Bisnis

Manfaat Wirausaha Bagi Masyarakat

Berbicara soal manfaat wirausaha, mari ambil ilustrasi kisah tentang Pak Gino, seorang wirausahawan yang sukses. Pak Gino adalah pengusaha mainan kayu edukatif yang produknya banyak digunakan di TK dan Taman Bermain.

Usaha ini diawali dengan ayah Pak Gino yang merupakan pengrajin kayu.

Oleh sang ayah, Pak Gino sering dibuatkan mainan dari sisa kayu dan ternyata mainan tersebut membantu Pak Gino memahami matematika dengan lebih mudah. Dari ilustrasi tersebut, kira-kira apa manfaat wirausaha yang dijalankan oleh Pak Gino bagi masyarakat?

Jawabannya sangat mudah, yaitu orang, khususnya siswa sekolah akan terbantu memahami pelajaran matematika dengan lebih mudah. Namun lebih dari itu, rupanya masih ada manfaat lain dari wirausaha lho, penasaran?

Mari simak beberapa poin yang ada di bawah ini:

Menambah Lapangan Kerja

Sejatinya, manfaat wirausaha itu tidak hanya dialami oleh masyarakat, namun juga akan dirasakan oleh pelaku usaha itu sendiri, tenaga kerja yang berada di dalamnya dan juga bagi negara. Salah satu manfaat dari adanya wirausaha ini ialah menambah lapangan kerja.

Bagaimana tidak, kemunculan usaha baru tentu memerlukan tenaga kerja yang baru. Karena dibutuhkan tenaga kerja yang baru, otomatis lapangan kerja akan tercipta. Dengan manfaat yang satu ini, negara juga akan terbantu karena dengan adanya lapangan kerja, pengangguran akan berkurang.

Melatih Jiwa Kepemimpinan

Apa manfaat menjadi seorang wirausaha yang lainnya? Salah satunya ialah melatih jiwa kepemimpinan. Manfaat yang satu ini akan dirasakan secara khusus bagi pelaku usaha atau orang yang mendirikan usaha.

Pasalnya, menjadi seorang yang berwirausaha, itu artinya Anda akan menjadi pemimpin untuk usaha Anda itu sendiri, baik Anda mempekerjakan karyawan ataupun tidak. Selama menjadi pemimpin, otomatis akan ada banyak hal yang harus dan bisa dipelajari.

Membantu Pembangunan Sosial di Daerah Sekitarnya

Manfaat yang dapat diperoleh jika seseorang memiliki jiwa wirausaha yaitu dapat membantu pembangunan sosial di daerah sekitarnya. Wirausahawan pada dasarnya merupakan orang yang peka dengan lingkungan sosial yang ada di sekitarnya.

Umumnya, wirausahawan yang cerdas dalam menganalisis, memiliki pola pikir yang terbuka dan memiliki rasa empati pastinya akan tergerak untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan yang sifatnya positif.

Ambil contoh dalam hal ini di lingkungan sekitar sedang ada program pembangunan sarana prasarana, pembangunan tempat ibadah atau sedang ada program membantu orang yang sedang kesusahan, biasanya pelaku wirausaha akan ikut memberikan bantuan.

Memang tampak sepele, akan tetapi dengan tindakan ini rupanya bisa menimbulkan dampak yang cukup besar. Salah satunya ialah dapat menghilangkan kecemburuan sosial dan juga kesenjangan sosial yang sering terjadi di masyarakat sejak dulu.

Dengan adanya usaha di daerah tersebut juga, tenaga kerja yang mungkin sedang menganggur di lingkungan sekitar bisa memiliki kegiatan yang mendatangkan pendapatan.

Berpeluang untuk Meraih Keuntungan

Orang yang melakukan usaha, harapannya tentu ingin mendapatkan keuntungan untuk melanjutkan hidup dan mempertahankan serta mengembangkan usaha. Ini seolah menjadi motivasi tersendiri bagi calon wirausaha untuk segera memulai bisnisnya sendiri.

Walaupun pada tahap awal ada banyak pelaku wirausaha yang tidak memiliki keinginan khusus untuk menjadi orang kaya, akan tetapi banyak diantaranya yang hidupnya lebih dari kata cukup.

Bahkan menurut penelitian yang sudah dilaksanakan oleh William Danko dan Thomas Stanley, disebutkan bahwa mereka yang menjalankan usaha sendiri memiliki peluang, yang bahkan 4 kali lebih besar untuk menjadi jutawan dibandingkan dengan mereka yang hanya menjadi karyawan.

Pastinya, kesuksesan ini akan bisa diraih dengan catatan tidak putus asa apalagi mudah menyerah dan juga tidak malas-malasan. Pasalnya, untuk menjadi sukses dengan wirausaha dibutuhkan kerja keras dan inovasi supaya tidak kalah dari pesaing yang menawarkan produk serupa.

Membantu Melatih Diri untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi

Manfaat wirausaha yang lainnya ialah membantu melatih diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Mereka yang menjalankan usaha rata-rata akan memiliki pemikiran yang terbuka serta kemampuan dalam menganalisis suatu hal berdasarkan data dan fakta yang ada.

Selain itu, wirausahawan rata-rata akan dihadapkan pada berbagai masalah, mulai dari karyawannya, kliennya bahkan hingga pesaing atau kompetitornya. Dari sini seorang wirausahawan akan bisa belajar mengambil hikmah dari apa yang telah dialaminya.

Bukan tidak mungkin jika pelajaran dan pengalaman yang telah diterimanya itu akan menuntunnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Baik itu menjadi pemimpin yang lebih baik untuk usahanya maupun yang lainnya.

Memperluas Wawasan dan Memperoleh Keterampilan Baru

Jika menjadi pelaku wirausaha, maka secara tidak langsung Anda juga akan mempelajari banyak hal. Banyak hal di sini bisa dimulai dari cara melakukan pemasaran yang efektif, memanajemen keuangan, memanajemen waktu, memimpin karyawan sampai dengan melayani pelanggan.

Dengan mempelajari berbagai hal tersebut, secara otomatis wawasan Anda sebagai pelaku wirausaha akan bertambah banyak. Selain itu, dari menjalankan usaha dengan serius ini Anda juga akan mendapatkan banyak keterampilan baru.

Hal ini akan dirasakan terutama bila Anda turun tangan langsung mengelola usaha yang dimulai dari produksi, distribusi hingga konsumen. Keterampilan ini akan terus bertambah seiring dengan banyaknya hal yang Anda jalankan secara langsung.

Dari melaksanakan usaha ini pula, Anda akan belajar cara membuat keputusan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah yang menghambat usaha. Pastinya keputusan tersebut dibuat dengan berdasarkan fakta dan data yang ada.

Mempunyai Relasi yang Semakin Luas

Menjadi pelaku wirausaha, Anda berkesempatan untuk memiliki relasi yang lebih luas. Dengan manfaat wirausaha yang satu ini, banyak pelaku wirausaha yang tidak khawatir saat harus berkunjung ke suatu daerah.

Manfaat ini akan terasa karena yang namanya usaha kan pastinya ingin memiliki banyak pelanggan baik di dalam negeri maupun di luar negeri, bukan?

Selain itu, di luar sana mungkin juga banyak pelaku usaha serupa yang walaupun sebenarnya adalah saingan namun di beberapa kesempatan bisa diajak bekerjasama. Pengusaha-pengusaha ini biasanya juga akan tergabung dalam komunitas khusus yang didalamnya ada banyak informasi terbaru.

Jadi, dari melakukan usaha, Anda tidak hanya berkesempatan untuk memiliki relasi yang lebih luas dan kenalan yang lebih banyak, namun juga berkesempatan untuk mengetahui informasi terbaru seputar bisnis sehingga tidak ketinggalan berita.

Mendidik Orang lain untuk Mandiri

Secara tidak langsung, dengan membuka usaha Anda akan membantu mendidik orang lain agar hidup mandiri dan tidak manja lagi. Anda mungkin akan menjadi inspirator bagi masyarakat sekitar untuk mengikuti jejak kesuksesan yang Anda tunjukkan.

Bahkan jika Anda menunjukkan perilaku yang baik, manajemen waktu yang baik, bersikap disiplin dan bekerja keras, ini secara tidak langsung juga menjadi contoh yang baik bagi para karyawan loh.

Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar

Baik itu usaha besar maupun usaha kecil, sedikit banyak bisa membantu kehidupan ekonomi masyarakat sekitar. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa dan hal ini sangat berkaitan dengan manfaat yang sebelumnya, yakni membuka lapangan kerja.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button