Marketing

3 Cara Ampuh Membujuk Konsumen Dengan Komunikasi Pemasaran

Pemasaran bukanlah hal yang sederhana untuk dilakukan karena memiliki beragam elemen dan saluran. Salah satu saluran ini adalah komunikasi pemasaran. Apakah yang dimaksud komunikasi pemasaran menurut para ahli?

Mahasiswa manajemen pemasaran perlu memahami bahasan ini dengan baik agar kelak menjadi manajer pemasaran yang baik.

Pemahaman yang baik tentang saluran pemasaran ini tentu dapat membantu mereka mengerjakan tugas komunikasi pemasaran dengan baik.

Apa Itu Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran adalah sarana bagi perusahaan untuk secara langsung ataupun tidak langsung menyampaikan informasi, membujuk, serta mengingatkan konsumen tentang merk atau produk yang dijual.

Saluran pemasaran ini juga menjadi sarana bagi perusahaan untuk membangun hubungan dengan konsumen dan menciptakan dialog dengan mereka. Bagi konsumen, komunikasi pemasaran membantu mereka memahami suatu produk, contohnya fitur produk, untuk siapa produk dibuat, dan cara pakainya.

Marketing communication yang dilakukan dengan baik dapat membantu perusahaan memperoleh berbagai manfaat. Hal ini dapat dilihat dari tujuan marketing communication.

Tujuan Komunikasi Pemasaran

Tujuan komunikasi pemasaran menurut para ahli adalah:

Koneksi

Komunikasi pemasaran membantu produsen tetap terhubung dengan konsumen. Sebagai contoh, sebuah toko online yang menggunakan aplikasi instagram sebagai media komunikasi pemasaran online shop akan selalu terhubung dengan pelanggannya via app ini.

Melalui aplikasi tersebut, toko dan pelanggan dapat saling berinteraksi, contohnya melalui kuis, tanya jawab, dan kontes. Interaksi pada aplikasi sosial media ini dapat dilakukan melalui saling berbalas komentar pada postingan ataupun chat pribadi.

Umpan Balik

Komunikasi antara produsen dan konsumen memungkinkan produsen untuk memperoleh umpan balik, misalnya melalui survey pelanggan dan focus group. Dari umpan balik ini, produsen dapat meningkatkan produk dan layanan.

Branding

Membangun merk atau branding dapat dilakukan melalui komunikasi pemasaran. Jika perusahaan memiliki citra merk yang kuat, para pelanggannya kemungkinan besar akan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap merk tersebut.

Edukasi

Melalui komunikasi pemasaran, produsen dapat mengedukasi konsumen tentang produk/layanan yang mereka tawarkan. Dengan demikian, konsumen akan mengetahui fitur, keunggulan, dan cara menggunakan produk tersebut.

Penjualan

Komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan baik tentu dapat mendongkrak penjualan produk serta layanan perusahaan.

Ketika perusahaan memiliki citra merk yang kuat, menawarkan produk/layanan sesuai kebutuhan konsumen, dan memiliki interaksi yang baik dengan konsumen, maka penjualan pasti akan meningkat.

Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli

Banyak ahli manajemen ekonomi dan pemasaran telah mengemukakan pendapat mereka tentang komunikasi pemasaran. Pengertian komunikasi pemasaran menurut para ahli yaitu:

Menurut Business Dictionary

Mengutip dari Business Dictionary, komunikasi pemasaran adalah pesan promosi yang telah direncanakan dan dikirim via saluran komunikasi pemasaran tertentu, contohnya televisi, media cetak, radio, tawaran pos atau email, dan penjualan pribadi.

Menurut Philip Kotler

Salah satu pengertian komunikasi pemasaran menurut para ahli yang secara luas diterima oleh masyarakat adalah milik Philip Kotler.

Ia berpendapat bahwa marketing communication adalah sarana yang memungkinkan perusahaan untuk memberi informasi, memikat, dan mengingatkan konsumen akan produk, layanan, atau merk secara langsung atau tidak langsung.

Menurut Olujimi Kayode

Olujimi Kayode berpendapat bahwa komunikasi pemasaran adalah interaksi antara produsen dengan konsumen tertarget dengan memakai media tertentu, contohnya media cetak, radio, dan televisi.

Menurut William G. Nickles

Menurut Willian G. Nickles, marketing communication adalah proses pertukaran informasi atau pesan yang dilaksanakan dengan cara persuasif, agar proses marketing dapat berjalan secara efektif serta efisien.

Menurut Sutisna

Menurut pendapat Sutisna, komunikasi pemasaran adalah beragam usaha untuk menyampaikan pesan kepada konsumen secara khusus dan publik secara umum, yang isinya adalah saran tentang perbedaan produk yang ada di pasaran.

Magdalena Asmajasari

Pengertian komunikasi pemasaran menurut para ahli lainnya dikemukakan oleh Magdalena Asmajasari. Ia berpendapat bahwa komunikasi pemasaran berkaitan erat dengan pertukaran informasi, penjelasan yang bersifat persuasif, dan negosiasi.

Strategi Komunikasi Pemasaran

Strategi komunikasi pemasaran menurut para ahli adalah perencanaan dan manajemen komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Strategi ini harus direncanakan dengan penuh pertimbangan agar memberikan hasil maksimal secara efektif.

Di bawah ini beberapa trik strategi komunikasi pemasaran yang terbukti memberikan efek positif pada penjualan:

Pahami Audiens Target dengan Baik

Ketika produsen menjual produk atau layanan, mereka harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keinginan konsumen agar produk laku di pasaran. Hal ini juga berlaku ketika produsen melakukan komunikasi pemasaran.

Produsen harus tahu siapa audiens yang menjadi target komunikasi pemasaran dan karakter mereka. Sebagai contoh, jika audiens adalah anak muda, maka gaya penyampaian pesan pemasaran harus sesuai trend anak muda dan disampaikan melalui media yang mereka sukai.

Pada produk yang ditujukan untuk pelanggan berbagai karakter, maka komunikasi pemasaran perlu dilakukan secara berbeda dan waktu tayang berbeda pula, sesuai apa yang disukai tiap golongan pelanggan. Meski berbeda, namun isi pesannya tetap sama.

Ciptakan Keselarasan Antara Konten dan Saluran Komunikasi Pemasaran

Konten pesan dalam komunikasi pemasaran memiliki peranan besar dalam suksesnya pemasaran produk atau layanan. Konten ini harus jelas sehingga audiens tahu apa yang dijual oleh produsen. Pesan yang disampaikan juga harus konsisten untuk membangun citra merk.

Agar efektif, produsen juga perlu menyelaraskan konten dengan saluran komunikasi pemasaran. Hal ini karena cara komunikasi pesan pemasaran di tiap saluran tidak sama, walaupun isinya tak jauh beda.

Pesan untuk anak muda masa kini paling pas disampaikan lewat saluran media sosial Instagram, Twitter, TikTok, dll. Namun, pesan untuk konsumen kelahiran 90an paling pas disampaikan via Facebook, televisi, dan media lain.

Terus Berkomunikasi dengan Pelanggan

Komunikasi pemasaran yang baik tidak berhenti ketika produk atau layanan telah sampai ke konsumen akhir. Produsen tetap perlu terus berkomunikasi dengan para pelanggan. Komunikasi yang berkelanjutan dapat membantu produsen memperbaiki kualitas layanan atau produk.

Selain itu, komunikasi yang berkelanjutan akan membuat konsumen atau pelanggan merasa dihargai dan diprioritaskan oleh produsen sehingga loyalitas mereka akan meningkat. Untuk menjaga koneksi ini, perusahaan dapat mengadakan survey, interaksi media sosial, dll.

Peran Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran memiliki banyak peranan penting bagi perusahaan dan pelaku usaha kecil. Beberapa peran komunikasi pemasaran menurut para ahli ada di bawah ini:

Membangun Kepercayaan Merk

Salah satu peran penting dari komunikasi pemasaran adalah membangun kepercayaan merk. Citra merk terpercaya akan tersemat pada brand yang menyampaikan pesan merk secara konsisten di setiap saluran pemasaran yang digunakan.

Jika misalnya pesan yang ada di media sosial bertentangan dengan pesan yang ada di media cetak, maka konsumen akan merasa bingung sehingga citra merk tidak akan terbangun dengan baik. Hal yang sama juga terjadi jika pesan disampaikan secara putus-putus.

Menjangkau Audiens yang Tepat

Komunikasi pemasaran dapat membantu perusahaan menyampaikan pesan kepada audiens yang tepat. Penyampaian pesan produk dan layanan di era modern ini dapat dilakukan dengan beragam cara.

Akan tetapi, terkadang perusahaan memiliki tantangan tersendiri dalam menjangkau audiens yang tepat. Agar komunikasi pemasaran berjalan efektif, perusahaan perlu memilih saluran yang tepat dan menyampaikannya sesuai karakter audiens.

Untuk itu, perusahaan perlu melakukan riset pasar untuk memahami konsumen dengan baik. Riset ini dapat dilakukan dengan bantuan lembaga yang berkompeten.

Meningkatkan Product Awareness

Komunikasi pemasaran berperan dalam meningkatkan product awareness dalam diri konsumen. Kesadaran ini tidak hanya tentang merk dan jenis produk saja, namun juga kesadaran akan kelebihan-kelebihan produk tersebut.

Dengan meningkatnya product awareness ini, produk akan dikenal luas oleh masyarakat. Dengan demikian, produk akan memiliki kesempatan lebih besar untuk laku di pasaran.

Mencapai ROI Positif

Seluruh kombinasi kegiatan komunikasi pemasaran berperan dalam membantu perusahaan mencapai ROI positif. Ketika menyusun strategi komunikasi pemasaran, pihak perusahaan tentu menyusunnya dengan acuan untuk meningkatkan sales dan keuntungan.

Komunikasi Pemasaran Terpadu

Dalam dunia komunikasi pemasaran, terdapat konsep komunikasi pemasaran terpadu atau integrated marketing communication. Konsep komunikasi pemasaran menurut para ahli adalah proses pengelolaan hubungan pelanggan yang menggerakkan brand value.

Secara spesifik, komunikasi pemasaran terpadu adalah proses yang memiliki peran bersilang dalam memelihara dan menciptakan koneksi menguntungkan dengan pelanggan dan stakeholder lain dengan cara mengontrol pesan yang terkirim kepada mereka dan menggerakkan dialog dengan maksud tertentu.

Untuk lebih memahaminya, berikut ini beberapa hal penting tentang komunikasi pemasaran terpadu:

Konsep Dasar Pengembangan Komunikasi Pemasaran Terpadu

Dalam mengembangkan strategi komunikasi pemasaran terpadu, terdapat beberapa konsep dasar yang digunakan.

Penjualan Langsung

Direct marketing atau penjualan langsung dilakukan sendiri oleh perusahaan, tanpa perantara. Jenis penjualan ini dilakukan karena perusahaan ingin berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Penjualan langsung dapat dilakukan di rumah konsumen, acara arisan, dan tempat non-retail lainnya. Penjualan ini lebih cocok digunakan untuk menjual produk yang tidak tersedia di toko retail.

Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah penawaran nilai tambah yang dibuat untuk mempercepat respon pelanggan. Sales promotion dilakukan untuk mendorong pelanggan agar membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Bentuk promosi penjualan dapat berupa potongan harga, produk ekstra (contohnya bedak bayi 50 gr ekstra isi 50%), dan hadiah (misalnya beli sabun cuci bonus piring).

Humas dan Publisitas

Komunikasi pemasaran terpadu pada umumnya dikembangkan berdasarkan konsep humas dan publisitas. Humas dan publisitas membantu perusahaan menjaga reputasi perusahaan.

Kegiatan pemasaran yang berkaitan dengan humas sangat beragam, contohnya melibatkan pelanggan dalam acara tertentu, mengawasi opini publik, dan meningkatkan kredibilitas pesan merk.

Di sisi lain, publisitas berkaitan dengan penyebutan nama brand di media massa. Sebagai contoh, ketika brand mengadakan acara bakti sosial, acara ini diberitakan di media cetak, online, dan televisi.

Penjualan Pribadi

Jenis penjualan ini pada umumnya dilakukan secara tatap muka, sehingga konsumen bertemu sales person dan sales person memperkenalkan produk dengan lebih detail. Pada proses ini mungkin terdapat perantara antara konsumen dan sales person.

Iklan

Iklan adalah presentasi satu arah yang memungkinkan perusahaan untuk menyampaikan informasi persuasif mengenai suatu produk atau layanan. Pengadaan iklan biasanya membutuhkan budget besar sehingga harus dirancang seefektif mungkin.

Sponsorship

Sponsorship merupakan pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendukung organisasi atau terselenggaranya suatu event. Sebagai gantinya, perusahaan akan memperoleh publisitas dan interaksi dengan konsumen.

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu

Berbagai strategi dapat dipilih dalam menjalankan teknik integrated marketing communication. Sebagai contoh, perusahaan dapat menerapkan media strategy yang mana mengharuskan mereka mengkombinasikan beragam media komunikasi pemasaran yang efektif.

Selain itu, ada juga strategi hard selling, soft selling, message strategy, budget, dan target audiens.

Proses Perencanaan Komunikasi Pemasaran Terpadu

Perusahaan akan melakukan beberapa proses ketika merencanakan teknik komunikasi pemasaran terpadu. Secara sederhana, proses perencanaan tersebut terdiri dari:

  • Identifikasi konsumen
  • Perencanaan pesan yang akan disampaikan
  • Mengkalkulasi aliran dana yang masuk ke perusahaan dari pelanggan
  • Evaluasi dan analisa kepuasan konsumen untuk tujuan peningkatan di masa depan

Contoh Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran dapat dilakukan dalam berbagai cara, apalagi pilihan media pemasaran saat ini banyak ragamnya.

Berikut contoh komunikasi pemasaran yang dapat dilakukan oleh perusahaan:

  • Menawarkan produk dan layanan melalui televisi, portal berita online, dan media cetak.
  • Mengiklankan produk dan layanan via TikTok.
  • Berinteraksi dengan pelanggan via Instagram dan Facebook.
  • Mengirimkan tawaran khusus via email atau pos.
  • Mengadakan polling sederhana atau survey pelanggan berhadiah via media sosial.
  • Endorse produk dan layanan melalui selebgram.

Buku Komunikasi Pemasaran

Untuk menambah pengetahuan tentang komunikasi pemasaran, Anda dapat membaca buku-buku komunikasi pemasaran yang saat ini beredar. Buku ini juga dapat dijadikan referensi untuk makalah, jurnal, atau tesis Anda.

Contoh buku-buku dengan topik ini adalah:

  1. Komunikasi Pemasaran, karya Agus Hermawan
  2. Komunikasi Pemasaran Terpadu (terjemahan), karya Terence A. Shimp
  3. Komunikasi Pemasaran Kontekstual, karya Prof Suwatno
  4. Komunikasi Pemasaran Modern, karya Mahmud Machfoedz

Jurnal Komunikasi Pemasaran

Selain melalui buku komunikasi pemasaran, Anda juga dapat mempelajari topik yang sama lewat jurnal. Jurnal komunikasi pemasaran terbaru biasanya mengangkat isu-isu baru yang saat ini sedang terjadi. Dengan membacanya, Anda akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang isu tersebut.

Membaca jurnal juga membantu mahasiswa, peneliti, dan akademisi memperoleh ide tentang topik jurnal mana yang menarik dan mana yang tidak menarik untuk ditulis. Ketika membaca jurnal, Anda sebaiknya memilih jurnal kredibel yang diterbitkan oleh publisher terpercaya.

Anda dapat mengunjungi beberapa situs di bawah ini untuk memperoleh jurnal komunikasi pemasaran yang kredibel:

ScienceDirect

ScienceDirect sangat populer di kalangan mahasiswa, akademisi, dan peneliti. Situs ini memuat ribuan jurnal dan ebook yang telah diterbitkan oleh Elsevier, sebuah perusahaan penerbit jurnal dan buku terpercaya dari Belanda.

Banyak di antara jurnal dan buku di ScienceDirect yang membahas tentang manajemen pemasaran, terutama komunikasi pemasaran. Sebagian jurnal di situs ini dapat didownload secara gratis, sedangkan sebagian lainnya adalah berbayar.

Perpusnas

Jika yang Anda cari adalah jurnal nasional komunikasi pemasaran, situs e-resourcces.perpusnas.go.id adalah tempat yang tepat untuk mencarinya. Untuk bisa mengakses ribuan jurnal di situs ini, Anda perlu mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu.

LIPI

Situs lipi.go.id juga menawarkan ribuan jurnal berbahasa Indonesia. Hampir semua jurnal di situs ini dapat diakses secara gratis.

Google Scholar

Situs pencarian jurnal dari Google ini merupakan salah satu andalan para mahasiswa, peneliti, dan akademisi untuk memperoleh akses jurnal berbagai bidang ilmu. Situs ini sangat bisa diandalkan dan mudah digunakan untuk mencari jurnal komunikasi pemasaran.

Demikian informasi mengenai komunikasi pemasaran, semoga bermanfaat.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button