Bisnis

Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Istilah dalam ekonomi yang sangat lumrah terdengar adalah kewirausahaan. Baik kewirausahaan menurut para ahli maupun pengertian kewirausahaan sederhana secara umum, semuanya berpusat pada kegiatan ekonomi yang menghasilkan.

Selain kata kewirausahaan, satu kata lagi yang sama terkenalnya adalah kata wirausaha.

Namun ada perbedaan wirausaha dan kewirausahaan, meskipun keduanya serupa.

Kewirausahaan lebih mengarah kepada kemampuan yang dimiliki oleh seorang wirausahawan, sedangkan wirausaha lebih mengarah kepada subjek pelaksana kewirausahaan.

Apa Itu Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah segala kemampuan yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang dalam mengupayakan segala sumber daya yang mereka miliki untuk memenuhi kebutuhan hidup atau menambah nilai kepada sesuatu.

Istilah lain, kewirausahaan merupakan penggabungan antara pembaharuan, kesempatan, serta cara produksi sehingga sebuah benda atau jasa meningkat nilainya dibandingkan dengan sebelumnya.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Segala usaha yang dilakukan guna menentukan dan mengembangkan sebuah produk juga masuk ke dalam arti kewirausahaan.

Namun, kita perlu tahu pengertian kewirausahaan menurut para ahli, sebagai berikut ini :

Richard Cantillon

Menurut Richard Cantillon, kewirausahaan dan wirausaha adalah satu kesatuan. Kewirausahaan sejatinya adalah wirausaha itu sendiri. Seorang pelaku usaha mengambil keputusan berisiko dan penuh ketidakpastian ketika dia membeli dan mengolah barang atau jasa dan menjualnya kembali dengan harga berbeda di masa yang akan datang.

Thomas W. Zimmerer

Menurut Thomas W. Zimmerer, kewirausahaan merupakan kemampuan seseorang menangkap peluang dari masalah yang dihadapi oleh orang lain, dengan menerapkan kreativitas dan meningkatkan inovasi sehingga tercipta solusi masalah yang bisa menghasilkan keuntungan.

Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer

Pendapat lain mengatakan bahwa kewirausahaan merupakan sebuah proses penciptaan dari satu barang atau jasa ke sebuah barang dan jasa yang lain dengan sepenuhnya memberikan waktu dan tenaga yang dimilikinya ke dalam proses tersebut.

Selain itu, terdapat pula tanggungan yang harus mau dipikul yaitu finansial, kejiwaan, dan sosial namun dengan timbal balik berupa balas jasa, uang, dan kepuasan batin.

Peggy A. Lambing dan Charles R. Kuehl

Kewirausahaan menurut para ahli berikut menekankan kepada sebuah proses kreatif dan inovatif yang dapat memberikan sebuah nilai lebih kepada barang dan jasa yang nantinya dapat membawa manfaat bagi orang lain.

Drucker

Kemampuan yang dimiliki seseorang dalam proses penciptaan sebuah produk yang segar dan baru, serta berbeda dari sebelumnya adalah kewirausahaan menurut Drucker.

Tujuan Kewirausahaan

Mendukung Munculnya Usaha-usaha Kecil

Salah satu masalah yang kerap timbul di masyarakat adalah kurangnya lapangan pekerjaan. Ketika semua orang berdiam diri dan tidak mau mengatasi masalah tersebut, maka ketimpangan antara jumlah pekerja potensial dengan lapangan pekerjaan akan terus ada.

Namun, jika ada banyak orang atau sekelompok orang yang memiliki jiwa kewirausahaan, maka akan ada banyak lapangan kerja yang tercipta. Walaupun dengan modal yang terbatas, dan bahkan ada pula yang tidak menggunakan modal sama sekali, usaha-usaha kecil ini bisa berkembang asalkan digawangi oleh orang yang tepat.

Kejelian seorang wirausaha melihat peluang pasar bisa menciptakan banyak usaha baru yang sebelumnya tidak terpikirkan. Seorang wirausaha yang kreatif bisa membuat sebuah hal biasa menjadi luar biasa dan membawa keuntungan.

Kesejahteraan Masyarakat Terangkat

Seperti yang sudah dibahas di atas, kewirausahaan dapat membuka tumbuhnya usaha-usaha kecil baru. Hal ini jelas akan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Mereka yang dahulunya adalah pengangguran dan hidup pas-pasan, dengan adanya usaha baru akan menjadikan mereka lebih produktif dan hidup lebih baik.

Selain itu, masalah yang dihadapi dalam keseharian bisa terjawab hingga kehidupan bisa lebih mudah. Misalnya ketika dahulu seseorang ingin membeli makanan di restoran harus datang sendiri, kini berkat inovasi kreatif dari seorang wirausaha, layanan pengiriman makanan baik lewat restoran itu sendiri atau layanan ojek online bisa dilakukan.

Menumbuhkan Semangat Berinovasi

Satu inovasi akan memicu inovasi lainnya untuk muncul. Hal ini seperti magnet yang saling tarik menarik. Seperti contohnya layanan ojek online. Ketika satu orang berinovasi mendirikan layanan ini, maka akan lahir pula layanan yang lain. Meskipun kadang serupa, tetapi pasti ada hal lain yang diangkat untuk menjawab isu tertentu yang belum bisa diatasi oleh layanan sebelumnya.

Dengan demikian akan semakin banyak pula orang yang terpicu untuk membuat inovasi-inovasi di bidang lainnya. Perkembangan dunia kreatif dan inovasi ini membuat geliat usaha dan kehidupan pada umumnya dapat lebih bergerak dinamis.

Manfaat Kewirausahaan

Pertumbuhan Kemampuan Manajerial

Salah satu kemampuan yang paling dibutuhkan oleh seorang wirausaha adalah kemampuan manajerial. Sebab, di dalam kegiatan usahanya akan ada banyak hal yang harus bisa diatur dan dikelola agar dapat bersinergi dengan baik. Seiring berjalannya usaha, maka kemampuan manajerial harus semakin ditingkatkan.

Seseorang yang belum menjadi pengusaha pun harus belajar tentang kemampuan ini sebelum memutuskan untuk menjadi seorang pemilik bisnis. Sebab dengan modal sebesar apapun, namun tidak disertai dengan kemampuan pengelolaan yang baik, maka sudah pasti bisnis tidak akan dapat bekembang.

Meningkatkan standar hidup yang lebih baik

Seperti yang kita tahu, pengertian kewirausahaan dan wirausaha menekankan kepada kemampuan seseorang dalam menciptakan sebuah peluang untuk mendapatkan keuntungan dengan menaikan nilai jual suatu barang atau jasa. Dengan masuknya kewirausahaan, maka laba yang diperoleh menjadi meningkat dan bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Misalnya di daerah penghasil cabai, ketika semua orang memiliki usaha cabai maka harga cabai di tempat tersebut tentu tidak akan memiliki harga jual yang tinggi. Namun ketika cabai tersebut diolah, misalnya menjadi sambal kemasan, maka harga cabai menjadi lebih tinggi dan pemilik usaha bisa meningkatkan taraf hidupnya.

Pembangunan Ekonomi

Jika setiap warga negara memiliki penghidupan yang layak dan ada banyak usaha kecil yang berkembang dengan pesat, maka hal tersebut akan berdampak pada pembangunan ekonomi. Ketika ada banyak orang mendirikan usaha, maka penghasilan negara akan meningkat. Hal ini dikarenakan ada hasil dari pajak yang masuk dalam skala besar.

Penghasilan ini akan disalurkan kepada daerah-daerah yang membutuhkan pembangunan sarana dan prasarana. Pembangunan yang terarah dan pesat akan mendorong pergerakan ekonomi yang lebih cepat.

Makalah Kewirausahaan

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Rumusan Masalah

Tujuan

BAB II PEMBAHASAN

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Tujuan Kewirausahaan

Manfaat Kewirausahaan

Ruang Lingkup Kewirausahaan

Karakteristik Wirausaha

Penyebab Kegagalan Dalam Kewirausahaan

BAB III PENUTUP

Kesimpulan

Saran

Proposal Kewirausahaan

Ada banyak proposal kewirausahaan yang bisa dipilih dalam materi produk kreatif dan kewirausahaan smk. Namun, umumnya proposal yang diajukan adalah proposal untuk usaha makanan.

Di bawah ini adalah contoh struktur proposal yang bisa digunakan untuk mengajukan bantuan kewirausahaan:

BANDROS JAJANAN KEKINIAN KHAS BANDUNG

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Visi dan Misi

Tujuan dan Maksud Kegiatan Usaha

BAB II PEMBAHASAN

Profil

Strategi Pasar

Analisis SWOT

BAB III MANAJEMEN PRODUKSI

Proses Produksi

Bahan baku

Peralatan dan Perlengkapan

Biaya Lain-lain

Cara Pembuatan

BAB IV RENCANA ANGGARAN

Modal/Pemasukkan

Penentuan Harga Jual

Perhitungan Laba/Rugi

BAB V PENUTUP

Kesimpulan

Kata Penutup

Konsep Kewirausahaan

Kelincahan/Agility

Maksud dari kelincahan atau agility adalah kemampuan seorang wirausaha beradaptasi dengan cepat dan tepat ketika menghadapi permasalahan. Dalam perubahan arah dan aksi yang diambil, seseorang tersebut tidak boleh kehilangan pegangan dan keseimbangan

Kemampuan semacam ini harus tertanam dalam kewirausahaan sebab mendirikan usaha sendiri sebenarnya adalah hal yang tidak pasti. Ada banyak hal yang bisa terjadi secara tiba-tiba di pasar, maka setiap pemilik usaha harus mampu untuk bergerak mengikuti perubahan tersebut agar tetap bisa bertahan.

Misalnya ketika terjadi pandemi seperti yang sekarang ini, seorang yang terjun dan paham kewirausahaan harus beradaptasi dengan keadaan yang ada dan mencoba mencari solusi.

Seseorang yang berjualan makanan terbiasa melayani pelanggan yang makan di tempat. Namun ketika muncul larangan untuk makan di tempat, maka dia harus mau berinovasi.

Pengusaha dapat membuat layanan pesan antar bahkan mengakali dengan mengubah makanan nya menjadi makanan beku sehingga pelanggan tetap bisa menikmati dalam keadaan apapun.

Daya Tahan (Endurance)

Kewirausahaan menurut para ahli membutuhkan bukan hanya kelincahan tetapi juga daya tahan ketika menghadapi masalah.  Di masa krisis, terutama krisis ekonomi, pengusaha harus bisa bertahan meski terdapat tekanan terus menerus. Dalam krisis ekonomi, pemasukan sebuah usaha bisa berkurang hingga setengahnya bahkan seluruhnya.

Tentunya ada pertimbangan untuk menutup usaha karena hasil yang didapatkan tidak mampu menutup kebutuhan. Namun, ada banyak juga yang memilih bertahan sambil mencari jalan keluar. Para pengusaha harus memiliki daya juang yang tinggi dan mengambil kata menyerah sebagai opsi terakhir.

Kecepatan

Seorang pengusaha harus memiliki kemampuan untuk bisa membuat gerakan yang sambung menyambung dalam tempo yang singkat. Ketika dihadapkan pada sebuah masalah, seorang pengusaha harus mampu meresponnya dengan cepat. Inovasi harus dilakukan tanpa henti dan dikeluarkan di saat yang tepat.

Ide yang hanya dibiarkan saja bisa hangus karena tren yang sudah tidak lagi sesuai. Bahkan bisa saja ide tersebut malah lebih dulu direalisasikan oleh pesaing. Maka seorang pengusaha harus mampu membuat keputusan yang cepat dan tepat untuk menjawab kebutuhan pasar.

Kelenturan

Tidak semua pengusaha mendapatkan ruang lingkup yang mendukung usahanya. Misalnya seseorang yang hidup di pedesaan dengan akses jalan yang susah tentunya memiliki kesulitan, yang lebih dalam pendistribusian produknya dibandingkan dengan daerah dengan akses yang mudah.

Namun di sinilah letak tantangan yang harus diselesaikan oleh seorang wirausaha. Sebab, mereka memang dituntut untuk bisa fleksibel dengan keadaan. Dibandingkan harus memikirkan hal yang jauh, ada baiknya untuk memanfaatkan yang dekat agar usaha bisa lebih optimal.

Pengusaha harus mampu menghidupi pedoman kewirausahaan menurut para ahli, yaitu mampu mengoptimalkan ruang dan sumber daya yang ada di sekitar. Gali dulu potensi terdekat sambil memikirkan untuk memperluas dan mengoptimalkan sumber daya yang jauh.

Kekuatan

Untuk bisa meraih kecepatan, kelincahan, daya tahan dan kelenturan maka dibutuhkan kekuatan agar dapat menanggungnya.

Seorang wirausahawan harus mampu memiliki kekuatan, bukan hanya fisik tetapi juga psikis sehingga mampu membuat keputusan yang tepat di saat yang tepat. Dengan kekuatan, pengusaha dapat belajar bergerak ke berbagai arah. Tanpa kekuatan, maka respon terhadap tantangan akan melemah.

Contoh Kewirausahaan

Franchise Minuman

Salah satu contoh kegiatan kewirausahaan yang umumnya ada dalam modul produk kreatif dan kewirausahaan adalah franchise minuman. Selain makanan, franchise minuman memang sangat menjamur akhir-akhir ini.

Anda dapat melihat banyak tenant dan stand yang menjual minuman, bahkan ada yang menjual dalam jarak yang tak lebih dari 5 meter. Beberapa waktu belakangan ini, jenis minuman yang terkenal adalah yang menggunakan bahan susu dan boba.

Minuman semacam ini sangat banyak jumlahnya. Namun, meski menjual dengan bahan dasar yang sama, pengusaha mencoba untuk menciptakan inovasi rasa yang berbeda-beda. Hal ini membuat bisnis minuman tetap terasa legit meskipun memiliki banyak pesaing.

Berjualan Pakaian

Sebagai satu dari tiga kebutuhan pokok manusia, sandang tentunya merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Itulah sebabnya banyak orang terjun ke dalam bisnis semacam ini.

Ada banyak jenis pakaian yang bisa dijual, mulai dari atasan, bawahan hingga aksesorisnya. Bahkan, beberapa waktu belakangan, bukan hanya pakaian baru yang diminati tetapi juga pakaian bekas atau yang lebih terkenal dengan nama preloved.

Berbisnis pakaian pun harus bisa mengikuti strategi dan tujuan dari kewirausahaan menurut para ahli. Karena ada banyak orang yang berjualan dengan produk yang sama, maka tiap penjual harus memiliki keistimewaan tersendiri untuk produknya. Keunggulan tersebut bisa dipilih dari segi bahan, model, harga atau pertimbangan lainnya.

Produksi Makanan Ringan

Makanan ringan alias cemilan tampaknya tidak akan bisa dilepaskan dari siapapun. Baik tua maupun muda, lelaki maupun perempuan, memiliki keinginan untuk memakan camilan. Buktinya ada banyak penjaja cemilan keliling yang tidak pernah sepi pembeli. Selain itu, usaha online yang menjual berbagai makanan ringan pun juga cukup menggeliat.

Banyak orang berpikir bahwa usaha makanan ringan hanyalah usaha kecil yang tidak bisa memberikan keuntungan besar. Namun, jika menerapkan konsep kewirausahaan yang benar, usaha sekecil apapun dapat mendatangkan laba yang lumayan. Salah satunya adalah bisnis makanan ringan berbahan makaroni goreng dengan berbagai varian rasa.

Jika dilihat, makaroni hanyalah makanan murah yang dapat dengan mudah didapatkan di pasar. Namun, seorang pengusaha yang paham inovasi dapat mengemas makaroni tersebut hingga memiliki nilai lebih, baik dari segi pengemasan, rasa hingga branding.

Usaha Laundry

Bagi orang yang memiliki waktu dan tenaga, maka urusan mencuci baju adalah perkara sepele yang bisa dikerjakan kapan saja. Namun, bagi mereka yang harus bekerja dan tidak ada waktu, bahkan untuk sekedar beristirahat, maka mencuci bisa menjadi perkara yang melelahkan.

Sesuai prinsip kewirausahaan menurut para ahli, masalah seseorang adalah keuntungan bagi orang lain.  Dengan konsep ini, para pengusaha laundry menawarkan solusi bagi mereka yang tidak memiliki waktu mencuci.

Hal ini bukan hanya mendatangkan manfaat bagi pengusaha karena mendapatkan untung, para pengguna jasa pun juga merasakan manfaatnya karena tidak lagi repot mencuci.

Fotografi

Sekarang ini usaha pemotretan sudah sangat berkembang pesat. Jika dulu obyek yang bisa diabadikan hanya terbatas, maka sekarang hampir semua bidang membutuhkan jasa fotografi. Hal ini tentu tidak lepas dari para pengusaha bidang fotografi yang jeli melihat peluang.

Di era digital semacam ini, seorang pembeli tidak harus berinteraksi langsung dengan penjual. Mereka dapat percaya dan membeli produk hanya dengan melihat fotonya saja.

Hal ini tentu saja karena pengambilan gambar yang mumpuni yang bisa didapatkan dengan kemampuan fotografi yang baik. Itulah sebabnya usaha di bidang fotografi sering masuk ke dalam silabus produk kreatif dan kewirausahaan.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button