Marketing

Kelebihan Digital Marketing di Era Industri 4.0

Kelebihan digital marketing dibandingkan dengan pemasaran online adalah bagaimana hasilnya setelah melakukan promosi. Langkah ini dinilai efektif karena, mampu menjaring konsumen secara luas dan hasilnya bisa dilihat.

Walau secara grafik proses naik perlahan, tetapi saat diambil nilai rata-rata tetap menunjukkan peningkatan.

Dalam dunia bisnis, sebenarnya kurva keuntungan seperti ini yang dibutuhkan bukan melonjak kemudian menurun tajam.

Justru, grafik tersebut menjadi pertanda besar bahwa, perusahaan Anda sebentar lagi akan berhenti berjualan. Andai saja, tidak ada perubahan sama sekali. Mulai dari strategi, produk, sampai fasilitas untuk pelanggan.

Zaman serba canggih, masuknya internet mengubah peta persaingan 180 derajat. Dimana, produsen harus menurut keinginan konsumen. Tidak peduli brand tersebut sudah bertahan puluhan tahun atau baru saja.

Asalkan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, pasti akan bertahan lama. Walaupun strategi tersebut sedikit mengkhawatirkan, karena pembeli tidak pernah ada puasnya. Selalu ingin lebih dan lebih lagi.

Jika, harapan tersebut tidak terpenuhi, mungkin akan ditinggalkan. Dari mana, sebuah merek mampu mengetahui keinginan konsumennya? Jawaban tersebut ada pada strategi pemasaran digital, dimana akses tersebut terbuka lebar.

Salah satu contoh brand luar negeri yang berhasil memanfaatkan cara ini adalah Xiaomi. Mereka, saat ini mampu menduduki peringkat pertama di 22 negara. Mengalahkan dominasi Samsung dan Iphone.

Dimana, keduanya terkenal saling jegal menjegal. Xiaomi mengerti benar kebutuhan, keinginan, dan harapan para pelanggannya. Tidak heran, beberapa orang yang sudah pakem akhirnya, beralih juga ke produk tersebut.

Kelebihan Digital Marketing Sebagai Analisis Pasar

Dalam menjalankan berbagai macam penawaran, setiap brand harus mampu menguasai ilmu analisis pasar terlebih dulu. Dari sini, semua perencanaan jangka panjang serta pendek dapat dibuat dan tepat sasaran.

Masih menggunakan ilustrasi di atas sebagai contoh. Xiaomi dengan customer service dan media sosialnya mampu mendengar bagaimana keinginan seluruh masyarakat Indonesia. Apa yang diinginkan dari Smartphone tersebut.

Dari berbagai saran hingga kritik tersebut, mereka mampu membuat sebuah peta analisa. Harus diakui Perusahaan asal China ini cukup hebat. Kemampuannya menganalisa kebutuhan setiap negara harus mendapatkan apresiasi.

Seperti diketahui, setiap negara mempunyai perbedaan budaya dan cara pandang seseorang mengenai Smartphone. Xiaomi membuktikan, prosesnya menganalisa menjadi faktor penting menguasai pasar. Apalagi, Indonesia yang dikenal sulit.

Masyarakatnya konsumtif, membuat beberapa merek bisa masuk mudah. Persaingan ketat harus terjadi, terbukti brand sekelas Motorolla, Asus, dan Lenovo mulai menyerah menghadirkan jagoan baru. Hal ini juga bisa jadi bukti.

Jika, ketiganya kurang mampu memanfaatkan kelebihan strategi pemasaran secara digital. Secara keseluruhan menyerah kalah dibandingkan brand seperti Realme, Samsung, Vivo, sampai Oppo. Hal ini juga bisa dilihat pada produk lokal.

Hanya Advan saja masih bertahan sampai saat ini. Walaupun secara kualitas memang kalah jauh. Namun mereka tetap memberikan yang terbaik, mungkin masih bisa untung walau hanya sedikit saja.

Kelebihan Digital Marketing untuk Memenangkan Persaingan

Dari proses analisis ini Anda bisa mengatur bagaimana perencanaannya. Harus dengan teknik seperti apa, agar pelanggan tidak pernah bosan melirik produk Anda. Poin utamanya adalah selalu ingat.

Jadi, saat ditanya orang lain mengenai merek sebuah barang. Jawaban, pertama yang keluar adalah produk Anda. Selain itu, proses kedua adalah bagaimana caranya agar selalu diperbincangkan oleh semua kalangan.

Teknik tersebut hanya dimiliki oleh Digital marketing. Membuat sesuatu konsep viral dan saat orang berada di kedai kopi, salah satu bahan perbincangannya adalah sebuah produk. Walaupun punya berbagai macam pendapat.

Namun langkah ini dinilai sangat tepat dalam menjalankan promosi. Inilah kelebihan digital marketing lainnya, dimana ilmu yang diterapkan membuat semua orang seakan terhipnotis untuk membicarakannya.

Dari satu orang, menular kepada lainnya dengan pikiran sama begitu seterusnya. Apalagi, saat ini peran reviewer menjadi sangat penting dalam mempengaruhi peran masyarakat untuk memutuskan beli atau tidak.

Semua ini berasal dari teknik pemasaran online, menurun menuju proses analisa, hingga akhirnya menciptakan produk berkualitas dan sesuai keinginan masyarakat. Kemudian, meledak di pasaran dalam waktu tidak terbatas.

Kelebihan Digital Marketing Tidak Terbatas

Manfaat pemasaran digital yang terakhir adalah promosi ini bersifat tidak terbatas dengan waktu. Hal tersebut berbanding jauh ketika Anda mencoba melakukannya melalui offline. Jejaknya bisa dihapus begitu saja.

Saat orang memberikan selebaran brosur. Mereka akan membaca lalu, masuk ke laci dan akhirnya lupa. Tetapi, saat memanfaatkan teknologi online, walau sudah beberapa hari, postingan tersebut masih tersedia.

Jadi, pelanggan masih bisa melihatnya walau sudah beberapa hari terbit. Jika, ingin jangkauannya luas, cukup bagikan link saja. Mudah, hemat, dan sangat praktis. Tidak perlu orang ahli atau punya divisinya.

Setiap perusahaan bisa menggunakan jasa dari industri agency, agar pemanfaatannya bisa lebih maksimal lagi. Bagaimana, mau mencoba strategi tersebut? lakukan saja dengan langkah yang paling mudah melalui medsos.

Harus diakui banyak sekali manfaat bila Anda mampu menguasainya. Apalagi, persaingan usaha semakin ketat dan dunia berkembang pesat. Kelebihan digital marketing harus Anda manfaatkan segera tanpa perlu pikir panjang.

Nah, bila Anda telah membaca mengenai kelebihan Digital Marketing di atas, ternyata efektif untuk memenangkan persaingan bisnis.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button