Bisnis

Jurnal Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia

Jurnal Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia biasa disebut juga dengan HRIS, merupakan konsep pengembangan tata kelola administrasi perusahaan. Dimana, posisi HR yang diberi tanggung jawab harus menjalankannya dengan baik.

Harus diakui memang bahwa tugas mereka memang berat.

Tidak hanya memenuhi hak dan kewajiban karyawan saja melainkan, memastikan setiap individunya selalu dalam keadaan baik. Artinya tidak terlambat dan bolos kerja.

Melihat kemampuan setiap personal demi mengembangkan kemampuannya baik secara intelegen hingga kemampuan dasar mereka. Sebenarnya, tugas tersebut bisa dibagi ke beberapa bagian seperti Supervisor dan kepala divisi.

Hanya saja, pada perkembangannya mereka harus terjun langsung. Atas dasar ini, pengembangan Sistem informasi SDM pada perusahaan berbasis teknologi menjadi satu solusi paling tepat agar pekerjaan tersebut efisien.

Secara biaya dan waktu cukup efektif. Karena, mereka tidak lagi fokus kepada pendekatan secara personal, melainkan global. Hasil data yang keluar dijadikan acuan mana yang harus diperbaiki dan tidak.

Dari sini, pengambilan keputusan akan semakin cepat. Mengatur beberapa kebijakan baru untuk kesejahteraan karyawan dan peningkatan profit perusahaan semakin bisa diraih. Jadi, tidak ada salahnya untuk dipelajari secara saksama.

Jurnal Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Peran

Cara kerja dari konsep ini tidak jauh berbeda dari peran atau kontribusi yang diberikan oleh teknologi tersebut. Seperti, proses administrasi untuk karyawan baru. Meliputi, pencatatan soal data pribadi.

Pencatatan mengenai informasi karyawan dimana, keduanya harus ditulis secara lengkap dan sampai salah. Karena, akan mempengaruhi banyak hal terutama pencairan dana BPJS yang datanya wajib sesuai dari kantor dan KTP.

Selanjutnya, mengenai payroll hingga berbagai berkas untuk absensi, izin sakit, hingga cuti. Pengarsipannya harus rapi, sehingga ke depan tidak perlu bingung cukup cari pada cloud data maka, semua akan keluar.

Jurnal Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia juga membahas tentang bagaimana manfaat menggunakan teknologi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Misalnya, pengajuan cuti seorang karyawan.

Teknologi ini akan keluar dengan sendirinya.

Apakah pengajuan tersebut diterima atau ditolak karena, tidak sesuai dengan sistem syarat dan ketentuan. Bisa dikatakan, kalau izin setidaknya keluar 3 hari, dengan konsep tersebut bisa dikatakan hasilnya cepat keluar.

Mungkin menunggu waktu hanya 10 menit saja, rekomendasi keluar. Bila cara manual pasti butuh waktu lebih dari itu setidaknya 7 hari karena, harus mencari catatan masuknya dan masih banyak lagi.

Jurnal Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Contoh Kasusnya

Tugas Human Resource dalam perusahaan memang sangat berat. Mereka harus memastikan kondisinya baik secara di dalam dan di luar. Terutama, mengenai kondisi karyawannya secara keseluruhan. Bahkan, hubungan satu sama lain.

Pekerjaannya memang hanya dibalik layar komputer. Tetapi, proses analisis ini yang sulit apalagi, jumlahnya begitu banyak. Tidak heran bukan penggunaan Software HR di berbagai Perusahaan besar mempunyai dampak besar.

Contoh kasus sistem informasi SDM yang diterapkan adalah Payroll. Harus diakui dalam metode pengerjaan membutuhkan waktu panjang dan harus teliti benar. Salah input maka semua perhitungannya salah.

Dengan kemajuan teknologi biasanya, semua sistem sudah saling terkoneksi satu sama lain. Cukup dimasukkan saja semua datanya maka, perhitungan tersebut sudah jadi dengan sendirinya, cepat sekali bukan?

Inilah alasannya mengapa hampir perusahaan besar menggunakan teknologi semacam ini. Selain payroll ada lagi kemudahan yang diberikan dengan melihat progres setiap individu. Mulai dari jam masuk, target, dan lainnya.

Semua sudah terintergrasi, dari sini pimpinan tahu bagaimana memperbaiki kinerja mereka. Karena, pola tersebut tidak bisa dibantah. Bahkan, setiap individu juga bisa melihatnya sendiri sebagai bagian dari evaluasi kinerja.

Jurnal Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Apakah Efektif?

Komponen sistem informasi manajemen sumber daya manusia ini berdasarkan pada data dan fakta dari pencatatan kinerja harian mereka. Bagaimana keadaan di lapangan yang diolah berdasarkan analisa yang terjadi.

Biasanya indikatornya langsung terlihat disana, perhitungannya juga per bulan. Jadi, ada atau tidak progresnya sangat terlihat. Harus diakui dalam dunia kerja memang tidak boleh pakai perasaan sama sekali.

Misalnya, ada karyawan pada pukul 16,30 akan ada ujian kuliah sementara, pada sistem pulang pukul 16,00. Maka, toleransi tidak bisa diberikan. Hasil analisanya tetap akan buruk bila memaksa.

Sebagai Supervisor yang bergelut dengan mereka Kamu pasti tahu dan menunjukkan rasa empati. Tetapi, bila data tersebut sudah masuk ke meja HR serta Manager, rasanya alasan seperti itu sulit diterima.

Tetapi, apapun itu hasil dalam analisa teknologi, tetap saja bagus untuk evaluasi. Ukuran kinerja setiap karyawan adalah target yang diberikan. Semakin bisa memenuhi, bisa dikatakan dia adalah karyawan potensial.

Bila ada pertanyaan apakah efektif dengan sistem semacam ini? Jawabannya sangat efektif, karena sistem profesional dalam pekerjaan tidak menggunakan perasaan. Harus diakui, membaca statistik semacam ini sangat penting.

Karena, ada strategi yang dimainkan agar bisnis tetap berjalan baik. Jurnal Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan solusi dalam menjawab tantangan dunia kerja yang peta persaingannya semakin ketat.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button