Pantai Suak Ribee, Dari Pesona Sunset Sampai Kopi Terbalik

Pantai Suak Ribee

Pantai Suak Ribee merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang terletak di Kecamatan Johan Pahlawan, bagian pesisir Kota Meulaboh, Aceh Barat.

Objek wisata ini merupakan satu di antara sekian banyak pantai yang amat populer ada di Meulaboh. Sehingga tidak heran, apabila banyak wisatawan yang hilir mudik ingin merasakan pesona indah yang ditawarkan.

Uniknya, pantai Suak Ribee ini berbeda dengan destinasi wisata pantai yang lain. Dimana pantai Suak Ribee sendiri memiliki destinasi wisata yang khas.

Bak pulau memiliki pulau yang lain

Destinasi wisata di dalamnya terdapat spot wisata. Sederhananya mungkin dapat dikatakan, wisata di pantai Suak Ribee Meulaboeh.

Keren ya kan? Hal inilah yang menjadikan pantai Suak Ribee primadona bagi wisatawan, umumnya bagi warga Aceh.

Nah, terus wisata apa saja yang terdapat di pantai Suak Ribee? Jadi penasaran!?

Tatkala pertama kali menginjakkan kaki di pantai Suak Ribee, panorama alam akan langsung menyambut Anda.

Setiap sudut pantai spontanitas akan langsung memikat mata.

Terlebih-lebih pantai Suak Ribee menawarkan beberapa wisata khas yang berbeda. Di antara wisata di pantai Suak Ribee Meulaboeh yang mempesona tersebut ialah sebagai berikut;

Panorama Sunset

Tatkala senja menyapa, tersingkaplah jendela surga. Mungkin kata itulah yang cocok untuk mendeskripsikan suasana panorama sore di pantai Suak Ribee.

Sunset Pantai Suak Ribee

Sensasi indah matahari terbenam menjadi tawaran nyentrik untuk memanjakan mata pengunjung. Pada saat sore hari menjelang malam inilah biasanya pengunjung banyak berdiam dibibir pantai.

Tak hanya itu, banyak pula di antara mereka yang berusaha mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama ataupun berselfie.

Sungguh sangatlah pas bila panorama sunset ini digadang-gadangkan sebagai wisata di pantai Suak Ribee Meulaboeh yang memikat hati pengunjung.

Rugi nampaknya, apabila Anda berlibur ke pantai Suak Ribee tanpa menyempatkan diri menikmati panorama sunset.

Pasir Hitam Yang Memikat

Daya tarik lain yang ditawarkan sebagai wisata di pantai Suak Ribee Meulaboeh ialah pasir hitam yang halus membentang luas sejauh mata memandang.

Pesisir pantai ini biasanya dijadikan sebagai spot bermain.

Decak riang kegembiraan pecah tatkala anak-anak berlarian di relung pasir hitam yang terhampar luas.

Tak jarang momen-momen seperti ini dijadikan sebagai sarana untuk merekatkan dan memupuk rasa kekeluargaan.

Keasyikan pun disempurnakan dengan pemandangan laut dan balutan langit biru, serta hiasan pohon kelapa dan cemara yang kokoh.

Rindanganya pepohonan membuat suasana pantai tetap sejuk, terlebih-lebih sesekali terhembus angin sepoi-sepoi yang menyegarkan.

Tak hanya sebagai spot bermain, terkadang pengunjung juga menjadikan pesisir pantai yang berpasir hitam dan halus tersebut sebagai tempat berolahraga.

Lebih tepatnya sebagai spot bermain bola pantai.

Tidak heran pula, banyak wisatawan yang akan disibukkan dengan keindahan alam yang tersodor sembari duduk santai di tempat persinggahan yang telah tersedia.

Siluet Pepohonan Sebagai Backgrund Untuk Berselfie

Wisata di pantai Suak Ribee Meulaboeh berikutnya, ialah siluet pepohonan dikala senja menyapa. Tegaknya ribuan pohon kelapa dan cemara dipinggir pantai yang menghiasi senja sangatlah cocok sebagai backgrund untuk mengabadikan liburan Anda.

Senja yang kemerah-merahan berbaur jingga membentuk siluet pepohonan yang unik.

Minuman Kopi Terbalik yang Unik

Sajian kopi tubruk khas asal Meulaboh yang booming di setiap penjuru warung yang ada di Aceh.

Kopi Terbalik - Kopi Tubruk Khas Meulaboh

Kopi Terbalik, tak sabar ingin mencicipinya.

Bagi yang pernah berkunjung ke wisata pantai Meulaboh Suak Ribee pastinya pernah mencoba nikmatnya cita rasa kopi terbalik yang ditawarkan.

Kemudian, bagaimana ya kesan pertama tatkala mencicipi kopi tersebut? Jadi penasaran. Untuk lebih jelas, yuk kita lihat bagaimana review minuman kopi terbalik bagi wisatawan.

Berdasarkan catatan para traveller yang pernah berwisata ke Meulaboh, tepatnya ke pantai Suak Ribee. Dan umumnya lagi setiap penjuru tempat wisata di Aceh Barat yang menyajikan minuman kopi terbalik. Kesan yang mereka lontarkan terhadap minuman kopi terbalik beragam.

Seperti apa review minuman kopi terbalik yang dilontarkan oleh para traveler tersebut, yuk kita simak.

Cara Penyajian yang Unik

Kopi tubruk Meulaboh ternyata telah menjadi jamuan khas di setiap warung kopi yang ada di Aceh Barat, umumnya telah tersebar pula di berbagai penjuru Aceh.

Tidak seperti sajian minuman kopi pada umumnya, justru kopi tubruk Meulaboh berani tampil beda. Yakni di sajikan dengan cara gelas terbalik di atas tatakan gelas yang terbuat dari kaca.

Tatkala pesanan diantarkan ke meja, pesan sang pemilik kedai (warung kopi) selalu terngiang ditelinga.

Pesan tersebut seperti ini bunyinya, “gelasnya jangan diangkat ya, atau nanti senua kopinya akan tumpah. Ini memang sengaja terbalik, sebab kopi dan airnya dalam keadaan tertutup akan lebih nikmat”.

Ya, pesan itu terus berangkai dari telinga satu pengunjung ke telinga yang lain. Bagi para traveler yang pertama kali berkunjung, ini adalah hal yang sangat unik dan membuat penasaran, patut untuk dicoba.

Nampaknya cocok, apabila sebagian besar pengunjung dalam review minuman kopi terbalik memberikan lima bintang.

Cara meminum

Tak hanya penyajian yang unik, nampaknya acungan dua jempol juga harus kita berikan dalam review minuman kopi terbalik.

Sebab, cara meminumnya diluar kebiasaan. Butuh sedikit pengorbanan yang greget dan sedikit menggemaskan. Dimana ada dua cara untuk meminum kopi terbalik.

Menggunakan Sedotan

Cara meminum kopi terbalik dengan menggunakan sedotan, yakni dengan meniup perlahan-lahan kopi yang ada di bibir gelas yang tertelungkup.

Kemudian disedot dengan penuh kehati-hatian, agar panasnya tidak mengenai lidah. Sebab bisa jadi kopinya belum dingin.

Selain itu, sedotan atau pipet, sejatinya merupakan alat bantu yang sangat wajib ada untuk mengeluarkan kopi, tanpa menumpahkannya. Yakni dengan cara memipihkan ujung sedotan plastik tersebih dahulu.

Setelah itu, ujung pipetnya di masukkan secara perlahan ke bibir gelas. Kemudian tiuplah secara perlahan, maka secara otomatis akan ada gelembung udara yang masuk ke dalam gelas.

Sehingga tekanan udara di dalam gelas membuat air kopi keluar tertahan dalam cekungan tatakan.

Seperti video saya ini :

Menyeruput Secara Langsung

Cara menyeruput kopi terbalik secara langsung, sedikit perlu kehati-hatian. Sebab Anda harus mengangkat tatakan dan gelas secara bersamaan. Kemudian meminum kopi yang ada di antara dipinggir tatakan dan celah-celah bibir gelas yang telungkup.

Cukup beresiko memang, tapi sensasinya luar biasa.

Cara Menikmatinya

Menyempurnakan kenikmatan minuman kopi terbalik rasanya tidak akan lengkap, apabila Anda belum menyempatkan diri melihat sunset.

Menikmati terbenamnya matahari dengan ditemani secancgkir kopi hangat dan panorama yang tiada dua, adalah hal yang luar biasa. Akan menjadi kesan berarti dalam hidup Anda.

Panorama memikat di depan mata, bak jendela surga yang menganga. Keindahan inilah, kenapa wisatawan sangat layak memberikan kesan yang hebat dalam review minuman kopi terbalik.

Begitulah review minuman kopi terbalik ala Meulaboh yang membuat ngiler.

Nampaknya liburan Anda di Pantai Suak Ribee Meulaboh tidak akan lengkap tanpa mencicipi minuman kopi terbalik.

Nah itulah wisata di pantai Suak Ribee Meulaboeh yang sangat memesona sekaligus sebagai destinasi wisata recommended untuk liburan Anda berikutnya.

Sebab, liburan Anda tidak akan seru tanpa berkunjung ke pantai Suak Ribee Meulaboh.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133