Kata Kata Motivasi Hidup Untuk Diri Sendiri Agar Tidak Semakin Terpuruk

Membangkitkan semangat dalam diri pada dasarnya menjadi tanggung jawab bagi dirimu sendiri. Dalam hidup ini mustahil jika akan berjalan mulus-mulus saja, ada kalanya Anda diterpa masalah yang pada akhirnya membuat hati bersedih. Membaca kata kata motivasi berikut ini juga bisa dijadikan sebagai cara ampuh untuk mengubah hidupmu menjadi lebih baik dari sebelumnya, dengan begitu Anda tidak semakin terpuruk dalam kesedihan.

Dalam keadaan dipenuhi oleh berbagai masalah, tugas Anda adalah berusaha menepis kesedihan yang membelenggu dan menyesakkan dada. Anda bahkan tidak menunggu menunggu kedatangan orang lain untuk menghibur dirimu, sebab selain jatuhnya jadi ketergantungan, memotivasi diri sendiri sebenarnya bukan tanggung jawab mereka, melainkan tanggung jawab Anda sendiri.

Kala hati sedang dirundung kesedihan yang begitu dalam, Anda bisa kok memberi asupan semangat pada dirimu sendiri. Misalnya saja dengan mencoba membaca kata kata motivasi yang akan kami bagikan berikut ini. Selain itu, jangan lupa pula untuk menyadari bahwa dirimu terlalu berharga untuk terus berlama-lama terkurung dalam kesedihan.

Masih Bisa Memulainya Lagi

 

“Tak peduli bagaimana kerasnya kehidupanmu di masa lalu, kamu selalu bisa memulainya lagi”, Buddha.

Kita semua pasti sudah tahu betul kalau sebenarnya dalam hidup ini tidak selamanya mulus-mulus saja, ada kalanya datang masalah yang pada akhirnya menimbulkan rasa sedih yang begitu mendalam hingga membuatmu merasa sangat terpuruk. Meskipun ini berat bagimu, tetapi juga perlu untuk diingat bahwa masalah tersebut bukanlah akhir dalam hidupmu.

Tidak peduli berapa kali Anda pernah alami kegagalan, tidak ada hukumnya Anda tidak boleh mencobanya lagi. Memulai semuanya dari awal jauh lebih baik daripada Anda berputus asa dan tidak mau memperbaiki semuanya. Silakan pelajari kesalahan yang pernah membuat Anda harus menelan kegagalan, dengan begitu Anda tidak akan lagi kembali melakukan kesalahan yang sama.

Hidup Itu Seperti Mengendarai Sepeda

 

“Hidup itu seperti mengendarai sebuah sepeda. Untuk menjaga keseimbangan, kamu harus terus bergerak”, Albert Einstein.

Bahkan sampai saat ini tidak ditemukan rumus selalu berdiam diri tanpa melakukan apapun bisa membuatmu maju dan berhasil. Anda tetap harus berusaha keras untuk mencapai tujuan yang sudah Anda cita-citakan. Seperti yang ada pada kutipan kata kata motivasi dari Albert Einstein di atas, Anda harus terus berusaha selagi mampu agar Anda bisa mendapatkan hidup yang seimbang.

Hal Yang Bisa Seimbangkan Kebahagiaan

 

“Kata ‘bahagia’ akan kehilangan artinya kalau tidak diseimbangkan dengan kesedihan”, Carl Jung.

Kebahagiaan pada dasarnya akan terasa di hidup ini apabila Anda tahu bagaimana rasanya sedih. Sebab dua hal tersebut sama seperti dua sisi koin yang berbeda, tetapi tidak akan pernah bisa dipisahkan oleh apapun.

Apabila Anda kehilangan satu sisi maka hanya akan membuat koin tersebut terlihat begitu aneh. Begitu pun hidup ini, ada kesedihan yang berjasa untuk membuat hidupmu bisa merasa bahagia.

Kehilangan Tidak Selamanya Menyedihkan

 

“Jika kamu kehilangan seseorang, tapi menemukan dirimu yang sebenarnya, kamu menang”, Paulo Coelho.

Siapa pun diantara kalian pastinya akan merasa kesedihan yang cukup mendalam pada saat mendapati orang yang dikasihi tiba-tiba menghilang begitu saja. Apalagi jika Anda harus melepaskan orang yang selama ini Anda bangga-banggakan dan Anda percaya kalau dia orang yang bisa menjaga Anda selama ini, tetapi pada kenyataannya dia justru berkhianat dan meninggalkan luka di hati.

Jangan lantas bersedih hati yang terlalu lama, sebab setelah itu Anda pasti akan menemukan jati dirimu yang sebenarnya. Maka artinya Andalah yang paling diuntungkan dari keadaan seperti ini.

Tentang Sebuah Perubahan

 

“Berubah memang berat pada awalnya, kacau di tengah-tengahnya, dan sangat indah pada akhirnya”, Robin Sharma.

Mencoba hidup menjadi lebih baik dengan cara meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini Anda lakukan memang bukan perkara yang mudah. Tapi Anda tak perlu khawatirkan hal tersebut, karena itu hanya awalnya saja pada saat Anda akan memulai. Apabila Anda berhasil mengubah kebiasaan buruk tersebut, maka semuanya akan terlihat lebih baik.

Jadi, jangan pernah ragu-ragu lagi untuk berubah apabila hal tersebut mengarahkanmu ke hal-hal yang baik. Toh, ini tidak merugikan hidupmu kan?

Bergulat Dengan Babi-Babi

 

“Sejak dulu aku selalu diajari untuk tidak pernah bergulat dengan babi. Kamu cuma akan menjadi kotor, sementara di sisi lain si babi menikmatinya”, George Bernard Shaw.

Ungkapan kata kata motivasi satu ini juga bisa kok Anda gunakan sebagai sindiran, baik itu untuk menyindir teman atau pun mantan pacar. Ya, ada kalanya pada saat ada seseorang yang berubah mengajakmu bertengkar, Anda lebih memilih untuk berdiam diri dan mengalah. Apabila ada yang bertanya kenapa Anda hanya berdiam diri saja, maka Anda bisa menggunakan kata kata motivasi yang keren banget satu ini.

Tunjukkan saja kalau Anda memilih untuk diam bukan tanpa alasan. Sebab, kadang kalanya diam itu jauh lebih baik daripada harus menuruti ego untuk bertengkar. Apalagi sebuah pertengkaran terkadang tidak mampu menyelesaikan masalah justru membuat masalah yang ada semakin rumit dan bahkan bisa menjadi lebih besar lagi.

Sebuah Meja Yang Berantakan

 

“Kalau meja yang berantakan adalah tanda pikiran yang berantakan, maka apa arti dari meja yang kosong?”, Albert Einstein.

Coba lihat meja kerja atau meja yang ada di kamarmu apa berantakan? Kalau memang berantakan, kira-kira ada nggak si yang pernah mengataimu, sebab kalau mejamu saja berantakan bagaimana dengan pikiranmu bisa saja lebih berantakan lagi?

Sekarang sepertinya Anda harus bernafas lega sebab Anda sudah tidak perlu lagi khawatir kalau ada yang mengataimu demikian. Balas saja dengan memberikan kata kata motivasi yang terbaru dari Albert Einstein satu ini. Meskipun meja di rumahmu berantakan, setidaknya itu jauh lebih baik daripada meja yang kosong, benar nggak?

Percaya Orang Yang Hidupnya Selalu Tersenyum

 

“Jangan terlalu mudah mempercayai orang yang selalu tersenyum. Mereka entah sedang berjualan sesuatu atau tidak terlalu cerdas”, Laurell K. Hamilton.

Percaya nggak, kalau senyum itu bisa mendatangkan manfaat yang baik bagi diri Anda sendiri. Tidak heran jika pada akhirnya tersenyum menjadi salah satu hal yang penting, bahkan selalu disarankan pada kebanyakan orang. Tapi pada kenyataannya orang yang selalu tersenyum indah justru membahayakan.

Sebab seperti pada kata kata motivasi yang keren di atas, seseorang yang selalu tersenyum biasanya memiliki 2 pilihan, yakni dia sedang menawarkan dan menjual sesuatu, atau karena memang dia tidak terlalu pintar kemudian menutupi ketidakpintarannya tersebut dengan senyuman indah.

Pantang Menyerah

 

“Teruslah bermimpi, walau kenyataannya jauh berbeda. Percayalah, lelah ini hanya sebentar saja. Jangan menyerah, walaupun tak mudah meraihnya”, Ipang, Meraih Mimpi.

Mewujudkan mimpi sama halnya seperti mewujudkan cita-cita, itu artinya tidak bisa didapatkan dengan mudah, butuh kerja keras, sikap pantang menyerah, dan pastinya juga butuh waktu yang tidak sedikit. Bahkan kadang kalanya Anda harus dihadapkan dengan kenyataan yang berbeda dari apa yang Anda bayangkan sebelumnya. Jadi sangat wajar sekali apabila Anda merasa begitu sedih dan kecewa.

Meksipun demikian, jangan pernah membiarkan rasa kecewa dan sedihmu terus berlarut-larut. Bukankah sebuah mimpi dan cita-cita tersebut akan semakin matang dan manis apabila Anda mengerahkan tenagamu lebih ekstra lagi untuk meraihnya?

Selagi Diberi Hidup

 

“Ini hidupku. Sekarang atau tidak sama sekali. Aku tak akan hidup selamanya. Aku hanya ingin benar- benar hidup saat aku masih punya nyawa”, Bon Jovi, It’s My Life.

Ingat, hidup di dunia ini hanya satu kali. Waktu yang sudah Anda lewatkan tentu saja tidak akan pernah bisa kembali lagi sekeras apapun usahamu. Lantas, masihkah Anda suka menunda-nunda untuk melakukan sesuatu yang penting dalam hidupmu?

Perlu untuk Anda tahu dan ingat bahwa suatu saat nanti entah itu kapan, tetapi satu hal yang pasti jatah waktumu untuk hidup di dunia ini akan habis. Jadi, jangan sampai pada saat waktumu tinggal sedikit dan Anda tidak memiliki tenaga lagi untuk beraktifitas seperti biasanya, Anda hanya bisa menyesali semuanya.

Anda Tidak Akan Pernah Terkalahkan

 

“Tak ada hamparan bunga mawar. Tak ada pelayaran yang menyenangkan. Ku anggap semuanya sebagai tantangan di hadapa seluruh umat manusia. Dan aku tak akan kalah darinya’, Queen, We Are The Champion.

Ujian pada dasarnya sering sekali datang tanpa diundang dan dalam bentuk yang kurang menyenangkan. Jadi, sebisa mungkin jangan pernah untuk menyerah begitu saja, bahkan sampai tunduk padanya. Lebih baik Anda anggal semua itu sebagai tantangan seperti yang disebut dalam kutipan kata kata motivasi hidup di atas.

Namanya tantangan, Anda pastinya akan mendapatkan hadiah atau reward setelah berhasil menaklukkannya. Kira-kira apa hadiah yang akan Anda dapatkan? Tentu saja hadiah yang bisa didapatkan tergantung dari apa yang Anda kejar sekarang. Entah itu kesuksesan, pekerjaan yang mapan, nilai di sekolah yang bagus, dan lain-lain. Jadi, jangan mudah menyerah!

Tak Perlu Takut Salah

 

“Tak masalah jika nafasmu tersengal, tak akan ada yang menyalahkanmu. Kau bisa membuat kesalahan dari waktu ke waktu. Semua orang juga melakukannya”, Lee Hi, Breathe.

Di dunia ini memang tidak ada yang sempurna, sebab kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa. Jadi sangat sajar saja apabila Anda alami yang namanya kegagalan, atau berbuat kesalahan pada saat melakukan sesuatu. Oleh karenanya Anda tidak disarankan untuk terus menerus terpuruk dan berlama-lama menyalahkan dirimu sendiri.

Bersedih boleh-boleh saja, tapi lakukan sewajarnya saja lalu bangkitlah kembali. Jangan pernah sekali-kali Anda melupakan kesalahan tersebut, tujuannya agar Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama ke depannya nanti.

Menyalakan Dan Bersinarlah

 

“Tahukah kalau masih ada kesempatan untukmu? Karena masih ada percikan api di dalammu. Kau hanya perlu menyalakannya dan membiarkannya bersinar”, Katy Perry, Firework.

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa duniamu tidak akan berakhir begitu saja pada saat Anda alami kegagalan, bahkan kalau pun Anda mendapatkan kegagalan hingga berkali-kali sekalipun. Selama nafasmu masih berhembus sampai detik ini, itu artinya akan selalu ada kesempatan bagimu untuk bangkit dan berlari kembali.

Di dunia ini bahkan sampai sekarang masih ada banyak kok orang-orang hebat yang harus jatuh hingga berkali-kali, sebelum akhirnya mereka berhasil mengukirkan namanya dalam sejarah. Salah satunya Abraham Lincoln yang sempat alami kebangkrutan dan kalah dalam 8 kali pemilu sebelum akhirnya berhasil menjadi presiden Amerika Serikat yang ke-16.

Tidak Merendakan Diri Sendiri Dan Orang Lain

 

“Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai”, Pramoedya Ananta Toer.

Ilmu yang didapatkan dari orang pantai yang selalu menganggap bahwa orang lain bodoh pada dasarnya sama sekali tidak ada manfaatnya. Mereka hanya akan menjadi orang yang sombong dan tentu saja juga berpotensi menyakiti hati orang lain. Begitu pun dengan orang bodoh yang selalu menganggap orang lain pandai, hingga akhirnya mereka tidak termotivasi untuk belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Hati Menjadi Pengontrol Diri

 

“Hati memiliki nalarnya sendiri, sedangkan nalar tak memiliki hati”, Blaise Pascal.

Kutipan kata kata motivasi di atas adalah kata kata bijak penuh makna yang bisa Anda jadikan sebagai renungan saat ada dalam kebimbangan. Apabila Anda saat ini sedang membuat sebuah keputusan yang sulit, akan lebih baik lagi jika Anda juga melibatkan perasaanmu, bukan hanya sekadar menggunakan nalar atau logika saja.

Kenapa Anda harus melibatkan hati atau perasaanmu? Sebab, ini adalah salah satu cara agar Anda bisa lebih terkontrol lagi dan tidak memutuskan sesuatu hal yang mungkin saja akan membuatmu menyesal di kemudian hari.

Menerima Takdir Dengan Ikhlas

 

“Nasib memang diserahkan kepada manusia untuk digarap, tetapi takdir harus ditanda tangani di atas materai dan tidak boleh digugat kalau nanti terjadi apa-apa, baik atau buruk”, Sapardi Djoko Damono.

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa setiap orang memang bisa menentukan nasib mereka masing-masing berdasarkan bagaimana cara dia dalam menjalankan hidupnya. Tapi khusus untuk masalah takdir, ternyata manusia tidak bisa turun tangan.

Terlepas dari takdir baik atau pun buruk yang didapatkan, kita sebagai manusia tentunya tidak bisa menyalahkan semua yang telah terjadi. Sebab hal tersebut sudah merupakan ketetapan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Membuat Dirimu Bahagia

 

“Sebab hidup terlalu singkat untuk membiarkan orang lain menentukan apa yang membuat kita bahagia”, Ernest Prakasa.

Lalu untuk kutipan contoh kata kata motivasi di atas bisa dijadikan sebagai kata-kata penuh makna dan renunang. Ingatlah untuk selalu bahagia dengan caramu sendiri. Jangan pernah menggantungkan bahagiamu kepada orang lain, akan lebih baik lagi jika Anda menemukan kebahagiaanmu dengan caramu sendiri.

Kekuatan Mimpi

 

“Burung tersebut memang nggak akan lari, tapi burung tanpa sayap sudah bukan burung lagi. Dan manusia tanpa mimpi, sudah bukan manusia lagi’, Windhi Puspitadewi.

Kutipan yang berikut ini juga tidak kalah bagusnya untuk dijadikan sebagai cara memotivasi diri sendiri. Ibaratnya seekor burung, apabila tidak memiliki sayap, maka hidupnya menjadi sangat percuma dan tidak berguna. Begitu pula dengan manusia, sayap tersebut menggambarkan sebuah mimpi, apabila manusia tidak memiliki mimpi, maka apalah gunanya manusia hidup.

Berbuat Baik Tanpa Batas

 

“Untuk mata yang cantik, lihatlah kebaikan orang lain. Untuk bibir yang indah, berkatalah dalam kebaikan, dan ketenangan diri berjalanlah dengan pengetahuan bahwa kamu tidak pernah sendiri”, Audrey Hepburn.

Kata kata bijak motivasi tersebut pas banget buat para perempuan. Untuk menjadi lebih cantik maka Anda tidak hanya perlu mengandalkan berbagai macam skincare dan makeup, tetapi etika yang baik pun juga diperlukan dalam hal ini.

Apabila diibaratkan, riasan di wajah hanya pembungkus sementara itu yang paling penting adalah isinya. Etika yang baik menjadi isi agar seorang perempuan bisa terlihat cantik dari dalam.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat bagi pengunjung setia wahyublahe.id

2 thoughts on “Kata Kata Motivasi Hidup Untuk Diri Sendiri Agar Tidak Semakin Terpuruk

  1. kadang kata2 bijak itu terasa klise…tapi terasa kebenarannya ketika pd kondisi yg tepat dan hati mau terbuka ya kan bang..

    1. Itu dia, kenapa sampai jutaan orang mencari itu tiap bulan. Hingga akhirnya tulisan ini dibuat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *