Linktree : Berikut Ini Cara Membuatnya

Linktree

Linktree di akun Instagram. Ok, untuk Anda pasti sudah sangat akrab dengan aplikasi bernama instagram bukan? Hampir seluruh masyarakat di dunia sudah menggunakannya sebagai salah satu aplikasi favorit.

Jika Anda membuka akun instagram bisnis, pasti akan menemukan tulisan Linktree (Linktr.ee/….) di bagian atas.

Sebenarnya tulisan ‘Linktr.ee/…’ ini maksudnya apa ya?

Ketika Anda memiliki akun bisnis dan ingin memudahkan promosi, Anda harus membuat optimasi akun, salah satunya melalui media Linktree atau tautan.

Apa Itu Linktree?

Linktree merupakan media tautan optimasi gratis untuk jaringan dalam social media, baik meliputi seorang blogger, public figure, influencer atau orang yang sedang menjalankan platform tertentu.

Tautan ini akan memuat semua hal yang digunakan sebagai arahan untuk para follower.

Penggunaan ‘Linktr’ akan memudahkan para pengikut media sosial Anda menjelajah medsos Anda lainnya hanya dengan sekali ketuk. Biasanya tautan akan langsung terhubung ke facebook, twitter, switch, dan sebagainya.

Cara Membuat Linktree

Anda ingin memiliki linktree, caranya sangat mudah. Simak rinciannya di bawah ini ya :

Download aplikasi Linktree

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi Linktree di smartphone maupun pc. Mengunduh file ini membutuhkan kapasitas memori 19 Mb saja. jika Anda akan mengunduhnya di pc, maka langsung saja ketik ‘Linktree’ pada browser.

Cara yang lebih praktis lagi untuk mengunduh aplikasi ‘Linktr’ melalui playstore maupun appstore. Ada beberapa pilihan aplikasi dan pilih sesuai kebutuhan Anda. Pengunduhan di pc maupun smartphone gratis tanpa berbayar.

Masuk Ke Aplikasi (free dan pro)

Setelah proses download selesai, Anda bisa langsung membuka aplikasi. Halaman depan menunjukkan pilihan ‘Linktr’ yang akan Anda gunakan yakni free alias gratis atau versi pro dengan biaya langganan sebesar $6 tiap bulan atau setara 90 ribu rupiah.

Persamaan pada kedua versi ‘Linktr’ ini adalah tanpa batasan links, bebas memilih tema,dukungan penuh dari aplikasi melalui email dan penyaringan konten sensitif. Jika Anda menggunakan versi pro, maka akan mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap lagi misalnya:

  • Penjadwalan link
  • Link prioritas
  • Thumnail link
  • Mengunduh data pribadi
  • Tema premium
  • Custom meta
  • Dukungan premium, dsb.

Daftar Akun dan Login

Ketika sudah masuk ke aplikasi, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan pilih kotak bertuliskan sign up. Kemudian akan muncul beberapa data yang harus Anda isi, seperti:

Email

Anda harus memasukkan email yang aktif dan mudah untuk dihubungi. Jika Anda berniat membuka bisnis, pastikan ada email khusus bisnis dan tidak mencampurnya dengan email pribadi.

Pemisahan email bertujuan agar informasi yang masuk sudah khusus dan tidak membingungkan Anda. Selain itu, hal ini juga memudahkan Anda dalam mengecek pesanan produk maupun semua hal yang berkaitan dengan bisnis.

Username

Username atau nama akun yang Anda gunakan sifatnya bebas. Namun, agar lebih mudah dalam kepentingan bisnis, sebaiknya gunakan username yang sama dengan nama toko yang menjadi brand Anda.

Jika nama brand terlalu panjang dan sulit, Anda bisa menggunakan username yang lebih singkat agar mudah diingat.

Password

Anda harus memasukkan password atau kode rahasia sebagai kunci untuk membuka akun ‘Linktr’. Biasanya jumlah password yang digunakan adalah 8 hingga 12 karakter. Sebaiknya, pilih password kombinasi antara huruf besar kecil dan diselipi angka.

Semakin unik password yang Anda gunakan, semakin kecil pula kemungkinan akun Anda dibobol oleh orang. Upaya ini sebagai cara untuk melindungi data privasi dalam bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengganti password secara berkala agar lebih aman lagi.

Repeat password

Langkah terakhir saat daftar akun adalah memasukkan password Anda kembali. Fungsinya sebagai kepastian password yang Anda masukkan memang benar dan cocok. Jika ditemukan ketidakcocokan, pasti akan ada peringatan dari Linktree nya.

Setelah selesai mengisi semua data yang diperlukan, pada bagian bawah terdapat kolom hijau bertuliskan register. Klik langsung dan akan muncul pemberitahuan verifikasi akun melalui email untuk aktivasi.

Masuk Email

Anda bisa langsung mengecek email masuk dari ‘Linktr’, kemudian akan muncul pemberitahuan aktivasi. Klik langsung ‘aktivasi akun’ dan tunggu beberapa saat.

Akun ‘Linktr’ Anda sudah aktif dan siap digunakan. Langkah selanjutnya adalah Anda harus masuk lagi ke aplikasi ‘Linktre’ dengan memasukkan username dan password.

Membuat Link Baru

Ketika Anda berhasil masuk ke dashboard, link yang ingin Anda cantumkan sebagai tautan sudah bisa langsung dibuat. Anda cukup mengklik kotak hijau ‘+add new button/ link’. Tambahkan link yang ingin dibuat sesuai kebutuhan bisnis.

Copy Paste Link di Akun Media Sosial

Semua link baru yang sudah Anda buat sudah siap di copy paste pada akun media sosial atau akun bisnis Anda. caranya adalah:
• Copy semua link pada ‘Linktr’.
• Buka akun bisnis, misalnya instagram.
• Masuk ke profil, pilih edit profil.
• Klik paste pada bagian bio.
• Tautan ‘Linktr’ sudah terhubung dan bisa digunakan.

Cara Menggunakan Linktree

Linktree bisa digunakan dengan mudah pada online shop Anda, facebook, instagram hingga whatsapp. Berikut beberapa cara menggunakan Linktree di berbagai akun media sosial:

Instagram

Menggunakan akun bisnis instagram

Langkah awal yang harus Anda lakukan dalam menggunakan Linktree adalah memastikan akun instagram Anda sudah di versi bisnis. Sebenarnya versi umum pun masih bisa, namun akan lebih menjual dan dipercaya ketika Anda menggunakan versi bisnis.

Download aplikasi Linktree atau buka melalui browser

Menggunakan Linktree cukup melalui smartphone Anda. Unduh aplikasi Linktr di playstore bagi pengguna android atau melalui appstore bagi pengguna Iphone. Ada beberapa pilihan aplikasi yang sejenis dan Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan bisnis.

Anda juga bisa membuka ‘Linktr’ melalui PC yakni buka browser (chrome, mozila, bing, dsb) dan tulis ‘Linktr’. Pastikan koneksi internet Anda lancar agar proses pembuatan Linktr tidak terganggu.

Buka aplikasi dan daftar akun

Buka aplikasi Linktree dan di beranda akan muncul tulisan daftar atau log in. Jika belum memiliki akun, Anda harus memilih kotak daftar akun. Kemudian akan muncul 4 data yang harus diisi seperti:
­

  • Email
  • Username
  • Password
  • Repeat password

Verifikasi akun melalui email

Setelah akun Anda sudah terdaftar, akun tersebut tidak bisa langsung digunakan karena Anda harus memverifikasinya. Pemberitahuan verifikasi hanya dikirim ke alamat email Anda.

Anda cukup buka email dan cari email baru dari Linktree, klink tautan aktivasi akun. Tunggu 1 hingga 3 menit sampai ada tulisan ‘sukses’.

Buka aplikasi liinktree kembali

Langkah selanjutnya adalah kembali ke ‘Linktr’ dan langsung login ke akun Anda dengan mengisi email/username dan password. Pastikan data diisi dengan benar agar proses log in bisa berlangsung cepat.

Buat ‘Linktre’ sesuai kebutuhan

Akun Linktree yang sudah aktif bisa langsung Anda gunakan untuk membuat tautan sebanyak mungkin sesuai kebutuhan Anda. Tautan ini bisa berupa akun media sosial, website, kontak whatsapp dll.

Copy paste ‘Linktre’ yang sudah jadi ke akun instagram

Tahap terakhir untuk penggunaan Linktree pada instagram adalah copy semua link dari aplikasi ‘Linktr’. Anda langsung masuk ke profil instagram, klik edit profil. Pada bagian bio, lakukan paste dan Linktree sudah tertaut otomatis.

Facebook

Pastikan memiliki akun bisnis facebook

Menyematkan akun Linktree pada akun bisnis facebook Anda sangat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen atau calon pembeli. Maka, pastikan akun facebook yang digunakan sudah beralih ke akun bisnisnya.

Masuk ke browser dan ketik ‘linkt’ atau download aplikasinya

Memulai pembuatan Linktr bisa melalui smartphone maupun PC. Jika melalui smartphone, maka Anda harus mendownload aplikasinya dahulu (bisa dari appstore maupun playstore). Sedangkan, jika melalui PC, Anda cukup membukanya browser dan ketik ‘Linktree’, enter.

Kedua cara ini bebas Anda pilih sesuai keinginan. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan smartphone saja karena lebih praktis dan hemat waktu.

Daftar akun ‘Linktr’

Ketika sudah masuk ke beranda Linktr, ada pilihan daftar atau log in. Dikarenakan Anda belum memiliki akun, maka klik ‘daftar’ dan akan muncul data apa saja yang harus diisi, meliputi email, username, password dan repeat password.

Email yang Anda gunakan harus aktif karena akan digunakan untuk aktivasi. Sebaiknya gunakan email khusus untuk bisnis agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Bagian username bisa diisi dengan nama singkat maupun panjang.

Password yang sebaiknya Anda gunakan harus memiliki keunikan dan kombinasi yang sulit ditebak, misalnya menggunakan campuran angka dan huruf serta huruf kecil dan kapital.

Masuk email untuk aktivasi akun

Setelah selesai semua proses daftar akun, Anda akan menerima email berupa aktivasi akun. Kemudian, langsung saja buka email dan klik tautan aktivasi akun hingga ada tulisan ‘sukses’. Jika sudah sukses berarti akun Linktree siap digunakan.

Buka kembali aplikasi Linktree

Anda harus masuk kembali ke Linktree. Pilih login dan masukkan username/email beserta password unik yang sudah dibuat. Selanjutnya klik kolom hijau ‘log in’.

Buat ‘Linktre’ berdasarkan keperluan bisnis

Ketika sudah di dashboard Linktree, Anda akan menemukan tulisan ‘+add new button/ link’. Klik kolom tulisan tersebut untuk membuat tautan link baru yang akan Anda cantumkan di akun bisnis facebook Anda.

Penambahan jumlah link yang akan ditautkan tidak dibatasi. Anda bisa membuat link sebanyak mungkin, namun harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan.

Lakukan Copy paste ‘Linktr’ yang sudah dibuat ke akun bisnis facebook

Pastikan semua link baru sudah dibuat dengan benar dan tepat. Langkah selanjutnya cukup copy paste tautan ke profil akun bisnis facebook Anda. Caranya:
­

  1. Copy semua tautan dari Linktree.
    ­
  2. Masuk ke akun bisnis facebook.
    ­
  3. Masuk ke profil dan edit.
    ­
  4. Pada kolom bio, salin tautan yang sudah dicopy.
    ­
  5. Pilih save.
    ­
  6. ‘Linktr’ sudah siap digunakan.

Whatsapp

Cara menggunakan Linktree pada whatsapp hampir sama dengan media sosial lainnya seperti facebook dan instagram, yakni:

  1. Memiliki akun bisnis whatsapp
  2. Buka Linktree di browser pc atau download aplikasinya melalui smartphone
  3. Daftarkan akun baru Anda sebelum login
  4. Buka email untuk verifikasi akun ‘Linktr’
  5. Masuk ke ‘Linktr’ lagi
  6. Buat sebanyak mungkin tautan ‘Linktr’ yang dibutuhkan
  7. Langsung copy paste ‘Linktre’ ke profil whatsapp bisnis

Baca : Cara Membuat Link WA

Nah, demikian artikel mengenai linktree, dan sebenarnya banyak manfaat linktree lainnya yang perlu Anda ketahui. Simak terus artikel update kita ya.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133