Strategi Marketing Communication

Marketing Communication

Pengertian marketing communication adalah sarana dimana perusahan akan berusaha lebih keras lagi untuk menginformasikan, membujuk, serta mengingatkan konsumennya. Baik dilakukan secara langsung maupun tak langsung mengenai sebuah produk, jasa, dan merek yang ditawarkan.

Jika diibaratkan perang, marketing adalah pasukan paling depan dalam sebuah peperangan.

Dimana dalam sebuah perusahaan, baik itu perusahaan di skala kecil atau besar, marketing menjadi divisi yang memiliki tugas cukup penting untuk menentukan maju tidaknya perusahaan tersebut.

Komunikasi pemasaran adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual.

Dalam kegiatan pemasaran, biasanya terdapat serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan para konsumen.

Baik dengan cara memproduksi sebuah produk kemudian memberikan  harga atau mempromosikannya kepada konsumen agar terjadi penjualan.

Namun demikian, untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya mengenai marketing communication atau komunikasi pemasaran, silakan simak rangkumannya di sini.

Pengertian Marketing Communication

Marketing communication adalah teknik, cara, atau tips yang digunakan untuk menyiapkan produk maupun jasa yang baik dengan kualitas terbaik di situasi serta tempat yang baik.

Bahkan kerap kali Marketing communication digunakan untuk mendapatkan keuntungan dalam sebuah penjualan atau kegiatan. Tidak heran jika marketing atau pemasaran memiliki arti penting bagi sebuah perusahaan.

Marketing bahkan tidak hanya sekadar memiliki tugas untuk menjual produk atau jasa, tetapi lebih mengarah kepada apa yang akan dijual, bagaimana cara penjualan yang baik, dan di mana tempat produk tersebut akan dijual kepada konsumen.

Disadari atau pun tidak yang pasti marketing memang dekat sekali dengan kehidupan sehari-hari, sebab marketing ditugaskan di lapangan dan langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Tidak heran hingga pda akhirnya membuat seorang konsumen kebingungan saking banyaknya produk yang dipromosikan oleh seorang marketing. Adapun pengertian marketing communication menurut para ahli antara lain sebagai berikut.

Business Dictionary

Marketing communication atau komunikasi pemasaran adalah suatu pesan promosi yang dikoordinasikan dan dikirimkan lewat satu atau lebih saluran.

Contoh marketing communication, yakni media cetak, surat, radio, televisi, dan penjual personal.

Olujimi Kayode

Marketing communication adalah interaksi antara produsen dengan konsumen yang tertarget dan menggunakan satu maupun lebih media. Contohnya adalah televisi, radio, internet, dan surat kabar.

Philip Kotler

Marketing communication adalah sarana yang biasanya digunakan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

Marketing communication bagi konsumen bisa memberitahu atau pun memperlihatkan kepada konsumen mengenai bagaimana dan kenapa suatu produk atau jasa tersebut layak dipergunakan, dan oleh orang yang seperti apa dan di mana serta lainnya.

Komunikasi pemasaran ini juga turut berkontribusi pada ekuitas merk atau brand dengan menanamkan merk tersebut ke dalam ingatan. Juga menciptakan citra merk dan mendorong penjualan, dan bahkan mempengaruhi nilai-nilai pemegang saham.

Tujuan Marketing Communication

Adapun tujuan marketing communication yang juga penting untuk diketahui antara lain sebagai berikut.

Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi

Komunikasi pemasaran nanti akan digunakan untuk mempengaruhi para konsumen dan calon konsumen. Tujuannya tidak lain, agar mereka bersedia membeli sebuah produk atau jasa yang ditawarkan maupun diiklankan.

Sebagai Proses Dalam Pembentukan Citra

Komunikasi pemasaran juga akan mempengaruhi beragam tahapan proses yang dilakukan oleh konsumennya.

Sebagai Integrasi

Komunikasi pemasaran bahkan juga digunakan secara efektif dan efisien agar konsumennya bisa mendapatkan gambaran secara jelas akan suatu produk.

Lewat komunikasi pemasaran inilah maka akan lebih mudah terjalin sarana yang bisa satukan aneka bentuk hubungan yang baik antara konsumen dengan perusahaan.

Pekerjaan Marketing Communication

Tugas ataupun pekerjaan komunikasi pemasaran atau marketing communication adalah:

Membuat Dan Menjalankan Iklan

Seperti yang kita tahu bersama bahwa iklan memiliki pengaruh yang cukup besar atas penjualan sebuah produk atau jasa. Tugas pertama marketing communication adalah membuat iklan serta menjalankan iklan tersebut guna menunjang penjualan yang lebih stabil, serta cenderung meningkat dari waktu ke waktunya.

Membuat Promosi

Lalu untuk promosi ini sendiri biasanya dilakukan untuk jangka waktu dan target pemasaran. Promosi dalam hal ini biasanya akan dikeluarkan untuk menarik para konsumen dalam jangka pendek, bahkan relatif singkat perkomunikasiannya.

Promosi biasanya dilakukan saat momen-momen tertentu, seperti saat hari raya, tahun baru, dan lain-lain.

Memahami Kebutuhan Pasar

Marketing communication harus bisa paham dan mengerti apa yang dibutuhkan konsumen. Seperti halnya waktu untuk menambahkan varian produk, menambah fasilitas, skala produksi, atau pun memodifikasi ulang produk maupun jasa agar sesuai dengan apa yang konsumen butuhkan.

Membangun merk atau brand

Membangun sebuah merk atau brand ini nanti juga akan mempengaruhi perjalanan sebuah perusahaan. Pada saat merk perusahaan sudah terbangun denga baik dan mendapat kepercayaan publik, maka akan lebih mudah lagi bagi perusahaan untuk melakukan penjualan dan mendapatkan investasi modal, maupun saham kepada publik.

Analisa produk atau layanan

Komunikasi pemasaran juga akan melakukan analisa produk atau jasa yang telah dikeluarkan.

Membuat laporan produk apa sudah sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga penjualan pun dapat berjalan dengan maksimal.

Analisa ini nanti juga bisa berujung pada pengurangan, penambahan, dan pengubahan produk sebelumnya.

Komunikasi pemasaran akan memberikan pertimbangan yang baik atas produk atau layanan untuk dipasarkan, sehingga keuntungan yang didapatkan pun jadi lebih banyak.

Menjaga hubungan baik

Tugas marketing communication yang terakhir adalah membangun hubungan yang baik kepada semua belah pihak yang bersinggungan langsung, atau tak langsung terhadap perkembangan perusahaan.

Apabila hubungan baik tersebut berhasil dibangun, marketing communication harus selalu menjaga hubungan tesebut sebaik mungkin.

Marketing Communication Strategy

Adapun strategi dari komunikasi pemasaran atau marketing communication strategy coba saya jabarkan seperti berikut ini.

Advertising atau Periklanan

Ini adalah usaha dalam penyajian non personal maupun promosi sebuah produk yang dibayarkan oleh pihak perusahaan.

Seperti yang sudah kami bahas di atas, bahwa iklan pada dasarnya menjadi strategi komunikasi pemasaran dengan media radio, televisi, koran, majalah, dan lain-lain.

Sales Promotion

Ini adalah marketing communication yang bertujuan untuk meningkatkan keinginan target konsumen agar melakukan pembelian suatu produk. Promosi juga memiliki tujuan khusus untuk membujuk konsumen agar segera membeli produk yang ditawarkan.

Personal Selling

Penjualan yang dilakukan secara langsung ternyata juga bisa dijadikan sebagai strategi komunikasi pemasaran yang cukup baik. Dimana perusahaan bisa langsung berinteraksi dengan konsumen. Dalam hal ini perusahan bisa memberikan penjelasan secara lebih detail dan terperinci juga menerima feedback dari konsumen.

Direct Marketing

Ini merupakan bentuk pemasaran langsung, misalnya dengan melakukan interaksi langsung dengan konsumen dan dengan media non personal.

Baca : Marketing Communication Ala Gojek

Semoga dengan adanya artikel ini, menjadikan strategi marketing communication yang Anda lakukan berjalan dengan baik. Hal tersebut tentu saja juga bisa membantu meningkatkan merk atau brand awareness juga reputasi perusahaan.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133