Ragam

Membuat Surat Lamaran yang Baik dan Benar Harus Ditinjau dari Segi Apa?

Membuat surat lamaran yang baik dan benar harus ditinjau dari segi kalimat dan kata, sebab kita bisa melihat secara jelas, bagaimana karakter si penulis berdasarkan penggunaan kalimat serta kata yang tertulis pada surat tersebut.

Tentunya dengan kalimat sopan bersifat formal.

Hal tersebut akan memberikan nilai tambah di mata perusahaan. Menulis dokumen lamaran kerja merupakan poin penting pada saat Anda melamar kerja, di surat tersebut akan menampilkan biodata serta tujuan Anda menulisnya.

Surat lamaran yang baik sekurang kurangnya mempunyai ciri-ciri tepat sasaran, penggunaan bahasa formal, memiliki struktur menarik agar bisa menggambarkan bagaimana kemampuan serta kepribadian pelamar.

Selain itu Anda juga harus mengetahui bagaimana struktur penulisan surat lamaran kerja yang baik, serta apa saja hal yang perlu dimasukkan ke dalamnya.

Pada lamaran kerja, pelamar akan menjelaskan apa saja latar belakang pendidikan serta pengalaman yang pernah ia dapat.

Tahapan membuat surat lamaran yang yaik dan benar harus ditinjau dari segi kalimat-kata berikut.

Jika Anda menuliskan surat lamaran kerja dengan baik dan benar, pastinya Anda bisa berpeluang besar untuk mendapatkan posisi pekerjaan pelamar inginkan.

Namun sebaliknya, jika struktur pada lamaran kerja pelamar tuliskan tidak sesuai, maka perusahaan bisa memberikan penilaian tidak baik.

Menuliskan Alamat Surat Dituju

Sebelum menuliskan alamat surat dituju, penulis juga perlu menuliskan perihal dan berapa banyak lampiran.

Berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, yaitu petunjuk intisari surat, referensi, petunjuk bagi petugas pengarsipan dan petunjuk bagi petugas surat pencatatan.

Pada awal penulisan surat, Anda akan menuliskan tempat dan tanggal penulisan, tujuan surat tersebut dituju, alamat lengkap perusahaan, serta salam pembuka. Biasanya letak tempat dan tanggal penulisan, berada di pojok sebelah kanan.

Sedangkan untuk tujuan dokumen tersebut dituju hingga salam pembuka, dituliskan di bagian pojok kanan. Pastikan menuliskan alamat perusahaan dengan benar, serta tujuan dokumen tersebut beserta jabatannya.

Pembukaan

Membuat surat lamaran yang baik dan benar harus ditinjau dari segi kalimat dan kata, seperti yang akan Anda tulis di bagian pembukaan. Biasanya di bagian pembuka, penulis akan menuliskan salam hormat serta darimana pelamar menemukan lowongan tersebut.

Anda bisa menuliskan bahwa informasi lowongan pekerjaan tersebut, ditemukan di internet, atau melalui kerabat dan teman. Kemudian pelamar juga menuliskan, posisi jabatan pelamar inginkan beserta nama perusahaannya.

Biodata Pribadi

Membuat surat lamaran yang baik dan benar harus ditinjau dari segi kalimat dan kata, juga diikuti dengan biodata pribadi tercantum pada dokumen tersebut. Biodata pribadi terdiri dari, nama lengkap, tempat tanggal lahir, email serta telepon aktif.

Jangan lupa untuk mencantumkan latar belakang pendidikan, ditulis dengan urutan pendidikan tertinggi. Beserta tahun masuk pendidikan, hingga jurusan atau fakultas yang dipilih saat kuliah.

Pengalaman Kerja

Membuat surat lamaran yang baik dan benar harus ditinjau dari segi kalimat dan kata pada pengalaman kerja, juga perlu penulis perhatikan. Pengalaman kerja yang pernah Anda dapatkan, bisa berpengaruh besar dalam terpilihnya posisi pekerjaan yang Anda pilih.

Jangan lupa cantumkan keahlian yang bisa Anda lakukan, seperti misalnya bisa mengoperasikan software dan lainnya. Selain itu pengalaman organisasi, juga cukup penting untuk dicantumkan, sebab kemampuan saat berorganisasi akan berguna saat Anda bekerja.

Penutup

Dalam membuat surat lamaran kerja, penulis juga perlu menuliskan kalimat penutup. Diisi dengan kalimat harapan serta ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan, selain itu jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan beserta nama Anda di bagian paling bawah dokumen.

Lampiran

Persyaratan yang diminta oleh perusahaan berbeda-beda, ada yang meminta untuk mencantumkan CV, Transkrip Nilai, Ijazah, Fotocopy KTP dan lainnya. Jika perusahaan yang Anda lamar meminta persyaratan serupa, maka Anda bisa melampirkannya.

Baca : Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Dalam membuat surat lamaran yang baik dan benar harus ditinjau dari segi kalimat dan kata formal, agar penulis bisa mendapatkan kesan positif di mata perusahaan.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button