Bisnis

Karakteristik Wirausaha Unggul dan Tangguh

Karakteristik wirausaha perlu diketahui bila ingin terjun di dunia usaha. Pasalnya, ini adalah salah satu faktor penting yang wajib diperhatikan wirausahawan apabila ingin menjadi pengusaha yang sukses.

Untuk menjadi wirausaha itu mudah, apalagi dengan banyaknya usaha yang dapat dilakukan dengan modal yang minim.

Namun, biasanya para wirausaha itu menunjukkan karakteristik khusus. Lebih lanjut lagi, berikut ada beberapa poin mengenai karakteristik seorang wirausaha yang perlu Anda ketahui dan wajib disimak.

Pengertian Karakteristik Wirausaha

Karakteristik wirausaha ialah hal-hal yang ada kaitannya dengan sikap, tabiat, watak, perilaku, ciri khas dan juga tindakan seseorang untuk mewujudkan gagasan inovatif dalam dunia usaha.

Sikap serta perilaku tersebut pada umumnya mencakup sebagian besar aktivitas atau tindakan seorang wirausaha dalam hidup sehari-harinya. Karakteristik wirausaha ini bisa dianggap berhasil jika terdapat sikap keseharian dilakukan sepenuh hati (komitmen).

Satu hal lagi yang perlu diingat ialah keahlian dalam berbisnis itu tidak muncul sejak lahir, namun muncul berkat kebiasaan serta latihan.

Jadi, untuk Anda yang tidak memiliki dasar-dasar berwirausaha, bisa mulai melatihnya dari sekarang dan salah satu caranya ialah menumbuhkan karakter wirausaha dalam diri.

Karakteristik Wirausaha Menurut Para Ahli

Ada sejumlah ahli yang memaparkan karakteristik seorang wirausaha. Beberapa dari ahli tersebut ialah sebagai berikut:

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave

Bygrave adalah salah satu pakar kewirausahaan yang memaparkan pendapatnya mengenai karakteristik apa saja yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Bygrave menjelaskan bahwa karakteristik dari wirausaha ini ada 10 yang kemudian disebut dengan 10 D.

Dari kesepuluh karakteristik tersebut, menurut Bygrave bahwa karakteristik seorang wirausaha harus fokus dan tak kenal lelah disebut dengan devotion.

Yakni, karakteristik wirausaha yang ditunjukkan wirausahawan dengan mencintai pekerja bisnisnya dan produk.

Untuk penjelasan devotion serta 9D yang lainnya ialah sebagai berikut:

Dream

Jika hendak diartikan dream ialah mimpi. Namun, dream juga bisa dianggap sebagai memiliki cita-cita. Bisa dikatakan bahwa ini merupakan karakteristik dari wirausaha yang pertama.

Disebutkan bahwa seorang wirausaha haruslah memiliki keinginan atau visi terhadap masa depan baik itu yang sifatnya personal atau pribadi juga terhadap usaha yang dilakukannya.

Selain itu, wirausahawan juga haruslah orang yang memiliki kemampuan mewujudkan mimpi tersebut.

Jadi, menurut Bygrave bahwa karakteristik seorang wirausaha harus mempunyai visi ke depan yang disebut dream.

Decisiveness

Decisiveness memiliki arti tegas. Untuk menjadi wirausaha yang sukses, harus memiliki karakteristik yang satu ini. Selain tegas, wirausaha juga haruslah orang yang cepat dalam bertindak dan tidak lambat.

Hal ini sangat diperlukan terutama untuk mengambil keputusan-keputusan yang sifatnya mendesak namun juga butuh perhitungan yang cermat. Jadi dalam hal ini, kecepatan bukanlah satu-satunya yang diperlukan untuk kesuksesan, namun juga memerlukan kecermatan.

Doers

Doers ialah pelaku atau orang yang berbuat. Seorang wirausaha atau pelaku usaha selain dituntut untuk mengambil keputusan dengan cepat dan cermat, juga dituntut untuk segera menindaklanjutinya.

Determination

Determination ialah kebulatan tekad atau ketetapan hati. Seorang wirausaha memang harus mempunyai ketetapan hati dalam menjalankan usahanya supaya mendapatkan hasil yang baik.

Kebulatan tekad dalam hal ini juga bisa dianggap sebagai memiliki keinginan yang kuat untuk sukses. Selain itu, harus dibarengi juga dengan rasa tanggung jawab yang tinggi serta tidak mudah menyerah.

Dedication

Karakteristik wirausaha yang berhasil satu ini berarti pengabdian atau persembahan. Maksudnya ialah seorang wirausaha haruslah menjalankan usahanya itu dengan sepenuh hati atau serius.

Tidak jarang orang yang benar-benar serius dengan usahanya akan rela mengorbankan apa saja yang dimilikinya demi kepentingan usaha, termasuk waktu, tenaga, dan biaya.

Devotion

Karakteristik wirausaha yang satu ini memiliki arti ketaatan atau kesetiaan. Memang sebaiknya seorang wirausaha wajib setia dengan peraturan yang sudah dibuatnya sendiri terutama yang terkait dengan usahanya.

Akan tetapi, ketaatan di sini juga mencakup hal-hal yang lebih luas yakni terhadap peraturan atau aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah. Seorang wirausaha jangan sampai melanggar aturan tersebut, apalagi merugikan orang lain.

Details

Details ialah rinci. Sebaiknya memang seorang wirausaha harus memperhatikan bahkan faktor-faktor kecil sekalipun dengan seksama, baik itu yang berkaitan dengan keuangan, barang-barang produksi, produk yang dijual sampai dengan hal-hal sepele lainnya.

Apabila karakteristik wirausaha yang satu ini tidak ada, bukan tidak mungkin jika dia melakukan kesalahan. Atau yang lebih buruknya, gampang ditipu oleh orang lain.

Destiny

Destiny memiliki arti nasib. Nasib maksudnya di sini ialah wirausaha akan menunjukkan tanggung jawab penuh terhadap nasib usaha yang ingin dicapainya. Dengan kata lain, dia akan menyadari bahwa nasib hidupnya ini juga ditentukan oleh usaha yang dilakukannya sekarang.

Dollars

Sebagaimana yang Anda ketahui, dollars ialah uang. Akan tetapi dalam hal ini wirausahawan tidak akan mengutamakan kekayaan semata, sekalipun sebenarnya uang sangat diperlukan untuk keberlangsungan usaha.

Intinya, motivasi seorang wirausaha melakukan usaha bukanlah uang satu-satunya. Uang hanya dianggap sebagai bonus atau hadiah atas apa yang telah dilakukannya.

Distribute

Terakhir ada distribute atau distribusi. Maksudnya, seorang wirausaha harus bersedia untuk mendistribusikan kepemilikan bisnisnya kepada pihak-pihak yang dipercayainya, terutama orang yang mau diajak sukses bersama.

Dengan kata lain, wirausaha sebaiknya bisa berbagi lapangan pekerjaan untuk orang lain, bertukar ilmu dengan orang lain dan bahkan mengajari karyawan supaya mereka juga sukses.

Karakteristik Wirausaha Menurut Fadel Muhammad

Menurut hemat Fadel Muhammad, ada tujuh karakteristik wirausaha, yakni sebagai berikut:

  1. Sikap terhadap risiko
  2. Visi masa depan
  3. Bekerja ekonomis serta efisien
  4. Sikap tanggung jawab atas perubahan
  5. Cara pengambilan keputusan
  6. Inovasi
  7. Kepemimpinan

Karakteristik Wirausaha Menurut Drs. Wasty Soemanto M.Pd

Sedangkan menurut Drs. Wasti Soemanto, M.Pd, wirausaha memiliki karakteristik yang lebih sedikit, yakni ada 4 dan rinciannya sebagai berikut:

  1. Mempunyai keterampilan dalam berwirausaha
  2. Peka dengan apa yang terjadi di lingkungannya
  3. Memiliki sikap dan mental seorang wiraswasta
  4. Mempunyai moral yang tinggi dan baik

Karakteristik Wirausaha Menurut Mc. Celand

Jika menurut pendapat Mc. Celand, karakteristik dari wirausaha ada 9 macam, yakni sebagai berikut:

  1. Sikap tentang uang
  2. Keterampilan dalam hal pengorganisasian
  3. Orientasi ke masa depan
  4. Aktivitas yang enerjik
  5. Rangsangan oleh umpan balik
  6. Keinginan atau persepsi pada kemungkinan hasil
  7. Peduli atau prefensi pada risiko-risiko menengah
  8. Bertanggung jawab
  9. Memiliki keinginan yang kuat untuk berprestasi

Karakteristik Wirausaha Secara Umum

Sebelumnya perlu diketahui bahwa tingkatan wirausaha itu ada tiga, yakni wirausaha andal, wirausaha tangguh dan wirausaha unggul.

Karakteristik wirausaha unggul diantaranya ialah berani dalam mengambil risiko sekaligus mampu meniminalkannya dan mampu menciptakan peluang yang besar.

Terlepas dari ketiga tingkatan wirausaha tersebut, berikut ini adalah karakteristik wirausaha unggul yang paling tepat dan lebih rinci serta karakteristik dari wirausaha pada umumnya, antara lain:

Memiliki Sifat yang Tekun dan Ulet

Seorang wirausaha memang sudah seharusnya memiliki sifat yang tekun serta ulet. Sifat ini sudah sepatutnya dimiliki oleh seorang wirausaha mengingat kedepannya jalan membangun usaha tidak selalu mulus seperti yang dibayangkan.

Pasti akan muncul masalah-masalah yang bisa membuat usaha menjadi goyah. Jika kedua sifat ini tidak dimiliki oleh seorang wirausaha, ini malah memperbesar kemungkinan usaha menjadi hancur dan bangkrut sekalipun produknya sudah terkenal di mana-mana.

Pandai Melihat Permasalahan

Karakteristik wirausaha yang sukses lainnya ialah pandai melihat permasalahan. Kebanyakan wirausaha yang telah berhasil dengan usahanya memang memiliki karakteristik satu ini.

Permasalahan biasanya adalah sesuatu yang dihindari oleh banyak orang. Akan tetapi di mata seorang wirausaha, permasalahan ini merupakan sesuatu yang harus dijadikan solusinya dan ini bisa dianggap sebagai peluang.

Selain itu, permasalahan juga merupakan sesuatu yang harus dihadapi dengan cara yang tepat. Intinya adalah seorang wirausaha hendaknya mampu melihat permasalahan ini tidak hanya dari satu sudut pandang saja.

Jika permasalahan memang terlalu berisiko untuk dijadikan peluang dengan berdasarkan berbagai analisis dan pertimbangan, maka bisa dihindari. Sebaliknya, jika permasalahan itu merupakan peluang yang bagus, maka selanjutnya bisa dipikirkan cara untuk mewujudkannya.

Memiliki Keinginan untuk Berprestasi

Karakteristik wirausaha yang lainnya ialah keinginan untuk berprestasi. Keinginan akan prestasi ini bisa dikatakan sebagai salah satu penggerak psikologis seseorang menjadi wirausaha.

Keinginan untuk berprestasi ini bahkan mengalahkan keinginan untuk mendapatkan keuntungan secara finansial. Sebab, di mata mereka, uang adalah salah satu lambang nyata dari tercapainya apa yang sudah menjadi tujuan dan sekaligus menjadi pembuktian kemampuan.

Oleh sebab itu, tidak heran bila posisi prestasi kerja wirausaha memegang posisi yang lebih penting dibandingkan dengan keuntungan finansial.

Memiliki Keterampilan dalam Pengorganisasian

Wirausaha yang sukses tentunya memiliki keterampilan dalam pengorganisasian. Bagaimana tidak, seorang wirausaha harus memiliki hard skill serta soft skill yang sesuai dengan bidang yang digelutinya.

Pasalnya, seorang wirausaha nanti akan bertindak sebagai pemimpin yang sekaligus akan mengatur berbagai hal terkait dengan usahanya. Untuk mencari tenaga-tenaga yang dapat membantu kegiatan operasional, umumnya mereka akan bersifat obyektif saat memilihnya.

Seorang wirausaha akan lebih cenderung memilih tenaga ahli dibandingkan dengan teman supaya pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Memiliki Orientasi Terhadap Masa Depan, Aktif dan Juga Enerjik

Seorang wirausaha umumnya juga memiliki orientasi terhadap masa depan. Hal ini dibuktikan dengan mereka yang melakukan perencanaan serta berpikir bagaimana usaha akan dijalankan di waktu yang akan datang.

Mereka juga akan berusaha mencari sekaligus mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi di masa mendatang. Untuk mewujudkan segala rencana yang sudah dicanangkannya itu, tentu wirausaha juga harus menunjukkan energi yang tinggi.

Ini juga sebagai bukti bahwa yang bersangkutan serius dengan usahanya. Tidak jarang wirausaha yang lebih aktif serta memiliki proporsi waktu yang besar dalam melaksanakan tugas dengan cara yang baru.

Para wirausaha umumnya juga sangat menyadari waktu. Karena itu, mereka akan terlibat secara lebih mendalam pada kerja yang dilakukan.

Rangsangan oleh Umpan Balik

Umpan balik adalah sesuatu yang penting bagi seorang wirausaha. Pasalnya, wirausaha akan sangat penasaran dengan bagaimana respon dari orang lain mengenai produk yang mereka tawarkan. Respon ini salah satunya bisa diketahui dari umpan balik tersebut.

Dengan mengetahui umpan balik ini, nantinya wirausaha dapat menilai apakah produk yang mereka ciptakan sudah cukup memuaskan atau belum. Jika memang belum, tentu mereka akan terangsang untuk melakukan hal-hal yang lebih baik lagi.

Preferensi pada Risiko Menengah dan Persepsi pada Kemungkinan Berhasil

Karakteristik wirausaha yang unggul lainnya ialah mampu membedakan risiko mulai dari yang risiko menengah hingga risiko yang bisa mempengaruhi usahanya. Umumnya, mereka akan memilih untuk menetapkan tujuan yang memerlukan kinerja tinggi dan kerja keras.

Walaupun demikian, mereka yakin bahwa tujuan itu bisa dipenuhi. Seorang wirausaha juga lebih memiliki kecenderungan untuk yakin bahwa usaha yang dilakukan akan berhasil. Ini adalah kualitas tersendiri yang dimiliki oleh wirausaha dan sifatnya sangat penting.

Keyakinan ini muncul bukan tanpa sebab. Selain rasa optimis itu sendiri, persepsi pada kemungkinan berhasil juga didorong oleh perilaku mereka yang mempelajari data serta fakta yang sudah dikumpulkan.

Memiliki Kreativitas yang Tidak Terbatas

Lebih lanjut lagi, seorang wirausaha umumnya memiliki kreativitas yang tidak terbatas. Tingkat kreativitas mereka ini membuat produk mereka tampak berbeda dan lebih menonjol dari produk yang lainnya. Tentunya kreativitas juga harus diasah dengan baik secara terus menerus.

Dengan kreativitas yang terus diasah, seorang wirausaha dapat menciptakan produk dengan nilai lebih yang tidak bisa konsumen temukan pada produk serupa dari merk lainnya.

Memiliki Rasa Percaya Diri

Memiliki rasa percaya diri adalah suatu keharusan bagi seorang wirausaha. Bagaimana tidak, rasa percaya diri ini termasuk salah satu modal utama untuk menjalankan usaha. Rasa percaya diri juga merupakan pertanda bahwa seseorang sudah siap menjalankan usahanya.

Tanpa adanya rasa percaya diri, usaha akan susah untuk berkembang, karena mau menawarkan produk ke orang lain saja malu. Tidak adanya rasa percaya diri bahkan juga bisa melenyapkan peluang terbaik yang sebenarnya sangat bagus untuk dimanfaatkan.

Akan tetapi, rasa percaya diri ini juga perlu diimbangi dengan pengendalian diri yang baik. Sebab, rasa percaya diri yang berlebihan juga tidak bagus.

Malah kalau tidak terkendali, dapat menimbulkan sikap sombong dan tentu saja ini bukanlah sikap yang bagus dalam menjalankan usaha.

Memiliki Komitmen yang Tinggi

Seorang wirausaha juga sepatutnya memiliki komitmen yang tinggi. Ini ada kaitannya dengan tanggung jawab. Dengan komitmen yang tinggi, dapat pula menumbuhkan kepercayaan pada konsumen sehingga produk yang Anda tawarkan bisa diterima dengan baik oleh mereka.

Salah satu bentuk komitmen yang tinggi ini ialah bertanggung jawab atas apa yang sudah diucapkan.

Sebagai contoh, kalau Anda mengatakan bahwa produk yang ditawarkan itu kualitasnya bagus, maka ini harus benar-benar sesuai kenyataannya supaya konsumen tidak merasa ditipu.

Disiplin

Seorang wirausaha memang harus memanfaatkan waktunya dengan baik serta tidak membiarkan dirinya berleha-leha padahal jadwal kerja sudah ditentukan. Bisa dikatakan bahwa disiplin ini menunjukkan bagaimana gigihnya seorang wirausaha dalam menjalankan usaha.

Kata disiplin itu sendiri berhubungan erat dengan keteraturan seseorang pada saat dia melakukan sesuatu demi kepentingan usahanya. Dengan karakter seperti ini, seorang wirausaha tidak akan mudah keteteran karena apa yang dilakukan mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan.

Memiliki Sikap Jujur

Sikap jujur juga adalah salah satu karakteristik wirausaha. Kejujuran sangat mutlak diperlukan dan seharusnya memang dijadikan prinsip yang dipegang dengan sangat erat. Sikap ini juga bisa mempengaruhi usaha dan bahkan dapat menuntun usaha ke arah yang lebih baik.

Kejujuran nantinya juga akan berhubungan dengan kepercayaan. Jika Anda melakukan usaha dengan jujur, maka konsumen juga akan mempercayai produk yang Anda tawarkan. Kalau konsumen sudah percaya, maka mengembangkan usaha juga bukanlah hal yang mustahil.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button