Konsultan Digital Marketing

Konsultan Digital Marketing

Tahun 2020 adalah saat yang tepat untuk melupakan metode marketing lawas, seperti Above The Line atau Below The Line, untuk kemudian beralih ke metode marketing baru, yakni omnichannel, multi format, dan multi platform.

Hal tersebut pastinya juga tidak terlepas dari peran konsultan digital marketing.

Sebenarnya keharusan untuk menggunakan konsultan digital marketing tidak hanya berlaku bagi perusahaan besar saja, tetapi juga usaha menengah atau pun usaha kecil.

Semua bisnis membutuhkan konsultan digital marketing.

Hal demikian tidak terlepas dari kenyataan bahwa sebagian besar penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet, bahkan bisa dibilang hidupnya hampir bergantung pada perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop.

Apa Itu Digital Marketing?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai keuntungan menggunakan konsultan digital marketing, sebaiknya ketahui terlebih dulu pengertian digital marketing itu sendiri.

Sederhananya, digital marketing adalah semua usaha pemasaran yang memanfaatkan alat-alat elektronik atau internet.

Tidak salah jika pada akhirnya semua strategi digital dan channel marketing yang diterapkan bertujuan untuk tetap terhubung dengan konsumen secara online.

Baik itu dari blog atau website, sosial media, iklan PPC, email marketing, maupun SEO juga termasuk dalam digital marketing.

Luar biasanya, kini pemasaran digital telah meningkat begitu pesat, hingga mampu meninggalkan periklanan konvensional.

Tugas Konsultan Digital Marketing

Nah, setelah memahami pengertian digital marketing, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan digital marketing sebaiknya ketahui juga tugas-tugasnya di bawah ini.

Sebenarnya tugas seorang konsultan digital marketing lebih kompleks, tidak heran jika pekerjaan banyak dicari di 2020.

Secara garis besar, tugas konsultan digital marketing adalah bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang ada kaitannya dengan proses marketing dan branding sebuah produk atau jasa secara online.

Untuk lebih jelasnya, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Search Engine Optimization

Ini adalah teknik digital marketing yang memanfaatkan hasil pencarian untuk pemasaran.

2. Email Marketing

Ini adalah teknik marketing yang memanfaatkan media email.

3. Periklanan Online

Ini adalah teknik marketing yang memanfaatkan periklanan via online, seperti Instagram Ads, Facebook Ads, Google Ads, dan lain-lain.

4. Video Tron

Ini adalah teknik marketing yang memanfaatkan billboard elektronik.

5. Iklan TV dan Radio

Ini adalah teknik marketing yang memanfaatkan media TV dan radio.

6. Keyword (Kata Kunci)

Sebagai seorang konsultan digital marketing, Anda pastinya harus bisa memilih keyword yang tepat. Dimaksud dengan keyword yang tepat di sini adalah yang bisa menaikkan urutan di hasil pencarian Google.

7. Konten Menarik

Konten yang dibuat pun harus menarik, informatif, dan pastinya mudah dipahami. Selain itu, konsultan juga diharuskan untuk memahami style terkini untuk konten penulisan.

8. Tim Analis yang Handal

Untuk memastikan mendapatkan ranking dan rasio profit sesuai keinginan, konsultan digital pastinya membutuhkan tim analis yang handal. Sebab, iklan yang sukses tidak lepas dari peran pakar berpengalaman.

Keuntungan Menggunakan Konsultan Digital Marketing

Menjangkau Pasar Lebih Luas

Sebenarnya ada banyak keuntungan menggunakan konsultan digital marketing dalam perusahaan atau bisnis. Pertama, adalah dapat menjangkau pasar lebih luas. Selain menggunakan SEO, perusahaan atau pebisnis juga bisa mengandalkan email marketing dan lain-lain untuk mendapatkan angka penjualan lebih tinggi.

Lebih Hemat Waktu dan Tenaga

Pada dasarnya mengurus marketing sebuah perusahaan bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika Anda berkeinginan agar perusahaan dan bisnis Anda dapat menjangkau pasar lebih luas.

Tetapi berbeda saat perusahaan menerapkan digital marketing, maka Anda sebagai pemilik perusahaan bisa lebih menghemat banyak waktu dan tenaga.

Alasannya, sistem marketing sudah dipegang oleh ahlinya. Selain itu, digital marketing juga bisa dilakukan dalam waktu bersamaan. Kondisi seperti ini pastinya sulit didapatkan saat melakukan marketing secara manual.

Menyediakan Kesempatan Bagi Semua Bisnis

Ya, digital marketing memungkinkan semua jenis bisnis di skala kecil maupun besar untuk terjun ke dalamnya. Menariknya, digital marketing bahkan bisa diterapkan oleh seseorang yang baru terjun di dunia bisnis.

Kesemuanya berkat alat-alat yang diperlukan untuk digital marketing memang mudah didapatkan oleh siapa pun. Di sini Anda hanya membutuhkan komputer atau laptop, dan koneksi internet.

Meningkatkan Revenue Secara Efektif

Menerapkan metode marketing yang tepat dan efektif, maka bisa membantu Anda dalam meningkatkan pendapatan lebih besar lagi.

Hal tersebut terbukti, kini semakin banyak saja pelaku bisnis yang memanfaatkan digital marketing dan berhasil meningkatkan pendapatannya lebih besar dibanding bisnis yang hanya mengandalkan marketing tradisional.

Terhubung dengan Audiens yang Spesifik

Salah satu alasan terpenting kenapa pebisnis atau pemilik perusahaan harus segera beralih ke digital marketing adalah agar Anda bisa menargetkan audiens yang spesifik.

Digital marketing sendiri mampu kumpulkan berbagai data penting, mulai dari usia, minat, lokasi, hingga gender guna menentukan target yang paling sesuai dan tepat untuk kampanye marketing Anda.

Efektif untuk Pengguna Perangkat Mobile

Faktanya, sebanyak 94% pengguna internet Indonesia mengakses internet dari perangkat mobile.

Mayoritas pengguna internet di Indonesia mengakses internet dengan smartphonenya, sebab selain lebih mudah juga lebih cepat diakses.

Nah, dengan bantuan digital marketing inilah Anda bisa dengan mudahnya menjangkau konsumen lewat perangkat mobile, khususnya sosial media.

Mudah Membangun Reputasi Brand atau Merek

Pada dasarnya reputasi bisnis di dunia maya berperan penting di era digital seperti saat ini. Digital marketing dapat membantu Anda dalam membangun reputasi yang baik lewat sosial media, website, blog, atau SEO.

Sebanyak 81% konsumen akan melakukan riset online terlebih dulu sebelum akhirnya mereka melakukan pembelian. Hal tersebut berlaku untuk pembelian online atau pun offline.

Oleh karenanya, eksistensi Anda di dunia maya berperan penting dan Anda bisa mencapainya dengan mudah lewat digital marketing.

Hemat Budget Marketing

Konsultan digital marketing yang baik pastinya dapat merencanakan anggaran secara tepat untuk promosi bisnis sesuai budget yang Anda miliki.

Dengan menggunakan jasa konsultan yang profesional, maka Anda bisa menghindari kesalahan tertentu yang justru bisa menghasilkan pengeluaran yang lebih banyak lagi.

Tips Memilih Konsultan Digital Marketing

Memahami Bisnis Anda.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa digital marketing sebaiknya pastikan terlebih dulu mereka sudah memahami bisnis Anda dengan baik. Seprofesional apapun seorang digital marketing pastinya hanya akan percuma jika tidak memahami bisnis Anda.

Memahami Strategi Digital Marketing yang Tepat

Selanjutnya adalah memilih jasa konsultan yang paham strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda, yakni yang secara cepat merumuskan strategi serta tektik yang nantinya akan digunakan.

Memahami Pola Perilaku Konsumen Online

Tujuannya, agar memberikan dampak pada tujuan bisnis Anda. Sebab, konsumen online biasanya akan mencari referensi dan rekomendasi terlebih dulu sebelum membeli.

Lihat Layanan yang Ditawarkan

Ya, tidak semua jasa konsultan digital marketing menawarkan semua layanan pemasaran dalam satu atap. Oleh karenanya Anda harus memastikan konsultan yang dipilih menawarkan layanan pemasaran sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Track Record

Terakhir adalah track record. Untuk satu ini Anda bisa mencari testimonial terhadap pekerjaan mereka, atau menanyakan mengenai bisnis atau brand apa yang pernah dikerjakan.

Demikian informasi saya tuliskan, semoga jasa saya sebagai konsultan digital marketing bisa bermanfaat untuk Anda baik perusahaan ataupun perorangan.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133