Daftar Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang Masa

Mobil Terlaris di Indonesia

Mobil terlaris di Indonesia jadi fokus tulisan saya kali ini.

Sebab, kebutuhan kendaraan pribadi semakin diutamakan, dan dianggap lebih fleksible untuk bepergian.

Dan, bila Anda membeli sebuah mobil, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Mengingat harga sebuah mobil tidaklah murah, jadi Anda tidak boleh sembarangan saat memilih.

Beberapa faktor yang harus dipertimbangan saat membeli mobil yaitu budget, kekuatan mesin, pengguanaan bahan bakar, kapasitas memadai, fitur keamanan, dan service center.

Hal tersebut merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan bagi Anda pencinta otomotif sebelum membeli mobil terlaris di Indonesia

Jadi, mobil seperti apakah yang sebenarnya Anda perlukan?

Jika Anda masih bingung, tenang saja karena saya akan memberikan beberapa referensi mobil yang bisa Anda pilih.

Mobil yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia, tentunya sesuai dengan kebutuhan orang-orang Indonesia.

Mobil Terlaris di Indonesia Mencapai Penjualan 1 Juta Unit

Sebelum Anda mengetahui mobil apa saja yang banyak digunakan orang Indonesia, berikut ini saya bagikan data penjualan mobil pada tahun lalu.

Menurut catatan GAIKINDO, pada tahun 2019 penjualan mobil domestik sebanyak 1.030.126 unit.

Angka tersebut sebenarnya turun sebesar 11.7% dari tahun sebelumnya, yang mencapai 1.151.306 unit.

Dari data tersebut diketahui bahwa, penjualan mobil penumpang lebih tinggi dari pada penjualan mobil komersial, perbedaannya mencapai 7:3.

Mobil penumpang yang dimaksud adalah mobil MVP (Suzuki Ertia, Nissan Serena, Alphard), sedan, hatchback (Toyota Yaris), SUV (Pajero Sport), dan sport car (Lamborghini). Sedangkan mobil komersial, yaitu tipe mobil bus dan truk.

10 Mobil Terlaris di Indonesia

Jika Anda ingin mengintip mobil apa saja yang dibeli orang Indonesia, berikut saya bagikan beberapa jenis mobil terlaris di Indonesia:

Toyota

Brand toyota berhasil menduduki posisi pertama, sebagai mobil terlaris. Penjualannya mencapai 331.797 unit, dan berhasil mengungguli pangsa pasar hingga 32.2%.

Pada tahun lalu, penjualan tertinggi ada pada bulan September, sedangkan penjualan terendah ada pada bulan Juli.

Tipe mobil Toyota yang laris di Indonesia:

  • Toyota All New Avanza
  • New Agya
  • Avanza Veloz
  • All New Camry
  • Dyna HT
  • Vios
  • All New Corolla Altis

Daihatsu

Posisi kedua dalam kategori mobil terlaris di Indonesia, berhasil ditempati oleh brand Daihatsu. Angka penjualannya mencapai 177.284 unit, dan berhasil menguasai pangsa pasar hingga 17.2%.

Tahun lalu penjualan terbanyak yaitu pada bulan Maret, dan terendah pada bulan Juni.

Berikut tipe mobil Daihatsu yang diminati masyarakat Indonesia:

  • New Ayla
  • Grand New Xenia
  • Gran Max PU
  • New Sigra.
  • All New Terios

Honda

Anda pasti sudah tidak asing lagi saat mendengar brand yang satu ini, Honda berhasil menduduki posisi ketiga dalam kategori penjualan mobil terlaris. Sebanyak 137.339 unit mobil terjual dalam satu tahun, dengan pangsa pasar sebesar 13.3%. Berikut model mobil Honda yang paling banyak dibeli:

  • Brio Satya
  • Honda Brio
  • All New Jazz
  • All New City
  • Mobilio

Mitsubishi Motors

Perusahaan Mitsubishi Motors berhasil menjual 119.011 unit mobilnya dan menduduki posisi keempat dalam kategori merk mobil paling laris di Indonesia. Mobil ini meraih yaitu sebesar 11.6%, Model yang paling banyak dicari orang Indonesia adalah Xpander dan Pajero Sport.

Suzuki

Mobil keluaran Suzuki berhasil masuk dalam deretan merek terlaris di Indonesia dan menduduki posisi kelima. Tahun lalu penjualan mereka mencapai 100.383 unit mobil, dengan pangsa pasar 9.7%. Model yang paling laris yaitu New Jimmy, All New Ertiga, Ignis GX, serta Karimun Wagon.

Mitsubishi Fuso

Berbeda dengan Mitsubishi Motors, brand yang berhasil menduduki posisi keenam ini yaitu Mitsubishi Fuso. Mereka berhasil mencapai realisasi penjualan sebesar 42.754 unit, dengan pangsa pasar sebesar 4.2%.

Hino

Hino yang menyediakan mobil-mobil komersial, ternyata berhasil menduduki posisi ketujuh. Penjualan bus dan truk mencapai 31.068 unit, dengan pangsa yang diraih yaitu senilai 3%.

Isuzu

Perusahaan mobil Isuzu berhasil menjual 25.270 unit mobil dalam setahun, mereka cukup puas dengan urutan delapan mobil terlaris. Angka pangsa pasar yang mereka dapatkan yaitu 2.5%, dan tipe mobil yang paling banyak dibeli yaitu Panther PU.

Wuling

Perusahaan mobil dengan logo W ini, berhasil menjual 22.343 unit mobilnya dalam setahun. Sehingga mereka harus puas dengan posisinya di angka 9, pangsa pasar yang berhasil diraih yaitu 2.2.%.

Nissan

Anda pasti sedikit tidak menyangka, bahwa posisi terakhir mobil terlaris diduduki oleh Nissan. Mereka menjual sebanyak 12.302 unit mobil dalam setahun, dengan pangsa pasar 1.2% saja.

Model yang paling banyak dibeli yaitu Grand Livina, March, X-Trail, Terra, dan New Serena.

Untuk mobil second, Anda bisa lihat di : SEVA Mobil Bekas

Baca juga : SEVA Pusat Mobil Murah

Nah, seru kan setelah membaca mobil terlaris di Indonesia? Semoga koleksi itu ada di garasi rumah kita ya.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133