung tinggi prinsip dari mulut ke mulut. Bedanya, viral marketing lebih memanfaatkan pesan elektronik yang disebarkan oleh seseorang ke banyak orang secara kontinyu.

Pentingnya Internet Marketing bagi Keberlangsungan Bisnis

Bukan menjadi rahasia lagi jika saat ini ada begitu banyak pebisnis yang memakai jasa internet marketing. Belakangan ini fungsi internet marketing amat penting guna menunjang aktivitas bisnis. Hal ini dikarenakan bahwa internet tidak pernah terlepas dari yang namanya gaya hidup.

Gaya hidup masyarakat akhir-akhir ini lebih mengutamakan kecepatan dan kemudahan. Bahkan internet tidak hanya dimiliki oleh negara-negara maju saja melainkan juga negara berkembang. Gaya simpel tentu sudah diadopsi oleh begitu banyak lapisan masyarakat luas.

Meskipun masih ada sejumlah masyarakat yang lebih memilih berbelanja langsung ke mall atau melalui sales tertentu, akan tetapi tetap saja tidak bisa dipungkiri bahwa lonjakan akses internet bagi pembelian produk terus berlanjut. Perhatikan saja banyaknya situs marketplace di Indonesia.

Kedepannya internet diprediksi akan menjadi pemimpin bagi dunia teknologi informasi. Calon konsumen tentu dapat mengakses informasi dengan cepat melalui internet. Mayoritas dari orang-orang akan merasa senang untuk mencari produk atau layanan secara daring.

Di samping itu, berbelanja menggunakan situs internet tidak perlu repot. Orang-orang tidak perlu berpanas-panasan ke toko. Berbelanja online juga lebih hemat waktu, praktis dan mudah dilakukan kapan saja. Bahkan saat bersantai bersama keluarga, orang-orang tetap bisa berbelanja online.

Melihat keefektikan ini, tentu Anda tidak boleh melewatkannya begitu saja. Segera menjadi salah satu dari bagian pebisnis yang menggunakan jasa internet marketing.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133