Marketing

Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Membicarakan tentang manajemen pemasaran tentu berkaitan erat dengan ranah ekonomi. Khususnya, area fungsional berupa tanggung jawab manajer bisnis terhadap aliran barang maupun jasa dari produsen ke konsumen.

Dalam hal tersebut, manajer bisnis akan bertanggung jawab dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, motivasi, hingga terkait pengendalian aktivitas pemasaran. Cakupannya cukup luas dan sangat penting.

Apa Itu Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah semacam analisis, perencanaan, implementasi, maupun pengendalian program tertentu yang dirancang guna menghasilkan pertukaran sesuai keinginan. Hal ini juga bergantung dengan perancangan organisasi yang memberikan penawaran target kebutuhan pasar.

Selain itu, juga bergantung pada keinginan serta penggunaan harga, komunikasi, beserta distribusi yang efektif demi memberikan informasi serta motivasi dalam pelayanan pasar. Jadi, secara singkat bisa dikatakan bahwa manajemen ini berfokus pada tugas dan kreativitas.

Tentunya bertujuan untuk memberikan suatu kepuasan konsumen sehingga nantinya diharapkan mampu memberikan laba melalui permintaan konsumen. Manajemen seperti ini perlu memiliki perencanaan, koordinasi, maupun kontrol yang bagus.

Jadi, tidak boleh sembarangan dalam melakukan manajemen seperti ini. Konsumen nantinya bisa terpuaskan kebutuhannya dan bisnis akan semakin berkembang pesat. Untuk itu, perlu ilmu pengetahuan terkait dalam melakukan manajemen ini.

Buku Manajemen Pemasaran

Saat ini ada sejumlah buku yang bisa dibaca dan dipelajari agar lebih memahami tentang manajemen ini. Buku-buku tersebut sangat mudah didapatkan di berbagai toko buku terdekat di kota Anda.

Beberapa di antaranya adalah:

  1. Strategi Pemasaran, Prinsip dan Penerapan karya Fandy Tjiptono, Ph.D.
  2. Komunikasi Pemasaran Kontekstual karya Prof. Dr. H. Suwatno, M.Si.
  3. 101 Problem Solving Tentang Pemasaran Produk karya John Afifi.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran atau yang juga dikenal dengan marketing management ini perlu diperhatikan dengan baik oleh organisasi maupun perusahaan, karena nantinya mampu berkontribusi untuk kelancaran proses pemasaran suatu produk tertentu.

Sukses atau tidaknya suatu bisnis tentu bergantung dengan bagaimana manajemennya, terutama pemasaran. Ada sejumlah ahli yang ikut memberikan opini mereka terkait marketing management. Beberapa di antaranya ialah:

Kotler & Kotler

Marketing management menurut Kotler & Kotler ialah seni sekaligus ilmu memilih pasar sasaran dan bagaimana cara meraihnya dengan baik. Selain itu, juga mampu menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan hingga mengkomunikasikan nilai-nilai pelanggan yang lebih unggul.

American Marketing Association

American Marketing Association menyebutkan bahwa marketing management merupakan semacam perencanaan, pelaksanaan, hingga pengendalian terkait operasi pemasaran total. Termasuk di dalamnya tujuan perumusan pemasaran, kebijakan, program, hingga strategi yang dilakukan.

Philip Kotler

Marketing management ialah analisis perencanaan, pelaksanaan, hingga pengendalian terkait program rancangan untuk bisa menciptakan, membangun, maupun mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, demi mencapai tujuan organisasi atau perusahaan terkait.

Buchari Alma

Berikutnya, Buchari Alma menjelaskan bahwa marketing management menjadi semacam perencanaan, pengarahan, maupun pengawasan terkait seluruh kegiatan pemasaran yang dikerjakan oleh perusahaan maupun bagian pemasaran itu sendiri.

John W Mullins

Menurut John W Mullins, marketing management merupakan proses analisis, penerapan, koordinasi, hingga pengendalian program yang melibatkan konsepsi, penetapan harga, promosi, sampai distribusi produk demi menciptakan pertukaran yang sangat menguntungkan.

Peter R Dickson

Marketing management ialah aktivitas organisasi yang terlibat dalam memahami hal apa yang konsumen inginkan serta bagaimana mereka mulai berperilaku. Tujuannya semata-mata adalah demi mendapatkan keuntungan.

William J Stanton

Marketing management versi William J Stanton adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan program yang ditujukan bagi pengadaan suatu hal yang berkaitan dengan pasar. Hal ini dilakukan demi mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Boyd, Walker dan Larreche

Menurut Boyd, Walker, dan Larreche marketing management adalah proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi, hingga pengendalian program pemasaran yang mencakup kebijakan, harga, promosi, maupun distribusi produk, jasa, hingga ide untuk mencapai tujuan semula.

Winardi

Menurutnya, marketing management berfokus kepada proses pengambilan keputusan, perencanaan, pengawasan aspek tertentu yang sesuai dengan konsep pemasaran dalam sistem pemasaran seharusnya. Jadi, manajemen ini sangat penting dalam jalannya suatu bisnis.

Sofyan Assauri

Marketing management menjadi aktivitas analisis, perencanaan, koordinasi maupun pengendalian seluruh kegiatan terkait perancangan maupun peluncuran produk, mengkomunikasikannya, hingga distribusinya secara lengkap.

Swastha

Swastha menjelaskan bahwa marketing management merupakan kegiatan menganalisa, merencanakan, melaksanakan, dan melakukan pengawasan terkait program-program tertentu guna menimbulkan pertukaran dengan pasar, agar mencapai tujuan perusahaan seperti yang diharapkan.

Lupiyo Adi

Berikutnya, Lupiyo Adi menjelaskan bahwa marketing management merupakan semacam analisis, perencanaan ,hingga pelaksanaan terkait program yang sudah direncanakan sebelumnya, demi memperoleh keuntungan pribadi maupun bersama.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Secara garis besar, fungsi manajemen pemasaran adalah untuk menganalisis pasar serta lingkungan pemasarannya, sehingga bisa diperoleh peluang guna merebut pasar dan mencermati apa saja ancaman yang bisa terjadi. Di samping itu, masih ada sejumlah fungsi lain dari marketing management seperti:

Analisis Pasar

Perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan memiliki bagian marketing serta penjualan yang formal. Namun, tiap-tiap perusahaan mempunyai elemen penting untuk merealisasikan aktivitas marketing sehingga mampu mencapai tujuan sesuai harapan.

Nah, agar bisa mengetahui peluang maupun ancaman yang mungkin saja bisa terjadi, maka perlu mencermati beberapa hal penting. Beberapa hal tersebut di antaranya analisis terhadap ancaman dan peluang hingga analisis terhadap perilaku konsumen.

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar sebetulnya menjadi kegiatan untuk berbagai pasar ke dalam kelompok-kelompok berbeda. Tentunya kelompok-kelompok tersebut mempunyai karakteristik yang hampir sama satu dengan lainnya.

Segmentasi pasar akan membuat pemasaran bisa dilakukan dengan jauh lebih terarah serta sumber daya yang terdapat pada bidang pemasaran tersebut bisa dipakai secara efektif dan efisien. Dengan demikian, maka segalanya akan terasa menjadi jauh lebih mudah.

Menetapkan Sasaran Pasar

Manajemen pemasaran sangat penting dalam hal menetapkan sasaran pasar. Sasaran pasar yang dimaksud ialah untuk memberikan nilai keaktifan pada tiap-tiap bagian. Lalu, dilanjutkan dengan memilih salah satu dari bagian pasar untuk dilayani.

Kegiatan semacam ini mencakup banyak hal seperti evaluasi bagian pasar terkait data usia, nasabah, pendapatan, jenis kelamin dari tiap-tiap segmentasi hingga struktural menarik dari segi profitabilitas, sasaran serta sumber daya yang dimiliki.

Penempatan Pasar

Organisasi atau perusahaan baru perlu melakukan identifikasi terkait posisi pesaing yang sudah ada sebelumnya dalam menentukan penempatannya sendiri. Secara garis besar ada dua penempatan yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Penempatan diri pada salah satu pesaing dan berjuang untuk memperoleh bagian pasar.
  • Melakukan pengembangan produk yang sampai hari ini masih belum ditawarkan di pasar.

Perencanaan Pemasaran

Terakhir adalah perencanaan pemasaran. Kegiatan pemasaran yang dilakukan tiap-tiap perusahaan perlu dikoordinasikan sesuai dengan tujuan semula. Jangan sampai berjalan jauh dari tujuan semestinya. Jika begini, tentu tidak akan bagus bagi keberlangsungan perusahaan.

Alat koordinasi maupun pengarahan pemasaran yang dimaksud bisa berupa planning pemasaran. Sementara itu, gaya manajemen yang perlu diterapkan oleh perusahaan perlu melaksanakan empat tahapan penting di antaranya:

  • Penetapan misi perusahaan.
  • Pengenalan unit-unit bisnis yang strategis bagi perusahaan, melakukan analisis hingga evaluasi.
  • Pengenalan wilayah bisnis baru yang ingin dimasuki.

Demikian artikel tentang manajemen pemasaran, telah publish di kategori Marketing. Semoga bermanfaat.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button