Teknologi

Jurnal Internet of Things

Jurnal Internet of Things merupakan karya tulis yang membahas mengenai salah satu inovasi manusia. Yakni Internet of Thing atau yang biasa dikenal dengan IoT. Inovasi ini termasuk dalam bidang teknologi.

IoT dapat diterapkan dalam berbagai bidang. Tujuannya untuk membantu memudahkan urusan manusia. Seiring waktu, manusia terus menciptakan inovasi sehingga beberapa tugas cukup dikerjakan dengan mesin atau alat otomatis.

Pada mulanya, mesin harus dioperasikan oleh manusia. Apabila sudah selesai digunakan maka harus dimatikan. Namun saat ini, mesin bisa hidup, bekerja dan mati secara otomatis tanpa sentuh tangan manusia.

Pengertian IoT di dalam Jurnal Internet of Things

Secara umum IoT merupakan teknologi komunikasi antar mesin menggunakan bantuan koneksi internet.

Komunikasi tersebut juga bisa dinamakan dengan Machine-to-Machine (M2M) dimana manusia sebagai pengelola atau penggunanya.

Hal ini mirip dengan smartphone. Perangkat tersebut dinamakan ponsel pintar karena terkoneksi dengan internet. Mesin dan peralatan juga bisa menjadi pintar karena terhubung dengan jaringan internet. Mulai dari mesin pabrik hingga peralatan rumah tangga.

Cara kerja IoT dalam jurnal Internet of Things ini bergantung pada internet sebagai konektivitas antara sensor atau perangkat yang akan saling berkomunikasi di Cloud. Data dari sensor yang dikirim ke Cloud akan diproses oleh software.

Software kemudian menentukan tindakan berikutnya. Tindakan atau action ini bisa bermacam-macam. Mulai dari pengiriman tanda, penyesuaian jadwal, penutupan akses alat dan lain sebagainya. Banyak hal bisa dilakukan melalui IoT.

Pergerakan alat dapat diawasi oleh pengguna melalui dashboard komputer, laptop atau mobile device lainnya. Meskipun alat akan bergerak secara otomatis, bukan berarti manusia tidak bisa melepaskan kendali sepanjang waktu.

Manusia juga perlu melakukan pengawasan dan pembenahan kontrol apabila terjadi kesalahan. Dalam jurnal Internet of Things, Pengguna bisa mengatur dan mengubah action serta rules sesuai dengan kebutuhan dan keadaan.

Perubahan tersebut harus dikirim terlebih dahulu ke Cloud. Sehingga sensor terkait akan memahami tugas baru. Kemudian, mesin bisa bekerja sesuai dengan perintah yang dikirimkan oleh pengguna.

Penerapan IoT dalam Jurnal Internet of Things

Apabila mengamati berbagai jurnal IoT, Anda akan mengetahui bahwa terdapat banyak hal mengenai penerapan teknologi tersebut. Misalnya perangkat yang telah menggunakan konsep Internet of Things.

Contoh perangkat yang telah mengusung konsep tersebut adalah Nest Smart Thermostat. Nest merupakan sebuah termostat yang dapat tersambung ke internet. Alat ini mampu mempelajari rutinitas Anda sehari-hari.

Kemudian, Nest Smart Thermostat akan menyesuaikan suhu ketika Anda berada di rumah atau luar ruangan, bangun atau tidur, panas atau dingin.

Secara otomatis, alat bisa mengatur suhu tanpa Anda perlu mengoperasikannya.

Nest Smart Thermostat akan menjadikan rumah Anda lebih efisien dan efektif dalam mengatur suhu. Sehingga tagihan listrik juga akan menjadi lebih hemat karena pemanas atau pendingin ruang bisa menyesuaikan suhu pemiliknya.

Alat yang memanfaatkan konsep IoT jurnal Internet of Things ada banyak sekali. Contoh Internet of Things lainnya adalah August Smart Lock. Alat ini membantu Anda untuk mengunci rumah secara otomatis.

Melalui August Smart Lock, Anda tidak perlu membawa anak kunci atau meletakkannya di bawah karpet ketika keluar rumah. Alat ini mendukung efisiensi dan efektivitas. August Smart Lock dapat terbuka dan tertutup secara otomatis.

Apabila Anda baru saja sampai di rumah, maka August Smart Lock akan membuka pintu. Anda keluar rumah, maka pintu akan tertutup dan terkunci secara otomatis.

Contoh penerapan alat dalam jurnal Internet of Things berikutnya adalah Automatic Car Tracking Adapter. Alat tersebut bisa melacak informasi mengenai mobil Anda melalui adaptor di dalam kendaraan.

Banyak aspek dapat dilacak. Mulai dari jarak tempuh, penggerak jam, biaya bahan bakar, lokasi dan lain sebagainya. Anda dapat menghubungkannya dengan aplikasi lain untuk memperoleh lebih banyak manfaat.

Peluang Karir dalam Jurnal Internet of Things

IoT merupakan teknologi yang tengah berkembang dengan pesat. Baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Terdapat peluang karier yang bisa dicoba dalam bidang ini. Berikut pilihan pekerjaan IoT.

Machine Learning Engineer

Pilihan karier yang pertama adalah machine learning engineer. Pekerjaan ini hampir mirip dengan seorang programmer. Anda mempunyai tugas untuk membuat program yang dapat berjalan tanpa perlu perintah.

Contohnya adalah pada mobil tanpa pengemudi. Mesin mobil tersebut harus mampu berjalan dengan mempelajari lingkungan dan bergerak sendiri. Sehingga pengguna tidak perlu memegang setir dan melakukan pengereman.

Big Data Engineer

Pilihan karier dalam jurnal Internet of Things yang kedua adalah big data engineer. Anda pasti sudah tahu bahwa big data adalah salah satu komponen penting dalam pelaksanaan IoT.

Sehingga pekerjaan big data engineer sangat dibutuhkan. Anda bertugas untuk mengatur big data yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Terutama dalam aspek infrastruktur. Pilihan karier ini cukup menarik untuk dicoba.

Data Scientist

Pilihan karier ini berhubungan dengan analisis data yang disediakan oleh big data engineer. Data tidak bisa disajikan secara mentah. Maka data scientist bertugas untuk mengolah dan memahami data yang tersedia.

Pada masa sekarang, sudah banyak benda terkoneksi dengan internet.

IoT merupakan teknologi yang berperan besar dalam pembuatan alat otomatis tersebut. Konsep dan alat yang berhubungan dengan IoT banyak dibahas dalam jurnal Internet of Things.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button