Orang Terkaya di Dunia

Orang Terkaya di Dunia

Orang Terkaya di Dunia menjadi artikel yang layak saya tulis, karena motivasi kita menjadi sukses seperti mereka itu perlu ada.

 

Konten :

Orang Terkaya di Amerika

Orang Terkaya di Amerika

Majalah Forbes kembali meluncurkan daftar orang terkaya di Amerika Serikat (AS). Tercatat, ada 400 orang yang masuk dalam kategori orang-orang terkaya di Negeri Paman Sam tersebut. 10 diantara mereka yaitu :

 

Bill Gates

Selain orang terkaya di Amerika, beliau juga merupakan orang terkaya nomor satu di dunia. Pendiri Microsoft ini memiliki kekayaan USD 81,8 miliar yang berasal dari Microsoft dan investasi. Namun Bill Gates juga merupakan salah satu orang yang berjiwa besar dan termasuk aktif di yayasan amal. Saat ini juga beliau telah mengundurkan diri dari jabatannya di microsoft dan berkonsentrasi penuh dalam foundation yang didirikannya dengan nama Bill and Melinda Gates Foundation.

 

Amancio Ortega

Pendiri ritel raksasa Zara asal Spanyol, Amancio Ortega sempat menjadi orang terkaya dunia dan mengalahkan kekayaan Bill Gates, menurut data terbaru Forbes. Kekayaan Amancio Ortega meroket pada Jumat (23/10) pagi hingga mengalahkan bos Microsoft tersebut.

Dilansir dari Huffington Post, Amancio Ortega mencatatkan puncak kekayaan bersih sebesar USD 79 miliar pada Jumat (23/10), dan ini naik USD 2,4 miliar dibanding Kamis (22/10). Namun, di hari yang sama sekitar pukul 10.00 waktu setempat, kekayaannya kembali turun dan menempatkan dia diperingkat dua orang terkaya dunia.

 

Jeff Bezos

Menyalip investor legendaris Warren Buffett, Bezos tercatat memiliki kekayaan USD71,7 miliar. Dia mendapatkan kekayaannya dari Amazon.com.

Jeffrey Preston Bezos, lahir di Albuquerque, New Mexico, dalah pendiri, direktur utama, CEO, dan ketua dewan direktur Amazon.com.

Lulusan Universitas Princeton, Bezos pernah menjadi anggota Phi Beta Kappa, bekerja sebagai analis keuangan untuk D. E. Shaw & Co. sebelum mendirikan Amazon pada tahun 1994. Ia pernah dipilih sebagai Person of the Year oleh majalah TIME

 

Warren Buffett

Posisinya harus tergantikan oleh Jeff Bezos, karena kekayaannya turun ke USD 64,3 miliar. Buffett mendapatkan kekayaannya dari Kerkshire Hathaway. Beliau juga terkenal dengan sifat kedermawanannya dan kekayaannya yang berasal dari investasinya di dunia saham.

 

Mark Zuckerberg

Mark Elliot Zuckerberg lahir di White Plains, New York, adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha Internet.

Ia dikenal karena menciptakan situs jejaring sosial Facebook bersama temannya, yang dengan itu ia menjadi pejabat eksekutif dan presiden.

Pendiri media sosial terbesar ini tercatat memiliki kekayaan USD 56 miliar. Dia mendapatkan kekayaan dari Facebook dan investasi.

 

Larry Ellison

Lawrence Joseph Ellison lahir di Manhattan, New York, Amerika Serikat, 17 Agustus 1944 umur 72 tahun adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation.

Ellison memiliki bakat dalam matematika, dan pada masa mudanya bekerja untuk Perusahaan Ampex. Salah satu proyeknya adalah gudang data untuk CIA yang ia beri nama “Oracle”.

Posisinya turun dari peringkat 3 tahun lalu dengan kekayaan sebesar USD 49,3 miliar. Kekayaan Larry sebagian besar berasal dari Oracle.

 

Michael Bloomberg

 

Dia berhasil naik dari posisi sebelumnya 8, dengan kekayaan sebesar USD 43,1 miliar. Adapun kekayaan Michael Bloomberg, tercatat dari perusahaannya Bloomberg LP.

 

Charles Koch

Turun dari posisi sebelumnya 5, dia tercatat memiliki kekayaan USD42,7 miliar. Kekayaannya tersebut, diperoleh dari berbagai macam usaha yang digeluti oleh Koch Industries.

 

David Koch

Adik dari Charles Koch ini tercatat memiliki kekayaan sebesar USD42,7 miliar. Dia merupakan Executive Vice President di Koch Industries.

 

Larry Page

Salah satu pendiri Google yang kini pindah ke Alphabet ini memiliki kekayaan USD38,8 miliar. Sumber kekayaan utamanya masih berasal dari Google.

 

Sergey Brin

Partner dari Larry Page ini memiliki kekayaan sebesar USD37,8 miliar. Saat ini, Sergey tercatat sebagai Director Of Special Projects di Google.

 

Orang Terkaya di Arab

Orang Terkaya di Arab

Berikut daftar orang-orang terkaya di Arab Saudi yang buat kamu semua berdecak kagum atas hasil jerih payah mereka :

 

Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan

Dengan total kekayaan US$ 18 Miliar, siapa yg tidak mengetahui Burj Khalifa? Gedung pencakar langit paling tinggi didunia dengan tinggi meraih 829. 8 m Kebanyakan orang pasti tahu. Yap, gedung ini merupakan punya Khalifa yang disebut Muslim paling kaya didunia sekarang ini. Bahkan juga nomer dua paling besar didunia.

Sekarang ini Khalifa adalah memimpin dari Abu Dhabi serta Presiden dari Uni Emirat Arab. Khalifa dengan cara resmi jadi presiden mulai sejak th. 2004, tetapi sudah melakukan tindakan juga sebagai pemimpin sesudah di beri mahkota pangeran saat ayahnya sakit keras. Hal semacam itu berlangsung kira-kira tahun 1990-an. Khalifa mempunyai investasi yang terbesar di Abu Dhabi, bahkan juga meraih $733 Miliar. Perihal ini pula yang membuat Khalifa sangatlah kaya raya.

 

Pangeran Alwaleed Bin Talal Alsaud

Dengan kekayaan US$ 17,3 miliar (Rp 224,9 triliun), beliau menempati posisi ke 41 di dunia. Orang terkaya di Arab ini terkenal sampai ke seluruh dunia.

Keponakan raja Arab ini punya saham di banyak perusahaan terkenal, seperti Citigroup dan Twitter. Saham-saham tersebut ia pegang melalui Kingdom Holding Co. Alwaleed juga mengoperasikan banyak hotel di seluruh dunia, seperti Four Seasons Hotels & Resorts, Movenpick Hotels & Resorts, Hotel George V Paris, hingga Savoy Hotel di London.

 

Mohammed Al Amoudi

 

Dengan total kekayaan US$ 8,3 miliar (Rp 107,9 triliun). Posisi 138 dunia.

Mohammed Al Amoudi berkiprah di industri konstruksi, agrikultur, hingga energi. Daerah operasinya terbentang luar mulai dari Arab Saudi hingga Swedia.

Saudi Star Agricultural Development miliknya merupakan pengekspor biji kopi

Pangeran Sultan bin Mohammed bin Saud Al Kabeer

Total Aset beliau yaitu US$ 3,4 miliar (Rp 44,2 triliun). Posisi 477 dunia.

Pangeran Sultan adalah salah satu anggota Kerajaan Saudi. Ia merupakan pendiri Almarai di 1977 dan menjual sahamnya ke publik pada 2005, menyisakan 29% kepemilikan. Almarai adalah produsen susu terbesar di di Timur Tengah.

 

Mohammed Al Issa

 

Dengan total kekayaan US$ 2,3 miliar (Rp 29,9 triliun). posisi 771 dunia.

Al Issa adalah salah satu investor kelas kakap di bursa saham Saudi. Ia punya saham di Dur Hospitality (dulunya Saudi Hotels & Resorts), Riyad Bank, dan Savola Group, salah satu produsen makanan milik Kerajaan Saudi.

 

Saleh Kamel

 

Beliau adalah rekan dari orang kaya Abdullah Al Rajhi, dengan kekayaan US$ 1,9 miliar (Rp 24,7 triliun). Posisi ke 959 di dunia. Saleh adalah pendiri dan komisaris Dallah Albaraka, konglomerasi yang fokus pada perbankan syariah, real estat, dan makanan. Baru-baru ini ia merambah bisnis rumah sakit lengkap dengan farmasi dan alat kesehatan.

 

Abdullah Al Rajhi

 

Dengan kekayaan US$ 1,4 miliar (Rp 18,2 triliun) dan menempati posisi orang terkaya ke 1.275 di dunia. Abdullah mendirikan Bank Al Rajhi lebih dari 50 tahun lalu bersama saudaranya Sulaiman, Mohammed, dan Saleh.

Bank miliknya tersebut merupakan bank syariah terbesar di dunia yang saat ini dijalankan oleh anaknya. Al Rajhi juga punya saham di Al Baraka Banking Group yang didirikan oleh rekannya sesama miliuner, Saleh Kamel. untuk Starbuck dan daun teh untuk Lipton.

 

Orang Terkaya di Asia

 

Orang Terkaya di Asia

Sebagai benua dengan luas terbesar dan memiliki populasi paling banyak, yaitu berjumlah 4,436 miliar, Asia juga telah menjelma sebagai rumah bagi para miliarder dunia. Sepuluh dari 50 orang terkaya di dunia berasal dari Asia. Lebih mencengangkannya lagi, kekayaan gabungan mereka bisa mencapai nilai hingga US$ 205 miliar atau setara Rp 2.780 triliun.

Siapa saja kah mereka yang masuk dalam jajaran 10 orang terkaya di Asia?

 

Wang Jianlin

 

Peringkat pertama ditempati oleh miliarder asal China, dengan total aset US$ 29,2 miliar atau Rp 400 triliun Wang Jianlin. Pria ini merupakan bos besar di balik perusahaan Dalian Wanda Group yang kini sudah merambah di berbagai sektor dan menyalurkan dana investasi di beberapa perusahaan raksasa. Salah satu investasi terbesar milik Dalian Wanda Group adalah pembangunan properti di Sydney dan Madrid.

 

Lee Byung-chull

 

Lahir 12 Februari 1910 – meninggal 19 November 1987 pada umur 77 tahun adalah seorang pendiri Group Samsung. Ia adalah putra dari keluarga kaya pemilik tanah dan sempat mengenyam pendidikan perkuliahan di Universitas Wesda Tokyo meskipun tidak sampai lulus. Namun saat ini kekayaan beliau mengalir kepada keluarganya yang berjumlah US$ 26,6 miliar.

 

Jack Ma

 

Siapa yang tidak mengenal Jack Ma? Penemu Alibaba group ini sering sekali dikenal sebagai salah satu innovator ulung. Sebagai orang terkaya nomor dua di China dengan total aset: US$ 26,5 miliar atau Rp 363 triliun, Jack Ma memulai membangun perusahaannya sejak tahun 1999. Lima belas tahun setelah jerih payahnya membangun perusahaan teknologinya, perusahaannya mampu memecahkan rekor US$ 25 miliar sejak pertama kali dibuka untuk public.

 

Mukesh Ambani

 

Miliarder ini mendapat kekayaannya dari sektor gas dan minyak bumi. Ia mampu menjadi pimpinan perusahaan Reliance Industries setelah ayahnya meninggal pada tahun 2002. Ia mampu mencetak keuntungan tahunan hingga US$ 62 miliar dari bidang energi, petrokimia, tekstil, sumber daya alam hingga telekomunikasi. Pria 58 tahun ini kini didapuk sebagai miliarder terkaya di India dengan Total aset: US$ 24,8 miliar atau Rp 339,7 triliun.

 

Li Ka-shing

 

Total aset: US$ 19,5 miliar atau Rp 267,1 triliun. Miliarder berusia 87 tahun ini mampu mendapat kekayaannya dari perusahaan properti miliknya, CK Hutchison Holdings. Selain dikenal sebagai pebisnis ulung, Li Ka-shing juga merupakan seorang investor yang cermat. Li juga mendirikan sebuah venture capital yang kini sudah menjadi penyuntik dana bagi beberapa perusahaan raksasa seperti Facebook, Skype dan Spotify.

 

Ma Huateng

 

Insinyur perangkat lunak asal China, Ma Huateng mampu menemukan portal internet terbesar China, Tencent Holdings, pada tahun 1998. Saat itu usianya masih menginjak 26 tahun. Perusahaan buatan Ma mampu melesat hingga dipakai menjadi platform dari beberapa perusahaan teknologi lainnya seperti QQ dan WeChat. Total kekayaang beliau saat ini yaitu Total aset: US$ 17,1 miliar atau Rp 234,2 triliun.

 

Azim Premji

 

Pada tahun 1966, Azim Prenji memutuskan untuk keluar dari bangku kuliahnya di Stanford untuk menjadi tulang punggung keluarga karena ayahnya meninggal. Ia pun mengambil alih usaha peoduk sayuran ayahnya dan diberi nama Wipro. Di bawah tangan handalnya, Wipro kemudian berganti memproduksi beberapa produk toilet, kamar mandi dan juga IT. Kekayaan beliau saat ini US$ 16,5 miliar atau Rp 226 triliun.

 

Dilip Shaghvi

 

Miliarder asal India ini mampu meraup kekayaannya dari bidang farmasi. Setelah lulus dari University of Calcutta pada tahun 1982, Dilip Shangvi mulai bekerja untuk membantu ayahnya di bisnis farmasi.

Ia pun melihat kesempatan bagus untuk membuat obat bernama Lithosun. Obat tersebut mampu untuk mengobati kelainan depresi yang saat itu belum banyak dijual di India. Itulah titik balik dimana ia memulai membangun Sun Pharmaceutical. Hanya dalam waktu satu tahun, Sun Pharmaceutical mampu mencetak keuntungan penjualan lebih dari US$ 100 ribu. Dan sekarang total aset beliau mencapai US 16,4 miliar atau Rp 224,6 triliun.

 

Lei Jun

 

Pria berusia 45 tahun ini merupakan otak jenius dibalik inovasi teknologi perusahaan Xiaomi. Di tangan handalnya, Xiaomi mampu menjadi perusahaan ponsel pintar terbesar ke empat di dunia hanya dalam kurun waktu tiga tahun.

Lei pertama kali terjun ke dunia teknologi setelah bekerja untuk Kingsoft, perusahaan perangkat lunak asal China yang hampir sama dengan Microsoft. Ia pun mampu menanjak tangga karir dengan mulus hingga menjadi CEO dan membuka perusahaan tersebut ke public pada tahun 2007. Pada tahun 2010, ia kemudian mendirikan perusahaan teknologi barunya, Xiaomi. Dengan total aset US$ 14,4 miliar atau Rp 197,2 triliun.

 

Orang Terkaya di Dubai

 

Orang Terkaya di Dubai

Para miliarder ini tidak hanya super duper kaya raya di Kota Dubai, namun juga menjadi miliarder yang paling berpengaruh kuat serta besar dalam pembangunan perekonomian di negara Uni Emirat Arab (UEA). Pasalnya, kekayaan mereka beragam, mulai dari mempunyai beberapa perusahaan yang bergerak di automotif hingga perbankan.

 

Dr Sulaiman Al-Fahim

 

Boleh dibilang manusia superkaya. Lebih dikenal dengan sulaiman al-fahim saja, ia membeli city tepatnya 1 september 2008. Hanya beberapa jam kemudian, ia sudah membeli robinho dari real madrid, spanyol dengan harga transfer 32,5 juta pounds atau setara Rp 552 miliar. Di tengah musim, ia membeli tiga orang pemain bola yang lain nigel de jong, craig bellamy, dan shay given seharga 50 juta pounds atau kira-kira Rp. 837,7 miliar. Terbayang tentu, seberapa besar kekayaan yang dipunyai oleh al-fahim.

Sulaiman al-fahim lahir di dubai, Uni Emirat arab pada tahun 1977, jadi sekarang usianya paling tidak 39 tahun. Ketika lahir dia adalah seorang yatim piatu karena orang tua dan adiknya meninggal dalam sebuah kecelakaan dekat bandara Dubai. Ia pernah tinggal di as untuk beberapa lama sampai ia meraih MBA dari Kogod school of business, Washington DC.

Dia bergelut dalam bisnis properti pada usia 18 tahun, dan pada tahun 2005, perusahaan yang baru didirikannya telah menjadi satu-satunya perusahaan properti paling kaya di timur tengah. Dalam waktu yang singkat saja, ia menduduki peringkat ke-16 sebagai orang yang terkaya di arab tahun 2009.

Al-fahim yang gemar menjalin hubungan dengan selebriti dunia seperti Pamela Anderson, Demi Moore dan leonardo di caprio ini disebut-sebut mempunyai kekayaan yang 30 kali lipat dari kekayaan yang dipunyai oleh roman abramovic, pemilik klub sepak bola chelsea, yang juga gila bola.

 

Abdullah bin Ahmad Al Ghurair

 

Kekayaan bersih: USD 6,4 miliar atau setara Rp88,320 triliun (mengacu kurs Rp13.800 per USD)

Abdulla bin Ahmad Al Ghurair mendirikan Mashreq Bank pada 1967. Mashreq Bank adalah lembaga keuangan terkemuka di Dubai, Uni Emirat Arab. Dia adalah ketua bank dan putranya Abdul Aziz menjadi CEO. Abdullah dan saudaranya Saif adalah keturunan dari terkemuka keluarga bisnis UEA. Abdullah dinobatkan sebagai orang kaya keturunan Arab keempat. Tetapi, ia juga dikenal sebagai orang yang dermawan.

 

Majid Al Futtaim

 

Peringkat Forbes: 230 Kekayaan bersih: USD 6,2 miliar atau setara Rp85,560 triliun.

Perusahaan induk dari Majid Al Futtaim dijalankan oleh anggota non-keluarga. Perusahaan mengoperasikan mal dan hypermarket Carrefour di seluruh Timur Tengah, Afrika Utara dan Asia Tengah. Konglomerat transparan ini menaikkan modal di pasar keuangan dan mempublikasikan keuangannya. Beliau juga merupakan CEO Alain Bejjani.

 

Saif Al Ghurair

 

Peringkat Forbes: 512; Kekayaan bersih: USD3,4 miliar atau setara Rp 46,920 triliun.

Saif Al Ghurair dan saudara miliardernya, Abdulla adalah keturunan dari sebuah keluarga saudagar tertua di Dubai. Saif Al Ghurair adalah mantan ketua perusahaan holding keluarga mereka, Al Ghurair Group, yang bergerak dalam baja, perbankan dan plastik. Saif adalah pemegang saham utama di Mashreq, sebuah lembaga keuangan terkenal di UAE.

Beliau sendiri adalah CEO dari Al-Ghurair Group yang berbasis di Dubai, sebuah perusahaan besar di UEA real estate dan manufaktur. keluarga Saif Al Ghurair nya memiliki dan memimpin unit bisnis yang berbeda dari grup. Dia adalah tambahan pemegang saham signifikan di Mashreq.

 

Abdulla Al Futtaim

 

Kekayaan bersih: USD3,2 miliar atau setara Rp44,160 triliun.

Abdulla Al Futtaim adalah pemilik Al Futtaim Group yang berbasis di Dubai. Kini bisnisnya dijalankan oleh anaknya Omar. Al Futtaim Group adalah distributor eksklusif dari Honda dan Toyota di UAE dan juga menjual kendaraan Toyota di Mesir. Grup memiliki waralaba untuk IKEA, Marks & Spencer dan Toys “R”.

 

Orang Terkaya di Filipina

 

Orang Terkaya di Filipina

Perekonomian Filipina yang tumbuh hanya 4,9 persen pada kuartal-I 2011 ini sebagian dikarenakan penurunan dalam perdagangan dan belanja infrastruktur yang lebih rendah oleh pemerintah yaitu sebesar 8,4 persen pada 2010. Namun, pasar saham negara tersebut sedang booming dimana indeks bursa melejit sebanyak 27 persen yang melebihi pada tahun 2007.

Berikut orang-orang Terkaya di  negara Filipina :

 

Henry Sy.

 

Posisi puncak orang terkaya di Filipina kali ini dipegang oleh Henry Sy. Posisi ini sudah ditempati pria ini selama empat tahun berturut-turut dengan kekayaan yang mencapai USD7,2 miliar yang meningkat dari tahun lalu sebesar USD 5 miliar ditahun 2011. Berawal dari sebuah toko sepatu di Manila, kemudian dia membangun grup retail terbesar di Filipina.

Pesatnya pertumbuhan pembangunan mal-mal baru di Filipina tidak terlepas dari peran seorang pria yang satu ini. Ia adalah Henry Sy, pria yang memiliki julukan “Raja Mal” di Filipina. Melalui perusahaannya yang bernama SM Prime Holdings, Henry merupakan seorang operator mal terbesar di Filipina. Bahkan belum lama ini, Forbes menetapkan Henry Sy sebagai orang yang paling kaya di Filipina dengan total nilai kekayaan yang digadang-gadang mencapai 12,7 miliar AS dollar. Demikian informasi tersebut dikutip dari Forbes.

 

Lucio Tan

 

Dengan kekayaan yang mencapai USD 4,5 miliar. Bapak enam orang anak ini memiliki aset terbesarnya adalah Eton Property di Hong Kong dimana dia menikmati peningkatan nilai daripada properti tersebut. Selain itu dia juga memiliki saham di PAL Holdings dimana memiliki kontrol terhadap maskapai penerbangan Filipina. Aset dari ayah enam anak ini termasuk perusahaan pembuat bir Asia Brewery dan perusahaan properti Eton yang bertempat di HongKong.

 

Enrique Razon Jr

 

Operator pelabuhan yang mengontrol jasa terminal kontainer internasional, masuk dalam daftar orang terkaya di Filipina dengan kekayaan yang mencapai USD 3,6 miliar. Konglomerat yang berusia 56 tahun ini juga dinobatkan sebagai konglomerat termuda di Filipina.

 

John Gokongwei Jr

 

Kekayaan beliau mencapai USD 3,2 miliar. Konglomerat  yang satu ini memiliki ketertarikan dibidang pemerbangan, telekomunikasi, real estate, perbankan, dan perhotelan. Grup penerbangan yang dimilikinya yaitu Cebu Air pada akhir Oktober meraih pendapatan USD 623 juta. Dia pun memiliki tiga mal baru di bawah perusahaannya Robinsons Land.

 

David Consuji

 

Dengan kekayaan yang mencapai USD2,7 miliar. Mantan inspektur yang mendirikan perusahaan konstruksi pada tahun 1954 ini merupakan seorang konseptor akan perusahaan konstruksi yang lini bisnisnya diperluas kedalam bidang infrastruktur, real estate, dan pertambangan. Pria berusia 95 tahun ini menjadi lima besar dalam daftar lima besar orang terkaya di Filipina dikarenakan kepemilikan saham di DMCI Holding menjadi dobel di tahun lalu. sementara itu nilai akan tambang yang dia miliki yaitu tambang Semirara mengalami kenaikan sebanyak tiga kali lipat.

 

Andrew Tan

 

Yang kekayaannya mencapai USD 2,3 miliar. Pria yang merupakan anak pekerja pabrik ini memiliki sebuah holding company yaitu Alliance Global yang memiliki ketertarikan pada bidang makanan dan minuman, dan real estate. Power generation baru yang dia miliki yaitu venture FDC Utilities berencana untuk mengumpulkan dana untuk project renewable energy.

 

Jaime Zobel de Ayala

 

Dengan kekayaan yang mencapai USD2,2 miliar. Dia merupakan chairman di Ayala Corp. Grup perusahaan yang dimilikinya berencana akan berinvestasi sebesar USD 2,1 miliar di bidang properti, telekomunikasi, dan infrastruktur. Pemilik Ayala Corporation merupakan salah satu konglomerat terbesar di negara Filipina dari kapitalisasi market yang juga tetrarik dalam bisnis real estate, hotel dan telekomunikasi. Jaime berencana untuk berinvestasi sebanyak USD 1,8 miliar di dalam pembangkit listrik dan infrastruktur.

 

Eduardo Cojuangco Junior

 

Dia tercatat mempunyai kekayaan sebesar USD1,4 miliar. Sumber kekayaannya berasal dari sektor makanan dan minuman, yakni San Miguel. Saat ini dirinya sedang tertarik bidang infrastruktur, pembangkit, dan industri alat berat.Beliau juga  masuk dalam daftar orang terkaya di Filipina. Pria berusia 76 tahun ini memiliki kontrol terhadap San Miguel,  juga memiliki ketertarikan terhadap pembangkit tenaga listrik.

 

Mantan Menteri Perdagangan Roberto Ongpin

 

Masuk dalam kategori orang terkaya di Filipina dengan kekayaan yang mencapai USD 1,3 miliar. Pria yang menempuh studi di Harvard University ini memiliki investasi di bidang properti, pertambangan, dan telekomunikasi. Dia juga memiliki saham di perusahaan pertambangan Atok-Big Wedge yang menuai keuntungan besar.

 

Orang Terkaya di Hongkong

 

Orang Terkaya di Hongkong

 

Kinerja para orang terkaya ini sejalan dengan perkiraan pertumbuhan PDB dari 2,2 persen tahun lalu, dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 2,9 persen. Sedangkan benchmark indeks pasar saham nyaris tidak beranjak. Berikut daftar 10 dari 50 orang terkaya di Hongkong:

 

Li Ka-shing

 

Julukan tokoh ini sebagai ‘Superman’ dari asia sebab ia mampu mengelola banyak bisnis yang menguntungkan sehingga membuat ia dikenal sebagai orang terkaya di benua Asia. Li Ka Shing yang lahir pada 29 Juli 1928 di Chaozhou, China ini bukanlah berasal dari keluarga yang kaya. Ia lahir dari keluarga yang sangat miskin. Namun, Chairman dari Hutchison Whampoa yang mempunyai nilai kekayaan sebesar USD 33,5 miliar. Di usianya yang ke 86 tahun ini, dia telah mengumpulkan kekayaannya dari berbagai banyak perusahaan yang dimilikinya.

 

Lee Shau Kee

 

Pemilik bisnis properti ini meningkatkan kepemilikannya di Henderson Land Development sebesar 7 persen tahun lalu ketika pasar sedang lesu. Hal ini mulai dilakukannya saat ia bertemu dengan miliarder terkenal, Kwok Tak-Seng, dan mulai menyusun langkah setapak demi setapak yang akhirnya mendirikan Sun Hung Kai Properties Limited.

Bisnis ini membuat Kee mengembangkan usahanya di bidang usaha lain sepanjang hidupnya. Nilai kekayaannya sebesar USD 25 miliar. Pundi-pundi uangnya didapatkan dari bisnis real estate. Perusahaan Lee Shau Kee Henderson Land mempunyai nilai kapitalisasi pasar sebesar USD 5 miliar.

 

Cheng Yu-tung

 

Meskipun telah tiada, beliau merupakan pimpinan riteler perhiasan terbesar di dunia ini diperkirakan memiliki kekayaan senilai US$ 19,6 miliar. Kekayaannya tersebut berjumlah lebih dari tiga kali lipat harta yang dimiliki pesaing terdekatnya Beny Steinmetz. Harta tersebut diperoleh dari perusahaan yang dipimpinnya Chow Tai Fook Jewellery Group.

Selain menjadi yang terkaya, Cheng juga menjadi yang tertua di antara 10 pemilik perusahaan berlian terkaya di dunia. Ayah empat anak ini menguasai bisnis mulai dari fashion sampai jalan tol. Insting bisnisnya ini menurun ke anak lelakinya yang memimpin perusahaan New World Development.

 

Thomas & Raymond Kwok

 

Mempunyai kekayaan sebesar USD 14,7 miliar. Bisnis real estatenya cukup menggurita di Hong Kong. Thomas tersangkut kasus korupsi dan dihukum penjara lima tahun, sementara saudaranya Raymond bersih dari tuntutan hukum.

 

Lui Che Woo

 

Pria berusia 85 tahun tersebut memiliki kekayaan sebesar USD 13,4 miliar. Bisnis kasino yang dimilikinya, Galaxy Entertainment, di Macau perlahan melonjak setelah dia meraup keuntungan besar pada tahun lalu.

 

Joseph Lau

 

Joseph Lau Luen Hung (Lahir 1951 di Hong Kong dengan akar keluarga di Chaozhou, Guangdong) adalah miliarder Hong Kong investor real estate yang memiliki saham 61% di Estates Holdings Cina. Kekayaannya diperkirakan oleh Forbes pada $ 11500000000 per Juni 2015. Pada tanggal 7 November 2007, ia membuat pembelian atas malam di lelang Sotheby dengan membayar $ 39.200.000 untuk Paul Gauguin Te Poipoi, lukisan adegan Tahitian. Menurut Sunday Times, Lau memiliki salah satu koleksi terbaik anggur merah di dunia, dengan setidaknya 10.000 botol, dan merupakan kolektor seni avid.

 

Michael Kadoorie

 

Adalah seorang eksekutif bisnis dan dermawan. Pada Maret 2011, ia adalah orang terkaya ke-6 di Hong Kong, dengan kekayaan keluarganya diperkirakan 9,5 miliar dolar AS menurut daftar tahunan Forbes ‘miliarder. Dia merupakan Presiden Direktur dari Hongkong & Shanghai Hotels.

 

Peter Woo

 

Kekayaannya tercatat sebesar USD 7,9 miliar. Woo merupakan pengusaha real estate yang mempunyai mal terbesar di negara itu, Harbour City di Tsim Sha Tsui dan Times Square di Causeway Bay.

 

Joseph Tsai

 

Beliau dalah pengusaha Taiwan-Kanada. Dia adalah co-founder dan wakil ketua Alibaba Group. Nilai kekayaannya sebesar USD 6,9 miliar. Di usianya yang menginjak 50 tahun, pria berkewarganegaraan Kanada ini menjalankan bisnis e-commerce.

 

Walter Kwok

 

Mempunyai kekayaan sebesar USD 6,7 miliar. Kwok menjalankan bisnis real estatnya dengan sukses. Dia pun memutuskan mengundurkan diri dari jajaran direksi Sun Hung Kai Properties setelah melakukan perjanjian dengan broker yang dijalankan oleh ibunya.

Orang Terkaya di Inggris

 

Orang Terkaya di Inggris

 

Berikut daftar orang kaya di Inggris :

 

Ratu Elizabeth II

 

Ratu Elizabeth II memecahkan rekor berkuasa lebih dari 63 tahun. Bukan hanya itu, dalam kepemimpinannya, kekayaan Kerajaan Inggris memiliki kekayaan terbanyak sepanjang sejarah. Dalam analisis Reuters, nilai aset kerajaan semakin bertambah nilainya selama beberapa dekade karena kenaikan harga bangunan dan tanah. Reuters mengestimasi nilai kekayaan kerajaan mencapai 22,8 miliar poundsterling (USD34,8 miliar atau Rp497,14 triliun).

 

Gopichand and Srichand Hinduja.

 

Peringkat dua bersaudara ini naik dari peringkat 3 tahun lalu. Jumlah kekayaannya adalah 11,9 miliar poundsterling, naik dari tahun lalu 1,3 miliar poundsterling. Dua bersaudara ini bergerak di sektor industri dan keuangan.

 

Alisher Usmanov

 

Peringkatnya turun dari peringkat pertama tahun lalu. Jumlah kekayaan Usmanov turun 2,7 miliar poundsterling, dari 10,7 miliar poundsterling. Pria ini bergerak di bidang pertambangan dan investasi.

 

The Duke of Westminster

 

Duke adalah salah satu pemilik tanah terkaya di Inggris dengan kekayaan diperkirakan mencapai $ 10,8 miliar atau sekitar Rp 141,7 triliun, seperti diberitakan majalah Forbes. Jumlah itu membuat dia menjadi orang nomor 68 terkaya di dunia. Namun baru-baru ini dikabarkan Duke of Westminster Gerald Cavendish Grosvenor, meninggal dunia di Rumah Sakit Royal Preston di Lancashire, Selasa sore, 9 Agustus 2016, waktu setempat. Salah satu staf yang menjadi juru bicara mengatakan Duke mendadak sakit di kediamannya di Abbeystead Estate. Maka beliau mewariskan kekayannya pada anaknya.

 

Hugh Richard Louis Grosvenor

 

Pria berusia 25 tahun itu, kini dinobatkan oleh media Negeri Ratu Elizabeth II sebagai pemuda terkaya di Inggris Raya. Ia mendapat warisan sebesar £9,35 miliar (USD13,32 miliar) atau bila dirupiahkan setara Rp173,9 triliun. Namun, tentu saja Hugh tidak menginginkan sang ayah menghembuskan nafas terakhir.

Sunday Times, media yang suka membuat hitung kancing orang-orang tajir, menulis Hugh telah mendepak Tom Persson, 30 tahun, yang merupakan putera tertua dari miliarder asal Swedia, Stefan Persson dari daftar pemuncak. Tom yang kini berbasis di London memiliki kekayaan bersih £672 juta.

Forbes pernah memberitakan bahwa Hugh merupakan ayah baptis dari Pangeran George, putera dari Pangeran William, pewaris takhta Kerajaan Inggris. Dan hal paling menarik, saat merayakan pesta ulang tahun ke-21, Hugh menghambur-hamburkan uang sebanyak £5 juta alias Rp85,3 miliar (estimasi kurs Rp17.073 per poundsterling).

 

Len Blavatnik

 

Pengusaha, investor, dan termasuk orang yang dermawan. Dia membuat kekayaannya melalui bisnis melalui investasi diversifikasi di perusahaan segudang melalui perusahaan konglomerat nya, Access Industries. Pada 2015, ia diangkat orang terkaya Inggris dengan kekayaan bersih diperkirakan sebesar £ 17100000000.  Blavatnik bergerak di sektor investasi, musik, dan media.0

 

Ernesto dan Kirsty Bertarelli

 

Ernesto lulus dari Babson College pada tahun 1989, dan memperoleh gelar MBA di Harvard Business School pada tahun 1993.

Sedangkan Kirsty adalah penulis lagu, mantan Miss Inggris dan istri Ernesto Bertarelli, seorang pengusaha Swiss kelahiran Italia yang merupakan pemilik dari biotek raksasa Serono sampai 2007 dan pemenang Piala Amerika tahun 2003 dan 2007 dengan kapal pesiar sindikat Alinghi. Jumlah kekayaan Ernesto naik 2,4 miliar poundsterling menjadi 9,8 miliar poundsterling. Ernesto bergerak di sektor farmasi.

Di Sunday Times Rich List 2014 peringkat orang terkaya di Inggris, keluarga suaminya ditempatkan sebagai orang kaya dengan kekayaan sekitar £ 9.75billion. Dia adalah salah satu wanita terkaya di Inggris. Dalam peringkat majalah Swiss ini BILANZ orang terkaya di Swiss, keluarga suaminya ditempatkan 4 dengan kekayaan yang diperkirakan lebih dari CHF 11 miliar.

 

Orang Terkaya di Italia

 

Orang Terkaya di Italia

Berikut adalah daftar orang orang terkaya di Negara Italia. Disimak ya.

 

Michele Ferrero

 

Nilai kekayaan: US$ 16,4 miliar

Sumber kekayaan: Ferrero SpA, coklat

Michele Ferrero adalah orang terkaya di Italia. Perusahaan coklatnya yang terbesar keempat di dunia, merupakan warisan dari ayahnya, Pietro. Beberapa merek di bawahnya adalah Kinder, Nutella dan Tic Tac.

Perusahaan ini dikelola oleh Michele sejak usianya menginjak 20 tahun. Kini, operasionalnya diserahkan kepada anaknya, Giovanni. Perusahaan ini sudah memiliki 38 unit bisnis dengan 18 pabrik serta 70 afiliasi yang tersebar di 100 negara.

 

Leonardo Del Vecchio

 

Miliarder berusia 79 tahun, Menilik kehidupan masa kanak-kanaknya, tak ada satu orang pun yang akan menyangka, Leonardo dapat menjadi salah satu orang terkaya dunia sekarang. Leonardo lahir tanpa ayah dari keluarga tak berada pada Mei 1935 di Italia. Tapi Leonardo yang kini memiliki harta US$ 20,4 miliar tak pernah menyerah begitu saja pada hidupnya. Di usia remaja saat anak lain masih senang bermain, Leonardo sudah menjadi buruh di perusahaan peralatan di Milan.

Di sana, dia mulai belajar desain industrial di malam hari setelah bekerja seharian. Leonardo akhirnya mulai tertarik dengan bingkai kacamata dan memutuskan pindah ke Agordo, tempat yang fokus pada industri kacamata. Enam tahun kemudian, berbekal pengalaman kerja, Leondardo memutuskan untuk memulai bisnis sendiri. Dengan visi fusturistiknya, Leonardo berhasil mengambil berbagai keputusan penting yang membuatnya unggul di bidang tersebut.

 

Silvio Berlusconi

 

Lahir di Milan (Italia), 29 September 1936 adalah mantan Perdana Menteri Italia dan pemilik sebuah perusahaan media raksasa di Italia. Dia juga adalah pemimpin partai Forza Italia yang dibentuk khusus pada 1994 untuk keikutsertaannya dalam politik. Ia menjadi Perdana Menteri selama tujuh bulan (10 Mei 1994-17 Januari 1995), namun pada 2001, ia kembali diangkat ke dalam jabatan itu.

Perusahaan Berlusconi saat ini, Mediaset, terdiri dari tiga stasiun televisi nasional yang ditonton 45% penonton TV Italia. Berlusconi juga memiliki Il Giornale, surat kabarbesar dan majalah berita Panorama’.

 

Miuccia Prada

 

Dengan kekayaan US$12,4 miliar merupakan orang kaya di Italia

Sesuai data tahun 2014, Miuccia Prada adalah orang terkaya ketiga di Italia. Lahir di kota kedua terbesar Milan, Italia, dia mengambil alih kendali perusahaan mode Prada dari ibunya. Pada daftar kebanyakan wanita kuat, dia menempati urutan 67. Gelar akademik dan kualifikasi yang tandingannya dengan wanita lain dalam daftar ini. Dia memegang gelar Doktor di ilmu Pedagogi dari University of Milan.

 

Andrea Agnelli

 

Lahir di Turin, Italia, 6 Desember 1975 umur 40 tahun adalah seorang pebisnis dari Italia, ia saat ini menjabat sebagai presiden dari klub sepak bola Italia Juventus. Ia juga menjabat sebagai anggota dewan kehormatan bagi Fiat dan Exor.

Andrea merupakan putra dari Umberto Agnelli, dan merupakan anak laki-laki terakhir sampai saat ini yang menggunakan nama keluarga “Agnelli”. Ia sekolah di St Clare’s International School di Oxford dan kemudian melanjutkannya lagi di Universitas Bocconi. Ia juga sempat bekerja paruh waktu untuk Piaggio, Auchan dan Ferrari. Keluarga Agnelli ini adalah termasuk dalam daftar orang terkaya di Italia dengan kekayaan 13.5 miliar dolar atau setara 130 triliun rupiah. Walupun begitu, keluarga pemilik mobil-mobil mahal dunia ini tidak masuk posisi teratas orang terkaya di Italia.

 

Orang Terkaya di Jepang

 

Orang Terkaya di Jepang

Meskipun pertumbuhan ekonomi Jepang mengalami anemia panjang, namun setengah dari 50 miliarder terkaya di Jepang versi Forbes pada tahun lalu mengalami peningkatan kekayaan.

Peningkatan tersebut didapatkan melalui akuisisi perusahaan asing atau melakukan ekspansi perusahaan ke luar negeri. Selain itu, performa mata uang yen yang kian membaik dibandingkan tahun lalu turut meningkatkan kekayaan para miliarder tersebut.

Siapa sajakah mereka?

 

Masayoshi Son

 

Masayoshi Son adalah Pengusaha asal Jepang dan Pendiri / Sekarang Chief Executive Officer dari SoftBank, dan Chief Executive Officer dari SoftBank Mobile, dan Ketua dari Sprint Corporation. Pria berusia 58 tahun ini tercatat memiliki harta 18,2 miliar USD, Investasi paling menguntungkan Softbank adalah dari pembelian 32% saham Alibaba. Perusahaan ini lalu bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi raksasa, dan menaruh investasinya di sejumlah perusahaan, seperti Yahoo, Aozora Bank, dan Nasdaq Jepang.

 

Tadashi Yanai

 

Berumur 67 tahun, Tadashi merupakan orang terkaya di Jepang dengan harta 17,3 miliar USD. Bisnis Tadashi adalah di sektor ritel pakaian lewat Fast Retailing. Di dunia, perusahaan ini terkenal dengan toko bermerek Uniqlo. Harta Tadashi turun US$ 4,8 miliar dalam setahun terakhir. Meski harta turun, namun jumlah toko Uniqlo makin banyak. Di luar Jepang jumlahnya ada lebih dari 800, atau melebihi jumlah toko Uniqlo di Jepang. Tadashi berencana membuka 100 toko Uniqlo di China pada tahun ini.

 

Takemitsu Takizaki

 

Takemitsu merupakan seorang pengusaha Jepang, ketua Keyence, produsen Jepang sensor otomasi, sistem visi, pembaca barcode, Laser spidol, alat ukur, dan mikroskop digital. Perusahaan pemasok alat sensor dan beragam komponen elektronik untuk pabrik dengan sistem automatis. Pria berusia 70 tahun ini tercatat memiliki kekayaan USD 11,4 miliar.

Keyence telah terdaftar di bursa efek Tokyo, dan terkenal menarik karyawan dengan kemampuan hebat dengan gaji yang menarik.

 

Hiroshi Mikitani

 

Mikitani lahir di Kobe, Hyogo prefektur, Jepang. Mikitani mengenyam pendidikan di Hitotsubashi University, lulus pada tahun 1988. Saat bekerja untuk Bank Industri Jepang, Mikitani dipindahkan ke Amerika Serikat pada tahun 1993. Ia belajar di Harvard Business School, produktif sertifikat 9-minggu Kepemimpinan Lanjutan pada tahun 2011.

Ayahnya adalah seorang ekonom, Ryoichi Mikitani (Kobe University Profesor Emeritus, Universitas Yale Profesor). Ibunya, Setsuko menghabiskan usia sekolah dasar di New York. Setelah lulus dari Kobe University, ia bekerja untuk sebuah perusahaan perdagangan utama. Kakaknya, Ikuko adalah seorang dokter (MD di Universitas Osaka). Saudaranya, Kenichi adalah seorang profesor Universitas Tokyo di Biologi.

Pria berusia 51 tahun ini merupakan orang kaya di Jepang. Jumlah hartanya USD 7,1 miliar. Hiroshi memiliki bisnis perusahaan ritel online, yaitu Rakuten.

 

Shigenobu Nagamori

 

Beliau adalah miliarder Jepang, ketua dan CEO dari Nidec, produsen terbesar di dunia dari micromotors untuk hard disk dan optical drive. Pada bulan Juli 2014, ia meresmikan “Nagamori Award”, untuk datang ke atas dan R & D insinyur di bidang teknologi terkait bermotor. Total kekayaan beliau 3,6 miliar USD

 

Nobutada Saji

 

Pria berusia 70 tahun ini adalah Chairman dari pabrik minuman bernama Suntory Holdings. Pada 2014 lalu, perusahaan ini membeli produsen minuman beralkohol dari Amerika Serikat (AS), yaitu Beam, yang merupakan produsen Jim Beam dan Marker’s Mark. Nilai pembeliannya US$ 16 miliar. Harta Nobutada menurut data Forbes adalah US$ 11,7 miliar, atau sekitar Rp 153 triliun. Nobutada mundur dari posisi Presiden Direktur tahun lalu. Dan untuk pertama kalinya, penerusnya tidak berasal dari keluarga, sejak perusahaan ini didirikan pada 1899.

 

Orang Terkaya di Korea

 

Orang Terkaya di Korea

Dari 50 orang terkaya di Korea Selatan, ada 35 orang yang nilai kekayaannya di atas US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13 triliun. Ini merupakan rekor terbaru. Forbes, selaku pembuat daftar tersebut, mematok kekayaan minimal US$ 665 juta atau sekitar Rp 8,6 triliun, untuk bisa masuk dalam daftar 50 orang terkaya di negara yang terkenal dengan budaya K-Pop tersebut.

Kenaikan harga saham, menjadi salah satu faktor terbesar yang menyebabkan harta orang kaya di Korea Selatan meningkat. Berikut daftar 5 besarnya seperti dikutip dari Forbes :

 

Lee Kun Hee

 

Siapa yang tak kenal dengan Samsung Electronics. Namanya begitu populer di industri elektronik dunia. Bahkan perusahaan asal Korea Selatan ini menduduki rangking ke 55 dunia dari 2.000 perusahaan terbesar dunia versi majalah Forbes 2010.

Perusahaan ini terkenal pembuat chip memory terbesar, televisi dan layar datar. Tak tanggung-tanggung, perusahaanini juga memperkerjakan 164.600 orang di 61 negara. Layanannya menyentuh setiap aspek kehidupan di Korea. Penjualannya melebihi US$ 100 miliar dalam setahun. Total kekayaannya hingga tahun 2016 sejumlah 14,1 miliar USD.

 

Suh Kyung Bae

 

Pria berumur 52 tahun ini merupakan orang terkaya nomor 2 di Korea Selatan dengan harta US$ 9,2 miliar, atau sekitar Rp 119,6 triliun. Menurut Forbes, kekayaan Suh naik tajam, dari di bawah US$ 2 miliar pada April 2013 menjadi US$ 9,2 miliar di April 2015.

Suh merupakan pendiri perusahaan kosmetik AmorePacific. Meningkatnya budaya Korean beauty membuat dagangan Suh laris manis. Para turis yang datang ke Korea Selatan, banyak membeli kosmetik yang dibuat perusahaan ini. AmorePacific dirdirkan sejak 1930 oleh nenek Suh, awalnya hanya membuat minyak rambut dan krim wajah. Ayah Suh, yaitu Sun Sung-Whan menjadi penerus bisnis ini. Dari 6 anak yang dimiliki Sun, hanya Suh yang tertarik meneruskan bisnis kosmetik ini.

 

Jay Y. Lee

 

Masih berumur 46 tahun, namun kekayaan Jay Y. Lee sudah mencapai US$ 7,8 miliar, atau sekitar Rp 101,4 triliun. Jay merupakan satu-satunya anak laki-laki dari pemilik Samsung Group, Lee Kun-Hee. Dalam beberapa tahun ini, Jay dibina untuk mengambil alih perusahaan konglomerat terbesar di Korea Selatan ini. Isu bahwa Jay akan mengambil alih Samsung makin gencar, saat ayahnya terkena serangan jantung pada Mei 2014 lalu.

 

Chung Mong-Koo

 

Pria 77 tahun pemilik Hyundai Motor Co, produsen otomotif nomor 5 terbesar di dunia. Dia merupakan anak kedua dari Chung Ju-Yung, seorang anak dari keluarga buruh tani, yang setelah perang Korea bekerja memperbaiki truk-truk milik tentara Amerika Serikat (AS).

Dari sini, Chung Ju-Yung menjadi konglomerat otomotif besar yang membantu mendorong ekonomi Korea Selatan. Menurut Forbes, kekayaan Chung Mong-Koo mencapai US$ 5,7 miliar atau sekitar Rp 72,8 triliun. Enam anak dari Chung Ju-Yun bekerja di Hyundai. Termasuk Chung Mong-Koo yang mengepalai Hyundai Motor. Dia berusaha keras untuk bisa bersaing dengan perusahaan Jepang, seperti Toyota Motor.

 

Chung Eui-Sun

 

Pria berumur 44 tahun ini tercatat memiliki kekayaan US$ 3,8 miliar, atau sekitar Rp 49,4 triliun tahun ini. Chung Eui-Sun merupakan anak tunggal dari pemilik Hyundai Motor Co, Chung Mong-Koo. Hyundai merupakan produsen otomotif terbesar nomor 5 di dunia.

Tahun lalu, perusahaan ini berhasil menjual 8 juta kendaraan. Lulus dari Universitas San Fransisco, Chung awalnya bekerja di New York, untuk  Itochu Corp, perusahaan dagang asal Jepang. Setelah itu pada 1994, bergabung dengan perusahaan afiliasi Hyundai yang memproduksi suku cadang otomotif, yaitu Hyundai Mobis.

Chung pernah menjadi President Kia pada 2005-2009, dan sukses mengembangkan  perusahaan tersebut, Dari situ, Chung bergabung menjadi wakil Chairman dari Hyundai Motor. Kekayaan Chung banyak didapat dari Hyundai Glovis, anak usaha Hyundai yang menyediakan jasa logistik.

 

Orang Terkaya di Malaysia

 

Orang Terkaya di Malaysia

 

Tan Sri Syed Mokhtar 
Al¬bu¬¬khary

 

Tan Sri Syed Mokhtar 
Al¬bu¬¬khary merupakan orang melayu paling kaya di Malaysia dengan nilai kekayaan sebanyak AS$ 1.45 bilion pada tahun 2016. Beliau yang berusia 64 tahun memulakan karier perniagaannya sebagai pedagang beras dan tidak mempunyai latar belakang pendidikan tinggi. Bagaimanapun usaha beliau bergelar seorang ahli perniagaan, kini beliau menjalankan pelbagai perniagaan terutamanya meneruskan syarikat tersenarai di Bursa Malaysia, yaitu MMC Corp. dan DRB-Hicom. Beliau yang  juga pengurus Yayasan Al-Bukhary merupakan individu yang kekal dalam senarai (bentuk daftar) top 10 orang terkaya di Malaysia dan dari 50 senarai itu beliau berada di kedudukan kesembilan

 

Ahmayuddin bin Ahmad

 

Ahmayuddin bin Ahmad merupakan orang melayu kedua paling kaya di Malaysia dengan nilai kekayaan sebanyak AS$575 juta pada tahun 2016. Beliau merupakan salah seorang pengawas syarikat pelabuhan di Pelabuhan Klang, Westports Holdings. Menurut Forbes, kekayaan Ahmayuddin melonjak hasil keuntungan dan peningkatan saham syarikat pelabuhannya itu. Dalam senarai 50 individu terkaya di Malaysia pada tahun 2016, beliau berada di kedudukan ke 24.

 

Tan Sri Shahril Shamsuddin dan Datuk Shahriman Shamsuddin

 

Orang melayu ketiga terkaya di Malaysia adalah kakak-beradik Tan Sri Shahril Shamsuddin dan Datuk Shahriman Shamsuddin. Nilai kekayaan yang terkumpul oleh mereka pada tahun 2016 adalah sebanyak AS$485 juta, mereka merupakan pemilik minyak dan gas (O&G) sekaligus pengawas syarikat penyedia perkhidmatan O&G, SapuraKencana Petroleum Bhd. (SapuraKencana). Untuk 50 individu terkaya di Malaysia Tan Sri Shahril Shamsuddin dan Datuk Shahriman Shamsuddin berada di kedudukan ke 27.

 

Tan Sri Azman Hashim

 

Orang melayu keempat terkaya di Malaysia pada tahun 2016 adalah anak mantan Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad, Tan Sri Mokhzani Mahathir, menurut Forbes nilai kekayaan beliau adalah sebanyak AS$480 jutaPada tahun 2015, aset kekayaan beliau sebanyak AS$700 juta yang terjadi penyusutan nilai kekayaan berbanding tahun terkini. Majalah Forbes meletakkan kedudukan Mokhzani di tempat ke-28 sebagai individu terkaya di Malaysia.

 

Tan Sri Azman Hashim

 

Orang melayu kelima terkaya di Malaysia adalah Tan Sri Azman Hashim dengan nilai kekayaan dicatat  sebanyak AS$  465 juta pada tahun 2016. Beliau berusia 76 tahun mengetuai perbankan Ambank Group yang diasaskannya pada 1976 dengan nama Arab Malaysian merchant Bank.

Selain itu beliau juga memiliki kepentingan dalam bank pelaburan ECM Libra RCE Capital dalam senarai 50 individu terkaya di Malaysia beliau berada pada kedudukan 31.

 

Tan Sri Syed Azman Syed Ibrahim

 

Individu melayu keenam terkaya di Malaysia adalah Tan Sri Syed Azman Syed Ibrahim. Menurut Forbes nilai kekayaan yang dicatat beliau pada tahun 2016 adalah sebanyak AS$245 juta. Secara ringkas mengenai Tan Sri Syed Azman Syed Ibrahim, beliau merupakan pemilik syarikat perkhidmatan helikopter, Weststar Aviation yang memberi tumpuan kepada sektor O&G, antara syarikat-syarikat yang menggunakan perkhidmatannya ialah Petronas Carigali, Shell dan Tullow Oil selain mengimport dan mengedar kenderaan perdagangan dan kereta mewah. Nilai kekayaan beliau pada tahun 2016 menurun berbanding tahun sebelumnya. Dalam senarai 50 individu terkaya di Malaysia pada tahun 2016.

 

Datuk Kamarudin Meranun

 

Individu melayu ketujuh terkaya di Malaysia adalah Datuk Kamarudin Meranun. Menurut Forbes nilai kekayaan yang dicatat beliau pada tahun 2016 adalah sebanyak AS$225 juta. Beliau meresmikan nama penerbangan AirAsia bersama Tan Sri Tony Fernandes pada 2001. Beliau memulai kerjanya sebagai pengurus portfolio di Arab-Malaysian Merchant Bank dengan tumpuan perkhidmatan kepada individu berpendapatan tinggi, dalam senarai 50 individu terkaya di Malaysia pada tahun 2016, beliau berada di kedudukan ke 46erada dalam kedudukan ke 42.

 

 

 

Orang Terkaya di Qatar

 

Orang Terkaya di Qatar

 

Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani

 

Dengan Total kekayaan $ 2, 4 Miliar, Hamad adalah presiden dari Qatar pada th. 1995-2013. Waktu dia berkuasa, Qatar berada di periode kejayaan. Negara ini membuahkan 85 Miliar ton gas alam serta bikin Qatar jadi negara paling kaya. Bahkan juga pendapatan perkapita negara ini ada di urutan teratas. Th. 2014 dia mengundurkan diri dari kursi pimpinan Qatar. Hamad menyerahkan kursi jabatan pada putranya.

Usaha yang digeluti oleh keluarga kerajaan ini yaitu bagian gas alam serta perminyakan. Suatu hal yang membuat mereka terus kaya raya.

 

Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani

 

Total kekayaan beliau $ 2 Miliar, Seperti ayahnya, Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani, Tamim mempunyai usaha besar di Eropa. Dia menginvestasikan miliaran dolar di perusahaan seperti Harods, Barclays, serta Sainsburry. Seluruhnya berkedudukan di Inggris. Sekarang ini Tamim memerintah Qatar. Dia adalah pewaris tahta kerajaan termuda didunia sesudah sang bapak turun jabatan pada th. 2013.

Bisnis-bisnis yang dikerjakan oleh Tamim membuat dia layak menyandang gelar Muslim pelaku bisnis paling kaya didunia.

 

H E Sheikha Hanadi

 

Dia memulai karirnya sebagai asisten dosen di bidang Ekonomi di Universitas Qatar. Pada tahun 1998 Sheikha Hanadi didirikan Qatar wanita Investment Company (dikenal sebagai Amwal), perusahaan investasi pertama yang menerima lisensi dari Bank Sentral Qatar untuk melakukan investasi perbankan, aset dan manajemen kekayaan di Qatar. Pada tahun 2005 ia mendirikan Al Waab City, sebuah pengembangan masyarakat perkotaan lebih dari 1,2 juta meter persegi area penggunaan campuran.

Dia adalah Ketua Injaz Qatar dan anggota dewan Injaz Al Arab, lengan regional Junior Achievement Worldwide di. Dia adalah anggota dari ME Dewan Planet Finance, anggota dewan penasehat dari The Legatum Pusat Pengembangan dan Kewirausahaan di Massachusetts Institute of Technology dan anggota dari Pearl Initiative Dewan Gubernur.

Sheikha Hanadi telah menerima berbagai penghargaan dan pengakuan atas rentang karirnya. Dia telah berada di daftar Arabian Business yang paling berpengaruh selama beberapa tahun berturut-turut. Dia juga dinobatkan sebagai pemimpin muda oleh World Economic Forum.

Wanita cantik ini adalah seorang banker, investor, dan pengusaha real estate. Tak mengherankan bahwa Sehikha Hanadi adalah pebisnis wanita tersukses di dunia perekonomian Qatar. Ia merupakan penasehat khusus di Bank Standard Chartered, CEO dari Al Waab City Real Estate development project, dan wakil CEO dari Nasser bin Khaled Al Thani & Sons Group. Kekayaan keluarganya berkisar lebih dari USD15 miliar atau sekitarRp195 triliun.

 

Sheikha Moza

 

Sheikha Mozah ialah istri kedua dari 3 orang istri yang dimiliki oleh seorang bangsawan Qatar, Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani. Jumlah kekayaan suaminya adalah USD 11 miliar, yaitu berkisar Rp143 triliun. Sheikha Moza binti Nasser telah aktif terlibat dalam pendidikan dan reformasi sosial lainnya di Qatar selama bertahun-tahun dan telah memainkan peran utama dalam mengupayakan proyek pembangunan nasional dan internasional.

Beliau juga memainkan peran aktif dengan PBB untuk mendukung pendidikan global. Dia diangkat sebagai United Nations (PBB) Advokat untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dan sebelumnya anggota dari Tujuan Pembangunan Milenium PBB Advokasi Kelompok dengan penekanan khusus pada Goal 2 – pendidikan dasar universal.

 

Orang Terkaya di Rusia

 

Orang Terkaya di Rusia

Rusia adalah negara terbesar di dunia. Federasi Rusia memiliki luas 17.125.246 kilometer persegi, setara dengan satu-sembilan daratan dunia, dan berbagai macam lingkungan alam dan relief. Ibukotanya adalah kota Moskow federal.

Berikut orang-orang kaya Di Negara Rusia :

 

Leonid Mikhelson

 

Tercatat sebagai orang terkaya di Rusia tahun 2016 menurut versi majalah Forbes. Total kekayaan pemilik perusahaan gas swasta terbesar di Rusia Novatek, Leonid Mikhelson, mencapai 14,4 miliar dolar AS. Hal ini tidak hanya membuatnya hadir sebagai orang terkaya di Rusia pada tahun 2016, tapi juga menempati posisi ke-60 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Tidak seperti pengusaha Rusia lainnya, Mikhelson mampu meningkatkan kekayaannya dalam satu tahun terakhir. Selain itu, perusahaan Novatek miliknya menantang Gazprom atas hak eksklusif ekspor gas alam ke luar negeri, dan menurut para ahli, besar kemungkinan Novatek mengalahkan raksasa perkasa Gazprom. Sumber utama pertumbuhan kekayaan Mikhelson, sebagaimana yang dijelaskan Forbes, didapat dari kontraknya yang sukses. Pada 2015, ia berhasil menjual 10 persen saham Sibur yang merupakan perusahaan petrokimia terbesar di Rusia kepada perusahaan negara Tiongkok Sinopec. Luasnya jaringan Leonid Mikhelson di antara orang-orang yang berpengaruh di sektor gas didapatkan dari ayahnya, Viktor Mikhelson, yang pernah menjabat sebagai kepala pembangunan utama pipa gas pada masa Uni Soviet.

Pada Februari 2016, perusahaan Novatek milik Mikhelson mengajukan permohonan ke pemerintah agar perusahaan tersebut diizinkan untuk menyalurkan gas ke Eropa melalui saluran Gazprom. Hingga saat ini, penyaluran gas ke Eropa memang dimonopoli oleh Gazprom. Inisiatif ini didukung Kementerian Energi.

 

Mikhail Fridman

 

Beliau ingin mewariskan kekayaannya senilai USD14,2 miliar atau sekitar 194,2 triliun untuk amal. Miliarder berusia 52 tahun ini sejatinya memiliki empat anak. Namun, warisan sebesar itu tidak ingin dia berikan kepada anak-anaknya. Fridman merupakan pebisnis Yahudi kelahiran Ukraina. Dia memiliki sebagian dari saham Alfa Group, yang meliputi bank swasta Rusia; Alfa Bank, serta X5 Retail Group, yang memiliki rantai supermarket di Rusia. Dia juga memiliki A1 TV Channel dan kelompok investasi LetterOne yang memiliki serangkaian ladang minyak.

Fridman mengatakan dalam forum Forbes Club in Lviv, Ukraina, bahwa bahwa dia tidak ingin anak-anaknya bekerja pada sektor bisnis yang dia rintis. Dia akan lebih suka jika anak-anaknya menciptakan sesuatu pada diri mereka sendiri. Menurutnya, meninggalkan sejumlah besar uang kepada anak-anaknya yang kini berusia antara 10 dan 22 tahun, bisa merusak kehidupan mereka.

Dia juga percaya bahwa memiliki jumlah uang yang besar bisa membuat dirinya menjadi target untuk orang ”jahat”. Miliarder, yang terlibat dalam investasi layanan transportasi Uber senilai USD200 juta pada tahun ini, mengatakan bahwa mitra bisnisnya juga telah membuat keputusan yang sama. Fridman, telah bergabung dengan Stan Polovets dan sesama miliarder Yahudi Rusia Alexander Knaster, Pyotr Aven, dan German Khan, untuk mendirikan Genesis Filantropi Grup yang berbasis di New York. Tujuannya, untuk mengembangkan identitas Yahudi di antara orang-orang Yahudi berbahasa Rusia di seluruh dunia. Fridman mendirikan Alfa Group pada tahun 1989, dengan dua orang teman kuliahnya yaitu German Khan dan Alexei Kuzmichev. Trio miliarder ini membeli Tyumen Oil dari negara Rusia pada akhir 1990-an.

 

Alexey Mordashov

 

Sebagai pemegang saham utama perusahaan baja raksasa Rusia, yaitu Severstal Steel Mill menjadi orang terkaya di negara tersebut. Indeks Bloomberg Billionaires mencatat bahwa dia telah menyalip taipan logam Vladimir Potanin. Keuntungan baja milik Mordashov membengkak sebesar USD126 juta menjadi USD15,7 miliar pada akhir Oktober 2016, melewati keuntungan Potanin dengan selisih keuntungan sebesar USD200 juta.

Mordashov menjadi orang terkaya ke 49 di dunia. Keuntungan Potanin turun USD70,7 juta menjadi USD15,5 miliar. CEO konglomerat pertambangan Rusia Interros ini menempati peringkat ke 51 dalam daftar orang terkaya di dunia. Sementara, sebagian besar kekayaan bersih Mordashov adalah terkait dengan Severstal, yang sahamnya telah meningkat 18% selama 12 bulan terakhir, sementara Norilsk Nickel, aset kunci Potanin, turun hampir 3%.

Leonid Mikhelson, CEO produsen terbesar gas alam independen Rusia Novatek, menduduki peringkat ketiga dengan kekayaan sebesar USD15,1 miliar. Lima dalam indeks Bloomberg termasuk Viktor Vekselberg, kepala konglomerat Rusia Renova Group dan co-pemilik salah satu konsorsium investasi terbesar Rusia Alfa Group.

 

Orang Terkaya di Singapura

 

Orang Terkaya di Singapura

Siapa yang nggak kagum dengan modernisasi Singapura? Negara yang kecil, namun memiliki pertumbuhan yang sangat pesat. Bukan hanya dalam bidang pembangunan kota, tapi juga pertumbuhan ekonomi. Tahun 2013, Singapura dinyatakan sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Dengan $ 1,3 triliun aset di bawah manajemen. Forbes mengatakan, Singapura bahkan berencana untuk menjadi negara lepas pantai terkaya di dunia pada tahun 2020 mendatang.  Siapa aja yaa orang kaya di negeri Jiran  :

 

Ng Robert dan Philip

 

Daftar pertama orang terkaya Singapura adalah keluarga Ng Robert dan Philip. Keluarga kaya ini memiliki Far East Organization dan telah membangun 1 dari 6 rumah di Singapura. Properti terbesar keluarga kaya ini Tsim Sha Tsui Properties berada di Hong Kong dengan Robert sebagai Ketuanya. Philip sang adik bertugas untuk menangani properti keluarga kaya mereka yang berada si Singapura. Kekayaan mereka sekarang ini terhitung sekitar US $ 10.1 milyar.

 

Wee Cho Yaw

 

Weer Cho Yaw adalah seorang pemimpin di United Overseas Bank. Bank ini didirikan oleh ayahnya selama kurun waktu 33 tahun. Selain itu keluarga ini juga memiliki perusahaan lain dan juga membuka kantor di Shanghai. Selain itu bisnis mereka pun juga berkembang dengan baik, bahkan sebuah kondonium di Singapura telah berhasil dijual sebanyak 255 unit hanya dengan waktu 4 jam saja. Pengusaha Singapura kaya ini memiliki kekayaan mencapai US $ 5 milyar.

 

Kwee Bersaudara

 

Kwee bersaudara yaitu Kwee Liong Keng dan Kwee Liong Tek merupakan keluarga kaya dengan pengembang properti dan juga operatoir hotel, Pontiac Land. Beberapa hotel yang mereka jalankan diantaranya Conrad Centennial, Ritz-Carlton, dan Capella di Singapura. Selain itu  mereka juga memiliki saham di pusat Capitol sebesar 50%, atau senilai dengan $ 600 juta. Kwee Liong Keng merupakan direktur manager, Kwee Tek Liong sebagai Ketua, dan Kwee Liong Phing dan Kwee Liong Seen adalah anggota dewan. Kekayaan keluarga ini terhitung telah mencapai US $ 4.6 milyar.

 

Richard Chandler

 

Penduduk asli Selandia Baru, Richar Chandler sekarang bertempat tinggal di Singapura dan memiliki 13% saham di Union Bank of Nigeria. Dia juga menjalankan Richard Chandler Corp. Selain itu ia juga memiliki saham di  WesternZagros (perusahaan migas di Irak) sebesar 15 % atau senilai dengan $ 74.000.000. Jika dihitung, kekayaan Richard Chandler telah mencapai US $ 62.85 milyar.

 

Kuok Khoon Hong

 

Kuok Khoon Hong adalah seorang pemangku kepentingan minoritas Wilmar Internasional dan juga CEO di dunia Oil Company. Ia menjalankan kerjasama dengan perusahaan Swiss Clariant. Selain itu ia juga mempunya aset di Aviva Menara London dan juga Yanlord Yan. Bersama dengan seorang miliader Indonesia yang juga sama-sama memegang saham di Wilmar, ia melakukan pengembangan properti untuk lebih meningkatkan taraf perekonomiannya. Terhitung kekayaan Kuok Khoon Hong sekarang ini mencapai angka US $ 2,6 milyar.

 

Eduardo Saverin

 

Eduardo Saverin, seorang warga Brazil yang kini bertempat tinggal di Singapura. Dia merupakan salah satu orang yang bertugas mendirikan situs jejaring sosial dunia yaitu Facebook. Dia telah menyediakan modal awal bagi perusahaan sebesar 1/3 saham dari perusahaan. Namun karena beberapa kasus akhirnya ia memulai untuk mendirikan perusahaan baru seperti Jumio dan Qwiki. Kekayaan Eduardo Saverin sekarang ini adalah sekitar US $ 2.2 milyar.

 

Peter Lim

 

Setelah hengkang dari Wilmar Internasional, Peter Lim mencoba untuk menyibukkan diri dengan bermitra bersama UEM Land Holdings dan membuat Motorsport City. Proyek ini merupakan sebuah kompleks yang digunakan untuk balap motor di Iskandar Johor. Selain itu, Peter Lim juga memiliki perusahaan yaitu Thomson Medical yang diatur untuk mendirikan sebuah pusat medis yang dikembangkan oleh Rowsley. Bukan hanya itu saja, Peter Lim merupakan salah satu pemilik saham di McLaren, Yanlord Land, dan juga FJ Benjamin. Kekayaan Peter Lim sekarang ini mencapai angka US $ 2 milyar.

 

Orang Terkaya di Turki

 

Orang Terkaya di Turki

Turki, negara bagian di Timur Tengah ini sangat termasyhur dengan desain khas yang megah dan mewah. Tak hanya itu, Turki menjadi sebuah negara yang banyak sekali merekam jejak sejarah peradaban di dunia. Sejarah-sejarah besar banyak sekali terukir di kota ini. Meski kini Turki menjadi negara dengan mayoritas agama Islam, berikut beberapa orang terkaya di negara tersebut:

 

Husnu Ozyegin

 

Husnu Ozyegin memiliki FIBA dan Fina Holding, yang berinvestasi di bidang keuangan, ritel, real estate, energi, galangan kapal dan pelabuhan layanan. Pada tahun 2014 ia membuat investasi pertama di sektor kesehatan dan menjadi mitra 50% di Rumah Sakit Florence Nightingale. Pada Juli 2014,ia membeli Tekirova Resort liburan di Antalya dari Grup Rixos. Perkembangan kekayaandengan total $300.000.000,- ia bangun di Cina, Star Mall Shenyang Plaza, dibuka pada Mei 2014. Namun, sumber utamanya kekayaan adalah perbankan. Dia adalah pendiri Finansbank yang ia dijual ke Yunani National Bank of Greece (NBG) sebesar USD2,5 miliar dolar AS pada tahun 2006.

 

Serra Sabanci

 

Serra Sabanci adalah anggota dewan dan pemegang saham Turki konglomerat industri dan keuangan terbesar, Sabanci Holding. Sabanci juga anggota dewan filantropis Sabanci Yayasan keluarganya. Ayahnya Ozdemir Sabanci ditembak mati di kantornya Sabanci Towers di Istanbul pada tahun 1996 oleh pembunuh bayaran oleh kelompok bersenjata sayap kiri DHKP-C.

Wanitaberusia41tahuninisebagaikomisarisdanpemegangsahamdariSabanci Holdings, perusahaanindustridanfinansial di Turki, Serra Sabancimerupakansalahsatuwanitamiliardertermuda di duniadan orang terkaya ke-28 di Turki.Sabancilulussarjanadari University of Portsmouth dandariFakultasEkonomi di Istanbul Bilgi University. Dari perusahaanini, diamemilikikekayaansebesar USD 1,3miliar.

 

Murat Ulker

 

Murat Ulker lahir 21 Maret 1959 adalah seorang pengusaha Turki,ketua perusahaan makanan terbesar di Turki, Yildiz Holding.Untuk meningkatkan prospek kelompok dengan menyatukan aset globalnya termasuk Ulker Biskuit, Demet Candy, Godiva dan United Biscuits menjadi perusahaan baru yang disebut Pladis. Restrukturisasi, yang diharapkan akan selesai pada akhir 2016, mungkin menjadi awal IPO. Sementara itu dia divestasi aset minumannya denganmenjual produsen susu Ak Makanan untuk Perancis Groupe Lactalis untuk hampir $ 1 miliar.DenganPeringkatke 369orang terkaya di duniasertajumlahkekayaansenilaiUSD 2,9miliar.

 

Mehmet Emin Karamehmet

 

Mehmet Emin Karamehmet lahir April 1944 adalah seorangkonglomerat.Mehmet Emin Karamehmet adalah pemilik Cukurova Holding, yang memiliki kepentingan dalam kemasan, bahan kimia, keuangan, konstruksi dan telekomunikasi. Sebagian besar kekayaannya terkait dengan Turkcell, operator telepon seluler terbesar di Turki, yang diperdagangkan di NYSE.Total kekayaanMehmetyaitusebanyakUSD 1,6miliar.

 

Sarik Tara

 

Total kekayaan USD 2,1miliar. Sarik Tara datang ke Turki dari Makedonia ketika ia baru berusia 12 tahun dan kemudian mendirikan Enka Construction, sekarang menjadiperusahaan konstruksi terbesar di Turki dengan kepentingan di bidang teknik, produksi energi, investasi real estate, manajemen dan perdagangan. Hal ini juga didapatdariprodusen listrik swasta terbesar Turki lebih dari setengah dari pendapatan perusahaan berasal dari produksi listrik. Putranya, Mehmet Sinan Tara, sekarang jugamenjadiseorang konglomerat dan juga miliarder.

 

Ferit Fait Sahenk

 

Ferit Sahenk adalah Ketua Turki DOGUS, menyandang konglomerat dan orang terkaya di Turki, dengan kekayaan pribadi diperkirakan mencapai USD 2,4 miliar. Sahenk lulus dari The American School di Swiss (TASIS) dan memperoleh Sarjana dari Boston College, Boston, Massachusetts, AS dengan gelar dalambidang Pemasaran dan Sumber Daya Manusia pada tahun 1989. Setelah lulus, Sahenk kembali ke Istanbul, di mana ayahnya, Ayhan Şahenk ( 1929-2001), mengirimnya magang di DOGUS Garanti Bank.

Setelah delapan tahun ia pindah ke perusahaan induk, dan mulai tahun 1998, dia telah mengakuisisi dua rantai ritel makanan dan dioperasikan NTV dengan mendanai ekspansi dengan menjual bagian dari kelompok Garanti Bank kepada publik. Memahami bahwa bakat adalah penting untuk menjalankan berbagai kelompok, ia juga menciptakan sebuah divisi rekrutmen, Humanitas. Pendapatan untuk tahun 1999 di swasta DOGUS Grup mencapai USD 5,7 miliar. Pada bulan Mei 2000, ia dilembagakan operasi back-office terpusat untuk beberapa bank DOGUS dan melakukan hal yang sama untuk dealer auto.

 

Orang Terkaya di Vietnam

 

Orang Terkaya di Vietnam

 

Vietnam adalah negara paling timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara. Vietnam berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah utara. Dengan populasi sekitar 84 juta jiwa, Vietnam adalah negara terpadat nomor 13 di dunia. Termasuk di dalam grup ekonomi “Next Eleven”, negara dengan pertumbuhan tercepat kedua di Asia Timur dan pertama di Asia Tenggara. Diantara padatnya penduduk negara tersebut, berikut daftar orang kaya di negaranya :

 

Phuong Thao

 

Perempuan yang jarang muncul di depan publik itu bernama Nguyen Thi Phuong Thao, merupakan Miliarder Perempuan Pertama Vietnam. Bisnis awalnya jual-beli mesin faksimili dan karet, tapi berkembang ke usaha maskapai penerbangan dengan bendera VietJet.

Menurut data yang dimiliki Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Thao mencapai US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 13,2 triliun, sehingga dia menjadi perempuan pertama terkaya di Vietnam. Sebagian besar kekayaannya dia wujudkan dalam bentuk kepemilikan maskapai penerbangan, saham mayoritas di Dragon City, 65 hektare bisnis pembangunan properti di Ho Chi Minh, dan sejumlah saham di berbagai perusahaan.

Apa rahasia Thao bisa merengkuh kekayaan sebesar itu? “Saya tidak pernah duduk berdiam diri dan menghitung kekayaan,” ucap Thao dalam sebuah wawancara dengan Sydney Morning Herald.

“Saya hanya berfokus pada bagaimana meningkatkan pertumbuhan perusahaan, meningkatkan gaji pegawai saya, dan bagaimana cara maskapai penerbangan ini unggul di pasar serta membuatnya menjadi nomor wahid.”

Thao mengatakan dia memiliki rencana VietJet masuk ke bursa saham tiga bulan ke depan dengan menjual 30 persen saham ke publik. Dia menargetkan mendapat dana murah di bursa saham sebesar US$ 1 miliar (Rp 13,2 triliun). Catatan lain menyebutkan, Thao adalah pemegang 90 persen saham di Sovico Holding, perusahaan yang mengendalikan Dragoon City.

Dia memiliki tiga resor kesohor di Vietnam, yaitu Furama Resort Danang, Evason Ana Mandara Nha Trang, dan An Lam Ninh Van Bay Villas. Geliat bisnis Taho dimulai pada 1988, dua tahun setelah dia menyelesaikan studinya di Moskow, Rusia. Di negeri itu, Thao belajar masalah keuangan dan ekonomi. Thao mengawali bisnisnya dengan jual-beli uang mesin faksimile serta barang-barang rumah tangga dengan dukungan kredit supplier Jepang, Hong Kong, dan Korea Selatan yang selanjutnya dijual kembali ke Rusia sebelum ekonomi negeri itu ambruk.

Mengenai VietJet, dia punya kiat: semua pramugari maskapai penerbangannya mengenakan bikini di dalam kabin dan memberikan layanan prima kepada setiap penumpang. “Anda berhak mengenakan apa pun yang Anda sukai, baik bikini maupun pakaian tradisional ao dai,” ucapnya. “Kami tidak keberatan jika ada orang berasosiasi bahwa maskapai ini adalah penerbangan berbikini. Jika apa yang kami perbuat membuat orang bahagia, kami pun turut bahagia.” Ucapnya.

 

Pham Nhat Vuong

 

Pham Nhat Vuong, dengan total kekayaan USD 2,3 miliar. Dengan kekayaannya itu, beliau termasuk dalam orang kaya di Negara Vietnam baru saja membangun sebuah mal terbesar di Hanoi yang berada di bawah tanah. Ditandai dengan banjirnya para pengunjung, pada 26 Juli 2013 kemarin, Pham melalui perusahaan propertinya Vingroup sukses mengoperasikan mal tersebut.

Pham membangun mal terbesar bawah tanah di Asia dengan luas 230.000 meter persegi. Mal tersebut sudah 95% terisi dengan 600 toko yang dibuka pada pembukaan pertama tersebut. Di dalam mal tersebut, terdapat juga kolam berenang alias water park dan 3.000 meter persegi lapangan es untuk bermain ice skating. Tak lupa juga game center, bioskop hingga 200 restaurant. Mal tersebut merupakan bagian dari real estate yang dikembangkan oleh Vingruop di pusat kota Vietnam. Dengan berdirinya mal tersebut, Vincom Retail selaku operator mal di bawah bendera Vingroup akan menjadi operator mal terbesar di Vietnam.

Pemilik Vingroup Pham Nhat Vuong sendiri berpendapat bahwa telah melihat prospek yang baik dan kesempatan bagus di negara ini. Pham Nhat Vuong juga baru saja dimasukkan olehVietnam sebagai salah satu orang kaya di negaranya kedalam deretan 10 pengusaha baru yang layak masuk daftar orang terkaya dunia pada tahun 2013. Pham Nhat Vuong awalnya adalah pembuat mi di Ukraina. Warga Vietnam yang belajar matematika dan ekonomi di Ukraina, saat masih di bawah Uni Soviet, mencari nafkah dengan berbisnis kecil-kecilan. Kini, Pham adalah orang terkaya di urutan ke-974 di Dunia.
Baca Juga : (Orang Terkaya di Indonesia)

Sekian artikel informasi tentang beberapa daftar Orang Terkaya di Dunia, semoga artikel ini menjadi referensi bacaan Anda sekalian ya.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133