Ragam

Keberagaman Masyarakat Indonesia

Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia memang kaya akan keberagamannya, baik agama, suku, rasa, keyakinan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Keberagaman masyarakat Indonesia ini tidak terlepas dari beberapa faktor penyebabnya.

Nah, untuk mengetahui lebih lengkap dengan akibat, macam dan contohnya, maka simak penjelasan di bawah ini, ya!

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Keberagaman dalam masyarakat Indonesia tidak ada secara tiba-tiba. Adapun beberapa faktor yang jadi penyebabnya adalah sebagai berikut:

Faktor Lingkungan dan Bentuk Daerah

Faktor yang pertama adalah berkaitan dengan lingkungan fisik atau bentuk alam sebuah daerah. Contohnya adalah pantai, pegunungan, dataran rendah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pola hidup antara di pantai dengan pegunungan jelas berbeda, mulai dari mata pencaharian, adat hingga kegiatan sosial dan budayanya. Inilah yang menyebabkan Indonesia tidak hanya satu warna, tapi beragam.

Faktor Agama atau Keyakinan

Nah penyebab keberagaman masyarakat Indonesia yang kedua bisa dilihat dari segi agama atau keyakinan, yang mana antara Hindu, Budha, Islam, Kristen, dan Konghucu masing-masing akan membentuk tatanan perilakunya sendiri.

Semua itu bisa menjadi satu dan terikat dalam wilayah Indonesia, namun tetap bebas menjalankan ajaran agama masing-masing.

Faktor Kehidupan Sosial dan Budaya di Masing-Masing Daerah

Harmoni dalam keberagaman masyarakat Indonesia bisa dilihat dari perbedaan kehidupan sosial dan budaya masing-masing daerah. Contoh sederhananya, Bali dikenal dengan upacara Ngabennya dan Jawa dikenal dengan kesenian Reog Ponorogo.

Itu baru dua wilayah, padahal setiap kabupaten atau kota yang ada di dalamnya biasanya juga memiliki kehidupan sosial dan budaya yang berbeda pula. Begitu beragam kan masyarakat Indonesia?

Faktor Sejarah

Jika Anda bertanya mengapa masyarakat Indonesia hidup dalam keberagaman? Jawabannya karena ada faktor sejarah yang membawa pengaruh besar. Contoh sederhananya, dulu sebelum nama Indonesia terbentuk banyak para pedagang dari luar negeri yang datang ke Indonesia.

Pedagang ini membawa agama dan kepercayaannya masing-masing. Pada daerah yang banyak dihuni oleh pedagang islam menyebabkan masyarakatnya berperilaku sesuai dengan nilai-nilai keislaman.

Begitupun sebaliknya, apabila sebuah daerah lebih banyak didatangi pedagang Hindu, maka adat istiadatnya juga mengikuti. Contohnya adalah Bali.

Setelah mengetahui beberapa faktor di atas, lalu pertanyaannya, apa yang dapat dilakukan masyarakat Indonesia untuk menjaga keberagamannya budaya? Jawabannya adalah dengan tetap saling menghormati dan menghargai agama, budaya dan kehidupan sosial orang lain.

Tidak boleh menganggap bahwa agama, suku dan budaya diri sendiri yang paling benar. Pasalnya, seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa terjadi perbedaan antara satu daerah dengan yang lainnya.

Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Mungkin Anda sudah sering mendengar pertanyaan jelaskan akibat keberagaman masyarakat Indonesia, namun selama ini belum ada jawaban yang jelas dan lengkap. Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena penjelasan di bawah ini akan membantu Anda.

Sebenarnya, keberagaman masyarakat Indonesia menimbulkan dua akibat yaitu positif dan negatif. Berikut ini sisi positifnya:

Kekayaan Budaya

Keberagaman masyarakat Indonesia berdasarkan suku bangsa dan budaya merupakan akibat dari perbedaan sosio historis di masa lampau. Dampak positifnya pertama, masyarakat akan bangga sekaligus merasa saling memiliki.

Lebih jauh lagi akan tercipta rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan persatuan yang lebih kuat. Jadi jika ada bangsa lain yang mencoba memecah belah, mereka akan kewalahan karena masyarakat Indonesia memiliki ragam budaya yang tidak bisa diusik begitu saja.

Masyarakat akan mencoba menjaga budayanya masing-masing. Jangan sampai tergerus oleh bangsa lain.

Identitas Bangsa

Ketika ditanya apa pengaruh keberagaman masyarakat Indonesia terhadap pola perilaku bangsa Indonesia?

Jawabannya adalah akan dikenal sebagai penduduk yang unik, berbudaya dan bersikap beda dengan negara lainnya. Oleh karena itu, tak heran jika banyak warga asing yang tertarik mempelajari budaya masyarakat Indonesia.

Lihat saja, banyak penelitian tentang tarian yang ada di Bali, sesajen hingga bahasa. Lebih jauh lagi akan membuka sektor pariwisata dan bisa menambah pemasukan negara. Wahn jadi beragam itu tidak melulu negatif, ya!

Jadi, itu dia beberapa dampak positifnya, namun terlepas dari itu terdapat beberapa permasalahan keberagaman masyarakat Indonesia alias dampak negatif. Apa saja ya kira-kira?

Konflik Sosial

Kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki keberagaman ras berpotensi menimbulkan terjadinya konflik sosial. Hal ini disebabkan karena munculnya sikap primordialisme, etnosentrisme dan chauvinisme.

Secara tidak langsung sikap tersebut bisa menimbulkan adanya gerakan separatisme yang menyerang kelompok lain. Contoh nyatanya adalah Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang melawan pemerintah pusat karena merasa tidak puas dengan kinerja yang selama ini diberikan.

Masyarakat Indonesia sangat beragam, bagaimanakah sikap kita atas keberagaman masyarakat Indonesia? Jawabannya adalah senantiasa menghargai dan menghormati orang lain walaupun berbeda suku, agama dan ras.

Semua itu dilakukan demi terciptanya kerukunan, ketenangan dan mempererat rasa persatuan. Ingat, keberagaman masyarakat Indonesia dilandasi oleh semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dominasi Kelompok Dominan

Tahukah Anda bahwa beragam sama dengan majemuk, yang pasti ada satu atau beberapa kelompok dominan. Dominasi ini disebabkan oleh beberapa faktor yang paling ketara adalah dari segi pengetahuan, pembangunan, dan tingkat pertumbuhan ekonomi.

Dominasi ini melahirkan timbulnya kesenjangan sosial yang terkadang menjadi masalah besar dan berkepanjangan.

Efek negatifnya bisa menyebabkan terjadinya perpecahan dan mengancam keruntuhan NKRI. Oleh karena itu Anda harus paham arti penting memahami keberagaman masyarakat Indonesia.

 Tidak hanya ada di pikiran saja, namun juga harus menghilangkan sifat lebih tinggi dibanding kelompok lain. Apakah sampai sini bisa dipahami?

Macam-Macam Keberagaman Masyarakat Indonesia Beserta Contohnya

Berikut ini ada macam-macam keberagaman masyarakat Indonesia lengkap dengan contoh yang sering ditemui:

Keberagaman Geografis

Pertama keberagaman masyarakat Indonesia adalah dalam hal perbedaan kondisi geografis. Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Masing-masing penghuninya memiliki aspek kehidupan yang berbeda.

Tak ketinggalan juga flora dan faunanya. Anda pasti bisa membedakan antara hewan yang ada di Jawa dengan Papua, masing-masing memiliki ciri khasnya.

Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya

Keberagaman masyarakat Indonesia dapat dilihat dari adanya suku, bahasa dan budaya yang ada. Terdapat ribuan suku yang masing-masing memiliki ciri fisik anggota, batasan wilayah hingga adat istiadat yang dilakukan.

Tak ketinggalan juga terdapat sistem interaksi, norma dan rasa identitas yang tidak dijunjung tinggi. Contohnya adalah budaya suku Jawa dengan Sunda pasti berbeda. Hal ini bisa dibuktikan dengan kesenian yang ditonjolkan.

Keberagaman Agama, Ras dan Golongan

Seperti yang telah diketahui bahwasanya Indonesia mensahkan 5 agama yang dianut yaitu Islam, Kristen, Konghucu, Hindu, dan Budha, serta ada ras kulit sawo matang, hitam dan putih. Tak ketinggalan juga golongan yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Sekarang pertanyaan terkait bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia sudah terjawab bukan? Tidak hanya dipahami saja tapi juga harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button