Jasa Pembuatan Blog

Jasa Pembuatan Blog

Bagi mereka yang menjalankan bisnis, keberadaan blog merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, blog akan digunakan untuk menjual bahkan mengenalkan produk kepada calon pembeli. Itu sebabnya, banyak orang mencari jasa pembuatan blog agar tampilan blog bisa maksimal.

Jasa pembuatan blog akan bergantung dengan tingkat kesulitan dan kemauan klien. Semakin rumit, maka harganya pun semakin mahal. Jika Anda tertarik untuk mencoba jasanya, berikut ini tips mengapa Anda harus menggunakan jasa tersebut dan cara memilihnya:

Cara Memilih Jasa Pembuatan Blog

1. Pilih Jasa dengan Tim Solid

Carilah jasa pembuatan blog yang memang memiliki tim yang baik. Pasalnya, tim akan mempengaruhi kinerja dan hasil blog untuk kliennya. Umumnya pekerja mandiri atau lepas tidak memiliki teman diskusi, sementara untuk memang desain dan lainnya tidak bisa dilakukan hanya dengan sendirian saja.

Untuk itu, datanglah ke usaha jasa yang memiliki kredibilitas baik. Cek bagaimana timnya bekerja yang biasanya memegang peranan masing-masing. Mereka juga akan berusaha agar blog untuk klien bisa tampil menarik, menduduki peringkat atas, dan memiliki kunjungan visitor yang bersifat organik.

2. Cek Portofolio Penyedia Jasa

Jangan sampai kamu menyerahkan hal ini ke pihak pembuat jasa yang sama sekali tidak memiliki portofolio. Artinya, mereka bukanlah orang yang berpengalaman. Ingat bahwa membuat sebuah blog atau web membutuhkan dana yang besar, apalagi jika permintaanmu cukup kompleks.

Cek terlebih dahulu portofolio perusahaan tersebut. Biasanya, web mereka menyebutkan siapa saja atau pihak mana saja yang selama ini menjadi klien mereka. Portofolio tak hanya dijadikan referensi desain saja. Anda juga bisa memutuskan apakah pekerjaan mereka sesuai dengan keinginan Anda atau tidak.

3. Cari Tahu Tentang After Sales

After sales? Tentu saja hal ini sangat penting. Terlebih jika Anda adalah orang yang awam mengenai blog atau website. Saat blog sudah siap digunakan, pastikan Anda meminta jaminan after sales kepada mereka. Hal ini sangat diperlukan karena biasanya ada ketidaksesuaian dengan permintaan.

Mereka yang sudah profesional di bidang ini pasti menjamin after sales dalam jangka waktu tertentu. Anda juga bisa menanyakan banyak hal tentang blog yang saat ini sedang dijalani kepada mereka. Hal yang terpenting, tanyakan hal ini di awal perjanjian sebelum pembuatan.

4. Pilih Jasa yang Terbuka untuk Konsultasi

Perusahaan penyedia jasa pembuatan blog umumnya tak hanya langsung menerima permintaan Anda. Mereka menyediakan sesi konsultasi 1-2 kali sebelum projek benar-benar bisa dimulai. Jadi, tak hanya ide Anda yang masuk ke mereka, namun mereka juga akan memberikan saran pada Anda.

Terlebih jika Anda akan menggunakan blog sebagai sarana bisnis atau menjalankan web untuk belanja online. Anda harus bersedia menerima masukan berdasarkan pengalaman dari pengguna jasa. Tentunya semakin kompleks, maka akan semakin tinggi pula harga jadi sebuah blog.

5. Pilih yang Menawarkan Timeline

Jasa pembuatan blog yang sudah profesional di bidang ini tidak akan pernah menawarkan jasa yang tiba-tiba langsung jadi. Anda akan terlibat di dalam proses pembuatannya.

Perusahaan akan memberikan timeline dan roadmap yang jelas, disertai dengan alur pembuatan blog. Update-nya pun teratur sesuai dengan timeline.

Artinya, mereka menghargai Anda sebagai seorang klien. Mereka ingin mendapatkan saran dan masukan Anda sebelum ke step selanjutnya. Timeline juga menawarkan perjanjian deadline dan waktu pengerjaan hingga selesai sebelum blog benar-benar siap dipublikasikan.

6. Pilih Jasa yang Memberikan Jaminan Data

Mereka yang membuat blog, maka mereka pula yang mengetahui identitas tentang web Anda. Mereka juga akan mengatur tentang login, hosting, domain, dan hal-hal yang berkaitan dengan analisis.

Jika mereka merupakan jasa pembuatan saja, pastikan ada perjanjian bahwa mereka tidak akan merusak blog setelah selesai.

Berbeda hal jika Anda menyerahkan manajemen blog terhadap perusahaan jasa pembuatan blog. Anda dan pihak mereka harus sama-sama mengetahui identitas blog secara bersama-sama. Pastikan pihak-pihak yang berkaitan melakukan perjanjian kerjasama secara tertulis.

7. Pilih Jasa Sesuai dengan Kebutuhan

Tak semua pembuat blog bisa membuat blog yang sesuai dengan keinginan klien. Ada perusahaan yang khusus melayani jasa hosting dan domain saja, ada pula yang mengurus blog hingga benar-benar selesai berikut desainnya. Pastikan pilihan perusahaan sesuai dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang awam tentang blog, pilih layanan “All Done” yang ditawarkan mereka. Tak hanya membuat blog dari nol, namun mereka juga akan menawarkan ragam solusi dan hal-hal yang melancarkan bisnis Anda. Biasanya mereka memiliki tim khusus di bagian digital marketing.

8. Sesuaikan dengan Budget

Perusahaan yang besar dan profesional, apalagi populer di bidang ini akan memasang tarif yang tinggi. Namun, hasil pekerjaannya mungkin tidak akan mengecewakan Anda. Mereka juga akan memberikan jaminan tertentu, seperti layanan after sale dan roadmap yang jelas di tengah prosesnya.

Semakin kompleks sebuah blog, maka semakin tinggi pula harganya. Apalagi jika Anda meminta untuk dibuatkan sistem sendiri. Selain desain web, ada juga navigasi tertentu dan pemrograman khusus. Jangan heran jika tarifnya nanti akan sangat tinggi.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pembuatan Blog

1. Anti Ribet dan Terima Beres

Bagi Anda yang malas untuk membuat blog sendiri, menyerahkannya kepada jasa pembuatan blog adalah solusi yang tepat. Ketimbang membuat sendiri, menyerahkannya kepada perusahaan yang profesional membuat hasilnya lebih baik. Banyak hal-hal teknik yang harus diketahui saat membuat blog.

Anda juga bisa terima beres sesuai dengan permintaan Anda terhadap perusahaan. Mereka mungkin akan melakukan brainstorming sesuai latar belakang, referensi dan portofolio yang dimiliki. Jadi, Anda juga harus terbuka menerima masukan agar tampilan blog menjadi lebih baik dan tepat guna.

2. Lebih Berpengalaman

Jika Anda orang yang awam terhadap dunia pembuatan blog, maka perusahaan jasa akan membantu Anda dalam hal ini. Pengalaman mereka akan berperan penting terhadap kegunaan blog Anda secara keseluruhan. Mereka pasti memiliki banyak referensi agar blog bisa berjalan dengan mulus.

Untuk bisa mengetahui apakah perusahaan jasa tersebut berpengalaman atau tidak, Anda bisa meminta referensi berdasarkan portofolio yang mereka miliki. Anda berhak menanyakan siapa saja klien yang pernah mereka tangani, juga jenis blog apa yang pernah mereka buat sebelumnya.

3. Hasil Jadi Lebih Cepat

Ketimbang membuatnya sendirian, maka hasilnya akan jauh lebih cepat di tangan jasa pembuatan blog. Mereka memiliki tim yang akan menghandle masing-masing peran seperti desain, optimasi tampilan dan lain-lain. Itu sebabnya pengerjaan bisa jauh lebih cepat.

Semakin profesional, maka waktu yang ditawarkan pun biasanya semakin cepat. Perusahaan yang kredibel dan populer tahu seluk-beluk tentang pekerjaan pembuatan blog sehingga tidak akan memakan waktu lama. Pastikan permintaan Anda diarahkan dengan jelas sehingga prosesnya pun tidak ribet.

4. Banyak Masukan

Perusahaan yang bonafit memiliki pengalaman dan tidak akan membiarkan Anda pusing dalam menentukan konsep. Apabila konsep Anda tidak matang, mereka akan memberi masukan, pilihan, dan direksi. Blog juga akan tampil dengan baik dan berperforma optimal sesuai dengan keinginan klien.

5. Hasil Optimal

Ditangani oleh jasa pembuatan blog yang profesional tentu akan berbeda dengan dibuat oleh diri sendiri. Perusahaan jasa memiliki orang-orang yang mahir di bidangnya. Blog tak hanya tampil estetik dan unik, namun juga berperforma baik saat di indeks pencarian, mudah diakses, dan nyaman untuk dikunjungi oleh pengguna.

Demikian artikel mengenai jasa pembuatan blog murah terpercaya. Semoga bermanfaat ya.

Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133