Marketing

4 Manfaat Komunitas Digital Marketing dalam Dunia Bisnis

Manfaat komunitas digital marketing akan sangat berguna, saat kita memasuki dunia bisnis. Cukup banyak strategi bermunculan di zaman ini, dengan tujuan untuk menarik perhatian pelanggan, agar tertarik untuk membeli produk atau jasa perusahaan tertentu.

Anda harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Memahami apa yang konsumen butuhkan dan inginkan, merupakan faktor utama dalam membuat usaha tersebut bisa berhasil.

Saat ini community marketing mulai banyak digunakan oleh banyak perusahaan, dan memang terbukti sukses dalam mendapatkan konsumen loyal. Sebetulnya tujuan utama dari strategi digital marketing adalah, mendapatkan kepercayaan konsumen.

Jika dibandingkan dengan strategi berbisnis lainnya, community marketing memang dilakukan dengan hati-hati dan memakan waktu yang lama. Namun cara tersebut memang terbukti berhasil, jika Anda melakukannya dengan mengambil langkah tepat.

Manfaat Digital Marketing Community

Setiap strategi marketing dalam dunia usaha, tentunya memiliki manfaat beragam, tergantung dengan tujuan perusahaan tersebut. Banyaknya manfaat bisa pebisnis dapatkan, jika mengaplikasikan strategi digital marketing community dengan baik.

Mudah dalam Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan konsumen memang sulit untuk didapat, apalagi pelanggan di zaman sekarang juga memperhatikan bagaimana perlakuan penjual kepada mereka. Jika interaksi antar kedua pihak berlangsung dengan baik, maka konsumen akan memberikan kepercayaannya kepada kita.

Dengan strategi community marketing, pelaku bisnis akan lebih terhubung dengan pelanggan. Pebisnis juga akan lebih mudah untuk mengetahui apa saja yang sedang menjadi perbincangan diantara pelanggan lainnya.

Memperluas Brand Awareness

Manfaat komunitas digital marketing selanjutnya adalah memperluas brand awareness, dengan memanfaatkan komunitas, brand akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Semakin banyak orang mengenal brand Anda, maka lebih banyak peluang untuk mendapatkan konsumen.

Pasti konsumen merasa penasaran, jika melihat orang-orang membicarakan suatu brand yang belum Anda dengar sebelumnya. Kemudian audience akan mencari tau, sebetulnya brand seperti apa yang sedang mereka bicarakan.

Mendapat Dukungan yang Saling Menguntungkan

Manfaat komunitas digital marketing selanjutnya adalah, mendapat dukungan dari komunitas. Hubungan yang sudah terjalin di dalam komunitas, ternyata bisa mendatangkan manfaat juga bagi pelaku bisnis.

Meskipun belum ada perkembangan dari bisnis Anda, hadirnya komunitas bisa memberikan dukungan atau saran agar bisnis bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

Dukungan sosial pastinya akan kita butuhkan, agar bisa kembali memiliki semangat dan tekad dalam melanjutkan usaha. Jika dukungan penuh sudah didapat, maka bukan tidak mungkin bahwa bisnis yang kita bangun bisa kembali bangkit.

Jenis Community Marketing yang Perlu Diketahui

Terdapat dua jenis community marketing, dengan perbedaan dari keduanya. Kedua jenis komunitas ini cukup sering diaplikasikan oleh beberapa perusahaan, dengan kelebihan keduanya yang berbeda-beda.

Organic Community Marketing

Salah satu jenis community marketing adalah Organic Community Marketing, merupakan komunitas yang dibentuk secara mandiri oleh konsumen, untuk membicarakan suatu brand tanpa adanya unsur bantuan dari perusahaan atas brand tersebut.

Tujuan dari Organis Community Marketing, Anda bisa mengetahui sebetulnya hal apa saja yang disukai dan tidak disukai oleh pelanggan Anda di komunitas tersebut.

Namun kekurangannya adalah, Anda harus mengawasi komunitas tersebut agar tidak ada provokasi dari orang yang menjelek-jelekkan usaha Anda.

Sponsored Community Marketing

Sponsored Community Marketing merupakan komunitas yang dibentuk oleh perusahaan brand, sehingga konsumen yang berada didalamnya juga bisa berkomunikasi dengan Anda.

Disini Anda bisa lebih mengontrol, apa saja pembicaraan yang sedang berlangsung. Konsumen juga bisa lebih leluasa untuk memberikan kritik dan saran kepada Anda, karena keluh kesah mereka akan diketahui oleh Anda.

Tips Menjalankan Community Digital Marketing

Manfaat komunitas digital marketing bisa langsung Anda aplikasikan dalam dunia bisnis, namun sebelum memutuskan untuk menerapkan strategi ini, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja tips yang perlu Anda pahami dalam dunia marketing digital.

Memanfaatkan Iklan dengan Cara Berbeda

Seringkali para pelaku usaha menyiarkan iklan yang membosankan kepada pelanggan, cobalah untuk mempromosikan produk Anda dengan cara berbeda. Anda tidak harus selalu mengiklankan produk tersebut, sebab audience akan mudah merasa bosan.

Bisa digabungkan dengan konten-konten bersifat edukatif dan informatif, kemudian berikan juga konten yang berisi tentang produk Anda, dan pastinya dikemas dengan desain modern, agar bisa mendapatkan engagement tinggi.

Konsisten

Agar manfaat komunitas digital marketing bisa Anda rasakan, maka pebisnis juga perlu menerapkan sifat konsisten dalam memulai usaha. Beberapa perusahaan seringkali lupa, bahwa berinteraksi dengan konsumen bisa menjaga hubungan lebih baik lagi.

Usahakan untuk berpartisipasi dalam pembicaraan mereka, juga memahami target audience Anda. Dengan begitu pebisnis akan lebih mudah mendapatkan feedback dari audience, serta lebih mudah mengambil langkah strategis kedepannya.

Fokus pada Kebutuhan Konsumen

Kebutuhan dan keinginan konsumen merupakan hal utama perlu pebisnis perhatikan, dengan adanya komunitas, Anda bisa mengetahuinya secara langsung, produk atau jasa seperti apa yang mereka inginkan.

Dengan memperhatikan keluh kesah konsumen atas brand Anda, pebisnis juga bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan seperti apa yang terjadi pada produk tersebut.

Baca : Pembicara Digital Marketing

Dengan mengetahui begitu banyak manfaat komunitas digital marketing, pebisnis akan lebih mudah untuk mengetahui apa yang sebetulnya diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen. Ok, demikian informasi yang bisa dituliskan di blog https://wahyublahe.id

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button