Marketing

Konsep Digital Marketing

Memahami konsep digital marketing menjadi modal dasar bagi seorang marketer di era serba online saat ini. Perkembangan teknologi membuat trend pemasaran juga semakin berbeda sehingga harus menyesuaikan dan melakukan inovasi.

Pemasaran menjadi hal penting bagi perusahaan untuk memperkenalkan produk ke konsumen.

Dan saat ini konsumen semakin cerdas dengan mencari informasi tentang produk sebelum membelinya.

Salah satu caranya dengan memanfaatkan media sosial sehingga konsumen lebih mudah dalam mendapatkan informasi.

Agar hal tersebut dapat dicapai maka proses pemasaran tidak boleh dilakukan sembarangan tanpa memikirkan konsepnya.

Pelajari konsep-konsepnya terlebih dahulu kemudian atur strategi yang tepat agar proses pemasaran menjadi maksimal. Mengingat Anda harus memanfaatkan media sosial agar bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi.

Pengertian Singkat Tentang Konsep Digital Marketing

Sebelum membahas lebih mendalam tentang konsep dalam digital marketing maka tidak ada salahnya pahami pengertiannya. Digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran dan sangat erat kaitannya dengan branding.

Pemasaran yang dilakukan bisa menggunakan berbagai media seperti blog, adwords dan berbagai macam jaringan media sosial. Sedang konsep digital marketing pengertiannya hampir sama namun memanfaatkan media digital.

Konsepnya secara sederhana Anda memiliki produk kemudian dipasarkan dengan menggunakan media digital. Misalnya dengan membuat akun media sosial seperti Tiktok, Instagram, Marketplace, Twitter dan masih banyak media lainnya.

Tujuan dari marketing secara digital tentu saja demi menarik calon konsumen secara cepat, tepat dan mudah. Dengan adanya konsep ini diharapkan bisa menjangkau konsumen dengan meluas lagi.

Konsep pemasaran ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis usaha dan bidang bisnis dengan target menjadi spesifik. Tidak heran jika banyak perusahaan berlomba-lomba memanfaatkan cara ini untuk memasarkan produk sekaligus branding.

Penting untuk diperhatikan untuk mempelajari konsep AIDA yaitu Attention, Interest, Desire serta Action. Konsep ini sebagai dasar dalam menerapkan konsep-konsep dari digital marketing secara tepat dan tujuan bisa tercapai.

Konsep Digital Marketing yang Perlu Dipahami

Munculnya berbagai media sosial dapat dimanfaatkan menjadi media marketing yang sangat menguntungkan. Pemasaran secara digital mampu menjangkau konsumen lebih banyak dan lebih luas namun tidak memakan banyak biaya.

Tujuan pemasaran ini akan dapat dicapai dan mampu memberikan hasil lebih maksimal bagi perusahaan. Apalagi jika Anda mampu menerapkan beberapa konsep dasar digital marketing secara tepat diantaranya berikut ini.

1. Pertama yaitu konsep produksi ide dimana sebagian besar konsumen lebih suka dengan produk-produk lebih terjangkau. Konsep tentang ide menjadi hal dasar yang penting dipertimbangkan sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.

2. Konsep produk ide yaitu konsumen lebih menyukai produk-produk yang memiliki kualitas daripada sekedar murah saja. Termasuk juga fiturnya bagus dan kinerjanya terbaik sehingga bisa lebih bermanfaat untuk konsumen.

3. Konsep penjualan ide yaitu tentang pilihan konsumen dalam memilih produk yang belum diketahui sebelumnya. Jadi dengan konsep ini konsumen diperkenalkan produk-produk secara detail sebagai informasi sebelum akhirnya membeli.

4. Konsep digital marketing selanjutnya yaitu pemasaran flosofi yaitu manajemen perusahaan akan menyatakan keseluruhan dari pencapaiannya. Hal ini sangat bergantung dengan kebutuhan serta keinginan konsumen itu sendiri.

5. Terakhir yaitu konsep pemasaran berwawasan sosial merupakan prinsip dari pemasaran yang mewajibkan perusahaan mengambil keputusan. Sehingga dengan pemasaran yang sudah dilakukan tetap mengutamakan kepentingan dan keinginan dari konsumen.

Taktik atau Strategi Digital Marketing

Setelah Anda memahami tentang apa saja konsep dari pemasaran digital selanjutnya perlu perancangan taktik atau strategi. Ada beberapa strategi dalam digital marketing yang dapat dijalankan untuk meningkatkan pemasaran produk.

Content marketing

Strategi pertama yaitu fokus ke pembuatan konten untuk branding mengingat banyaknya brand saat ini. Dengan pemasaran memakai konten membuat brand Anda menjadi lebih menarik dan mudah dibedakan dari brand lainnya.

Mobile marketing

Anda bisa memanfaatkan konten platform mobile untuk strategi pemasaran menggunakan smartphone atau android. Perangkat tersebut membantu lebih banyak menjangkau konsumen melihat konten produk Anda dengan adanya website yang lebih responsif.

Integrated digital marketing

Strategi selanjutnya dengan memanfaatkan Google untuk menangkap sinyal-sinyal sosial. Hal ini memungkinkan pendekatan yang dilakukan lebih efektif karena konsumen lebih mudah dalam menemukan produk dari berbagai platform media sosial.

Continuous marketing

Strategi satu ini cukup banyak digunakan karena mampu menemukan produk dengan cara online jauh lebih mudah. Bukan berarti pemasaran secara offline tidak boleh dilakukan karena jauh lebih baik dimaksimalkan keduanya.

Personalized marketing

Dengan strategi ini membuat pengunjung website Anda menjadi lebih mudah dikenali. Hal ini membuat proses promosi menjadi lebih sesuai, informasi yang disajikan lebih relevan sehingga lebih tepat sasaran.

Visual marketing

Jenis strategi ini masih tergolong baru dan awal kemunculannya pada media sosial Youtube. Anda harus bisa memanfaatkan trend ini untuk meningkatkan pemasaran menggunakan media digital.

Media sosial dan berbagai platform digital sangat memungkinkan dimanfaatkan untuk mempromosikan produk Anda. Dengan memahami apa saja konsep digital marketing membantu dalam menjangkau konsumen secara tepat.

Baca Juga : Pembicara Digital Marketing

Demikian tulisan singkat mengenai konsep digital marketing ini dibahas. Semoga jadi tulisan yang bermanfaat ya.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button