Ragam

Karakteristik Benua Asia Secara Umum

Karakteristik Benua Asia sangat beragam karena merupakan yang terluas dibandingkan lainnya. Oleh karena itu geografi hingga demografinya juga berbeda antara satu negara dan lainnya.

Ini membuat asia menjadi benua paling kompleks untuk dipelajari. Karena harus dibedakan berdasarkan dengan letak geografisnya.

Ketika sudah berbeda region budaya juga tidak sama. Oleh karena itu kompleksitas dari benua ini memang cukup tinggi.

Mulai dari asia tengah, timur, tenggara, barat, dan selatan semuanya memiliki perbedaan kompleks sehingga harus dipisahkan.

Kemudian dari setiap region akan dibahas secara umum mengenai demografi. Jika dikategorikan secara umum memang masih mudah untuk melakukan analisis dari setiap negara.

Demografis sangat penting dibahas karena asia memiliki tingkat pertumbuhan penduduk tertinggi. Kultur, bahasa, dan ras juga berbeda antara kawasan satu dan lainnya. Jadi memang harus dibahas secara terpisah.

Belum lagi jika harus masuk dalam aspek sejarah, karena ciri khas benua asia terbentuk dari perubahan budayanya. Setiap kerajaan dan penguasa besar selalu membuat perubahan yang signifikan.

Lengkapnya peninggalan sejarah peradaban masa lalu juga menjadi salah satu faktor pendukung mengapa region ini unik. Jadi para peneliti lebih mudah dalam menganalisis bagaimana sistem sosial masa lalu.

Tidak perlu khawatir karena aspek sejarah juga akan kami lampirkan agar lebih lengkap informasinya. Jadi kamu bisa memahami bagaimana kompleksitas region in dibandingkan dengan lainnya.

Karakteristik Benua Asia Tengah

Asia tengah terdiri dari Rusia, Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan, Kyrgyzstan, Kazakhstan, Georgia, Armenia, Azerbaijan, dan wilayah sekitar lainnya. Secara umum kawasan ini terdiri dari bangsa slavia dan mongoloid.

Meskipun dengan perkembangan waktu ras dari kawasan ini berasimilasi dengan kawasan sekitar lainnya. Ciri warna kulit pada masyarakat kawasan ini adalah putih.

Untuk yang sedikit ke timur maka akan berwarna kekuningan.

Karakteristik penduduk benua asia tengah dapat dilihat dari cara hidupnya. Pada abad pertengahan cara hidup dari masyarakat kawasan ini adalah berburu karena kawasan yang dingin.

Pola hidup nomaden juga diterapkan karena perubahan musim yang membuat migrasi binatang setempat. Pada era modern seperti sekarang sangat sedikit sekali perbedaan pola hidup antara asia tengah dan eropa.

Sejarah yang penting dari kawasan ini adalah adanya Tsar yang menjadi asal dari USSR. Sejarah berdarah juga menghiasi perkembangan region ini karena banyaknya pemberontakan yang terjadi.

Pada abad pertengahan kawasan ini terdapat dua agama yang banyak dianut yaitu kristen ortodoks dan zoroatism. Kristen ortodok berkembang disini karena asimilasi dari bangsa slavik timur yang ada di eropa.

Kemudian zoroatism dibawa oleh bangsa mongol yang pada masa kejayaannya berhasil menguasai hampir seluruh asia. Mongol juga berperan penting dalam transmigrasi yang menjadi awal terjadinya asimilasi budaya.

Jadi mulai dari utara hingga ke timur jauh pasti terdapat kemiripan antara ras dan budaya. Bukti konkret dari terjadinya asimilasi ini bisa dilihat dari kuliner. Kompot yang populer di rusia terinspirasi dari khmer jazirah arab.

Karakteristik Benua Asia Timur

Asia timur terdiri dari Jepang, Korea Utara, Korea Selatan,Republik Rakyat Tiongkok, daerah administratif khusus Hongkong Macau, Tibet, Taiwan, Mongolia. Kawasan asia timur memiliki jumlah penduduk tertinggi.

Ciri khas penduduk kawasan ini adalah memiliki ras mongoloid. Karakter kulit putih kekuningan dan mata sipit membuatnya cukup sulit dibedakan antara satu negara dengan lainnya.

Peninggalan sejarah yang hingga sekarang masih ada dan sangat populer adalah tembok cina. Tembok besar ini membentang di perbatasan tiongkok dan mongol dari daratan hingga laut.

Karakteristik benua asia timur di abad pertengahan adalah pertaniannya yang bagus. Di kawasan tiongkok hingga semenanjung korea, pertanian merupakan unggulan dan diekspor hingga negara tetangga.

Pada saat mongol melakukan ekspansi besar-besaran hampir seluruh kawasan berhasil dikuasai. Karena terjadinya hal tersebut maka pemerataan teknologi dan industri terjadi secara masif.

Pada era modern kawasan asia timur didominasi oleh tiongkok, korea selatan, dan jepang. Perkembangan teknologi dan industri yang cepat membuat ketiga negara tersebut berhasil merajai pasar internasional.

Dari segi kultur sendiri tiongkok dan korea selatan juga mendominasi dunia. Industri entertainment dari dua negara tersebut terbukti sudah dikonsumsi oleh seluruh manusia yang ada di bumi.

Mongol yang dulunya menjadi negara penguasa sekarang hanya masuk kategori dunia ketiga saja. Kondisi geografis yang kurang mendukung membuat negara tersebut telat pertumbuhan ekonominya.

Tanpa impor mongolia tidak dapat mencukupi kebutuhan masyarakatnya. Oleh karena itu banyak sekali produk asal tiongkok yang masuk dalam mongolia. Dari segi ekonomi secara umum kawasan timur ini cukup makmur.

Karakteristik Benua Asia Tenggara

Indonesia masuk dalam kawasan asia tenggara, begitu juga dengan negara asean lainnya. Sebagai negara terbesar tentu saja sejarah nusantara tidak bisa dianggap remeh.

Bahkan pada masa kejayaannya nusantara tidak hanya Indonesia saja.

Secara umum mayoritas negara di asia tenggara mengandalkan maritim sebagai mata pencaharian utama. Karena terdiri dari banyak kepulauan dan luas laut yang dapat memberikan sumber daya.

Masih banyak peninggalan sejarah dari masa kejayaannya hingga sekarang. Thailand masih memiliki kerajaan, begitu juga di jawa masih terdapat kesultanan jogja. Tentu ini menjadi salah satu bukti penting sejarah.

Karakteristik benua asia terletak pada kebudayaannya yang hampir sama antara satu dan lainnya. Batik misalnya tidak hanya dimiliki di Indonesia saja namun juga beberapa negara asean lain.

Ini adalah bukti adanya asimilasi budaya antara satu kawasan dan lainnya pada saat zaman kerajaan. Dari segi demografi sendiri gaya hidup orang asena tidak terlalu berbeda jauh.

Tidak sedikit masyarakat yang memiliki pola kehidupan hasil dari adopsi negara lain. Misalnya daerah pesisir di Indonesia banyak yang kental dengan budaya tiongkok atau arab karena faktor perdagangan.

Hal ini tentu saja memperkaya keragaman budaya antara satu daerah dengan lainnya. Namun terkadang perbedaan ini menyebabkan perselisihan kecil dari satu kelompok masyarakat satu dan lain.

Asia tenggara juga merupakan kawasan dengan frekuensi gempa bumi paling tinggi di dunia. Hampir setiap tahun terjadi puluhan gempa di kawasan ini. Jadi gempa sudah menjadi satu kebiasaan hidup masyarakat.

Karakteristik Timur Tengah atau Asia Barat

Asia barat sering disebut dengan timur tengah, negaranya antara lain Siprus, Suriah, Yordania, Lebanon, Irak, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Qatar, Oman, Yaman, Mesir, Israel dan Palestina.

Kawasan timur tengah merupakan salah satu penghasil minyak terbesar di dunia. Tidak jarang minyak menjadi pemicu utama terjadinya pemberontakan. Minyak juga menjadi aset yang menjadikan suatu negara berkuasa.

Arab saudi misalnya, negara ini menjadi salah satu eksportir minyak terbesar dunia. Kekayaannya tidak dapat dipungkiri lagi. Selain itu arab saudi juga menjadi destinasi perjalanan ibadah agama tertentu.

Bentuk peninggalan sejarah terbesar di kawasan ini adalah piramida mesir. Tiga buah piramida yang sudah berdiri sejak zaman kejayaan mesir kuno. Ini tentu menjadi destinasi utama para arkeolog.

Karena kawasannya yang kering, perdagangan dan maritim menjadi tulang punggung utama perekonomian abad pertengahan. Saat modern seperti sekarang ekspor minyak rata-rata menjadi komoditas utama.

Timur tengah juga terkenal karena konflik berkepanjangan antara israel dan palestina. Perebutan wilayah ini sudah terjadi selama ratusan tahun. Hingga sekarang belum ada titik terang mengenai masalah ini.

Sebagai kawasan yang menjadi tempat bersejarah dari agama tertentu maka arab saudi juga menjadi destinasi para teologis. Banyak orang mendalami agama dari negara ini. Mesir juga menjadi destinasi para teologis.

Memang dengan luasnya kawasan akan sangat kompleks antara satu wilayah dengan lainnya. Oleh karena itu karakteristik benua asia selalu memiliki keunikan yang tidak dapat ditemukan di tempat lainnya.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button