+29 Keindahan Alam Indonesia Yang Tersembunyi

Keindahan Alam Indonesia

Keindahan alam Indonesia yang tersembunyi dan belum terlalu dikenal, sebenarnya masih sangat banyak dan kelestariannya masih terjaga dengan baik.

Jika Anda ingin menjelajahi keindahan alam Indonesia, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Apalagi, Indonesia adalah negara kepulauan dengan banyak kekayaan alam. Sehingga Anda punya banyak pilihan destinasi wisata.

Tentang keindahan alam Indonesia yang selama ini menjadi pemberitaan banyak media, muncul keinginan untuk dapat menikmati secara langsung dengan cara berkunjung ke destinasi tempat wisata yang menarik tersebut.

Keindahan Alam Indonesia yang Tersembunyi

Keindahan alam Indonesia merupakan faktor yang mempengaruhi perekonomian dalam bidang pariwisata. Tempat wisata yang dikelola dengan baik akan mendatangkan banyak wisatawan lokal maupun luar negeri, sehingga dapat meningkatkan perekonomian negara.
Beberapa keindahan alam di Indonesia yang tersembunyi dengan keindahan yang menakjubkan, yaitu:

Air Terjun Benang Stokel, Lombok

Air Terjun Benang Stokel Lombok

Salah satu destinasi wisata Indonesia yang sudah terkenal dan mendunia adalah Lombok.

Tidak hanya menawarkan keindahan pantai yang mempesona, seperti Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, Lombok juga memiliki keindahan lain yang tersembunyi yaitu Air Terjun Benang Stokel.

Air Terjun Benang Stokel adalah objek wisata yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Arti dari Benang Stokel adalah seikat benang dikarenakan air terjun yang tumpah menyerupai ikatan benang.

Air terjun dengan ketinggian 20 sampai 30 meter ini berlokasi di Dusun Pemotoh, Lombok Tengah. Air yang ada di sana segar dan bening. Suasana air terjun yang tenang sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang ingin menyegarkan pikiran.

Untuk menikmati keindahan air terjun, Anda hanya cukup membayar Rp10.000 untuk tiket masuk per orang, parkir mobil Rp5.000, dan parkir motor Rp2.000.

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Keindahan alam Indonesia di bidang maritim sangat banyak yang dapat dinikmati antara lain yang menjadi favorit adalah pantai atau laut. Apakah Anda pernah mengunjungi Banyuwangi dan menikmati objek wisata yang ada di sana?

Jika belum, Anda perlu mengunjungi Pantai Pulau Merah. Pantai ini berada di bagian ujung timur Pulau Jawa. Banyuwangi memang tidak begitu ramai wisatawan jika dibandingkan dengan Bali yang hanya berjarak 2 jam perjalanan dengan kapal cepat.

Walaupun mulai naik daun, namun Pantai Pulau Merah atau Red Island ini belum banyak diketahui orang secara luas. Pantai Pulau Merah semakin cantik dengan latar belakang berupa bukit hijau.

Pantai yang berlokasi di Desa Sumberagung ini masih bersih dan cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Jika Anda menikmati kegiatan surfing, Pantai Pulau Merah bisa menjadi pilihan wisata yang tepat.

Tidak hanya cocok untuk aktivitas olahraga air, Pantai Pulau Merah juga menawarkan keindahan sunset yang menawan.

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Gunung Bromo atau Gunung Semeru adalah objek wisata yang sudah populer. Apabila Anda sedang berkunjung ke objek wisata tersebut maka sempatkan untuk menengok keindahan dari Air Terjun Madakaripura.

Air terjun ini dipercaya sebagai tempat Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit bertapa sebelum melakukan sumpah palapa untuk menyatukan Nusantara. Air terjun ini berlokasi di Dusun Branggah, Probolinggo.

Air Terjun Madakaripura termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa yang memiliki ketinggian kira-kira 200 meter.

Salah satu pesona unik dari Air Terjun Madakaripura adalah air terjun dikelilingi oleh tebing yang menjulang. Untuk mencapai Air Terjun Madakaripura, Anda perlu berjalan kira-kira 30 menit.

Namun, tentu saja rasa lelah berjalan akan terbayarkan dengan keindahan dari air terjun yang menawan. Objek wisata ini cocok didatangi oleh Anda yang menginginkan suasana bernuansa alam yang bisa membuat pikiran menjadi rileks.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang tiket sebesar Rp11.000 untuk hari Senin sampai Jumat dan Rp13.000 hari Sabtu dan Minggu yang belum termasuk dengan biaya parkir.

Pantai Ora, Maluku

Pantai Ora Maluku

Keindahan alam Indonesia merupakan daya tarik yang menjadi sumber devisa negara dari sektor pariwisata. Sehingga, pariwisata di Indonesia yang terkenal perlu dirawat dengan baik. Indonesia bagian timur memang terkenal dengan daerah yang eksotis.

Salah satunya adalah Pantai Ora yang ada di Maluku. Keindahan dari Pantai Ora ini tidak perlu diragukan lagi, pemandangan air laut yang biru jernih dengan latar belakang berupa pegunungan kapur.

Objek wisata ini cocok didatangi bagi Anda yang ingin menikmati pengalaman snorkeling atau diving untuk melihat cantiknya pemandangan bawah laut. Kecantikan dari Pantai Ora ini membuatnya dibandingkan dengan Maldives atau Pulau Bora-Bora yang ada di Perancis.

Danau Kaco, Jambi

Danau Kaco Jambi

Jika dikelola dengan cara yang baik, keindahan alam Indonesia dapat menjadikan sumber pemasukan untuk negara dari bidang pariwisata. Danau Kaco bertempat di Dusun Baru Lempur, Kota Jambi.

Ketika Anda menginjakkan kaki di danau, Anda akan terpesona melihat keindahan alam Indonesia yang tersembunyi ini. Danau ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Danau Kaco menawarkan pemandangan yang alami dan menawan dengan air danau yang jernih serta berwarna biru. Danau Kaco dikelilingi pohon-pohon yang membuat suasananya semakin asri dan segar.

Jika ingin melihat pemandangan danau yang unik dan berbeda, Anda bisa melihatnya saat malam hari. Saat bulan purnama, danau akan memantulkan cahaya dari bulan yang membuatnya terlihat lebih indah.

Untuk melihat Danau Kaco, Anda perlu trekking menyusuri hutan dengan waktu perjalanan sekitar 4 jam.

Kawah Ijen

Kawah Ijen Banyuwangi

Tidak hanya digambarkan dalam lagu, keindahan alam Indonesia juga digambarkan dalam suatu karya yaitu puisi. Untuk menikmati dan mensyukuri keindahan alam maka puisi keindahan alam Indonesia karya Chairil Anwar sangat cocok untuk dipelajari.

Apabila berkunjung ke Jawa Timur terdapat wisata yang sudah terkenal dengan keindahannya yang unik. Cagar Alam Taman Wisata Ijen berada di Banyuwangi yang ada di Jawa Timur.

Kawah Ijen telah terkenal sebagai destinasi wisata kawah yang mengeluarkan api dengan warna kebiruan. Kawah Ijen berada di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Waktu terbaik untuk mencapai puncak Kawah Ijen adalah tengah malam sebelum matahari terbit.

Pada saat tersebut, Anda bisa menikmati api biru yang eksotis.

Air Terjun Sipiso-Piso, Sumatera

Air Terjun Sipiso Piso

Saat berkunjung ke Danau Toba, jangan lupa untuk mengunjungi air terjun Sipiso-Piso. Sipiso-Piso berlokasi di Desa Tongging tepat bersebelahan dengan Danau Toba.

Untuk menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian, Anda bisa naik ke atas air terjun dengan ketinggian 120 meter tersebut. Namun, bagi Anda yang takut bermain di bawah air terjun saja sudah sangat menyenangkan.

Airnya yang masih alami dan dingin bisa digunakan untuk bermain air.

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin jauh dari kesibukan kota sejenak. Menghabiskan hari di sekitar air terjun akan membuat pikiran Anda lebih tenang dan segar.

Pantai Wediombo, Yogyakarta

Pantai Wediombo Yogyakarta

Mungkin bagi banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta, tempat wisata yang paling banyak dikunjungi adalah Candi Prambanan atau Malioboro. Namun, jika Anda ingin menjelajahi Yogyakarta secara lebih luas Anda bisa berkunjung ke Gunung Kidul.

Gunung Kidul adalah kabupaten yang ada di Yogyakarta yang memiliki banyak pantai indah. Salah satu pantai yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Wediombo. Pantai Wediombo adalah pantai berpasir putih dengan batuan karang.

Untuk menikmati keindahan Pantai Wediombo, Anda perlu melakukan waktu dua jam perjalanan. Di Pantai Wediombo, Anda juga bisa melakukan snorkeling atau sekedar bersantai di pinggir pantai saja.

Pantai Wediombo juga cocok dijadikan tempat untuk berkemah, karena telah ada fasilitas kamar mandi dan kondisi pantai juga bersih.

Leuwi Hejo, Bogor

Leuwi Hejo Bogor

Anda bisa menikmati keindahan alam Indonesia yang tersembunyi ini yakni Leuwi Hejo yang berlokasi di daerah Sentul, Bogor.

Leuwi Hejo merupakan air terjun dengan air yang jernih. Sesampainya di lokasi, Anda akan mendengar suara gemericik air yang mengalir dari ujung satu ke ujung lainnya. Pengunjung yang datang juga diperbolehkan untuk menikmati kesegaran air tersebut.

Pantai Gili Iyang, Jawa Timur

Pantai Gili Iyang

Jawa Timur memiliki keindahan alam Indonesia berupa pantai yang belum terlalu banyak dikunjungi dibandingkan Bali. Salah satu pantai yang ada di Jawa Timur, tepatnya di Sumenep, Madura adalah Pantai Gili Iyang.

Pulau tersebut terkenal karena memiliki kualitas oksigen terbaik di dunia yaitu sekitar 21% yang diatas rata-rata dari wilayah lainnya. Tidak hanya menawarkan udara yang masih bersih, Anda juga bisa mengunjungi berbagai destinasi berupa pantai dan goa yang ada.

Danau Gunung Tujuh, Jambi

Danau Gunung Tujuh Jambi

Ingin merasakan danau tertinggi di Asia Tenggara? Jawabannya adalah Danau Gunung Tujuh. Danau Gunung Tujuh berlokasi di Desa Pelompek, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Wisata ini termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat dan belum banyak diketahui oleh masyarakat secara luas. Untuk mencapai danau, Anda memerlukan usaha yang ekstra karena danau berada di puncak Gunung Tujuh.

Tetapi, rasa lelah karena harus mendaki akan terbayarkan dengan keindahan danau yang masih alami.

Pantai Pink, Pulau Komodo

Pantai Pink Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo merupakan salah satu destinasi wisata populer yang ada di Indonesia. Di pulau ini juga sebenarnya ada pantai yang merupakan surga tersembunyi di Indonesia.

Wisata yang belum banyak diketahui orang ini dikenal sebagai Pantai Pink, karena pasir pantai di sini berwarna merah muda yang sangat unik.

Di seluruh dunia, terdapat tujuh pantai saja dengan pasir berwarna merah muda dan salah satunya ada di Nusa Tenggara Timur yaitu di Pulau Komodo. Warna merah muda tersebut berasal dari butir warna pasir putih yang bercampur dengan serpihan karang merah muda.

Laut yang ada di Pantai Pink cocok dijadikan tempat snorkeling atau diving karena airnya yang jernih. Untuk bisa menikmati keindahan destinasi wisata ini, Anda memerlukan waktu kira-kira dua jam dari Kota Mataram melalui jalur laut atau darat karena lokasinya yang terpencil.

Danau Kakaban, Kalimantan Timur

Danau Kakaban - Ubur Ubur

Pernahkah Anda berpikir untuk berenang bersama ubur-ubur? Jika Anda ingin, Anda bisa berenang bersama ubur-ubur di Danau Kakaban. Danau Kakaban terletak di Pulau Kakaban, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Umumnya, danau merupakan habitat dari ikan tawar tetapi Danau Kakaban ditinggali oleh ubur-ubur. Ubur-ubur yang hidup bukan jenis ubur-ubur yang menyengat, sehingga pengunjung bisa berenang dengan bebas di danau yang termasuk ke dalam keindahan alam Indonesia ini.

Danau Kakaban adalah salah satu lokasi dari dua lokasi yang ada di dunia di mana Anda bisa melihat spesies ubur-ubur tidak menyengat. Lokasi serupa yang ada di dunia yaitu Jellyfish Lake yang ada di Micronesia.

Keindahan Alam Indonesia di Mata Dunia

Ada banyak tempat unik dan indah di Indonesia yang membuat wisatawan luar negeri tertarik untuk datang. Apabila ada banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia untuk berwisata maka devisa negara juga akan bertambah.

Baca : Wisata Halal Indonesia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Beberapa keindahan alam Indonesia di mata dunia, yaitu:

Danau Toba

Tidak hanya terkenal di kalangan masyarakat lokal, keindahan dari Danau Toba juga sudah terkenal sampai ke mancanegara. Danau Toba adalah danau terbesar yang ada di Indonesia.

Salah satu keunikan dari Danau Toba adalah di tengah-tengahnya terdapat daratan yang dikenal sebagai Pulau Samosir. Anda juga bisa mencoba berkunjung untuk melakukan eksplorasi di Pulau Samosir dengan menumpang kapal feri dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Danau Toba terletak kira-kira 900 meter di atas permukaan laut yang membuat suasananya sejuk. Anda bisa menikmati pemandangan Danau Toba sambil mencicipi berbagai kuliner seafood. Untuk bisa menikmati pemandangan terbaik, Anda perlu mencari spot yang tepat.

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang terkenal di Indonesia. Status sebagai gunung berapi aktif, tidak membuat Gunung Bromo sepi pengunjung. Terdapat banyak spot menarik di sekitar Gunung Bromo yang disukai oleh wisatawan.

Salah satu spot menarik yaitu Puncak Penanjakan yang sering dikunjungi untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Anda tidak perlu khawatir tentang fasilitas yang ada. Di Puncak Penanjakan, terdapat fasilitas yang cukup lengkap, seperti toilet, mushola, dan warung.

Selain Puncak Penanjakan, spot yang tidak boleh tertinggal adalah Pasir Berbisik. Pasir Berbisik merupakan hamparan padang pasir yang terletak di jalur menuju ke puncak Gunung Bromo.

Padang pasir ini memiliki luas 5.920 hektar dengan pemandangan alam yang terlihat eksotis dengan tebing yang ada di sekitarnya. Tekstur dari pasir ini halus dan berwarna hitam.

Belitung

Salah satu keindahan alam Indonesia yang sudah terkenal adalah Pulau Belitung. Setiap tahunnya pengunjung yang datang ke Pulau Belitung semakin meningkat. Pulau Belitung mulai terkenal karena novel Laskar Pelangi yang dibuat oleh Andrea Hirata.

Kisah yang inspiratif dengan latar belakang Pulau Lengkuas membuat banyak wisatawan berminat untuk datang ke Belitung. Ada banyak lokasi menarik dengan keindahan alam Pulau Belitung yang menawan.

Beberapa spot yang tidak boleh terlewat saat berkunjung ke Belitung yaitu Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, dan Pulau Leebong.

Pantai Sanur

Keindahan alam Indonesia perlu dijaga agar kondisinya selalu terawat dan bisa bertahan untuk waktu yang sangat lama. Salah satu pulau yang banyak dikunjungi di Indonesia adalah Bali. Mungkin bagi wisatawan asing nama Pantai Sanur sudah sangat dikenal dengan baik.

Pantai Sanur berlokasi di bagian timur Kota Denpasar yang membuatnya sebagai lokasi yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Di Pantai Sanur, Anda bisa berenang atau bermain pasir.

Kontur pesisir pasir yang landai membuatnya sebagai tempat bermain yang ramah untuk semua wisatawan. Ombak di Pantai Sanur juga cenderung tenang dan tidak terlalu kencang.

Ketika sore hari, banyak wisatawan yang menyewa kano untuk menikmati pemandangan laut yang mempesona.

Raja Ampat

Bagi Anda yang memiliki budget cukup banyak untuk liburan, Raja Ampat bisa menjadi destinasi wisata yang menjanjikan. Raja Ampat menawarkan keindahan yang mempesona dan masih terlihat sangat alami.

Walaupun lokasinya cukup jauh, namun banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke Raja Ampat. Fasilitas di kawasan wisata juga sudah nyaman dan lengkap. Salah satu lokasi menarik yang ada di Raja Ampat yaitu kawasan karst Pianemo.

Gugusan pulau karang tersebut membentang di laut yang juga dijuluki sebagai surga kecil yang terlihat cantik. Terdapat juga Laguna Bintang yaitu laguna yang memiliki bentuk menyerupai bintang dengan air yang berwarna hijau toska.

Laguna merupakan danau asin yang terbentuk alami dan bisa dinikmati dari puncak bukit. Jika Anda berkunjung ke Raja Ampat jangan sampai melewatkan Arborek. Arborek merupakan pulau kecil dengan pantai landai yang memiliki arus air tenang.

Hamparan pasir yang ada di Arborek berwarna putih dan banyak pohon kelapa yang membuat suasana semakin eksotis.

Bunaken

Keindahan alam Indonesia yang sayang untuk dilewatkan adalah Bunaken. Taman Nasional Bunaken terletak di Segitiga Terumbu Karang, Sulawesi Utara. Di Bunaken, terdapat kira-kira 390 spesies terumbu karang dan berbagai ikan serta hewan laut.

Hal ini membuat Bunaken banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut Indonesia. Aktivitas yang disenangi oleh wisatawan adalah snorkeling dan diving. Bunaken juga dikatakan sebagai salah satu destinasi menyelam terbaik yang ada di Indonesia.

Spot terbaik berada di Puncak Barakuda dan Bunaken Timur Mandolin. Keindahan bawah laut Bunaken akan membuat siapa saja terpesona saat melihatnya.

Apabila Anda tidak ingin melakukan snorkeling atau diving, perahu semi yang dilengkapi dinding kaca bisa menjadi cara alternatif untuk melihat terumbu karang yang indah.

Pulau Komodo

Indonesia memiliki segudang keindahan alam yang menakjubkan. Keindahan alam Indonesia juga banyak tertuang dalam lagu-lagu.
Beberapa lagu yang menggambarkan keindahan alam Indonesia adalah Rayuan Pulau Kelapa, Tanah Airku, Nyiur Hijau, Dari Sabang Sampai Merauke, dan Jembatan Merah.

Pulau Komodo merupakan keindahan alam di Indonesia yang sudah dikenal oleh wisatawan dari mancanegara. Pulau Komodo berada di Nusa Tenggara Timur. Di Pulau Komodo terdapat sekitar 2.000 ekor komodo yang hidup.

Komodo merupakan hewan endemik Indonesia yang terkenal di mata dunia. Selain daya tarik berupa hewan komodo, keindahan dari Pulau Komodo juga tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Wae Rebo

Desa Wae Rebo dikenal sebagai negeri di atas awan karena berada pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Desa Wae Rebo terletak di Manggarai, NTT. Untuk bisa menikmati keindahan Wae Rebo, Anda perlu melalui perjalanan yang cukup sulit.

Tetapi, perjalan tersebut akan langsung hilang setelah melihat keindahan dari bangunan tradisional Wae Rebo dengan gunung-gunung yang menjulang di belakangnya. Pada tahun 2012, UNESCO menobatkan Wae Rebo sebagai salah satu dari situs warisan dunia.

Banda Neira

Jika berbicara mengenai wilayah timur Indonesia rasanya sulit untuk dijelaskan dalam satu kalimat saja. Banda Neira merupakan pulau dengan keindahan alam yang indah dan berada di Maluku Tengah.

Banda Neira termasuk lokasi wisata favorit wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia. Tidak hanya keindahan alam yang menakjubkan, terdapat sejarah yang panjang di Banda Neira. Pada zaman kolonialisme Belanda Banda Neira merupakan pusat perdagangan.

Oleh karena itu, Anda juga masih bisa menemukan beberapa peninggalan Belanda di pulau ini.

Wakatobi

Keindahan alam harus dicintai dan dilestarikan – makna kata yang tanda kutip adalah alam Indonesia harus selalu dijaga dan dirawat supaya tidak rusak.

Taman Nasional Wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara adalah salah satu destinasi wisata dengan keindahan alam Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. Wakatobi juga sering dijuluki sebagai surga bawah laut karena terdapat banyak fauna dan flora yang hidup di Wakatobi.

Jika berkunjung ke Wakatobi, aktivitas snorkeling atau diving adalah salah satu aktivitas favorit dari wisatawan yang datang.

Mentawai

Mentawai adalah destinasi wisata dengan keindahan yang sudah diakui oleh dunia. Kepulauan Mentawai berlokasi di Sumatera Barat dan terkenal dengan pantai-pantainya yang berombak dan indah.

Setiap tahun, ribuan peselancar dari berbagai negara datang untuk berselancar di laut Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai adalah destinasi wisata yang direkomendasikan bagi Anda pecinta wisata pantai dan islands hopping.

Danau Sentani

Nama sentani mempunyai arti di sini kami tinggal dengan damai rasanya sangat cocok dengan suasana danau yang menenangkan dan damai. Danau Sentani merupakan danau terbesar yang ada di Papua dengan keindahan eksotis dan masih asri.

Danau ini berada ketinggian 75 mdpl dengan luas sekitar 9.360 hektar. Atmosfer udara yang ada di Danau Sentani masih sangat segar dan alami.

Setiap bulan Juni, terdapat Festival Danau Sentani yaitu pertunjukkan budaya Papua seperti tari perang dan tari tradisional Papua lainnya yang dilakukan di atas perahu.

Derawan

Provinsi Kalimantan Timur juga memiliki destinasi wisata yang sudah dikenal di mata dunia, yaitu gugusan Kepulauan Derawan. Gugusan pulau ini dikenal sebagai destinasi untuk snorkeling dan diving yang sudah terkenal.

Blue Trigger Wall adalah salah satu titik penyelaman dengan kedalaman 10 meter yang terkenal di Derawan.

Karimun Jawa

Karimun Jawa merupakan keindahan alam Indonesia yang memiliki 27 jenis koral yang indah dan menari. Karimun Jawa berlokasi di bagian utara Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Pulau Karimunjawa dipenuhi dengan pasir putih dan warna air laut biru turquoise yang menarik.

Terdapat banyak aktivitas yang bisa dinikmati di Karimun Jawa. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan adalah memancing dan melihat pembudidayaan rumput laut. Ada juga hutan mangrove yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang datang ke Karimun Jawa.

Seminyak, Bali

Jika berbicara mengenai keindahan alam Indonesia yang mendunia tentu saja Bali adalah destinasi yang banyak dikenal. Pantai Seminyak adalah salah satu pantai dengan panorama yang indah di Bali.

Pantai Seminyak merupakan destinasi favorit di Bali bagi wisatawan asing dan wisatawan lokal. Pengunjung juga tidak memerlukan tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan dari Pantai Seminyak.

Pantai Seminyak dikenal dengan pasir pantai putihnya yang lembut. Selain itu, banyak juga wisatawan yang datang untuk berselancar. Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai, Anda bisa melihat pemandangan sunset yang mempesona di Seminyak.

Ada banyak fasilitas yang membuat Seminyak banyak dikunjungi wisatawan, misalnya private villa, cafe, tempat makan, dan lainnya.

Dari banyaknya keindahan alam Indonesia di atas, semoga kita diberikan kesempatan untuk menikmati destinasi wisata tersebut. Aamiin.

Taman Nasional Tanjung Puting

Kalimantan merupakan pulau terbesar yang ada di Indonesia, salah satu wisata yang sudah mendunia di sana adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Taman ini berlokasi di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Di Taman Nasional Tanjung Puting, wisatawan dapat mengunjungi tempat rehabilitasi untuk orang utan. Tidak hanya orang utan, terdapat banyak satwa liar yang dilindungi, misalnya macan tutul, leopard, beruang, dan binatang lainnya.

Berbeda dengan tempat rehabilitasi lainnya, Anda bisa melakukan interaksi dengan satwa yang ada.

Sumber : Travelahoi

Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133