Marketing Mix : Konsep, dan Contoh Bisnisnya

Marketing Mix

Secara singkat marketing mix diartikan sebagai penggabungan strategi pemasaran secara terpadu. Marketing mix penting diterapkan dalam dunia bisnis sebagai media pencapaian kesuksesan.

Sederhananya, sebagus apapun suatu bisnis akan gagal jika tidak tahu bagaimana pemasaran terbaiknya.

Marketing mix sangat penting diterapkan dalam berbagai macam bentuk bisnis. Marketing mix merupakan suatu strategi pemasaran yang nantinya sangat berpengaruh terhadap hasil akhis kesuksesan suatu bisnis.

Tanpa adanya strategi pemasaran semacam ini tentu suatu bisnis akan sia-sia. Bisnis yang dijalankan akan rentan mengalami kegagalan tanpa adanya penerapan strategi yang bagus.

Pengertian Marketing Mix

Secara umum marketing mix diartikan sebagai suatu strategi pemasaran yang keseluruhan elemennya dipadukan guna pencapaian target market tertentu.

Strategi ini senantiasa sangat dibutuhkan guna mendapatkan hasil akhir bisnis yang gemilang.

Sejumlah ahli ekonomi turut serta dalam menyumbangkan ide pemikiran mereka tentang apa itu definisi marketing mix. Seperti yang dilakukan Buchari Alma.

Menurut ahli ekonomi ini marketing mix diartikan sebagai strategi pemasaran dengan kombinasi maksimal guna memunculkan hasil akhir paling bagus.

Sementara itu, Kotler dan Armstrong menyebutkan bahwa istilah tersebut merujuk pada seperangkat alat pemasaran taktis guna mendapatkan hasil akhir yang diinginkan. Adapun seperangkat alat pemasaran yang dimaksud di antaranya harga, produk, distribusi hingga promosi.

Sofjan Assauri turut memberikan opini terkait istilah tersebut sebagai kombinasi variabel yang merupakan inti sistem pemasaran guna mempengaruhi respon pembeli maupun konsumen.

Begitu pula menurut Gugup Kismono yang lebih menekankan istilah tersebut pada produk, promosi, harga dan tempat.

Pada intinya kegiatan dari mix marketing lebih menjurus pada advertising, sales promotion dan direct marketing. Tujuan advertising semata-mata untuk memberikan informasi terkait produk kepada konsumen guna meningkatkan minat dan penjualan.

Tujuan sales promotion adalah guna mendorong konsumen untuk melakukan pembelian terkait barang atau jasa dalam jangka pendek. Secara singkat, tujuan sales promotion adalah untuk meningkatkan penjualan produk barang maupun jasa.

Sementara itu, direct marketing bertujuan guna mengkomunikasikan produk barang atau jasa kepada konsumen secara langsung yang telah dianggap sebagai target potensial. Biasanya direct marketing lwbih bagus untuk meningkatkan penjualan secara signifikan.

Marketing mix terdiri atas dua bagian yakni khusus untuk barang (4P) dan jasa (7P). Cakupan marketing barang di antaranya product, price, place dan promotion. Sementara itu cakupan marketing jasa di antaranya place, product, promotion, price, people, process hingga physical evidence.

Konsep Dasar Marketing

Guna melaksanakan marketing yang baik, ideal sekaligus produktif Anda mesti menerapkan strategi yang pas. Di samping itu, Anda juga mesti tahu apa saja yang menjadi konsep dasar dalam suatu kegiatan marketing.

Pada dunia marketing dikenal yang namanya 4 konsep dasar. Konsep tersebut berupa produksi, produk, marketing itu sendiri serta penjualan.

1. Produksi

Konsep dasar ilmu marketing yang pertama adalah produksi. Produksi merupakan suatu proses tata olah bahan baku bersifat mentah hingga menjadi bahan jadi. Tujuan dari produksi tidak lain adalah untuk menambah nilai serta harga produk barang atau jasa yang dihasilkan.

Sebelum memproduksi barang atau jasa dalam jumlah banyak, sebaiknya tim marketing melakukan riset terlebih dahulu.

Riset tersebut sangat bagus guna memahami hal apa yang paling diperlukan oleh pasaran. Barulah kemudian tim marketing bisa melakukan uji coba produk.

2. Produk

Konsep dasar ilmu marketing berikutnya adalah produk. Produk merupakan hasil dari produksi yang nantinya akan ditawarkan kepada konsumen oleh produsen.

Biasanya target utama dari suatu produk adalah masyarakat luas.

Dalam menciptakan suatu produk, tim marketing harus ingat bahwa seluruh konsumen senantiasa menginginkan produk berkualitas baik.

Akan tetapi, harga produk mesti tetap harus terjangkau. Adapun produk yang dimaksud bisa berupa barang, jasa maupun gagasan.

3. Marketing

Konsep dasar marketing adalah serangkaian aktivitas individu maupun kelompok tertentu guna menawarkan hasil produksi. Aktivitas ini penting sekali dilakukan oleh para pebisnis demi menjaga permintaan pasar.

Adapun yang dimaksud dengan proses marketing dimulai dari penciptaan produk sampai ke tangan konsumen.

Sebelum sampai ke tangan konsumen biasanya produk tersebut akan melawati tahapan seperti promosi, tawar menawar, tanda jadi, pemesanan dan deal.

Terdapat 3 macam tips pemasaran yang dapat membuat konsumen terpesona.

Pertama, senantiasa fokus pada nilai bukan terhadap fitur produk. Berikan nilai lebih dari produk yang Anda jual kepada konsumen. Jangan ragu untuk menggunakan pendekatan personal kepada konsumen Anda.

Kedua, jelaskan alasan kenapa produk Anda layak dimiliki.

Hal ini mengingat bahwa konsumen cenderung akan membeli produk yang merupakan bagian dari dirinya. Jika produk tersebut dirasa penting dan layak dimiliki, maka tanpa ragu konsumen akan membeli produk Anda.

Terakhir, jangan sesekali mengabaikan budaya yang baik.

Di samping meningkatkan kualitas produk, ada baiknya juga sekaligus bisa meningkatkan kualitas perusahaan. Misalnya, melalui bakti sosial, kerja bakti lingkungan serta kegiatan sosial lainnya.

Yang terpenting dari suatu kegiatan marketing adalah jangan sesekali mengabaikan hal kecil.

Sesuatu yang besar tentu berawal dari sejumlah hal kecil. Pertahankan citra produk maupun perusahaan yang baik demi menarik daya beli konsumen.

4. Penjualan

Penjualan adalah konsep dasar terakhir dari suatu ilmu marketing. Semakin banyak produk dijual, maka akan semakin tinggi pula nilai keuntungan yang diperoleh dari pebisnis.

Seperti halnya fenomena saat ini yang cenderung merekrut reseller guna mencapai target nominal tertentu.

Selain menggunakan sistem reseller maupun dropshipper, biasanya para pebisnis juga akan memberikan reward maupun hadiah tertentu bagi customer setianya.

Hal ini tentu akan membuat customer senantiasa menjadi langganan.

Contoh Marketing Mix

Untuk memperjelas gambaran Anda, maka berikut ini adalah contoh tentang marketing mix dengan tema makanan. Kiranya dapat memberikan pemahaman dan ilmu pengetahuan bagi Anda.

Marketing Mix Sosis Jerman Juwarak; Sosis dikenal sebagai salah satu panganan yang cukup direkomendasikan karena memiliki gizi yang baik bagi tubuh.

Bagi yang bosan dengan menu sosis yang itu-itu saja, maka bisa coba Sosis Jerman Juwarak sebagai ahlinya beraneka macam menu serba sosis yang enak dan murah.

Sosis Jerman Juwarak mampu mengolah serta menyajikan berbagai macam menu serba sosis sebagai menu sarapan, makan siang hingga makan malam bagi Anda.

Dan tentunya sangat berpengalaman dalam melayani konsumen selama 25 tahun lamanya.

Hal tersebut menjadikan cafe dan resto ini memiliki begitu banyak pelanggan yang tersebar tidak hanya di daerah Bandung saja melainkan juga luar kota.

Misalnya, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya hingga kota-kota besar di luar Jawa.

Berpusat di Bandung, Sosis Jerman Juwarak dikenal sebagai cafe dan resto penyaji burger dan hotdog dengan spesialisasi sosis Jerman.

Pada tempat makan ini, konsumen menjumpai berbagai macam menu serba sosis berukuran besar yang benar-benar akan membuat perut terasa kenyang.

Selain menu unggulan burger dan hotdog, sosis Jerman yang disajikan di tempat ini juga sangat nikmat disantap dengan beraneka macam menu kentang, mayonaise, potongan keju, salad dan aneka saus lainnya.

Ada juga menu serba sosis lain yang tidak kalah menggugah selera selain burger dan hotdog.

Jika sudah ada di Sosis Jerman Juwarak, maka perlu coba bauern bratwurst, bavarian bratwurst hingga käse bratwurst.

Sosis Jerman Juwarak juga menyediakan beragam minuman pilihan seperti lemon suash, cappucino hingga lychee delight.

Seluruh menu makanan dan minuman di Sosis Jerman Juwarak dapat Anda nikmati dengan kisaran harga mulai dari Rp.18.000,00 hingga Rp.45.000,00 saja.

Cafe dan resto ini memliki daya tampung hingga mencapai 60 orang serta menjual beragam sosis Jerman bagi pengunjung.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Sosis Jerman Juwarak termasuk ke dalam kategori perusahaan jasa.

Adapun konsep marketing mix dari cafe dan resto ini adalah 7P yang dapat diuraikan seperti berikut.

1. Product

Sosis Jerman Juwarak menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman dengan cita rasa yang lezat.

Menu makanan yang disediakan oleh cafe dan resto ini di antaranya burger, hotdog, bauern bratwurst, bavarian bratwurst, käse bratwurst dan aneka menu makanan lainnya.

Selanjutnya, untuk menu minuman di cafe dan resto ini ialah lemon suash, cappucino, lychee delight serta menu minuman lezat lainnya.

Sosis Jerman Juwarak juga menyediakan ragam sosis yang dijual kepada pengunjung.

2. Price

Dalam persoalan harga, Sosis Jerman Juwarak menawarkan kisaran harga makanan dan minuman mulai dari Rp.15.000,00 hingga Rp.45.000,00.

Harga yang relatif terjangkau tersebut juga berkesesuaian dengan suguhan cita rasa makanan dan minuman.

3. Place

Sosis Jerman Juwarak muncul sejak 25 tahun silam. Tepatnya di ibu kota Jawa Barat, Bandung.

Cafe dan resto ini terletak pada tempat yang strategis yaitu di pusat kota sekaligus jalur utama bagi para wisatawan serta berdekatan dengan kawasan perumahan elit Bandung.

Lokasi strategis dari cafe dan resto ini membuat banyak konsumen mampir untuk sekadar mencicipi menu camilan sampai dengan makan makanan berat.

Tempat ini juga sangat direkomendasikan sekali untuk muda-mudi yang mau menghabiskan waktu dengan orang terkasih.

4. Promotion

Promosi jasa yang dilakukan oleh tim marketing Sosis Jerman Juwarak adalah dengan memanfaatkan media sosial. Misalnya, facebook, twitter, instagram hingga youtube.

Di samping menggunakan media daring, promosi Sosis Jerman Juwarak juga dilakukan dengan memanfaatkan media massa.

Misalnya, sebar brosur, iklan media cetak, program acara kuliner televisi, sponsor lomba hingga informasi dari mulut ke mulut. Kiat-kiat promosi tersebut terbilang cukup efektif untuk mendorong banyak orang agar berkunjung ke Sosis Jerman Juwarak.

5. People

Sosis Jerman Juwarak senantiasa merekrut sumber daya manusia yang terlatih dan berpendidikan. Cafe dan resto ini selalu mengutamakan nilai professionalisme yang diawali dari perekrutan karyawan.

6. Process

Sosis Jerman Juwarak mengolah dan menyajikan beraneka macam menu makanan layak santap.

Menu-menu tersebut sangat cocok dihidangkan sebagai pilihan sarapan, makan siang hingga makan malam.

Cafe dan resto ini telah berpengalaman sejak 25 tahun silam. Maka dari itu, soal kualitas rasa sudah tidak perlu diragukan lagi.

7. Physical Evidence

Cafe dan resto Sosis Jerman Juwarak adalah salah satu rekomendasi kuliner yang ada di Bandung dengan spesialisasi menu serba sosis asli Jerman.

Di samping makanan yang enak dan bercita rasa khas Jerman, tempat makan tersebut juga kental sekali dengan atmosfer Eropa Tengah.

Di Sosis Jerman Juwarak, orang-orang dapat menikmati beraneka macam menu sosis sekaligus merasakan nuansa cafe dan resto bak di negara aslinya.

Pelayanan karyawan yang ramah juga akan menambah nilai tersendiri di mata pengunjung.

Baca juga : Strategi Marketing Gojek

Nah, semoga pertanyaan mengenai apa itu pengertian marketing mix, konsep dasar marketing mix, dan contoh marketing mix, dapat terjawab di artikel ini ya.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133